Thursday, April 18, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedSINAGOG KUNO YAHUDI MEMBUKTIKAN YESUS PERNAH HIDUP DI DUNIA

SINAGOG KUNO YAHUDI MEMBUKTIKAN YESUS PERNAH HIDUP DI DUNIA

[AkhirZaman.org] Para arkeolog Israel telah menemukan sisa-sisa sinagoga yang konon berasal dari abad pertama.

Struktur kuno ditemukan di Tel Rechesh, di wilayah Galilea yang lebih rendah, di tanah yang para ahli percaya adalah pada zaman lalu merupakan lingkungan pertanian.

Jika penemuan itu akhirnya dikonfirmasi, itu akan mewakili salah satu rumah-rumah ibadat dari hanya delapan yang ditemukan di Israel dari zaman yang disebut sebagai zaman “Bait kedua”.

Arkeolog di atas mengatakan bahwa ia telah menemukan juga bukti yang menegaskan Alkitab perjanjian baru tentang peranan Kristus dalam khotbah di sinagoga.

Ini merupakan sinagoga pertama yang ditemukan di bagian pedesaan Galilea dan itu menegaskan informasi sejarah yang kami miliki tentang perjanjian baru, yang mengatakan bahwa Yesus berkhotbah di sinagoga di desa-desa Galilea,”kata Dr. Motti Aviam, seorang peneliti senior di Institut Kinneret Galilea arkeologi.

Aviam juga menambahkan bahwa menemukan sinagoga dari era “Bait kedua di pedesaan seperti wilayah Galilea adalah sesuatu yang penting.

Bukti arkeologis menunjukkan bahwa rumah-rumah ibadat seperti itu biasanya lebih digunakan untuk “pertemuan, pembacaan Torah dan studi, daripada untuk penyembahan.”

Matius pasal yang keempat mencatat bagaimana Yesus pergi ke seluruh Galilea dengan pengajaran-Nya. Catatan serupa yang ditemukan dalam Matius 9:35 yang mengatakan, “Demikianlah Yesus berkelilinh ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.”

“Kami sekarang tahu bahwa jika ada pemukiman Yahudi yang diidentifikasi oleh batu pembuluh dan tidak adanya tulang babi dan kami menemukan sebuah bangunan dengan bangku-bangku sepanjang dinding, itu adalah sinagoga,” Dr Mordechai Aviam, kepala Institut arkeologi Galilea Kinneret kepada Haaretz news.

Menurut para ahli, dinding kamar rumah ibadat “dilapisi dengan bangku-bangku yang dibangun dari batu kapur terampil dibuat” dan “dua besar basalt batu yang membentuk bagian dari sebuah altar ritual yang telah digunakan beberapa 1.500 tahun sebelumnya di sebuah kuil di kota Kanaan” juga ditemukan di situs.

Situs berita Israel Ynet laporan bahwa rumah ibadat ini ditemukan hanya empat inci bawah tanah dan dilaporkan ukuran 29 kaki panjang dan 26 kaki lebar.

http://goo.gl/2RzgQW

“Hidup itu telah dinyatakan, dan kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami.” ( 1 Yohanes 1:2 )

Berita di atas hanyalah salah satu dari penemuan arkeologi yang membuktikan bahwa Yesus pernah hidup di dunia. Kebenaran secara jelas telah kita dapatkan, namun apakah kita mau untuk membagikannya kepada orang-orang yang belum mengenal kebenaran? Arkeologi telah bersaksi mengenai Yesus, bagaimana dengan anda?

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?