keluarga

[AkhirZaman.org] Suatu area yang jarang disebut-sebut dalam komunitas modern adalah pentingnya unit keluarga yang sehat. Berikut adalah empat tips menjadi orang tua yang diambil dari buku Ellen White Ministry of Healing:

Tip 1: Buat Rumah menjadi Tempat Perlindungan untuk Anak-anak Anda

Rumah haruslah menjadi tempat yang paling menarik di dunia bagi anak-anak, dan kehadiran ibu haruslah menjadi hal yang paling menarik. Anak-anak memiliki sifat alami yang sensitif dan mengasihi. Mereka sangat mudah dibuat senang dan tidak senang. Dengan disiplin yang lembut, dalam perkataan dan tindakan penuh kasih, ibu-ibu dapat mengikat anak-anak dengan hati mereka.

Rumah seharusnya menjadi tempat di mana keriangan, kesopanan, dan kasih tinggal; dan di mana rahmat-rahmat ini tinggal, akan ada juga kebahagiaan dan kedamaian. Kesukaran dapat masuk, tetapi ini adalah nasib manusia. Biarlah kesabaran, rasa syukur, dan kasih menjaga sinar matahari hati, walaupun hari itu sangat berawan. Malaikat-malaikat Tuhan tinggal dalam rumah-rumah seperti itu.

Sang ibu harus melatih watak yang riang, puas dan bahagia. Setiap usaha ke arah ini akan terbayarkan baik kesejahteraan fisik maupun karakter moral anak-anak.

Semakin tenang dan sederhana kehidupan seorang anak, semakin menguntungkan baik pada perkembangan fisik maupun mental. Ibu harus selalu berusaha untuk tenang, ayem, dan menguasai diri. Banyak bayi yang sangat rentan terhadap rangsangan saraf, dan sikap ibu yang lembut dan tidak terburu-buru akan memiliki pengaruh meredakan yang tidak dapat terkatakan dalam manfaatnya kepada anak.

Tip 2: Atur Rutinitas yang Sehat

Dalam banyak kasus, penyakit anak dapat temukan berasal dari salah penanganan. Ketidakteraturan dalam makan, pakaian yang tidak cukup pada malam hari yang dingin, kurang aktivitas fisik yang bersemangat untuk menjaga darah dalam sirkulasi yang sehat, atau kurangnya udara yang berlimpah dalam pembersihan darah tersebut, dapat menjadi penyebab masalah. Biarlah para orang tua mempelajari penyebab penyakit dan kemudian mengobati kondisi yang salah dengan segera.

Ibu-ibu yang menginginkan putra dan putrinya memiliki kesehatan yang bertenaga harus memberi pakaian dengan sepatutnya dan mendorong mereka dalam cuaca yang pantas untuk lebih banyak berada di udara terbuka.

Tip 3: Prioritaskan Waktu Keluarga bersama Tuhan

Pada pagi hari sebelum dia keluar dari rumah untuk pekerjaan setiap hari, biarlah ayah mengumpulkan anak-anak di sekelilingnya dan bertelut di hadapan Tuhan dan menyerahkan mereka dalam perlindungan Bapa di Surga. Saat beban hari itu telah berlalu, biarlah keluarga bersatu dalam mempersembahkan doa ucapan syukur dan mengangkat suara dalam nyanyian pujian, dalam pengakuan perlindungan ilahi selama hari tersebut.

Bapa-bapa dan ibu-ibu, sebagaimanapun menekannya keseibukan Anda, jangan gugur dalam mengumpulkan keluarga Anda dalam mezbah Tuhan. Mintalah perlindungan malaikat-malaikan suci di rumah Anda. Ingatlah bahwa orang-orang terkasih Anda terekspos pada pencobaan-pencobaan.

Gangguan-gangguan setiap hari mengelilingi yang muda dan tua. Mereka yang mau hidup sabar, mengasihi dan riang haruslah berdoa. Hanya dengan menerima pertolongan yang konstan dari Tuhan maka kita dapat mendapat kemenangan terhadap diri.

Tip 4: Dukung Setiap Orang dalam Peran Mereka dalam Keluarga

Biarlah para suami dan istri mempelajari apa yang membahagiakan masing-masing, jangan lalai dalam kesopanan-kesopanan kecil dan tindakan-tindakan kebaikan kecil yang dapat menggembirakan dan menerangi kehidupan. Kepercayaan yang sempurna harus ada antara suami dan istri. Mereka harus bersama-sama memikirkan tanggung jawab masing-masing. Bersama-sama mereka harus bekerja untuk kebaikan yang tertinggi bagi anak-anak mereka. Jangan pernah mereka saling mengkritik rencana atau mempertanyakan penilaian di hadapan anak-anak.

Biarlah istri berhati-hati untuk tidak membuat pekerjaan suami untuk anak-anak menjadi lebih sulit. Biarlah suami memegang tangan dari istrinya, memberikan nasihat bijaksana dan dorongan yang penuh kasih.

Anak-anak dan juga orang tua memiliki tugas-tugas yang penting di rumah. Mereka harus diajarkan bahwa mereka adalah bagian dari firma rumah. Mereka diberi makan, dikasihi dan dirawat, serta seharusnya mereka merespon semua rahmat itu dengan menanggung bagian mereka dalam beban rumah tangga dan membawa semua kebahagian yang mungkin ke dalam keluarga di mana mereka adalah anggotanya.

Artikel ini diadaptasi dari nasihat keluarga oleh Ellen White dalam buku A Ministry of Healing.

http://amazinghealth.com/AH-healthy-family-love-home

“Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya” Mazmur 127:1.

Rumah tangga itu harus menjadi satu surga kecil di atas dunia ini, satu tempat di mana cinta kasih dipertumbuhkan gantinya ditindas dengan sengaja. Kebahagiaan kita bergantung atas pemeliharaan cinta kasih, belas kasihan dan ramah tamah yang benar terhadap satu dengan yang lain. MKB. 14.1.

Allah menghendaki agar para keluarga kita menjadi lambang dari surga. Biarlah para ibu bapa dan anak-anak mengingat hal ini setiap hari, menghubungkan mereka sendiri kepada satu dengan yang lain sebagai anggota-anggota keluarga Allah. Maka kehidupan mereka kelak akan demikian coraknya sehingga memberikan kepada dunia satu teladan tertang bagaimana rumah tangga yang mengasihi Allah dan memelihara segala perintah-Nya. Kristus akan dimuliakan; pendamaian-Nya dan rahmat-Nya dan cinta-Nya meliputi lingkungan keluarga seperti minyak wangi yang mahal. MKB. 15.2.

Tiap-tiap rumah tangga harus menjadi tempat kasih diamalkan suatu tempat di mana para malaikat Allah berdiam, bekerja dengan kelembutan dan menaklukkan hati para ibu bapa dan anak-anak. MKB. 16.2

Rumah tangga harus dijadikan suatu rumah Tuhan, hati kita dijadikan tempat suci. Di mana saja kasih Allah itu dihargakan dalam jiwa, di sana akan ada perdamaian, akan ada terang dan sukacita. Paparkanlah firman Allah di hadapan keluargamu dalam kasih dan bertanyalah. “Apakah yang difirmankan Allah? MKB.17.1

Salah satu kunci rumah tangga yang bahagia adalah menjadikan Tuhan sebagai pemimpin di dalam rumah tangga tersebut. Kebahagiaan sebuah keluarga akan tercipta bilamana kasih dinyatakan oleh seluruh anggota keluarga. Biarlah kesibukanmu tidak mengalahkan jam doamu bersama keluarga, biarlah kepentingan pribadimu tidak menghilangkan jam mempelajari Alkitab setiap hari bersama dengan keluarga di rumah, bahkan jangan biarkan beban berat yang menimpamu menjadikanmu lalai untuk bersekutu memuji Tuhan bersama dengan seluruh anggota keluarga. 

Kiranya Tuhan akan menolong Anda untuk memiliki sebuah keluarga yang bahagia, dan kiranya Anda dapat menghidupkan sebuah kehidupan kasih di dalam rumah tangga sehingga rumah tangga Anda menjadi surga kecil di atas dunia ini.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here