akhir zaman

[AkhirZaman.org] Siapa, atau apa Anti Kristus itu? Persekongkolan (konspirasi) jahat, atau orang yang sangat kejam? Beberapa orang bilang kemunculannya masih jauh di masa depan. Yang lain bilang dia muncul di masa lalu, di zaman kekaisaran. Tapi Alkitab menunjukkan bahwa dia hidup di zaman sekarang ini! Nubuatan-nubuatan Alkitab menunjukkan bahwa kekuasaan anti Kristus akan memerankan peran penting dalam peristiwa-peristiwa terakhir sejarah dunia ini. Apa Anda tahu siapa dia? Yakinkah Anda? Anda harus tahu dengan pasti, sebab Anda tidak bisa mengetahui peristiwa-peristiwa akhir zaman sebelum Anda tahu siapa kekuasaan jahat ini. Bersiaplah untuk mempelajari salah satu Pelajaran Alkitab yang paling menarik sampai saat ini!

Pelajaran ini, didasarkan pada Daniel pasal 7, dengan jelas mengidentifikasi siapa anti Kristus itu. Tapi ini hanyalah pendahuluannya saja. Pelajaran-pelajaran selanjutnya akan menyingkapkan detail-detail tindakan-tindakannya yang akan membawa dampak bagi seluruh dunia. Apa yang Anda temukan dari pelajaran ini mungkin akan membuat Anda marah atau sedih, tapi tolong diingat bahwa nubuatan Daniel pasal 7 berasal dari Tuhan, yang sangat mengasihi Anda. Berdoalah meminta bimbingan Tuhan selagi Anda menyelami topik yang mendesak ini. Pastikan Anda sudah baca Daniel 7 sebelum mempelajari pelajaran ini.

1. Pada waktu Daniel 7 dimulai, Daniel melihat 4 binatang keluar dari dalam laut. Dalam nubuatan,

apa arti “binatang”? Apa arti “laut”?

“Binatang yang keempat itu ialah kerajaan yang keempat yang akan ada di bumi.” (Daniel 7:23).

“… air … adalah bangsa-bangsa dan rakyat banyak dan kaum dan bahasa.” (Wahyu 17:15).

Jawab: Binatang melambangkan kerajaan atau negara. Air melambangkan orang banyak atau penduduk yang padat.

2. Keempat binatang di Daniel pasal 7 melambangkan 4 kerajaan dunia (ayat 17, 18). Babel, kerajaan pertama (Daniel 2:38, 39) dilambangkan dengan singa di Daniel 7:4. (Lihat juga Yeremia 4:7; 50:17,43, 44 untuk bukti bahwa Babel digambarkan dengan singa.) Apa arti “sayap”? Apa arti “keempat angin” di ayat 2?

“TUHAN akan mendatangkan kepadamu suatu bangsa dari jauh, dari ujung bumi, seperti rajawali yang datang menyambar;” (Ulangan 28:49).

“Aku akan mendatangkan atas Elam keempat angin dari keempat penjuru langit dan akan menyerakkan mereka ke segala mata angin ini, sehingga tidak ada bangsa yang tidak kedatangan orang-orang yang berserakan dari Elam. Aku akan membuat Elam terkejut di depan para musuhnya dan di depan orang-orang yang berusaha mencabut nyawanya. Aku akan mendatangkan atasnya malapetaka, yakni murka-Ku yang menyala-nyala, demikianlah firman TUHAN. Aku akan menyuruh pedang mengejar mereka sampai mereka Kuhabiskan.” (Yeremia 49:36, 37).

Jawab: Sayap melambangkan kecepatan. (Lihat juga Yeremia 4:13; Habakuk 1:6-9. Angin melambangkan konflik, perang, keributan, malapetaka, atau kehancuran. (Lihat juga Wahyu 7:1-3.)

Keterangan Gambar :

Singa di Daniel 7 melambangkan kerajaan Babel.

3. Kerajaan apa yang dilambangkan oleh beruang (Daniel 7:5)? Apa arti tiga tulang rusuk di mulutnya?

Jawab: Baca Daniel 8. Perhatikan bahwa binatang-binatang di pasal 8 sejajar dengan di pasal 7. Daniel 8:20 dengan jelas menyebut Medo-Persia sebagai kerajaan yang tampil sebelum kambing jantan, atau Yunani, di ayat 21. Medo-Persia adalah kerajaan dunia pada urutan kedua – sama dengan beruang di Daniel 8. Kerajaan itu terbentuk dari gabungan dua bangsa. Bangsa Media muncul lebih dulu (digambarkan di Daniel 7:5 dengan beruang yang berdiri pada sisinya yang sebelah) tapi Persia lambat-laun menjadi lebih kuat (dilambangkan di Daniel 8:3 dengan tanduk kedua dari domba jantan yang menjadi lebih tinggi). Ketiga tulang rusuk melambangkan tiga kekuasaan yang dikalahkan kerajaan Medo-Persia: Lydia, Babel, dan Mesir.

Keterangan Gambar :

Beruang dengan tiga tulang rusuk di mulutnya melambangkan Medo-Persia.

4. Yunani, kerajaan penguasa dunia nomor tiga (Daniel 8:21) dilambangkan dengan macan tutul bersayap empat dan berkepala empat (Daniel 7:6). Apa arti kepala-kepala itu? Apa arti keempat sayapnya?

Jawab: Keempat kepala itu melambangkan empat kerajaan pecahan dari kerajaan Yunani. Keempat jenderal yang mengepalai empat wilayah itu adalah: Cassander, Lysimachus, Ptolemy, dan Seleucus. Keempat sayap (bukan dua seperti singa) melambangkan kegesitan yang sangat tinggi, yang dengan tepat menggambarkan penyerbuan-penyerbuan Alexander Agung (Yeremia 4:11-13).

Keterangan Gambar :

Macan tutul di Daniel 7 melambangkan kerajaan penguasa dunia yang bernama Yunani.

5. Kekaisaran Roma, kerajaan yang nomor empat, dilambangkan dengan binatang menyeramkan

bergigi besi dengan 10 tanduk. Apa arti tanduk-tanduk itu?

Jawab: Kesepuluh tanduk melambangkan 10 kerajaan yang pecah dari Kekaisaran Roma (Daniel 7:24). (Kesepuluh kerajaan ini juga digambarkan sebagai 10 jari kaki di Daniel 2:41-44). Suku-suku barbar nomaden menyapu Kekaisaran Roma dan merebut tanah-tanah bagi suku mereka masing-masing. Tujuh dari 10 suku bertumbuh menjadi tujuh negara Eropa Barat di zaman modern sekarang ini, sementara tiga di antaranya musnah. Bagian berikut akan membicarakan ketiga negara itu.

Keterangan Gambar :

Kekaisaran Roma dilambangkan dengan binatang yang menyeramkan di Daniel 7.

6. Di nubuatan Daniel 7, apa yang terjadi selanjutnya?

“Sementara aku memperhatikan tanduk-tanduk itu, tampak tumbuh di antaranya suatu tanduk lain yang kecil, sehingga tiga dari tanduk-tanduk yang dahulu itu tercabut; dan pada tanduk itu tampak ada mata seperti mata manusia dan mulut yang menyombong.” (Daniel 7:8).

Jawab: Selanjutnya muncul tanduk kecil. Kita harus mengidentifikasinya pelan-pelan, dengan teliti, sebab Tuhan menggunakan lebih banyak ayat untuk menggambarkannya dibanding semua kerajaan lainnya digabungkan. Kenapa? Sebab ciri-cirinya yang dinyatakan di Alkitab mengidentifikasinya sebagai anti Kristus – baik dalam nubuatan maupun dalam sejarah. Kita tidak boleh melakukan kesalahan sedikit pun dalam mengidentifikasinya.

Keterangan Gambar :

Kuasa tanduk kecil dari Daniel 7:8 melambangkan anti Kristus / mesias palsu.

7. Apa ada ciri-cirinya yang jelas?

Jawab: Ya. Alkitab memberikan 9 ciri-ciri anti Kristus di Daniel 7 supaya kita bisa yakin identitasnya. Dan walau beberapa dari Anda mungkin mendapati kebenaran ini menyakitkan, kita harus bersikap jujur untuk menerima kebenaran ini sebagai kehendak Tuhan yang dinyatakan pada kita. Sekarang mari kita temukan kesembilan ciri-ciri itu.

A. Tanduk kecil atau kerajaan itu “tumbuh di antara” sepuluh tanduk – kesepuluh tanduk yang merupakan kerajaan-kerajaan Eropa Barat (Daniel 7:8). Jadi tanduk kecil itu pastilah sebuah negara yang terletak di Eropa Barat.

B. Dikepalai seorang manusia yang akan berbicara mewakilinya (Daniel 7:8).

C. Tanduk kecil itu telah mencabut atau memusnahkan tiga tanduk / kerajaan yang dahulu (Daniel 7:8).

D. “Berbeda” dari 10 kerajaan lainnya (Daniel 7:24).

E. Tanduk kecil itu akan “berperang melawan orang-orang kudus dan mengalahkan mereka” atau “menganiaya orang-orang kudus” (Daniel 7:21, 25).

F. Muncul dari Kekaisaran Roma – kerajaan yang keempat (Daniel 7:7, 8).

G. “Orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi” (umat Tuhan) akan “diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa” (Daniel 7:25).

H. Dia akan “mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi” atau dengan kata lain menghujat Tuhan (Daniel 7:25). Di Wahyu 13:5, Alkitab mengatakan bahwa kekuasaan ini akan mengucapkan “kesombongan dan hujat.”

I. Dia akan “berusaha untuk mengubah waktu dan hukum.” Daniel 7:25.

Jangan lupa – semua ciri-ciri ini berasal langsung dari Alkitab. Bukan pendapat manusia atau spekulasi. Para ahli sejarah bisa segera memberitahukan pada Anda siapa kekuasaan yang digambarkan di sini. Semua ciri-ciri itu hanya cocok untuk satu kekuasaan – kepausan di Vatikan. Tapi supaya yakin, mari kita periksa dengan teliti kesembilan ciri-ciri ini, satu demi satu. Tak boleh ada celah untuk merasa ragu sedikit pun.

8. Apa betul kepausan cocok dengan ciri-ciri ini?

Jawab: Ya, dia dengan tepat memenuhi semua ciri-ciri itu. Lihat poin A sampai H di bawah ini:

A. “Tumbuh di antara” sepuluh kerajaan Eropa Barat.

Lokasi geografis kepausan (negara Vatikan) adalah di dalam kota Roma, ibukota negara Italia – pusat kekuasaan di Eropa Barat.

B. Dikepalai seorang manusia yang akan berbicara mewakilinya.

Kepausan sesuai dengan ciri yang ini sebab memiliki seorang manusia (paus) sebagai kepala yang berbicara mewakili kepausan.

C. Mencabut atau memusnahkan tiga kerajaan yang dahulu.

Mayoritas raja-raja Eropa Barat beragama Katolik dan mendukung kepausan dalam pertumbuhan dan wewenangnya. Namun tiga kerajaan Arian, tidak mendukung kepausan – Vandals, Heruli, dan Ostrogoths. Jadi para raja beragama Katolik itu memutuskan mereka harus dikalahkan atau dimusnahkan. Beginilah Dr. Mervyn Maxwell, seorang ahli sejarah, menggambarkan hasilnya dalam jilid 1 halaman 129 dari bukunya yang berjudul God Cares: “Kaisar Zeno yang beragama Katolik (474-491) mengatur perjanjian dengan bangsa Ostrogoths di tahun 487 yang menelurkan pemusnahan kerajaan Heruli di tahun 493. Dan Kaisar Justinian yang beragama Katolik (527-565) memusnahkan bangsa Vandals di tahun 534 dan menghancurkan kekuasaan Ostrogoths di tahun 538. Dengan demikian ketiga tanduk di kitab Daniel – Heruli, Vandals, dan Ostrogoths – ‘tercabut.’”

Tidaklah sulit untuk melihat bahwa kepausan cocok dengan ciri-ciri ini.

D. “Berbeda” dari kerajaan lainnya.

Kepausan sesuai dengan gambaran ini juga. Tampil sebagai kekuasaan agama, betul-betul berbeda dari 10 kerajaan lainnya yang cuma berupa kekuasaan politik.

E. “Berperang melawan” dan “menganiaya orang-orang kudus”.

Bahwa Gereja Vatikan pernah menganiaya (menyiksa dan membunuh) banyak orang adalah fakta yang terkenal. Vatikan dengan terang-terangan mengaku pernah melakukannya. Banyak bukti-bukti yang mendukung. Bahkan para ahli sejarah mengaku bahwa Vatikan sudah membunuh minimal 50 juta orang hanya karena masalah perbedaan agama. Berikut ada kutipan dari dua sumber:

1. “Bahwa Gereja Roma telah menumpahkan lebih banyak darah orang tak bersalah dibanding organisasi mana pun yang pernah ada di bumi, tak akan dipertanyakan oleh orang Protestan yang memiliki pengetahuan sejarah yang cukup.” 1

2. Dalam buku The History of the Inquisition of Spain, D. Ivan Antonio Llorente menyediakan angka-angka ini dari Spanish Inquisition (Penyiksaan yang dilakukan organisasi Kepausan di negara Spanyol untuk menganiaya orang-orang Spanyol yang bukan Katolik) saja:

· 31.912 orang dihukum mati dengan cara dibakar.

· 241.450 orang dihukum dengan siksaan-siksaan kejam.

F. Muncul dari kerajaan no. 4 yang kuat bagai besi – Kekaisaran Roma.

Kami menyajikan dua kutipan di sini:

1. “Gereja Katolik yang perkasa sebetulnya cuma Kekaisaran Roma yang dibaptis… Ibukota Kekaisaran Roma kuno menjadi ibukota kekaisaran Kristen. Kantor Pontifex Maximus diteruskan menjadi kantor paus.” 2

2. “Apa pun unsur-unsur Roma yang ditinggalkan bangsa barbar dan Arian … menjadi berada di bawah perlindungan Uskup Roma, yang adalah orang tertinggi di sana sesudah pindahnya kaisar. Gereja Roma dengan cara ini menjejalkan diri ke kursi Kekaisaran Roma, di mana Gereja sebetulnya merupakan kelanjutan dari Kekaisaran.” 3

Jadi, sekali lagi, ciri-ciri ini sesuai dengan kepausan.

G. “Orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi” (umat Tuhan) akan “diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.” Daniel 7:25.

Beberapa hal harus dijelaskan sehubungan dengan ciri ini:

1. “Masa” artinya “tahun”, dua masa adalah dua tahun, setengah masa artinya setngah tahun. The Amplified Bible menterjemahkannya menjadi : “Tiga setengah tahun”. 4

2. Periode waktu yang sama ini disebut tujuh kali (Daniel 7:25; 12:7; Wahyu 11:2, 3; 12:6, 14; 13:5) di kitab Daniel dan Wahyu: tiga kali ditulis sebagai satu masa dan dua masa dan setengah masa; dua kali sebagai 42 bulan; dan dua kali sebagai 1260 hari. Berdasarkan kalender Yahudi 30-hari sebulan, periode-periode ini semuanya sama panjangnya: 3 1/2 tahun = 42 bulan = 1260 hari.

3. Satu hari dalam nubuatan sama dengan satu tahun sesungguhnya (Yehezkiel 4:6; Bilangan 14:34).

4. Jadi, tanduk kecil (anti Kristus) akan menganiaya umat Tuhan selama 1260 hari nubuatan atau 1260 tahun sesungguhnya.

5. Kekuasaan kepausan dimulai tahun 538, pada saat yang terakhir dari ketiga kerajaan Arian tercabut. Kekuasaannya berlangsung hingga tahun 1798 ketika jenderal Berthier, atas perintah Napoleon, menahan Paus dengan harapan bisa mengakhiri Paus Pius VI dan kekuasaan politik kepausan. Periode waktu ini merupakan penggenapan tepat dari nubuatan 1260 tahun. Tragedi itu adalah luka yang mematikan bagi kepausan, tapi luka itu mulai sembuh dan masih terus membaik sekarang ini.

6. Masa penganiayaan ini disebut di Matius 24:21 sebagai masa siksaan yang paling parah yang dialami umat Tuhan. Ayat 22 mengatakan bahwa masa itu sangat berat sehingga tidak akan ada yang selamat seandainya Tuhan tidak mempersingkatnya. Tapi ternyata Tuhan memperpendeknya. Masa penganiayaan itu berakhir jauh sebelum Paus ditangkap di tahun 1798. Begitu jelas bahwa ciri-ciri ini juga sesuai dengan kepausan.

H. “Mengucapkan perkataan” hujat “yang menentang Yang Mahatinggi” [Tuhan].

Hujat memiliki dua definisi di Alkitab:

1. Mengaku bisa mengampuni dosa (Lukas 5:21)

2. Mengaku sebagai Tuhan (Yohanes 10:33)

Apakah ciri ini sesuai dengan kepausan? Ya. Mari kita lihat bukti bahwa paus mengaku bisa mengampuni dosa: “Apakah Imam [Katolik] betul-betul mengampuni dosa, atau apakah dia hanya mengaku bahwa dosa-dosa itu terhapus? Imam betul-betul mengampuni dosa atas wewenang yang diberikan padanya oleh Kristus.” 5 Kepausan lebih jauh lagi merendahkan kuasa Juruselamat dengan mendirikan sistem bilik pengakuan dosa di mana dosa diakui kepada imam yang merupakan manusia berdosa; dengan cara itu melangkahi Juruselamat, Imam Besar kita (Ibrani 3:1, 8:1, 2) dan satu-satunya Pengantara (Mediator) kita (1 Timotius 2:5).

Berikutnya simak bukti bahwa paus mengaku sebagai Tuhan: “Kami [paus] memegang jabatan Tuhan Yang Maha Kuasa di bumi ini.” 6 Ini satu lagi: “Paus bukan hanya perwakilan Yesus Kristus, tapi dia adalah Yesus Kristus Sendiri, berselubung kemanusiaan.” 7

Jelas bahwa ciri-ciri ini juga sesuai dengan kepausan.

I. Akan “berusaha untuk mengubah waktu dan hukum.”

Dalam pelajaran-pelajaran selanjutnya kita akan bahas tentang “waktu” yang dimaksud di sini. Ini adalah topik yang panjang lebar dan harus dibahas secara terpisah. Tapi bagaimana dengan mengubah hukum? The Amplified Bible menterjemahkan “hukum” menjadi “The Law.” Yang dimaksud di sini adalah mengubah Hukum Tuhan. Tentu saja, tak ada seorang pun yang bisa betul-betul mengubahnya, tapi apakah kepausan sudah berusaha melakukannya? Jawabnya adalah “ya.”

Di dalam katekismus, kepausan telah membuang hukum kedua yang melarang manusia berdoa di depan patung, memperpendek hukum keempat dari 77 kata jadi beberapa kata saja, dan membagi hukum kesepuluh jadi dua, yaitu nomor 9 dan 10. (Silakan cek sendiri. Bandingkan sepuluh hukum dalam katekismus Katolik dengan Sepuluh Hukum Tuhan yang benar di Keluaran 20:3-17). Tak ada keraguan bahwa kuasa tanduk kecil di Daniel 7 (anti Kristus) adalah kepausan. Tak ada organisasi lain yang cocok dengan kesembilan ciri ini. Dan asal Anda tahu saja, ini sama sekali bukan ajaran baru. Semua pembaharu, tanpa kecuali, mengatakan bahwa kepausan adalah anti Kristus. 8

Permohonan agar Bersikap Penuh Kasih Sayang dan Prihatin

Agar jangan ada dari Anda yang berpikir bahwa kami sedang menyerang sesama umat Kristen dengan mengidentifikasi kuasa tanduk kecil ini, harap Anda ingat selalu bahwa nubuatan dari Tuhan ditujukan pada sistem organisasi Vatikan dan biara-biaranya, dan bukan pada umat Katolik. Ada umat Kristen yang tulus dan setia pada Tuhan di semua gereja, termasuk dari golongan Katolik. Daniel 7 hanyalah sebuah pekabaran akan hukuman yang akan ditimpakan Tuhan pada sebuah organisasi agama besar yang bekerjasama dengan kekafiran (paganisme/penyembahan patung atau dewa-dewi), sama seperti banyak organisasi agama lain selain Vatikan.

Nubuatan mengungkapkan kesalahan-kesalahan dari semua agama

Beberapa nubuatan lain di Alkitab menunjukkan kesalahan-kesalahan dari agama Protestan dan Yudaisme (mitologi Yahudi). Tuhan memiliki umat penyembah Tuhan yang sejati di dalam semua agama. Umat Tuhan yang sejati (apa pun agama mereka tadinya) akan selalu dengan rendah hati menerima ajaran-ajaran yang benar dari Tuhan dan tidak akan menutup telinga dan hati mereka dari-Nya dengan cara membela agama sendiri. Kita harus bersyukur bahwa Kitab Tuhan berbicara dengan jujur, tanpa memihak, dalam setiap butir Kebenaran.

1 W. E. H. Lecky, History of the Rise and Influence of the Spirit of Rationalism in Europe, Volume 2, hal. 40.

2 Alexander Clarence Flick, The Rise of the Medieval Church, hal. 148, 149.

3 Adolf Harnack, What is Christianity? (New York: Putnam, edisi 2, direvisi, 1901), hal. 269, 270.

4 The Amplified Bible, Zondervan Publishing House, Grand Rapids, Michigan 1962.

5 Joseph Deharbe, S.J., A Complete Catechism of the Catholic Religion (New York: Schwartz, Kirwin & Fauss, 1924), hal. 279.

6 Pope Leo XIII, Encyclical Letter “The Reunion of Christendom” (tertanggal 20 Juni 1894) diterjemahkan ke dalam Great Encyclical Letters of Pope Leo XIII (New York: Benziger, 1903), hal. 304.

7 Catholic National, Juli 1895.

8 R. Allen Anderson, Unfolding the Revelation, hal. 137.

9. Bukankah Daniel disuruh untuk memeteraikan kitabnya “sampai pada akhir zaman”? (Daniel12:4). Kapan nubuatan Daniel terbuka supaya kita bisa mengerti?

Jawab: Di Daniel 12:4, nabi itu disuruh untuk memeteraikan bagian-bagian dari kitabnya “sampai pada akhir zaman.” Di ayat 6 malaikat bertanya, “Bilakah hal-hal yang ajaib ini akan berakhir?” Ayat 7 mengatakan, “Satu masa dan dua masa dan setengah masa; dan setelah berakhir kuasa perusak bangsa yang kudus itu, maka segala hal ini akan digenapi [berakhir]!” Malaikat meyakinkan Daniel bahwa bagian dari kitabnya yang membicarakan tentang nubuatan akhir-zaman akan terbuka sesudah berakhir periode 1260 tahun itu, yang berarti tahun 1798 (seperti yang kita pelajari di Pelajaran ini). Jadi periode “akhir zaman” dimulai pada tahun 1798 sampai hari ini, sampai kiamat nanti. Jelas, kitab Daniel berisi pekabaran penting dari Tuhan bagi kita sekarang ini. Kita betul-betul harus mengerti isinya.

10. Banyak orang sekarang ini telah salah mengerti mengenai anti Kristus (mesias palsu). Mempercayai ajaran-ajaran yang salah tentang anti Kristus bisa dengan mudah membuat seseorang tertipu dan binasa. Apa yang harus dilakukan seseorang bila menemukan ajaran-ajaran Alkitab yang baru baginya ?

“Orang-orang Yahudi di kota itu [Berea] lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.” (Kisah Para Rasul 17:11).

Jawab: Bila menemukan ajaran baru, satu-satunya jalan yang aman adalah dengan membandingkannya dengan ayat-ayat Alkitab untuk melihat apakah ajaran itu sesuai dengan Alkitab.

11. Apakah Anda siap mengikut Tuhan ke mana pun Dia menuntun Anda, walau mungkin Anda akan mengalami penderitaan?

Catatan Penutup untuk Pelajaran Ini

Banyak nubuatan besar dari kitab Daniel dan Wahyu akan ditampilkan dalam pelajaran-pelajaran berikutnya. Tuhan sudah memberikan nubuatan-nubuatan itu untuk:

A. Menyingkapkan peristiwa-peristiwa terakhir dunia ini.

B. Mengidentifikasi pihak-pihak yang akan ambil bagian dalam pertempuran terakhir antara Tuhan dan Setan.

C. Menyingkapkan rencana jahat Setan untuk menjerat dan membinasakan kita semua.

D. Menampilkan aspek perlindungan dan kasih dari proses Pengadilan Tuhan, umat Tuhan akan dibuktikan tak bersalah!

E. Meninggikan Juruselamat – pengampunan-Nya, kasih-Nya, kuasa-Nya, belaskasihan-Nya, dan keadilan-Nya.

Pihak-pihak yang akan ambil bagian dalam pertempuran itu akan tampil berkali-kali

Para partisipan dalam pertempuran terakhir antara Tuhan dan Setan akan tampil beberapa kali dalam nubuatan-nubuatan itu. Termasuk: Setan, Tuhan, Amerika Serikat, kepausan, golongan Protestan, dan spiritisme. Tuhan mengulang-ulang dan semakin memperinci nubuatan-nubuatan-Nya melalui para nabi untuk memastikan pekabaran-Nya mengenai kasih dan perlindungan-Nya sampai kepada kita dengan kejelasan dan kepastian penuh.

Hak cipta © 2004 pada Amazing Facts Inc (untuk edisi lengkap berupa lembaran tercetak dalam bahasa Inggris). All rights reserved. Edisi lembaran tercetak disarankan untuk digunakan hanya bagi kalangan sendiri.

Diterjemahkan oleh: cmc-jakarta.org

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here