bumi

Maka aku melihat, ketika Anak Domba itu membuka meterai yang keenam, sesungguhnya terjadilah gempa bumi yang dahsyat. Wahyu 6:12.

[AkhirZaman.org] Nubuatan tidak hanya meramalkan cara dan obyek kedatangan Kristus, tetapi juga menyajikan tanda-tanda yang harus diketahui orang-orang tatkala waktunya sudah dekat….. Demikianlah pewahyu itu menggambarkan yang pertama dari antara tanda-tanda untuk mendahului kedatangan yang kedua itu: “Terjadilah gempa bumi yang dahsyat; dan matahari menjadi hitam bagaikan karung rambut, dan bulan menjadi merah seluruhnya bagaikan darah.”

Tanda-tanda tersebut telah disaksikan sebelum permulaan abad ke-sembilan belas. Dalam penggenapan nubuatan ini ada tampak, dalam tahun 1755, gempa bumi yang sangat mengerikan yang pernah terjadi telah dicatat dalam sejarah. Meskipun secara umum dikenal sebagai gempa Lisbon, ia itu menyebar lebih luas ke benua Eropa, Afrika, dan Amerika. Gempa itu dirasakan di Greenland, Hindia Barat, pulau Madeira, Norwegia dan Swedia, Inggris Raya dan Irlandia. Gempa itu meliputi sejauh tidak kurang dari empat juta mil persegi. Di benua Afrika kekuatan getarannya hampir sama kerasnya dengan di Eropa. Sebagian besar wilayah Aljazair hancur; dan sebuah kampung yang jaraknya dekat dari Maroko, yang berpenghuni sekitar delapan atau sepuluh ribu penduduk telah ditelan bumi. Sebuah gelombang besar menyapu pantai di Spanyol dan Afrika, menelan kota-kota, dan menyebabkan kerusakan besar.

Adalah di Spanyol dan Portugal getaran gempa itu menunjukkan pengrusakannya yang luar biasa. Di kota pelabuhan Cadiz gelombang laut yang masuk dilaporkan setinggi enampuluh kaki. Gunung-gunung, “sebagian yang terbesar di Portugal, diguncang secara mendadak dari dasar-dasarnya.”……–Sir Charles Lyell, Principles of Geology, p. 495…… “Gempa bumi itu terjadi pada sebuah hari suci, ketika gereja-gereja dan pertemuan-pertemuan dipenuhi orang-orang, yang mana sangat sedikit dari mereka yang bisa melarikan diri.” –Encyclopedia Americana, art. “Lisbon,” note (ed. 1831)….. Diperkirakan sembilan puluh ribu orang tewas pada hari naas itu.

Betapa seringnya kita mendengar gempa bumi dan badai tornado, kehancuran oleh kebakaran dan banjir, dengan kehilangan nyawa dan harta benda! Tampaknya bencana-bencana ini merupakan wabah yang berubah-ubah dari kekuatan-kekuatan alam yang tidak tertata dan tidak teratur, yang seluruhnya melampaui kendali manusia; namun di dalam semuanya itu, tujuan Allah dapat dibaca. Semuanya itu terdapat di antara agen-agen yang dengannya Dia berusaha membangunkan orang-orang laki-laki dan perempuan untuk menyadari bahaya mereka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here