man_screaming_-_istock

1.  DUNIA AKAN SEPENUHNYA TERJAGA KETIKA MALAIKAT DALAM WAHYU 18 MEMPERKUAT SERUAN NYARING

1 – Babel telah menyebabkan seluruh bangsa mabuk—dengan memaksakan pemeliharaan hari Minggu.—“Meskipun terdapat kegelapan rohani dan pengasingan dari Tuhan di dalam gereja-gereja yang membentuk Babel, sejumlah besar pengikut Kristus masih terdapat di dalam perkumpulan mereka. “-Great Controversy, 390:1.

“… Babel, kota besar itu, yang telah memabukkan segala bangsa dengan anggur hawa nafsu cabulnya.” (Wahyu 14:6-8). Bagaimanakah itu terjadi? Dengan memaksa manusia untuk menerima sabat palsu.” – 8 Testimonies, 94:2.

Pertama, hukum Tuhan akan diabaikan oleh lembaga pembuat undang-undang, kemudian dosa-dosa Babel telah mencapai langit. Kemudian malaikat dalam Wahyu 18 akan menyampaikan seruannya.—“Kapankah dosa-dosanya mencapai langit [Wahyu 18:2-5]? Ketika hukum Tuhan pada akhirnya disia-siakan oleh lembaga pembuat undang-undang. “-Last Day Events, 198:5.

“Ketika bumi diterangi dengan kemuliaan malaikat dalam Wahyu 18, unsur-unsur agama, baik yang benar maupun yang jahat, bangkit dari tidur mereka, dan tentara Tuhan yang hidup akan menguasai medan. “-7 Bible Commentary, 983/1:2. 

2.  MALAIKAT DALAM WAHYU 18 MENGULANGI PEKABARAN MALAIKAT KEDUA

2 – Pekabaran malaikat keempat adalah penguatan dari pekabaran malaikat kedua. Maka intisari dari pekabaran malaikat kedua diberikan kembali kepada dunia oleh malaikat yang lain yang menerangi bumi dengan kemuliaannya

3.  PEKABARAN MALAIKAT DALAM WAHYU 18 AKAN MENGINTENSIFKAN SERUAN NYARING MALAIKAT KETIGA

3 – Malaikat keempat membawa kuasa—dan pekabaran tambahan—kepada seruan terakhir. Pekabaran-pekabaran ini seluruhnya berbaur menjadi satu, dibawa ke hadapan manusia di dalam hari-hari penutupan sejarah manusia. Seluruh dunia akan diuji, dan semua orang yang sebelumnya di dalam kegelapan kesalahan tentang hari Sabat hukum keempat akan memahami pekabaran karunia kemurahan yang terakhir yang harus diberikan kepada manusia.“Pekerjaan kita adalah mengumumkan hukum-hukum Tuhan dan ke-saksian Yesus Kristus.” –2 Se­lected Messages, 116:2-3.

4 – Pekabaran malaikat kedua diulangi dan ditambahkan oleh pekabaran keempat. —“Kemudian dari pada itu aku melihat seorang malaikat lain turun dari sorga. Ia mempunyai kekuasaan besar dan bumi menjadi terang oleh kemuliaannya. Dan ia berseru dengan suara yang kuat, katanya: “Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu, dan ia telah menjadi tempat kediaman roh-roh jahat dan tempat bersembunyi semua roh najis dan tempat bersembunyi segala burung yang najis dan yang dibenci, … Lalu aku mendengar suara lain dari sorga berkata: “Pergilah kamu, hai umat-Ku, pergilah dari padanya supaya kamu jangan mengambil bagian dalam dosa-dosanya, dan supaya kamu jangan turut ditimpa malapetaka-malapetakanya.” Wahyu 18: 1-2, 4. Ayat Alkitab ini mengacu ke masa depan ketika pengumuman kejatuhan Babel, sebagaimana dilakukan oleh malaikat kedua dalam Wahyu 14:8, haruslah diulang kembali, dengan penyebutan tambahan tentang kerusakan-kerusakan yang telah memasuki berbagai lembaga yang membentuk Babel, sejak pekabaran itu pertama kali diberikan, di musim panas tahun 1844… Pengumuman-pengumuman ini bersatu dengan pekabaran malaikat ketiga, membentuk peringatan terakhir yang harus diberikan kepada penghuni bumi

“Saya melihat para malaikat bergegas hilir mudik di surga, turun ke bumi, dan kembali naik ke surga, mempersiapkan bagi kegenapan dari suatu peristiwa penting. Kemudian saya melihat seorang malaikat yang perkasa diperintahkan untuk turun ke bumi, untuk menggabungkan suaranya dengan malaikat ketiga, dan memberi kuasa dan tenaga kepada pekabarannya. Kuasa dan kemuliaan besar dikaruniakan kepada malaikat itu, dan sementara ia turun, bumi diterangi oleh kemuliaannya. Terang yang menyertai malaikat ini menerangi segala tempat, ketika ia berseru dengan keras, dengan suara yang keras: “Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu.” -Early Writ­ings, 277.

5 – Malaikat keempat akan menerangi seluruh bumi. —“Malaikat yang bersatu dalam pengumuman pekabaran malaikat ketiga hendak menerangi seluruh bumi dengan kemuliaannya. “-Great Controversy, 611:1.

4.  PEKABARAN SERUAN NYARING AKAN MEMILIKI KUASA BESAR DAN MENJANGKAU SELURUH DUNIA

Seruan nyaring akan menjadi sebuah terang besar yang bersinar di tengah kegelapan bumi yang semakin kelam. —“Di tengah bayang-bayang yang semakin pekat dari krisis besar bumi yang terakhir, terang Tuhan akan bersinar paling terang, dan nyanyian pengharapan dan kepercayaan akan terdengar dalam alunan yang paling jelas dan paling mulia. “-Education, 166:7.

6 – Pekabaran itu akan masuk ke setiap kota besar dan kota kecil.“Selama seruan nyaring, gereja yang dibantu oleh ketentuan takdir Tuhan mereka yang ditinggikan, akan menyampaikan pengetahuan tentang keselamatan dengan begitu limpah sehingga terang itu akan disampaikan kepada setiap kota besar dan kota kecil. “- Evangelism, 694:1.

Di setiap kota di Amerika, kebenaran harus diberitakan. Di setiap negara di dunia pekabaran peringatan harus diberikan.”-Last Day Events, 208:3.-­

7 – Pekabaran itu akan disertai oleh kuasa yang besar, dan akan menyebar ke seluruh dunia. —“Sebuah pekerjaan seluruh dunia dengan kuasa yang luar biasa diramalkan di sini.” -Great Controversy, 611:1.

8 – Banjir kuasa akan dicurahkan.Banjir kuasa rohani akan dicurahkan ke atas orang-orang yang siap untuk menerimanya.” -8 Testimonies, 46:1.

9 – Pekabaran itu akan mencapai tujuannya sepenuhnya. —“Nubuatan ini [Yoel 2:28] menerima kegenapan sebagian di dalam kecurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta; namun akan mencapai kegenapan sepenuhnya di dalam pernyataan kasih karunia ilahi yang akan menyertai pekerjaan Injil penutupan.”­ Great Controversy, IX:3 (Introduction).

10 – Pekabaran itu akan menuju seluruh penjuru dunia. —“Di negara-negara Afrika kafir, negeri Katolik di Eropa dan Amerika Selatan, di Cina, di India, dan di pulau-pulau di lautan, dan di sudut-sudut gelap bumi ini, Tuhan memelihara ketetapan orang-orang yang telah dipilih yang akan bersinar terang di tengah kegelapan, yang menyatakan secara jelas kepada dunia yang telah sesat tentang kuasa pengubah dari ketaatan kepada hukum Tuhan, bahkan sekarang mereka muncul di dalam setiap bangsa, setiap bahasa dan kaum; dan di dalam jam kesesatan yang mendalam, ketika usaha-usaha puncak Setan dilakukan untuk menyebabkan orang-orang “kaya dan miskin, merdeka dan hamba,” menerima, di bawah ancaman hukuman mati, tanda pengakuan kepada hari perhentian palsu, orang-orang yang setia, “tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia,” Semakin gelap malam hari, semakin terang mereka akan bercahaya.”– Prophets and Kings, pp. 188, 189.

Kebalikan dari orang-orang yang memelihara hukum-hukum Tuhan dan memiliki iman kepada Yesus, malaikat ketiga menunjuk kepada sebuah kelompok, yang terhadap kesalahan-kesalahan mereka suatu peringatan yang khidmat dan mengerikan disampaikan: “Jikalau seorang menyembah binatang dan patungnya itu, dan menerima tanda itu,” “-Great Controversy, 438:1.

Ciri khusus binatang itu, dan oleh karenanya adalah patungnya, adalah pelanggaran akan hukum-hukum Tuhan.”-Great Controversy, 446:1.

“Dalam permasalahan pertarungan itu seluruh dunia Kristen akan terbagi menjadi dua kelompok besar—orang-orang yang memelihara hukum-hukum Tuhan dan iman kepada Yesus, dan orang-orang yang menyembah binatang itu dan patungnya dan menerima tanda binatang. Meskipun gereja dan negara akan mempersatukan kekuatan mereka untuk memaksa semua orang “besar atau kecil, kaya atau miskin, merdeka atau hamba” (Wahyu 13:16) untuk “menerima tanda binatang itu,” namun umat Tuhan tidak akan menerimanya.” -Great Controversy, 450:1.

“Roh kepausan adalah roh kompromi kepada kebiasaan-kebiasaan dunia, pengudusan tradisi-tradisi manusia mengatasi hukum-hukum Tuhan yang meresap ke dalam gereja-gereja Protestan dan menggiring mereka untuk melakukan pekerjaan yang sama yaitu meninggikan hari Minggu yang telah dilakukan oleh kepausan sebelum mereka.”-Great Controversy, 573:1.

“Yesus, sambil memandang ke bawah kepada generasi terakhir ini, melihat dunia terlibat dalam suatu tipu daya yang serupa dengan yang menyebabkan kehancuran Yerusalem. Dosa besar orang-orang Yahudi adalah penolakan mereka akan Yesus; dosa besar dunia Kristen adalah penolakan kepada hukum Tuhan, landasan pemerintahan-Nya di surga dan di bumi.” -Great Controversy, 22:2.

Konflik besar terakhir antara kebenaran dan kesalahan adalah pergumulan terakhir dari pertentangan yang berlangsung lama tentang hukum Tuhan. Ke dalam pertempuran inilah kita sekarang masuk—sebuah pertempuran antara hukum-hukum manusia dan perintah-perintah Yahwe.” ­Great Controversy, 582:2.

Krisis yang mengawali pertentangan besar adalah juga krisis yang akan mengakhirinya. Anda dan saya akan mengambil bagian di dalam krisis tersebut! Akankah keputusan kita berada di pihak Tuhan? Akankah kita menyatakan hukumNya yang sempurna? Atau akankah kita mendengarkan orang-orang yang mencintai dosa begitu besar, sehingga mereka menyampaikan khotbah dan menulis buku-buku untuk membenarkannya? Ketika krisis itu selesai dan pertentangan itu berakhir, kemudian kekekalan dimulai. Kekekalan inilah yang saya dan anda ingin mengambil bagian di dalamnya.

Salib Kalvari, sementara menyatakan hukum yang kekal, menyatakan kepada alam semesta bahwa upah dosa adalah maut. Dalam seruan Juruselamat yang terakhir, “Sudah selesai,” lonceng kematian bagi Setan sudah dibunyikan. Pertentangan besar yang telah begitu lama berlangsung saat itu telah diputuskan, dan penghapusan kejahatan yang terakhir telah menjadi pasti… “Bahwa sesungguhnya hari itu datang, menyala seperti perapian, maka semua orang gegabah dan setiap orang yang berbuat fasik menjadi seperti jerami dan akan terbakar oleh hari yang datang itu, firman TUHAN semesta alam, sampai tidak ditinggalkannya akar dan cabang mereka.” Maleakhi 4:1.

“Seluruh alam semesta akan menjadi saksi tentang watak dan akibat-akibat dari dosa. Dan dalam pemusnahannya seluruhnya, yang pada awalnya akan menyebabkan rasa takut para malaikat dan tidak memuliakan Tuhan, sekarang akan menyatakan kasihNya dan menetapkan kehormatan-Nya di hadapan alam semesta makhluk yang suka melakukan kehendak-Nya, dan yang di dalam hati mereka adalah hukum-Nya. Tidak pernah lagi kejahatan akan muncul, Firman Tuhan: “Apakah maksudmu menentang TUHAN? Ia akan menghabisi sama sekali; kesengsaraan tidak akan timbul dua kali!” Nahum 1:9. Hukum Tuhan, yang telah dituduhkan Setan sebagai kuk perbudakan, akan dimuliakan sebagai hukum kebebasan. Sebuah ciptaan yang telah teruji dan terbukti tidak akan pernah lagi berpaling dari kesetiaan kepadaNya yang tabiatNya telah seutuhnya dinyatakan di hadapan mereka sebagai kasih yang tak terduga dan hikmat yang tak terbatas.”-Great Controversy, 503:3­-504:1.

Masa depan adalah gemilang, sepanjang kita berpegang kepada Yesus. Ia memiliki kekekalan yang indah menunggu kita. Ia akan menuntun kawananNya melalui abad-abad damai dan kebahagiaan yang tak terhitung lamanya. Hidup tanpa akhir! Oh, sahabatku, kita harus berada di sana!

Sekarang ini tugas kitalah untuk belajar cara-cara surga. Kemudian, kita akan hidup di sana selamanya. Perkara kekekalan adalah kesetiaan dan ketaatan kepada Tuhan kita. Orang-orang yang tidak menginginkannya tidak akan ada di sana. Namun itulah satu-satunya jalan bagi kebahagiaan sejati!

Saya tahu anda menginginkannya! Semoga Tuhan menolong kita—masing-masing—untuk setia hingga akhir.

5. DI DALAM KRISTUS ANDA BISA MENANG

11 – Pernyataan-pernyataan berikut ini menjelaskan bagaimana kita dapat melawan pencobaan dan mengalahkan dosa dalam kekuatan Kristus. Pernyataan-pernyataan ini adalah menjelaskan di dalam dirinya sendiri dan hanya memerlukan sedikit saja pengantar. Ya, tuntutannya sangat tinggi, namun kuasa yang memberi kemampuan juga sama tingginya! Cukuplah untuk kebutuhan hari ini kasih karunia akan diberikan. Namun itu hanya dikaruniakan kepada orang-orang yang setiap saat mendesak mendekat ke sisi Kristus, dan melihat hanya kepada-Nya bagi pertolongan, hikmat dan kekuatan. Melalui kasih karunia Kristus yang memberi kuasa kita dapat menuruti segala yang dituntut oleh Tuhan kepada kita di dalam Buku-buku Ilham-Nya.

Melalui penurutanNya yang sempurna Ia telah memungkinkan bagi setiap manusia untuk menurut hukum-hukum Tuhan. Ketika kita menyerahkan diri kita kepada Kristus, hati kita bersatu dengan hati-Nya, kehendak kita bergabung di dalam kehendak-Nya, pikiran menjadi satu dengan pikiran-Nya, pemikiran-pemikiran kita dibawa ke dalam Dia; kita menghidupkan kehidupanNya. Inilah apa yang dimaksudkan dengan mengenakan pakaian kebenaran-Nya.” – Christ’s Object Lessons, 312:0.

“Dan bagaimanakah ini dapat dicapai. Kristus telah menunjukkan kepada kita. Dengan sarana apakah Ia menang dalam pertentangan dengan Setan?—Dengan firman Tuhan. Hanya dengan firmanlah Ia dapat melawan pencobaan. “Ada tertulis,” kata-Nya. Dan kepada kita “Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.” 2 Petrus 1:4. Setiap janji di dalam Tuhan adalah milik kita. “Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.” Ketika kita dikepung oleh pencobaan, janganlah kita melihat kepada keadaan atau kelemahan diri, melainkan kepada kuasa firman. Segala kekuatan adalah milik anda. Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau.” Mazmur 119:11. Tentang perbuatan manusia, sesuai dengan firman yang Engkau ucapkan, aku telah menjaga diriku terhadap jalan orang-orang yang melakukan kekerasan” Mazmur 17:4“-Desire of Ages, 123:4.

“Kristus adalah menara kekuatan kita, dan Setan tidak memiliki kuasa atas jiwa yang berjalan dengan Tuhan dalam kesederhanaan pikiran. Janji itu, “Kecuali kalau mereka mencari perlindungan kepada-Ku dan mencari damai dengan Aku, ya mencari damai dengan Aku!” Yesaya 27:5. Di dalam Kristus ada pertolongan yang lengkap dan sempurna bagi setiap jiwa yang mengalami pencobaan. Bahaya-bahaya mengepung di setiap jalan, namun seluruh alam semesta surga berdiri berjaga-jaga, sehingga tidak ada yang dicobai melampaui yang mampu ditanggungnya. Sebagian orang memiliki sifat tabiat yang kuat, yang terus menerus perlu ditekan. Jikalau berada di bawah pengawasan Roh Tuhan, sifat-sifat ini akan menjadi berkat; namun jikalau tidak, ia akan terbukti menjadi sebuah kutukan… Jikalau kita mau memberikan diri kita tanpa mementingkan diri sendiri kepada pekerjaan itu, tidak pernah bergeser sedikitpun dari prinsip, Tuhan akan meletakkan lengan kekal-Nya di sekeliling kita, dan akan membuktikan sebagai penolong yang perkasa. Jikalau kita memandang kepada Yesus sebagai Seorang  yang di dalam Dia kita dapat percaya, Ia tidak akan menjatuhkan kita dalam keadaan yang mendesak.” -My Life Today,916:4.

Tidak perlu bagi seseorang untuk menyerah kepada pencobaan Setan dan oleh karenanya melanggar hati nuraninya dan mendukakan Roh Kudus. Setiap ketetapan telah diberikan di dalam firman Tuhan  sehingga semua orang memperoleh pertolongan ilahi di dalam usaha mereka untuk menang. Jikalau mereka memegang Yesus di depan mereka, maka mereka akan menjadi diubahkan ke dalam citra-Nya. “-5 Testimonies, 574:2.

Musuh tidak dapat mengalahkan pelajar Kristus yang rendah hati, orang yang berjalan dengan penuh doa di hadapan Tuhan. Kristus menempatkan Diri-Nya sebagai sebuah perlindungan, sebuah tempat istirahat, dari serangan-serangan orang-orang jahat.

“Setan diizinkan untuk mencobai Petrus yang terlalu percaya diri, dan ia telah diizinkan untuk mencobai Ayub; namun ketika pekerjaan itu telah dilakukannya, ia harus berhenti. Seandainya Setan dibiarkan menuruti jalannya sendiri, tidak akan ada pengharapan bagi Petrus. Ia tentulah telah menjadi puing-puing kapal iman yang telah hancur. Namun musuh itu tidak berani berjalan lewat selebar rambut sekalipun dari wilayah yang ditetapkan baginya. Tidak ada kuasa di dalam kekuatan setan sepenuhnya yang dapat melumpuhkan jiwa yang percaya, dalam kepercayaan yang sederhana, dalam hikmat yang berasal dari Tuhan. “-My Life To­day, 316:2-3.

Di dalam kekuatan kita sendiri tidaklah mungkin bagi kita untuk menyangkal serangan-serangan kodrat kita yang telah jatuh. Melalui sarana ini Setan akan membawa pencobaan kepada setiap makhluk hidup, mengambil keuntungan dari kelemahan turunan, dan melalui tipu daya palsunya untuk memerangkap semua orang  yang kepercayaannya tidak ada pada Tuhan. Dan dengan melalui jalan yang seharusnya dilalui manusia, Tuhan kita telah mempersiapkan jalan bagi kita untuk menang. Bukanlah kehendak-Nya bahwa kita harus berada dalam kemunduran dalam pertentangan dengan Setan.” -The De­sire of Ages, 122:3.

“Biarlah orang yang sedang bergumul melawan kuasa selera, memandang kepada Juruselamat di padang belantara pencobaan. Lihatlah Dia di dalam penderitaan-Nya di kayu salib, ketika Ia berseru, “Aku haus.” Ia telah menanggung semuanya sehingga kita dapat menanggungnya juga. Kemenangan-Nya adalah milik kita.

“Tidak ada di dalam Diri-Nya yang menanggapi tipu daya Setan. Ia tidak menuruti dosa. Tidak juga di dalam pikiran Ia menyerah kepada pencobaan. Maka demikianlah juga dengan kita. Kemanusiaan Kristus bersatu dengan keilahian; Ia menjadi layak dalam pertentangan itu karena Roh Kudus berdiam di dalam-Nya. Dan Ia datang untuk menjadikan kita mengambil bagian dalam kodrat ilahi. Sepanjang kita bersatu dengan Dia di dalam iman, dosa tidak berkuasa atas kita. Tuhan menjangkau tangan iman di dalam kita untuk mengarahkannya agar berpegang pada keilahian Kristus, sehingga kita dapat memperoleh kesempurnaan tabiat. “-The Desire of Ages, 122:4-123:3.

“Yesus tidak menghendaki orang-orang yang telah dibeli dengan harga yang begitu mahal menjadi sasaran pencobaan musuh. Ia tidak menghendaki kita menjadi kalah dan binasa. Ia yang menutup mulut singa di dalam kandangnya, dan berjalan dengan saksi-saksi-Nya yang setia di tengah api yang bernyala-nyala, sama siapnya untuk bekerja demi kita untuk mengalahkan setiap kejahatan di dalam kodrat kita. Hari ini Ia sedang berdiri di altar kasih kemurahan, menyampaikan di hadapan Tuhan doa-doa orang-orang yang menginginkan pertolongan-Nya. Ia tidak berpaling dari orang-orang yang meratap dan penuh penyesalan…

Jiwa-jiwa yang berpaling kepada-Nya meminta perlindungan, Yesus mengangkat mereka melampaui tuduhan dan perselisihan. Tidak ada manusia atau malaikat iblis yang dapat mendakwa jiwa-jiwa ini. Kristus mempersatukan mereka dengan kodrat kemanusiaan ilahi-Nya sendiri.” The Ministry of Healing, 90:1-2.

Keadaan kehidupan kekal sekarang adalah sama dengan sebagaimana adanya selalu,—sama seperti adanya di Taman Eden sebelum kejatuhan orangtua pertama kita,—ketaatan yang sempurna kepada hukum Tuhan, kebenaran yang sempurna. Jikalau kehidupan kekal dijaminkan dengan syarat yang kurang daripada ini, maka kebahagiaan seluruh alam semesta akan berada dalam bahaya.” -Steps to Christ, 62:1.

Karena kita adalah berdosa, tidak kudus, kita tidak dapat menuruti hukum yang kudus secara sempurna… Namun Kristus telah membuat jalan pembebasan bagi kita. Ia hidup di bumi di tengah ujian dan pencobaan yang seharusnya kita hadapi. Ia menghidupkan kehidupan yang tanpa dosa. Ia mati bagi kita, dan sekarang Ia menawarkan untuk mengambil dosa-dosa kita dan memberikan kita kebenaran-Nya. Jikalau anda memberikan diri anda kepada-Nya, dan menerima Dia sebagai Juruselamatmu, maka betapapun berdosanya kehidupan anda sebelumnya, demi Dia anda diperhitungkan benar. Tabiat Kristus berdiri di tempat tabiat anda, dan anda diterima di hadapan Tuhan seperti seolah anda tidak pernah berdosa. Lebih dari itu, Kristus mengubahkan hati. Ia berdiam di dalam hati anda dengan iman.

Anda harus memelihara hubungan dengan Kristus melalui iman dan penyerahan kehendak anda terus menerus kepada-Nya; dan sepanjang anda melakukan ini, Ia akan bekerja di dalam anda untuk berkehendak dan berbuat sesuai dengan kesenangan-Nya yang baik. Sehingga anda boleh berkata, ‘Kehidupan saya miliki di dalam daging sekarang ini saya hidupkan dalam iman kepada Anak Allah… Kemudian dengan Kristus bekerja di dalam anda, anda akan menyatakan roh yang sama dan melakukan pekerjaan-pekerjaan baik yang sama, pekerjaan kebenaran, ketaatan.

Maka kita tidak memiliki apa-apa di dalam diri kita sendiri untuk dibanggakan. Kita tidak memiliki dasar bagi peninggian diri. Satu-satunya pengharapan kita adalah di dalam kebenaran Kristus yang telah dipersalahkan demi kita, sehingga di dalamnya melalui Roh Kudus Ia bekerja di dalam dan melalui kita.” -Steps to Christ, 62:2-63:1.

Kristus mempersiapkan jalan untuk menebus manusia melalui kehidupan-Nya sendiri yang penuh penderitaan, penyangkalan diri, dan pengorbanan diri, dan melalui kehinaan-Nya dan kematian akhir. Ia membawa pertolongan kepada manusia sehingga manusia, dengan mengikuti teladan Kristus, menang demi dirinya sendiri, sebagaimana Kristus telah menang baginya.”-3 Testimonies; 372:1.

Adalah menjadi tujuan-Nya untuk membawa mereka ke dalam hubungan yang begitu dekat dengan Diri-Nya sehingga Setan tidak akan memperoleh kesempatan untuk menyesatkan penilaian mereka atau menguasai hati nurani mereka. Ia akan menunjukkan kepada mereka cacat dalam tabiat mereka, dan mengaruniakan kepada semua orang yang mencari bantuan-Nya, kekuatan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan mereka. Apapun yang menjadi dosa yang mengepung manusia, betapapun pahitnya pergumulan nafsu malang mereka untuk menang, ia dapat mengalahkan, jikalau ia hendak berjaga dan berperang melawannya di dalam nama dan kekuatan Penolong Israel.

Anak-anak Tuhan harus menanamkan kepekaan yang tajam terhadap dosa. Di sini, dan di mana saja, kita tidak boleh mengabaikan perkara-perkara remeh. Itu adalah salah satu sarana Setan yang paling berhasil, untuk menggiring manusia melakukan dosa-dosa kecil, membutakan pikiran terhadap bahaya dari pemanjaan-pemanjaan kecil, penyelewengan kecil dari tuntutan Tuhan yang dinyatakan dengan jelas. Banyak orang yang akan dikuasai kengerian karena pelanggaran-pelanggaran besar, digiring untuk memandang dosa dalam perkara-perkara kecil sebagai berakibat sepele. Namun dosa-dosa kecil inilah memakan habis kehidupan kesalehan di dalam jiwa.

Kita harus belajar untuk tidak mempercayai diri sendiri dan bersandang sepenuhnya kepada Tuhan untuk memperoleh tuntunan dan dukungan, untuk memperoleh suatu pengetahuan tentang kehendak-Nya, dan untuk memperoleh kekuatan untuk melakukannya.”-2 Bible Commentary, 1017:3-4.

Anak-anak Tuhan harus mencari dosa yang telah dipelihara dan dimanjakannya sendiri, dan mengizinkan Tuhan untuk memotongnya dari hatinya. Ia harus mengalahkan dosa itu; karena itu bukanlah perkara sepele dalam pandangan Tuhan…

Tuhan tidak memberikan kita sebuah daftar tingkatan dosa, sehingga kita akan melihat sebagian dosa memiliki konsekuensi kecil, dan berkata bahwa dosa-dosa itu tidak akan terlalu berbahaya, sementara dosa-dosa lain adalah lebih besar dan akan lebih membahayakan.

“Sebuah rantai tidak akan lebih kuat daripada mata rantainya yang terlemah… Pekerjaan menguasai dosa haruslah menjadi pelajaran bagi setiap jiwa yang masuk ke dalam kerajaan Tuhan.” ­Messages to Young People, 91:1-3.

Ia tidak mengurangi arti dosa, tidak juga mengurangi rasa bersalah.. manusia membenci orang berdosa, sementara mereka mencintai dosa. Kristus membenci dosa, namun mengasihi orang berdosa.” -Desire of Ages, 462:3-4.

“Haruslah dinyatakan secara gamblang bahwa pemerintahan Tuhan tidak mengenal kompromi dengan iblis… Kita harus waspada agar tidak memperlakukan dosa sebagai perkara yang ringan. Adalah mengerikan kuasanya terhadap orang yang berbuat kesalahan. “Orang fasik tertangkap dalam kejahatannya, dan terjerat dalam tali dosanya sendiri.” Amsal 5:22. Kesalahan terbesar yang dilakukan kepada seorang anak kecil atau orang muda adalah mengizinkan dirinya menjadi terikat kencang di dalam perbudakan kebiasaan jahat.” Education PG- 291

12 – Sejumlah besar orang akan menentukan sikap mereka. “Pekabaran ini akan disampaikan bukan dengan alasan oleh karena bisikan Roh Tuhan. Alasan-alasan telah dinyatakan. Benih-benih telah ditaburkan, dan sekarang itu akan bersemi dan menghasilkan buah. Percetakan yang dibagikan oleh pekerja-pekerja misionaris telah menghasilkan pengaruh mereka, namun banyak orang yang pikirannya menjadi terkesan selama ini telah dihalangi dari memahami sepenuhnya tentang kebenaran atau menunjukkan penurutan. Sekarang sinar terang memancar di mana-mana, kebenaran menjadi tampak dalam terang benderangnya, dan anak-anak Tuhan yang jujur mematahkan ikatan yang selama ini menghalangi mereka. Ikatan-ikatan keluarga, hubungan-hubungan gereja, tidak berkuasa untuk mendiamkan mereka sekarang. Kebenaran adalah lebih berharga dibandingkan semua perkara lainnya. Meskipun banyak agen-agen bersatu melawan kebenaran, sejumlah besar orang menentukan sikap mereka di pihak Tuhan.”-Great Controversy, 612:2.

13 – Ribuan orang akan bertobat dalam sehari. —Ribuan orang pada jam kesebelas akan melihat dan mengakui kebenaran… Pertobatan kepada kebenaran ini akan terjadi dengan kecepatan yang mengejutkan gereja, dan nama Tuhan sendirilah yang akan dipermuliakan.”-2 Selected Messages, 16:1, 3.

Akan ada banyak orang bertobat kepada kebenaran dalam sehari yang pada jam kesebelas melihat dan mengakui kebenaran dan gerakan Roh Tuhan.” -Last Day Events, 212:2.

Saatnya tiba ketika akan ada banyak pertobatan dalam sehari sebagaimana pada Hari Pentakosta, setelah para murid menerima Roh Kudus.” -Evangelism, 692:2.

6.  PEKABARAN ITU AKAN DITOLAK OLEH SEBAGIAN BESAR ORANG

14 – Sebagian besar orang akan menolak pekabaran itu.“Sebagian orang akan mendengarkan peringatan-peringatan ini, namun sebagian terbesar akan mengabaikannya.”-In Heavenly Places  343:4.

15 – Sejumlah besar pendengarnya akan menolaknya.Banyak orang yang mendengar pekabaran itu—sejumlah terbesar—tidak akan menghargai peringatan yang khidmat itu. Banyak orang akan ditemukan tidak setia kepada hukum-hukum Tuhan, yang adalah ujian tabiat. Hamba-hamba Tuhan akan disebut para penggembira. Para pendeta akan memperingatkan jemaat untuk tidak mendengarkan mereka. Nuh menerima perlakuan yang sama ketika Roh Tuhan mendesak dia untuk menyampaikan pekabaran itu, baik mereka akan mendengarkan ataupun menahan diri. ” -Testimonies to Ministers, 233:0.

16 – Pendeta-pendeta akan menuduhnya. —Pelayanan kependetaan yang populer, seperti orang-orang Farisi di masa lalu, dipenuhi dengan kemarahan karena wewenang mereka dipertanyakan, akan menuduh pekabaran itu berasal dari Setan, dan mengaduk-aduk orang banyak yang mencintai dosa untuk mencaci dan menganiaya orang-orang yang membawa pekabaran itu.” -Great Con­troversy, 607:0.

7.  PENYAMPAIAN SERUAN NYARING SEBAGIAN BESAR MERUPAKAN GERAKAN ORANG AWAM YANG TIDAK DIDUKUNG OLEH ORGANISASI BESAR APAPUN

17 – Pekabaran itu akan disampaikan oleh orang-orang sederhana yang beriman dan berdoa. —Ketika saatnya tiba untuk disampaikan dengan kuasa terbesar, Tuhan akan bekerja melalui sarana-sarana yang sederhana, menuntun pikiran-pikiran orang-orang yang mau menyucikan dirinya bagi pelayanan kepadaNya. Para pekerja akan menjadi layak lebih disebabkan karena pengurapan oleh Roh Kudus dibandingkan dengan pelatihan melalui lembaga-lembaga pendidikan. Orang-orang yang berdoa dan beriman akan didorong untuk maju dengan semangat kudus, menyatakan firman yang diberikan Tuhan kepada mereka.”-Great Controversy, 606:2.

18 – Orang-orang yang tidak berpendidikan, bahkan anak-anak, akan menyampaikan pekabaran terakhir ini.“Banyak orang … akan bergegas ke sana kemari, didorong oleh Roh Tuhan untuk membawa terang kepada orang lain. Kebenaran itu, yaitu Firman Tuhan, adalah seperti api di dalam tulang-tulang mereka, mengisi mereka dengan keinginan yang menyala untuk menerangi orang-orang yang duduk di dalam kegelapan. Banyak orang, bahkan dari kalangan tidak berpendidikan, sekarang mengumumkan firman Tuhan. Anak-anak dikesankan oleh Roh Kudus untuk maju dan menyampaikan pekabaran dari surga.  Roh Tuhan dicurahkan kepada semua orang yang menyerah kepada bisikan-bisikan-Nya, dan membuang segala permesinan manusia, aturan-aturan manusia yang mengikat dan metode-metode yang penuh kehati-hatian, mereka akan menyampaikan kebenaran dengan kekuatan dari kuasa Roh Kudus. Banyak orang akan menerima iman dan bergabung dengan bala tentara Tuhan.”-Evangelism, 700:1.

19 – Hanya sedikit orang besar akan mengambil bagian dalam menyampaikan seruan terakhir ini. —“Dalam pekerjaan khidmat yang terakhir, hanya sedikit orang besar akan terlibat. Mereka merasa puas diri, tidak bergantung kepada Tuhan, dan Ia tidak dapat menggunakan mereka.” -5 Testimo­nies, 80:1.

20 – Bukanlah gereja-gereja atau organisasi-organisasi lainnya yang bertanggung jawab dalam pekerjaan terakhir ini; melainkan Tuhan di surga. —“Kecuali orang-orang yang dapat membantu…dibangunkan kepada rasa kewajiban mereka, mereka tidak akan mengetahui pekerjaan Tuhan ketika seruan nyaring malaikat ketiga akan terdengar. Ketika terang bersinar untuk menerangi bumi, gantinya datang membantu Tuhan, mereka ingin mengikat pekerjaan-Nya agar sesuai dengan gagasan-gagasan dangkal. Biarlah saya katakan kepadamu bahwa Tuhan akan bekerja dalam pekerjaan terakhir ini dengan cara di luar keteraturan yang umum, dan dengan cara yang akan berlawanan dengan setiap perencanaan manusia. Akan ada orang-orang dari antara kita yang akan selalu ingin menguasai pekerjaan Tuhan, mendiktekan bahkan gerakan-gerakan apa yang harus dilakukan ketika pekerjaan maju di bawah tuntunan malaikat yang bergabung dengan malaikat ketiga di dalam pekabaran yang harus disampaikan kepada dunia. Tuhan akan menggunakan cara-cara dan sarana-sarana yang menunjukkan bahwa Ia menguasainya di dalam tangan-Nya sendiri. Para pekerja akan terkejut atas sarana-sarana sederhana yang Ia gunakan untuk menyampaikan pekerjaan kebenaran-Nya yang sempurna.” -Testimonies to Ministers, 300:0.

21 – Setiap dukungan duniawi akan dipotong (termasuk organisasi yang memiliki pekerja-pekerja). —“Dalam konflik besar yang terakhir dari pertentangan dengan Setan, orang-orang yang setia kepada Tuhan akan melihat setiap dukungan duniawi akan diputuskan. Karena mereka menolak untuk melanggar hukumNya demi ketaatan kepada kuasa-kuasa bumi, mereka akan dilarang untuk membeli ataupun menjual.” -Desire of Ages, 121:3-122:0.

“Bangsa-bangsa akan diaduk-aduk hingga ke pusatnya. Dukungan akan ditarik dari orang-orang yang mengabarkan standar kebenaran Tuhan semata, satu-satunya ujian tabiat yang pasti. Dan semua orang yang tidak tunduk kepada perintah dewan-dewan nasional dan taat kepada hukum-hukum nasional untuk meninggikan sabat yang dilembagakan oleh manusia berdosa itu, untuk mengabaikan hukum Tuhan yang kudus, akan merasakan, bukan saja tekanan kuasa kepausan, melainkan juga dunia Kristen, patung binatang itu.”-2 Selected Messages, 380:1.

22 – Mereka akan bebas dari segala rintangan.“Mereka akan berpaling dari setiap berhala yang mengikat mereka kepada bumi, dan akan menyembah “Dia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air.” Mereka akan membebaskan diri mereka dari segala rintangan dan akan berdiri di hadapan dunia sebagai tugu-tugu kemurahan hati Tuhan.” -Prophets and Kings, 300:0.

23 – Sarana-sarana keuangan tidak akan dibutuhkan lagi. —“Saya ditunjukkan bahwa sementara pekerjaan itu menjelang berakhir, dan kebenaran dikabarkan dengan kuasa yang besar, orang-orang kaya akan membawa sarana-sarana mereka dan meletakkannya di kaki hamba-hamba Tuhan, memohon agar mereka menerimanya. Jawaban dari para hamba Tuhan adalah: “Pergilah sekarang, hai orang kaya. Saranamu tidak diperlukan. Engkau menahannya ketika engkau dapat berbuat kebaikan dengan itu untuk memajukan pekerjaan Tuhan. Orang-orang yang kekurangan telah menderita; mereka tidak diberkati oleh saranamu. Tuhan tidak akan menerima kekayaanmu sekarang.”-1 Testimonies, 175:1.

8.  TUHAN AKAN MENGGUNAKAN SARANA-SARANA YANG TIDAK UMUM

24 – Pekerjaan itu akan dilakukan di luar kebiasaan yang umum. —“Biarlah saya mengatakan kepadamu bahwa Tuhan akan melakukan pekerjaan terakhir ini melalui cara yang sangat di luar kebiasaan umum, dan dengan suatu cara yang berlawanan dengan setiap perencanaan manusia. Akan ada orang-orang dari antara kita yang akan selalu ingin menguasai pekerjaan Tuhan, mendikte bahkan gerakan-gerakan apa yang harus dilakukan ketika pekerjaan itu maju di bawah arahan malaikat yang bergabung dengan malaikat ketiga dalam pekabaran yang diberikan kepada dunia. Tuhan akan menggunakan cara-cara dan jalan-jalan yang melaluinya akan tampak bahwa Tuhan mengatur pemerintahan-Nya dengan tangan-Nya sendiri.  Para pekerja akan terkejut dengan sarana sederhana yang akan digunakanNya untuk menyelesaikan dan menyempurnakan pekerjaan kebenaran-Nya.” -Testimonies to Ministers, 300:0.

25 – Tidak akan ada rencana-rencana yang ditentukan sebelumnya. —Janganlah membayangkan bahwa akan mungkin untuk membuat rencana-rencana bagi masa depan. Biarlah Tuhan diakui berdiri memegang kemudi setiap saat dan dalam setiap keadaan. Ia akan bekerja dengan sarana yang sesuai, dan akan memelihara, meningkatkan dan membangun umat-Nya sendiri.” -Counsels to Writ­ers and Editors, 71:0.

26 – Saat-saat dan cara-cara yang tidak terduga akan digunakan. —“Sang Penghibur hendak menyatakan Diri-Nya, bukan dengan cara yang pasti dan spesifik yang akan dicadangkan manusia, namun dalam aturan Tuhan—dalam waktu dan cara-cara yang tidak terduga yang akan memuliakan namaNya sendiri.”-Last Day Events, 204:1.

27 – Bahan-bahan cetakan akan menjadi penting, —“Lebih dari seribu orang akan segera bertobat dalam sehari, sebagian besar orang akan menyatakan pengakuan iman mereka pertama-tama melalui membaca terbitan-terbitan kita. “-Evangelism, 693:3.

“Hasil-hasil dari penyebaran buku ini [Kemenangan Akhir] tidak boleh dinilai dari apa yang tampak sekarang. Dengan membacanya sebagian jiwa akan dibangkitkan dan memiliki keberanian untuk segera bersatu dengan orang-orang yang memelihara hukum Tuhan. Namun sejumlah besar orang-orang yang membacanya tidak akan menentukan posisi hingga mereka melihat peristiwa-peristiwa yang terjadi yang telah diramalkan sebelumnya. Kegenapan dari sebagian ramalan itu akan mengilhami iman sehingga orang lain juga akan datang, dan ketika bumi diterangi dengan kemuliaan Tuhan dalam pekerjaan penutup itu, banyak jiwa akan menentukan posisi pada hukum-hukum Tuhan sebagai hasil dari alat ini.”-Colporteur Ministry, 128:4-129:0.

28 – Penerbitan, penjualan dan penyebaran bacaan yang berisikan kebenaran akan berlanjut hingga penutupan pintu kasihan. —“Marilah kita  beriman di dalam Tuhan. Di dalam nama-Nya marilah kita memajukan pekerjaan Tuhan tanpa terkejut. Pekerjaan yang telah disediakan-Nya untuk kita lakukan akan dijadikan-Nya berkat bagi kita..

“Sementara masa pencobaan berlanjut, akan ada kesempatan bagi para penginjil untuk bekerja. Ketika denominasi agama bersatu dengan kepausan untuk menekan umat Tuhan, tempat-tempat di mana terdapat kebebasan beragama akan terbuka bagi pekerjaan penginjilan.

“…Hingga di dalam surga diucapkan perkataan ini, ‘Sudah selesai,’ akan selalu ada tempat-tempat bekerja, dan jiwa-jiwa yang menerima pekabaran itu.” -6 Testimonies, 478.

Dalam tingkatan yang besar melalui rumah-rumah percetakan kita akan diselesaikan pekerjaan malaikat lain yang turun dari surga dengan kuasa besar dan yang menerangi bumi dengan ke-muliaannya [Wahyu 18:1] 7 Testimonies, 140:3.

29 – Hanya sedikit orang besar akan menyampaikan pekabaran itu. —Dalam pekerjaan khidmat yang terakhir sedikit orang besar akan terlibat… Tuhan akan melaksanakan pekerjaan di zaman kita, namun hanya sedikit yang mengantisipasi. Ia akan membangkitkan dan meninggikan dari antara kita orang-orang yang diajar oleh tuntunan Roh Kudus daripada pelatihan luar dari lembaga-lembaga ilmu pengetahuan. Fasilitas-fasilitas ini tidak boleh dihinakan atau dikutuk; sarana-sarana itu diurapi oleh Tuhan, namun mereka hanya dapat melengkapi kualifikasi luar. Tuhan akan menyatakan bahwa Ia tidak bergantung kepada manusia-manusia fana yang terpelajar dan merasa diri penting.”-5 Testimonies, 80:1, 82:4.

Para pekerja akan berkualitas lebih disebabkan karena didikan Roh Kudus daripada melalui pelatihan lembaga-lembaga pendidikan. Orang-orang beriman dan berdoa akan terdorong untuk maju dengan semangat kudus, yang mengabarkan firman yang diberikan oleh Tuhan kepada mereka.” -Great Controversy, 606:2.

30 – Tuhan akan menggunakan orang-orang yang paling berguna: orang-orang biasa. —Ia akan membangkitkan dari antara orang-orang biasa pria dan wanita untuk melakukan pekerjaan-Nya, bahkan sebagaimana di masa lalu, Ia memanggil nelayan menjadi para murid-Nya. Akan segera terjadi suatu kebangunan yang mengejutkan banyak orang. Orang-orang yang tidak menyadari perlunya apa yang harus dilakukan akan dilewatkan, dan para utusan surgawi akan bekerja dengan orang-orang yang disebut orang-orang biasa, melayakkan mereka untuk membawa kebenaran ke banyak tempat.”-Last Day Events, 204:2.

31 – Tuhan akan menggunakan orang-orang yang dapat di-gunakan-Nya secara terbaik. —Kepada jiwa-jiwa yang dengan sungguh-sungguh mencari terang dan yang menerima dengan sukacita setiap sinar dari terang ilahi dari Firman-Nya yang kudus, hanya kepada merekalah terang akan diberikan. Melalui jiwa-jiwa inilah Tuhan akan menyatakan terang dan kuasa yang akan menerangi seluruh bumi dengan kemuliaan-Nya.”-5 Tes­timonies, 729:2.

Kedisiplinan roh, kebersihan hati dan pikiranlah yang dibutuhkan. Ini lebih berharga daripada talenta, kebijaksanaan atau pengetahuan yang cemerlang. Sebuah pikiran yang biasa, yang dilatih untuk menuruti “Demikianlah firman Tuhan,’ adalah lebih berkualitas bagi pekerjaan Tuhan dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki kemampuan tetapi tidak menggunakannya secara benar.”-Last Day Events, 205:2.

32 – Bahkan orang-orang buta huruf akan digunakan. —“Orang-orang yang menerima Kristus sebagai Juruselamat pribadinya akan berdiri dalam ujian dan pencobaan di hari-hari terakhir. Dengan dikuatkan oleh iman di dalam Kristus yang tidak diragukan lagi, bahkan murid-murid yang buta hurufpun akan mampu mengatasi keraguan dan pertanyaan yang dapat dihasilkan oleh orang-orang yang tidak setia, dan memberi sepuhan kepada cara pikir yang menyesatkan dari para penghina.

Tuhan Yesus akan memberikan kepada para murid bahasa dan hikmat sehingga para musuh mereka tidak dapat menyangkal ataupun membalas. Orang-orang yang, melalui penalaran mereka, tidak dapat mengalahkan tipu daya setan akan membawa kesaksian nyata yang akan membingungkan orang-orang yang mengaku berpendidikan. Perkataan akan keluar dari bibir-bibir orang-orang yang tidak terpelajar dengan kuasa dan hikmat yang sedemikian meyakinkan sehingga pertobatan-pertobatan kepada kebenaran akan terjadi. Ribuan akan dipertobatkan karena kesaksian mereka.

“Mengapa orang-orang yang tidak terpelajar memiliki kuasa ini, sementara orang-orang terpelajar tidak? Orang-orang tidak terpelajar, melalui iman di dalam Kristus, telah masuk ke dalam suasana kebenaran yang murni dan bersih, sementara orang-orang terpelajar telah berpaling dari kebenaran. Orang miskin adalah saksi-saksi Kristus. Ia tidak dapat memohon kepada sejarah atau apa yang disebut dengan ilmu pengetahuan mulia, namun ia mengumpulkan dari Firman Tuhan bukti-bukti yang penuh kuasa. Kebenaran yang diucapkannya di bawah inspirasi Roh Kudus adalah begitu murni dan luar biasa dan membawa bersamanya suatu kuasa yang tidak terbantahkan sehingga kesaksiannya tidak dapat dibantah.”- 8 Manuscript Releases, 187:1­188:0.

33 – Anak-anak akan berkhotbah. —“Banyak orang, bahkan dari kalangan tidak terpelajar, sekarang mengabarkan firman Tuhan. Anak-anak didorong oleh Roh Kudus  maju dan mengumumkan pekabaran dari surga.  Roh Kudus dicurahkan ke atas semua orang yang hendak tunduk kepada bisikan-Nya, dan dengan menanggalkan segala permesinan manusia, aturan-aturan yang mengikat dan metode-metode yang berhati-hati, mereka menyampaikan kebenaran dengan kekuatan dari kuasa Roh Kudus.”­ Evangelism, 700:1.

“Ketika makhluk-makhluk cerdas surgawi melihat bahwa manusia tidak lagi menyatakan kebenaran dalam kesederhanaan seperti yang dilakukan Yesus, anak-anak akan digerakkan oleh Roh Tuhan dan akan maju untuk mengabarkan kebenaran untuk masa kini.” -Last Day Events, 206:3­207:0.

34 – Para malaikat akan berbicara kepada manusia. —“Ada banyak orang di dunia kita yang seperti Kornelius… Ketika Tuhan bekerja bagi Kornelius, demikian Ia bekerja bagi para pemegang standar yang benar ini… Mereka akan memperoleh suatu pengetahuan dari Tuhan sebagaimana Kornelius memperolehnya melalui kunjungan malaikat dari surga.”-Last Day Events, 207:2,

“Ketika kuasa ilahi bersatu dengan usaha manusia, pekerjaan akan menyebar seperti api di dalam tunggul. Tuhan akan menggunakan agen-agen yang asal usulnya tidak akan dapat diketahui manusia. Para malaikat akan melakukan suatu pekerjaan yang jikalau dilakukan oleh manusia akan memberikan berkat bagi mereka seandainya mereka tidak lalai untuk menjawab tuntutan Tuhan.” – 1 Selected Messages, 118:3.

Para malaikat surga sedang bergerak pada pikiran manusia untuk membangkitkan penyelidikan dalam tema-tema Alkitab. Sebuah pekerjaan yang jauh lebih besar dan tidak satupun kemuliaannya akan mengalir kepada manusia, karena malaikat-malaikat yang melayani orang-orang yang akan menjadi pewaris keselamatan yang bekerja siang dan malam. “-Counsels to Writers and Ed­itors, 140:2.

9.  BANYAK ORANG AKAN MENOLAK DAN MELAWAN METODE-METODE PILIHAN TUHAN

35 – Metode-metode Tuhan akan ditolak sebagai sesuatu yang berbahaya. —Di dalam gereja-gereja MAHK harus ada suatu pernyataan yang indah tentang kuasa Tuhan, namun itu tidak akan menggerakkan orang-orang yang tidak merendahkan dirinya di hadapan Tuhan, dan membuka pintu hati melalui pengakuan dan pertobatan. Dalam pernyataan kuasa itu yang menerangi bumi dengan kemuliaan Tuhan, mereka hanya akan melihat sesuatu yang di dalam kebutaan mereka, dianggap berbahaya, sesuatu yang akan membangkitkan rasa takut mereka, dan mereka akan memagari diri untuk menolaknya. Karena Tuhan tidak bekerja menurut gagasan dan harapan mereka, mereka akan melawan pekerjaan itu. ‘Mengapa,’ kata mereka, ‘kita tidak dapat mengetahui Roh Tuhan, sementara kita telah bekerja selama bertahun-tahun?” -Last Day Events, 209:3-210:0. 

LAMPIRAN DARI BUKU LAST DAYS

SERUAN NYARING MALAIKAT KETIGA

SERUAN NYARING

Pada hari ketika setiap kasus ditentukan, loh-loh batu akan ditempatkan sehingga seluruh dunia akan melihat dan memahami. –“Dengan tanganNya sendiri Tuhan menuliskan hukum-hukum-Nya pada dua loh batu. Loh-loh batu ini tidak dibiarkan disimpan oleh manusia, namun diletakkan di dalam tabut; dan di hari besar itu, ketika setiap kasus diputuskan, kedua batu itu, yang didalamnya bertuliskan hukum-hukum itu, akan ditempatkan sehingga seluruh dunia akan melihat dan memahami. Saksi terhadap mereka tidak akan terbantahkan.” – Letter 30, 1900, hlm.5-6. (Kepada “Brother and Sister Hickox, ” 25 Februari 1900) [Lihat juga: TBC 167.]

Orang-orang awam dari berbagai lapangan kerja akan belajar dalam hubungan dengan orang-orang yang berpengalaman. – “Di segala bidang jauh dan dekat, orang-orang akan dipanggil dari ladang dan dari lapangan pekerjaan perdagangan yang lebih umum yang sebagian besar mengisi pikiran, dan akan menjadi lebih terdidik dalam hubungan dengan orang-orang yang telah memiliki pengalaman—orang-orang yang memahami kebenaran. Melalui pekerjaan-pekerjaan Tuhan yang paling indah, gunung-gunung kesulitan akan dipindahkan dan dihempaskan ke dalam laut…

Serangkaian peristiwa akan menyatakan bahwa Tuhan adalah penguasa atas keadaan itu. – “Pada periode ini, akan ada serangkaian peristiwa yang akan menyatakan bahwa Tuhan adalah penguasa atas keadaan itu. Kebenaran akan dikumandangkan dalam bahasa yang jelas dan tidak bisa salah. Orang-orang yang mengajarkan ke-benaran akan berusaha untuk mendemonstrasikan kebenaran itu melalui kehidupan yang teratur baik dan percakapan saleh. Dan, sementara mereka melakukan ini, mereka akan menjadi penuh kuasa dalam menganjurkan kebenaran, dan dalam memberikan penerapan yang pasti yang telah diberikan Tuhan…

Pekerjaan-pekerjaan Tuhan akan diketahui di dalam penghakiman-penghakiman dan berkat-berkat yang datang. –“Peristiwa-peristiwa Tuhan yang menonjol akan tampak dan diketahui, dalam penghakiman-penghakiman dan berkat-berkat. Kebenaran akan membawa kemenangan. Kita menghadapi peperangan pencobaan di hadapan kita, namun perintah kepada kita adalah: “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” ).”­Letter 230, 1906, hlm. 2, 3, 7. (“To the Elders of the Battle Creek Church, and to Ministers and Phy­sicians, ” 5 Juli 1906). [Lihat juga: PC 79-6; TDG 195.)

Kemenangan Kebenaran. – “Pekabaran yang begitu berarti bagi penghuni bumi, akan terlihat dan dipahami. Manusia akan mengetahui kebenaran itu. Pekerjaan itu haruslah terus maju dan maju. Peristiwa-peristiwa Tuhan yang paling menonjol akan tampak dan dikenali, dan akan terlihat bahwa kebenaran membawa kemenangan.”­ Manuscript 41, 1906, hlm. 1-8. (“Universal Guilt during the Time of the End, “tanpa tahun., sebagian diterbitkan dalam  the Review and Herald, 11 Oktober  1906). [Lihat juga: 9T 95-6.)

Penjara selama Seruan Nyaring. “Orang-orang yang menghendaki untuk diberi kelegaan di dalam pikiran dan diperintahkan di dalam kebenaran harus mempelajari sejarah gereja mula-mula sela-ma dan segera setelah hari Pentakosta. Mereka perlu mempelajari dengan seksama pengalaman Paulus dan para rasul lainnya, karena umat Tuhan di hari-hari terakhir harus mengalami pengalaman-pengalaman yang serupa. Sementara dunia menjadi semakin diilhami oleh roh musuh, akan ada perlawanan yang lebih bersemangat terhadap Firman. Sebagian orang akan dipenjarakan karena mereka menolak untuk mengotori hari Sabat Tuhan. Orang-orang yang hendak memegang awal dari kepercayaan mereka teguh hingga akhir harus membawa suatu kesaksian yang hidup kepada dunia. Perkataan mereka haruslah memiliki kuasa yang meyakinkan bagi pikiran, dan banyak orang melalui mereka akan berpaling kepada Tuhan.”-Letter 190, 1907, hlm. 2. (Kepada “Dear Brethren, ” 6 Mei 1907). (Lihat juga: RC 204.)

PEKABARAN MALAIKAT KETIGA

Pekabaran malaikat ketiga adalah permasalahan hidup atau mati, dan tidak boleh dilunakkan. – “Kita mengetahui bahwa sekarang segala sesuatu adalah taruhannya. Pekabaran malaikat ketiga pada saat ini haruslah dianggap yang paling penting. Ini adalah permasalahan hidup atau mati. Wahyu bab 18 menyatakan pentingnya menyatakan kebenaran tanpa ditahan-tahan, melainkan dengan keberanian dan kuasa. Tidak boleh ada pelunakan terhadap nada kebenaran, pekabaran untuk masa kini tidak boleh ditutup-tutupi. Setan telah merancang suatu keadaan di mana pekabaran malaikat ketiga akan diikat. Kita harus waspada akan rencana-rencana dan metode-metodenya. Pekabaran malaikat ketiga haruslah diperkuat dan ditetapkan.” -Letter 28, 1900, hlm. 2-8. (Kepada “Brother and Sister [W. W.] Prescott,” 17 Februari 1900). [Lihat juga: Maranatha 191.)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here