pilot hendak mendaratkan pesawat Copy

[AkhirZaman.org] Jet Airways menskors dua pilotnya yang dilaporkan berkelahi di ruang kemudi pesawat saat berada di angkasa dalam penerbangan dari London ke Mumbai. Maskapai penerbangan India itu memastikan telah terjadi ‘kesalahpahaman’ antara awak ruang kemudi (cockpit) dalam penerbangan Tahun Baru.

Jet Airways menyatakan awak pesawat yang terlibat diberhentikan sementara dari tugasnya sambil menunggu penyelidikan. Penerbangan yang membawa 324 penumpang itu akhirnya dapat mendarat dengan selamat di Mumbai.

Menurut laporan-laporan media India -yang mengutip para saksi mata- insiden terjadi ketika seorang pilot laki-laki menampar pilot perempuan, yang kemudian ke luar dari ruang kemudi sambil menangis.

Namun para awak kabin disebut berhasil membujuknya untuk kembali ke ruang kemudi pesawat.

Seorang pejabat di Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil India, DGCA, mengatakan kepada kantor berita India PTI bahwa pilot laki-laki itu juga sempat meninggalkan ruang kemudi sampai dua kali saat insiden perkelahian sehingga ruang kemudi kosong sama sekali, yang melanggar peraturan keamanan penerbangan.

Seorang juru bicara Jet Airways mengatakan kepada BBC bahwa insiden itu memang terjadi namun tidak memberi rinciannya.

Ditambahkan bahwa insiden sudah dilaporkan ke DGCA dengan menegaskan mereka ‘sama sekali tidak mentolerir tindakan dari setiap karyawan yang membahayakan keselamatan’.

“Di Jet Airways, keamanan tamu, awak, dan aset itu amat penting,” tegas juru bicara itu.

https://goo.gl/m5UUfy

Insiden yang terjadi di ruang kemudi ini saat pesawat berada penerbangan sudah selayak mendapatkan disiplin dari pengurusnya. Sebab di ruang kemudi adalah merupakan tanggungjawab keselamatan penumpang dan awak yang harus diutamakan. Komunikasi yang solit dan baik, serta disiplin diri yang tinggi seharusnya menjadi bagian dari mereka yang duduk dalam ruang kemudi pesawat.

Ini menjadi pelajaran juga untuk kita, sekiranya ada pengalaman dari insiden ini memberi peringatan agar masing-masing kita dapat menahan diri dan selalu belajar berdisiplin yang didukung pula dengan ahklak yang baik dan sehat.

Roma 12:21 ; Amsal 16:32 Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan; Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.

Ez.th

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here