akhir zaman

[AkhirZaman.org] Kita adalah saluran saluran yang sudah disucikan, untuk menyalurkan hidup surgawi kepada orang lain. Roh Kudus akan menghidupkan dan menguasai seluruh jemaat, menyucikan dan mempererat hati dengan hati. Testimonies Jld. 9, hal. 20.

Sebagai misionaris bagi Kristus, setiap pengikut Nya mempunyai pekerjaan untuk dilakukan di dalam keluarga, dalam lingkungan, dalam masyarakat atau di kota di mana ia tinggal. Semua orang yang diasingkan bagi Tuhan adalah pemantul terang. Tuhan menjadikan mereka alat kebenaran untuk memantulkan kepada orang lain terang kebenaran itu. Testimonies Jld. 2, hal. 632.

Sementara Yesus duduk di pinggir perigi dalam keadaan lelah dan lapar, hasil pekerjaan Nya menyebar dalam bentuk berkat. Jiwa yang satu itu, yang Ia berusaha menolongnya, menjadi satu sarana untuk menjangkau orang lain dan membawa mereka kepada Juru Selamat. Beginilah cara memajukan pekerjaan Tuhan di dunia ini. Biarlah terangmu bercahaya dan orang orang lain akan bercahaya juga. Gospel Workers, hal. 195.

Banyak orang berpendapat bahwa mereka hanya bertanggung jawab kepada Kristus saja atas terang dan pengalaman mereka, bebas dari pada pengikut Nya yang sudah diakui di dunia ini. Yesus adalah sahabat orang orang berdosa; hati Nya tersentuh dengan penderitaan mereka. Dia memiliki segala kuasa, baik di dunia maupun di surga. Dia menghormati sarana yang telah diurapi Nya untuk memberikan terang dan keselamatan manusia; Dia mengarahkan orang orang berdosa kepada gereja yang telah dijadikan Nya pancaran sinar kepada dunia ini. Acts of the Apostles, hal. 122.

Satu pekerjaan yang senantiasa berkembang telah dipercayakan kepada gereja mula mula, pusat sinar dan berkat, di mana jiwa jiwa yang jujur rela menyerahkan diri untuk melayani Kristus. Acts of the Apostles, hal. 90. 

Sebagaimana sinar matahari menerobos pojok pojok bumi yang paling jauh, begitulah Tuhan mengatur sinar Injil yang menerangi setiap jiwa di dunia ini. Jikalau gereja Kristus memenuhi maksud Tuhan kita, terang akan dipancarkan kepada orang orang yang duduk di dalam kegelapan dan yang berada di dalam bayang bayang maut. Thoughts From the Mount of Blessing, hal. 69.

Adalah satu kesempatan bagi setiap jiwa menjadi saluran yang hidup melalui mana Tuhan dapat menyalurkan ke dunia ini kekayaan rahmat Nya dan juga kekayaan Kristus yang tak terhingga. Tidak ada yang sangat didambakan Kristus selain dari manusia yang akan memperkenalkan tabiat dan Roh Kristus kepada dunia ini. Tidak ada yang sangat dibutuhkan dunia selain dari pernyataan kasih Juru Selamat melalui manusia. Seluruh surga menantikan saluran saluran untuk mengalirkan minyak kudus ke dalam hati manusia sebagai saluran berkat dan kebahagiaan. Chris’t Object Lessons, hal. 419.

Kemuliaan gereja Tuhan adalah kesalehan para anggotanya; karena di situlah tersembunyi kuasa Kristus. Pengaruh anak anak Tuhan yang sungguh sungguh mungkin saja nilainya dianggap sepele, tetapi itu akan dirasakan sepanjang masa, dan akan dinyatakan dengan jelas pada hari penyerahan upah. Sinar seorang Kristen sejati yang bersinar dalam kesalehan yang stabil, dalam iman yang tidak goyah, akan membuktikan kepada dunia ini kuasa Juru Selamat yang hidup. Di dalam diri para pengikut Nya, Kristus akan dinyatakan sebagai satu sumber air yang memancar ke dalam hidup kekal. Sekalipun jarang dikenal oleh dunia, namun mereka diakui Tuhan sebagai bangsa yang kudus, bejana keselamatan pilihan Nya, dan pemantul sinar kepada dunia ini. Review and Herald, 24 Maret, 1891.

Hai para anggota gereja, biarkanlah terangmu bercahaya. Biarlah suaramu terdengar di dalam doa yang dengan rendah hati, dan dalam kesaksian melawan ketiak bertarakan, kebodohan dan kesenangan dunia, dan di dalam proklamasi kebenaran zaman ini. Suaramu, pengaruhmu, dan waktumu, semuanya ini adalah pemberian Tuhan, dan yang akan digunakan untuk memenangkan jiwa jiwa bagi Kristus. Testimonies Jld. 9, hal. 38.

Kepadaku telah ditunjukkan bahwa murid murid Kristus adalah wakil Nya di dunia ini; dan Tuhan merencanakan agar mereka menjadi terang di dalam kegelapan moralitas dunia, yang tersebar di seluruh negeri, di desa, di kota kecil dan kota besar, “satu tontonan bagi dunia, bagi para malaikat, dan bagi manusia.” Testimonies Jld. 2, hal. 631.

Para pengikut Kristus adalah terang dunia; tetapi Tuhan tidak menyuruh mereka supaya berusaha memancarkan sinar. Dia tidak merestui kegiatan yang memuaskan diri sendiri dalam memperagakan kebaikan. Dia ingin agar jiwa mereka diimbasi dengan prinsip surgawi; kemudian, sementara mereka berhubungan dengan dunia ini, mereka akan memancarkan sinar yang ada dalam diri mereka. Kesetiaan yang sungguh sungguh dalam setiap tindakan hidup akan menjadi sarana penerangan. Ministry of Healing, hal. 36.

Di antara kesalahan membabi buta dan prasangka, ketika Saul diberikan satu wahyu dari Kristus yang sedang dianiayanya, dia ditempatkan dalam komunikasi langsung dengan gereja yang menjadi terang dunia. Dalam hal ini, Ananias mewakili Kristus, dan juga mewakili para pendeta Kristus di dunia ini yang telah ditugaskan untuk mewakili Nya. Sebagai pengganti Kristus, Ananias menjamah mata Saul agar dia dapat melihat. Sebagai wakil Nya, dia menumpangkan tangan ke atasnya, dan sementara berdoa dalam nama Kristus, Saul menerima Roh Kudus. Semuanya dilakukan dalam nama dan dengan kekuasaan Kristus. Kristus adalah fondasi, dan gereja adalah saluran komunikasi. The Acts of the Apostles, hal. 122.

Kesalahan merajalela di mana mana. Musuh jiwa yang besar itu sedang mengumpulkan kekuatan. Dia sedang memasang setiap perangkap untuk membingungkan pikiran manusia dengan pelbagai kesalahan, dengan demikian membunuh jiwa. Mereka yang sudah dipercayakan Tuhan akan kebenaran Nya, di tengah tengah kebejatan moral akan memancarkan sinar terang. Historical Sketches, hal. 290.

Tuhan menuntut umat Nya supaya bersinar sebagai terang dunia. Bukan hanya pendeta yang dituntut demikian, tetapi semua murid Kristus. Percakapan mereka seharusnya surgawi. Ketika mereka menikmati persekutuan dengan Tuhan, mereka ingin bercakap cakap dengan sesama manusia agar mereka dapat menyatakan kasih Tuhan dengan melalui perkataan dan perbuatan yang menghidupkan hati mereka. Dalam hal ini mereka akan menjadi terang kepada dunia ini, dan terang yang mereka pantulkan tidak akan padam atau dimatikan. Testimonies, Jld. 2, hal. 122, 123.

Para pengikut Kristus harus menjadi alat kebenaran, para pekerja, batu yang hidup yang bercahaya, agar mereka dapat mengundang kehadiran malaikat malaikat surga. Mereka dibutuhkan sebagai saluran seperti sebelumnya, melalui mana roh kebenaran akan mengalir. Testimonies, Jld. 2, hal. 126, 127.

 Tuhan telah menjadikan gereja Nya sebagai alat pernapasan pengaruh Ilahi. Alam semesta sedang menantikan anggota supaya menjadi saluran arus kehidupan yang mengalir ke dunia ini, agar banyak orang bertobat, dan sesudah itu giliran mereka sekarang menjadi saluran rahmat Kristus yang mengalir ke bagian kering dari kebun anggur Tuhan. Bible Echo, 12 Agustus, 1901.

Setiap orang yang berhubungan dengan Tuhan akan memantulkan sinar terang kepada orang lain. Jikalau ada seseorang yang tidak dapat memantulkan cahaya karena tidak memilikinya, sebabnya ialah karena mereka tidak ada hubungan dengan Sumber terang itu. Historical Sketches, hal. 291.

Tuhan telah menentukan anak anak Nya untuk memantulkan sinar kepada orang lain, dan jikalau mereka gagal melakukannya, dan jiwa jiwa tetap tinggal dalam kegelapan kesalahan karena kegagalan mereka melakukan apa yang harus dilakukan, sekiranya mereka dikuatkan oleh Roh Kudus, mereka akan berharga bagi Tuhan. Kita telah dipanggil keluar dari kegelapan ke dalam terang Nya yang ajaib, supaya kita dapat menunjukkan pujian kepada Kristus. Review and Herald, 12 Desember, 1893.

Semua orang yang diasingkan bagi Tuhan menjadi pemantul terang. Tuhan mengangkat mereka jadi agen komunikasi bagi orang lain untuk menyalurkan anugerah Nya. . . . Pengaruh kita kepada orang lain tidak terlalu banyak bergantung pada apa yang kita katakan dibanding dengan keadaan kita.  Orang lain boleh saja menolak atau menyangkal logika kita, dan mereka menolak ajakan kita; tetapi satu kehidupan yang penuh kasih yang tidak menarik adalah satu argumentasi yang tak dapat dibohonginya. Satu kehidupan yang tetap bertahan, yang ditandai dengan ke rendahan hati dari Kristus, adalah satu kuasa di dunia ini. The Desire of Ages, hal. 141, 142.

Mereka yang seharusnya menjadi terang dunia memantulkan hanya sinar yang samar samar yang menyakitkan mata. Apakah terang itu?  Terang itu adalah kesalehan, kebaikan, kebenaran, belas kasihan dan kasih. Terang itu menyatakan kebenaran dalam pengalaman dan kehidupan. Injil itu bergantung pada kesalehan seseorang dari orang orang percaya karena kuasanya yang agresif, dan Tuhan telah menyediakan persiapan melalui kematian Anak Nya yang dikasihi Nya, agar setiap jiwa dapat dipersiapkan dengan seksama untuk melakukan setiap pekerjaan yang baik. Setiap jiwa menjadi terang yang bercahaya, menunjukkan kepujian Dia yang telah memanggil kita keluar dari kegelapan memasuki terang Nya yang ajaib. “Kita adalah mitra kerja Tuhan.” Ya, pekerja; itu berarti melakukan pelayanan yang sungguh sungguh di kebun anggur Tuhan. Ada banyak jiwa yang akan diselamatkan, yaitu jiwa jiwa di dalam gereja kita, di dalam kelas Sekolah Sabat, dan di lingkungan kita. Review and Herald, 24 Maret, 1891.

Dalam melayani orang lain mereka akan menjaga jiwanya tetap hidup. Jikalau kita menjadi mitra kerja Yesus, kita akan melihat dalam gereja kita cahaya yang menyala lebih terang dan lebih terang lagi, memancarkan sinarnya  untuk menerobos kegelapan di luar lingkungan mereka. Historical Sketches, hal. 291.

“Kamulah terang dunia.” Orang Yahudi berpendapat bahwa keuntungan keselamatan terbatas pada bangsa mereka sendiri; tetapi Kristus menunjukkan kepada mereka bahwa keselamatan itu seperti sinar matahari. Sinar itu dimiliki oleh seluruh dunia. The Desire of Ages, hal. 306.

Hati yang menanggapi pengaruh Roh Kudus adalah saluran berkat. Seandainya mereka yang melayani Tuhan dipindahkan dari dunia ini, dan Roh Nya ditarik dari antara manusia, maka dunia ini akan tetap menjadi gersang dan binasa sebagai hasil pemerintahan Setan. Walaupun orang jahat tidak mengetahuinya, di dalam dunia ini, mereka berutang budi kepada umat Tuhan yang mereka hina dan aniaya, yaitu berkat berkat kehidupan sekarang ini. Tetapi jikalau orang orang Kristen itu hanya dalam nama saja, mereka adalah seperti garam yang sudah kehilangan kema sinannya. Mereka tidak mempunyai pengaruh yang baik di dunia ini. Karena kesalahan menggambarkan Tuhan, maka mereka lebih buruk dari pada orang yang tidak percaya. The Desire of Ages, hal. 306.

Oleh: Ellen White

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here