smile wmn Copy

 

[AkhirZaman.org] “Senyum itu ibadah” Anda pasti sudah sering mendengar kutipan tersebut. Senyum membantu Anda membangun hubungan baik dengan orang-orang di sekitar Anda. Senyum merupakan salah satu cara komunikasi terbaik, merupakan sebuah perilaku yang membangun kepercayaan dan komunikasi antara orang-orang.

Tersenyum adalah cara untuk bereaksi terhadap situasi. Senyum lebih dari sekadar kesenangan atau cara untuk menunjukkan suasana hati Anda.

Berikut adalah alasan mengapa senyum merupakan obat termurah yang Anda miliki:

– Ketika Anda tersenyum, otak Anda memproduksi lebih banyak serotonin dan endorphin, obat-obatan alami yang memberikan kebahagiaan.

– Tersenyum dapat menimbulkan gerakan diafragma yang menghasilkan efek memijat pada sistem pencernaan yang membantu menghilangkan asam lemak dan zat beracun.

– Tersenyum membuat udara lebih banyak memasuki paru-paru, membawa lebih banyak oksigen ke kulit. Dengan tersenyum, Anda dapat meregangkan otot-otot wajah, memperkuat paru-paru dan jantung, karena adanya gerakan diafragma.

– Tersenyum dapat menghindarkan Anda dari penyakit fisik dan psikologis, selain itu pasien yang melakukan terapi tersenyum dapat pulih dengan cepat. Senyum dapat membuat tubuh menjadi santai, melawan depresi, menenangkan hati, mengurangi rasa sakit dan merangsang sistem kekebalan tubuh.

– Tersenyum membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa anak muda yang terkena serangan jantung ternyata memiliki tingkat permusuhan yang tinggi dan rendahnya selera humor.

– Tersenyum dapat meminimalkan rasa sakit. Walaupun tampaknya kontradiksi, faktanya adalah dengan menertawakan situasi yang menyebabkan kita sakit, dapat membantu anda kembali pulih. Ketika otak Anda merasakan adanya senyum, otak secara otomatis merasa semuanya akan lebih baik, lalu akan memancarkan sinyal pemulihan. Singkatnya, senyum adalah sedikit trik untuk menipu otak dan membuat kita merasa lebih baik tentang diri kita sendiri.

– Tersenyum membuat hidup lebih panjang. Tersenyum membantu sistem kerja kekebalan tubuh Anda menjadi lebih baik. Senyum dapat menimbulkan sikap positif pada diri Anda, studi membuktikan bahwa sikap positif dapat membantu memerangi kanker.

– Tersenyum juga dapat membantu Anda memulai hari dengan cara yang baik, karena otak bawah sadar Anda akan lebih baik ketika tersenyum. Senyum dapat membantu Anda menjalin hubungan baik dengan orang-orang disekitar Anda.

– Selain itu, senyuman juga mampu meningkatkan daya tarik fisik Anda. Sebuah survei pada tahun 1985 menunjukkan bahwa wanita yang tersenyum memiliki sentuhan ajaib untuk menarik perhatian pria. Ketika seorang wanita hanya melakukan kontak mata dengan pria, kemungkinan pria tersebut mendekati wanita hanya sebesar 20%, akan tetapi jika wanita melakukan kontak mata sambil tersenyum, maka kemungkinannya adalah sebesar 60%.

Tersenyum memiliki dampak yang luar biasa, betapapun kecilnya senyuman tersebut. Ketika seseorang beranjak dewasa, maka senyuman akan semakin berkurang di wajahnya. Anak-anak tertawa sekitar 300 kali sehari, tiga kali lebih banyak jika dibandingkan dengan orang dewasa. Jadi, jangan berhenti tersenyum pada setiap saat atau situasi, betapapun kecilnya senyuman tersebut. Karena senyum kecil merupakan karunia besar.

Senyuman adalah sesuatu yang dapat menular. Dengan tersenyum, Anda akan membuat orang lain ikut tersenyum. Maka banyak-banyaklah tersenyum selagi masih bisa, agar Anda dapat menularkan kesehatan.

Sumber: kesehatan.segiempat.com

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here