Friday, April 19, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedEmpat orang tewas dan 11 hilang dalam insiden kapal Filipina

Empat orang tewas dan 11 hilang dalam insiden kapal Filipina

[AkhirZaman.org] Manila – Empat orang tewas dan 11 lainnya hilang pada Kamis (21/12) setelah sebuah kapal feri dengan ratusan penumpangnya tenggelam akibat cuaca buruk di Filipina, kata regu penyelamat.

Lebih dari 200 penumpang dan awak kapal berhasil diselamatkan setelah kapal Mercraft 3 tenggelam akibat ombak ganas dalam perjalanan ke sebuah pulau terpencil, kata beberapa pejabat.

“Angin tiba-tiba berembus kencang dan kapal terpaksa berhenti saat mulai kemasukan air. Penumpang berlari ke samping sebelum kapal tersebut terbalik,” kata siswa Donel Mendiola kepada radio DZMM.

“Beberapa dari kita berenang, tetapi saya melihat beberapa orang tua sudah tewas,” kata Mendiola.

“Dua pria dan dua perempuan tewas, sementara upaya pencarian mereka yang masih hilang dihentikan untuk malam ini,” ujar Ron Crisostomo, seorang pejabat pertahanan sipil di kota Infanta dekat Real kepada AFP.

“Saat itu hujan dan berangin. Tidak lagi aman bagi regu penyelamat, tetapi operasi pencarian akan terus berlanjut besok,” kata Crisostomo.

Janet Balili, anggota dewan daerah, kepada televisi ABS-CBN, mengatakan 11 orang masih hilang.

Stasiun TV tersebut menyiarkan para penyelamat membawa korban luka-luka ke rumah sakit. Empat kantong mayat juga terlihat sedang diletakkan di lantai.

Kapal itu terbalik antara pulau terpencil Polillo dan kota Real, sekitar 70 kilometer (45 mil) di Timur Manila, menjelang tengah hari (0400 GMT), kata coastguard.

Disebutkan, feri membawa 251 penumpang dan awak ketika ia meninggalkan pelabuhan Real menuju Polillo, 2,5 jam perjalanan.

“Kami yakin cuaca adalah faktor besar dalam kecelakaan,” kata juru bicara coastguard Armand Balilo dalam konferensi pers di Manila.

Feri berlayar pada saat Badai Tropis Tembin melanda Filipina Selatan, hampir seribu kilometer jauhnya.

Kapal, yang berlisensi untuk membawa penumpang hingga 286 orang itu, diizinkan untuk berlayar karena tidak ada peringatan badai di sekitar Real atau Polillo, kata Balilo.

Pemerintah telah menyarankan warga Filipina yang berencana untuk mudik ke provinsi asal mereka untuk merayakan Natal agar melakukannya lebih awal dari biasanya untuk menghindari cuaca buruk yang diperkirakan melanda sebelum liburan.
(hs)

https://goo.gl/Lf4Kdz

Seluruh alam semesta sedang memandang dengan perhatian yang tak terlukiskan pada babak-babak terakhir pertarungan sengit antara kebaikan dan kejahatan. -PK 148 (c. 1914)

Dunia kita yang kecil ini adalah buku pelajaran bagi alam semesta.–DA 19 (1898).

Berbahagialah orang yang mempunyai Allah Yakub sebagai penolong, yang harapannya pada TUHAN, Allahnya (Mazmur 146:5)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?