1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Paus Fransiskus: Evolusi Itu Nyata dan Tuhan Bukan Penyihir

 

Paus Fransiskus-12342 Copy[AkhirZaman.org] Paus Fransiskus melanjutkan kebiasaan provokatifnya, dengan melontarkan pernyataan-pernyataan progresif, ketika menyampaikan pidato kepada Pontifical Academy of Sciences, Selasa (28/10/2014). Paus tampaknya mendukung teori Big Bang dan mengatakan dalam pertemuan di Vatikan itu bahwa tidak ada kontradiksi antara percaya kepada Tuhan serta teori-teori ilmiah umum tentang ekspansi alam semesta kita.

"Saat kita membaca kisah penciptaan dalam kitab Kejadian, kita menghadapi risiko untuk membayangkan Tuhan sebagai seorang penyihir, yang dengan sebuah tongkat sihir mampu untuk melakukan segalanya. Namun itu tidaklah demikian," kata Fransiskus. "Dia (Tuhan) menciptakan manusia dan membiarkan mereka berkembang sesuai dengan hukum internal yang Dia berikan kepada masing-masing orang sehingga mereka akan mencapai kepenuhannya."

Paus tidak menyinggung masalah pelik (setidaknya bagi sebagian orang Kristen) terkait apakah manusia berasal dari kera.

Kaum ateis berpendapat bahwa pemahaman tentang Big Bang dan apa yang muncul dari momen kosmik itu menyingkirkan kebutuhan untuk percaya pada sesuatu yang ilahi. Terkait hal itu, Fransiskus jelas tidak setuju. Dia mengulangi gagasan tentang Tuhan bukan "pesulap", suatu entitas yang menyihir semua menjadi ada.

"Tuhan bukan seorang dewa atau penyihir, tetapi Pencipta yang membuat segala sesuatu menjadi hidup," kata Fransiskus. "Evolusi di alam tidak bertentangan dengan gagasan penciptaan, karena evolusi memerlukan penciptaan makhluk yang berevolusi."

Dengan kata lain, meminjam gagasan dari zaman Pencerahan, Tuhan lebih merupakan seorang pembuat jam ketimbang tukang sihir.

Pemikiran semacam itu bukan hal baru bagi Gereja Katolik, yang selama enam dekade, sejak reformasi Paus Pius XII, telah mendukung keyakinan akan evolusi yang teistik.

Sebuah artikel tahun 2006 di harian utama Vatikan juga menjauhkan Gereja Katolik dari gagasan tentang "teori desain yang cerdas", yang dikatakan tidak boleh diajarkan di sekolah-sekolah sebagai ilmu pengetahuan. Catholic News Service, yang merangkum artikel itu, menjelaskan apa yang membedakan pemikiran Vatikan dari pemahaman yang lebih sekuler tentang evolusi.

"Apa yang gereja (Katholik) tegaskan adalah bahwa munculnya manusia mengandaikan suatu tindakan yang sengaja dari Tuhan, dan bahwa manusia tidak bisa hanya dilihat sebagai produk dari sebuah proses evolusi, kata artikel itu. Unsur spiritual manusia bukanlah sesuatu yang bisa dikembangkan dari seleksi alam tetapi memerlukan suatu 'lompatan ontologis'."

Pendahulu Fransiskus yang lebih konservatif, yaitu Paus Benediktus XVI, menganut pandangan ini dan berpendapat bahwa perdebatan di kalangan orang Amerika antara kaum kreasionis dan mereka yang mendukung evolusi "tidak masuk akal". Pada tahun 2007, dia bertanya, “Mengapa orang-orang yang percaya pada Sang Pencipta tidak mampu memahami evolusi, dan mereka yang mendukung evolusi harus menyingkirkan Tuhan?"

http://internasional.kompas.com/read/2014/10/29/09234311/Paus.Fransiskus.Evolusi.Itu.Nyata.dan.Tuhan.Bukan.Penyihir

Apakah teori evolusi teistik telah menjadi jalan tengah untuk menyelesaikan perdebatan panjang dan tak habis-habisnya antara penganut paham evolusi dengan yang percaya bahwa Alkitab sebagai satu-satunya sumber yang dapat dipercaya yang menyatakan bahwa penciptaan murni pekerjaan Tuhan? Saudara, ada bahaya yang sama besarnya antara menolak Tuhan sebagai Pencipta dengan menggabungkan diri sebagai penganut paham evolusi teistik yang menggabungkan pemahaman bahwa Tuhan yang mencipta dengan teori evolusi.

Sebelum kita lanjut, mari kita andaikan kalau Anda seorang Kristen yang saleh dan kebetulan berprofesi sebagai guru fisika di sekolah negeri atau sekolah umum, bagaimana Anda hendak mengajar tentang penciptaan? Apakah anda akan menggunakan konsep ilmu pengetahuan standar atau konsep Alkitabiah? Untuk mengajarkannya menurut doktrin Alkitab pasti Anda akan dipersalahkan dan ditegur bahkan kemungkinan bakal terkena skors, sedangkan untuk mengajarkannya berdasarkan teori standar dari buku pelajaran akan menimbulkan rasa tidak nyaman terhadap hati nurani.

Banyak orang berpendapat bahwa untuk menghindari konflik ini maka pengajaran tentang penciptaan harus menggunakan pendekatan ganda, yaitu dari sudut pandang ilmu pengetahuan dan sudut pandang kitab suci secara terpisah. Barangkali itu dapat dianggap sebagai gagasan yang arif. Tapi tampaknya, bagi sebagian orang, kontroversi ini--antara penciptaan Alkitabiah bahwa Allah menciptakan "langit dan bumi" dalam enam hari dan penciptaan evolusioner dengan teori "Big Bang"--sudah menemukan solusi dalam apa yang disebut ajaran "evolusi teistik." Dengan kata lain, doktrin Evolusi Teistik dianggap sebagai titik temu (middle ground) dari dua konsep penciptaan yang berlawanan tersebut.

Dalam menjelaskan tentang penciptaan, ada perbedaan antara "rumus ateis" dengan "rumus evolusi teistik."

Rumus ateis adalah: Penciptaan=Materi+Faktor-faktor Evolusi+Waktu yang sangat lama.

Rumus evolusi teistik: Penciptaan=Materi+Faktor-faktor Evolusi+Waktu yang sangat lama+Tuhan.

Berdasarkan konsep evolusi teistik, Allah memang adalah Pencipta yang telah merancang alam semesta ini, namun bukan dengan cara berfirman dan juga bukan dalam waktu enam hari harfiah seperti tertulis dalam Alkitab. Tetapi Allah hanya menetapkan desain umum dan hukum alam, kemudian membiarkan alam itu berkembang secara bertahap dan lamban selama waktu yang diperlukan hingga akhirnya sampai pada keadaannya sekarang. Dengan demikian kisah penciptaan yang tertulis dalam kitab Kejadian itu, menurut pandangan evolusi teistik, harus dimaknai secara metaforal atau pengkiasan.

Evolusi teistik juga bersifat total, dalam arti semua bagian dan segmen di alam semesta ini berkembang secara evolusioner atau berlangsung tahap demi tahap dengan sangat lambat. Termasuk evolusi astronomis (pembentukan galaksi dan sistem tatasurya), evolusi geologis (pembentukan Bumi), evolusi biologis (perkembangan kehidupan), dan lain-lainnya. Jadi, Allah hanya berperan di bagian awal saja dan tidak menentukan secara detil apa yang akan terjadi selanjutnya, tapi membiarkan kepada alam itu sendiri yang menentukan apa yang akan muncul di kemudian hari.

"Ini adalah tema umum di kalangan mereka yang mendukung berbagai bentuk 'evolusi teistik.' Namun, gagasan demikian tidak sesuai dengan Kitab Suci atau dengan pemahaman kita tentang Penciptaan. Alam semesta tidak memiliki kehendak yang melekat pada dirinya sendiri. Penciptaan bukanlah sebuah entitas yang terpisah dari Allah, tapi sebaliknya adalah gelanggang yang Allah pilih di mana Dia dapat menyatakan kasih-Nya kepada makhluk-makhluk yang telah Dia ciptakan itu."

Suatu kali para mahasiswa datang kepada Albert Einstein dan berkata kepadanya bahwa mereka cenderung berpendapat bahwa Allah itu tidak ada. Sang profesor bertanya kepada mereka, "Sebagai satu kelas, berapa persen dari seluruh pengetahuan di dunia ini yang telah kalian miliki secara kolektif." Para mahasiswa itu kemudian berembug sejenak lalu menjawab bahwa mereka yakin telah menguasai 5% dari semua pengetahuan yang ada. Einstein menganggap bahwa angka yang disebutkan itu terlalu boros, dan dia berkata kepada mereka: "Apakah ada kemungkinan kalau Allah itu ada dalam 95% pengetahuan yang kalian tidak tahu?" Kita manusia seringkali terlalu percaya diri dengan pengetahuan yang kita miliki, seolah-olah kita sudah tahu segalanya, lalu dengan yakin membuat sesuatu kesimpulan berdasarkan pengetahuan yang sebenarnya masih terlalu sedikit itu.

“Sebab, siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan? Atau siapakah yang pernah menjadi penasihat-Nya? Atau siapakah yang pernah memberikan sesuatu kepada-Nya, sehingga Ia harus menggantikannya? Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!” Roma 11:34-36.

JIka Anda rindu untuk mempelajari lebih banyak Penciptaan yang Alkitabiah dan mengetahui bahwa segala macam pengajaran yang yang tidak menganggap Tuhan sebagai Pencipta adalah suatu kesalahan, Anda dapat klik di sini (http://akhirzaman.org/artikel/6068-penciptaan-membentuk-dunia-2
http://akhirzaman.org/artikel/6087-penciptaan-membentuk-dunia-3; http://akhirzaman.org/artikel/6098-penciptaan-membentuk-dunia-4; http://akhirzaman.org/artikel/6118-penciptaan-membentuk-dunia-5; http://akhirzaman.org/artikel/6127-penciptaan-membentuk-dunia-6; http://akhirzaman.org/artikel/6142-penciptaan-membentuk-dunia-7; dan http://akhirzaman.org/artikel/6157-ketidakpercayaan-dalam-samaran-membuat-yang-jelas-menjadi-kabur)

 

Artikel Terkait:

1. KESURUPAN MASSAL DI PERU, SISWA MENGAKU MELIHAT SOSOK MISTER

Kesurupan

[AkhirZaman.org] Hampir 100 siswa sekolah dilaporkan mengalami kesurupan masal. Kejadian ini mengakibatkan para siswa di Peru mengalami kejang dan berhalusinasi bahwa sosok misterius ...
611 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. BERMAIN-MAIN DENGAN IBLIS

Bermain-main

[AkhirZaman.org] Sebuah kegilaan media sosial sekarang terjadi. Akhir Mei lalu muncul sesuatu yang disebut “tantangan Charlie Charlie.” ...
908 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. ANAK YANG DATANG KEMBALI DARI SURGA

Anak

[AkhirZaman.org] "Aku tidak mati. Aku tidak pergi ke surga. " Dua pernyataan yang diucapkan oleh Alex Malarkey, penulis salah satu buku terlaris: "Anak Yang Datang Kembali dari Surga," telah menggerakkan hati banyak orang yang masih bertanya-tanya apa yang sebenarnya Alkitab katakan tentang apa yang terjadi setelah kita mati. ...
1095 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. ATEIS DAN NATAL

Ateis

[AkhirZaman.org] Hampir dua minggu berlalunya perayaan Natal yang dianggap orang Kristen sebagai peringatan kelahiran Yesus Kristus. ...
1110 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. SUNGGUH SEBUAH INJIL YANG HILANG

Sungguh

[AkhirZaman.org] Barrie Wilson seorang professor di universitas York mengakui untuk memiliki rahasia baru yang belum terungkap mengenai kehidupan Yesus. Ia menemukan dokumen dalam bahasa Aram di perpustakaan Inggris yang dikatakan berumur 1.500 tahunan. Setelah menerjemahkan potongan itu, ia menuliskan penemuannya dengan seorang penulis bernama Sim...
1130 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
[RH] DIRI HARUS MATI
Dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa...
Read More...
IMAGE
[RH] PANDANG TERUS KE ATA...
Karena kita mempunyai banyak saksi bagaikan awan yang mengelilingi kita,...
Read More...
IMAGE
[RH] KEHIDUPAN YANG SENAN...
Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki...
Read More...
IMAGE
BERANI DI DALAM TUHAN
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang...
Read More...
IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
Jenis-jenis Penyakit dan ...
Adenoids (Membesarnya hulu kerongkongan ) [AkhirZaman.org] Adenoids terdiri...
Read More...
IMAGE
HRW (Human Rights Watch) ...
[AkhirZaman.org] Catatan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tentang...
Read More...
IMAGE
Badai Terjang Belanda, Pe...
[AkhirZaman.org] Tiga orang tewas di Belanda, kemarin, akibat badai yang juga...
Read More...
IMAGE
Bill Gates Lunasi Utang N...
[AkhirZaman.org] Miliarder Amerika Serikat (AS) Bill Gates kembali menunjukkan...
Read More...
IMAGE
Tidak Menggunakan Nama Re...
[AkhirZaman.org] Korea Utara (Korut) menyebut tingkah laku Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Trump Tuding Rusia Bantu ...
[AkhirZaman.org] Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menuding Rusia...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...

Data Kunjungan

017252276
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
15473
19688
99761
81804
245584
16583202
17252276

IP Anda: 54.234.65.78
Tanggal: 2018-01-20 17:56:20

Online Saat Ini

We have 266 guests and no members online