1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Wow, Vatikan minta gereja toleran pada kaum gay dan perceraian

 

paus-fransiskus-minta-vatikan-dukung-kelompok-kaum-gay Copy[AkhirZaman.org] Paus Fransiskus kembali mengeluarkan gebrakan kebijakan. Dalam beleid yang dikeluarkan Tahta Suci Vatikan kemarin, Senin (13/10), gereja seluruh dunia diharapkan lebih membuka diri dan toleran pada kaum homoseksual. Perlakuan sama juga harus diberikan pada pasangan yang bercerai, pasangan kumpul kebo, anak dari keluarga perceraian, maupun anak pasangan homoseksual atau lesbian.

Naskah dekrit itu dibacakan di hadapan 200 uskup perwakilan seluruh wilayah Tahta Suci. Muncul penolakan dari 41 pemuka agama Katolik.

Salah satu pejabat Vatikan, Uskup Bruno Forte, mengatakan dekrit Paus itu tujuannya bukan merevisi doktrin fundamental Katolik. Sikap ramah itu, dalam artian, gereja tidak boleh menolak jemaat gay, orang yang bercerai hingga pasangan kumpul kebo, apalagi sampai mengecam mereka.

"Arah gereja yang baru menghormati martabat setiap orang. Pribadi seseorang berdiri sendiri, di luar orientasi seksualnya," kata Forte seperti dilansir surat kabar the New York Times, Selasa (14/10).

Untuk diketahui, homoseksualitas selama berabad-abad dikecam oleh doktrin gereja. Demikian pula perceraian, karena pasangan yang sudah disatukan oleh ikatan suci tidak boleh berpisah. Sedangkan untuk pasangan kumpul kebo, gereja Katolik menganggap mereka hidup dalam kubangan dosa.

Paus Fransiskus dari Ordo Yesuit, selama 18 bulan menjadi pemimpin tertinggi umat Katolik sedunia banyak membikin gebrakan dalam mengubah wajah gereja jadi lebih ramah dan populis. Untuk isu gay, dia pernah memberi pernyataan mengejutkan pada Juli tahun lalu, bahwa seorang paus pun tidak punya hak menghakimi penyuka sesama jenis.

Pemuka agama bernama asli Jorge Mario Bergoglio itu sendiri yang menunjuk beberapa uskup untuk menyusun naskah soal penerimaan terhadap gay dan perceraian ini. Laporan yang sementara masih didebat beberapa uskup lain tersebut terdiri atas 12 halaman.

Naskah dekrit itu masih bisa terus direvisi. Rekomendasi ini akan final tahun depan. Salah satu momen paling menentukan adalah Sinode Kedua di Ibu Kota Roma, Italia, Oktober 2015. Pada saat itu, Paus Fransiskus akan membacakan dekrit yang final buat seluruh gereja di bawah Tahta Suci terkait isu gay hingga kumpul kebo.

Kardinal Luis Antonio G. Tagle dari Manila, Filipina, menilai naskah ini masih terus digodok. Beberapa isu penting yang dicari jalan keluarnya adalah teknis apakah gereja bisa memberi pelayanan sakramen ekaristi buat orang yang bercerai.

"Jadi masih banyak yang perlu diklarifikasi, apa yang harus diperdalam pembahasannya, apa yang harus kita angkat dan apa yang tidak," kata Tagle.

http://www.merdeka.com/dunia/vatikan-minta-gereja-toleran-pada-kaum-gay-dan-perceraian.html

Jika pada zaman dahulu kaum homoseks malu mengakui bahwa dirinya gay atau lesbi, saat ini mereka sudah berani mengakui jati diri mereka secara terang-terangan di depan publik. Atas nama “persamaan hak”, kaum homoseks memakainya untuk mengkampanyekan homoseksual. Mereka berpendapat bahwa hubungan seks dengan sesama jenis merupakan

suatu “gaya hidup alternatif” yang menyenangkan, modern, dan alamiah.

Dan barangsiapa yang menentangnya dianggap kurang toleran dalam masyarakat yang majemuk ini. Kaum homoseksual pun mendapatdukungan dari berbagai kalangan (sosial, psikologi, agama, dll). Bahkan saat ini beberapanegara sudah melegalkan perkawinan sejenis, seperti di Belanda, Belgia, Norwegia danSwedia.

Melihat fenomena seperti ini, maka gereja sebagai pembawa terang terpanggil untuk mengambil sikap. Walaupun secara mayoritas gereja tidak mentolerir kaum homoseks, namun saat ini sudah mulai banyak gereja-gereja yang mendukung dan mengakomodasi ibadah serta sakramen bagi orang-orang homoseks.

Pertanyaan yang akan sering ditanyakan mengenai hal ini adalah, apakah benar perilaku homoseks itu normal, wajar, dan bukan dosa? Apakah tindakan yang bijaksana bila orang Kristen mendirikan gereja bagi kaum homoseks, dan memberkati pernikahan dari pasangan sesama jenis? Bagaimanakah seharusnya gereja memperlakukan kaum homoseksual?

Perilaku homoseksualitas telah menjangkiti begitu banyak manusiadengan tidak memandang usia, strata ekonomi, pendidikan, suku, dan agama. Memang perilaku menyimpang homoseksual sudah ada sejak zaman dahulu, bahkan Alkitab pun membuat kesaksian. Namun pada zaman ini, tindakan mereka lebih terang-terangan, dan mendapat toleransi dari berbagai pihak, bahkan juga dari gereja.

Sebuah pernyataan manipulatif yang mengatakan bahwa homoseks merupakan bawaan dari lahir, dimana ketertarikan kepada sesama jenis adalah keadaan bawaan dari lahir dan tidak dapat dirubah. Mereka mengutarakan bahwa homoseks bukanlah sebuah pilihan.Karena perilaku homoseks dikarenakan gen/bawaan sejak lahir, hal inilah yang mendorong untuk mempropagandakan homoseks, bahwa perilaku ini adalah perilaku yang alami dan wajar.

Kejahatan ini telah menjadi lebih terbuka dan mengancam bentuk kehidupan ideal dan tujuan rumah tangga Kristen. Perzinahan, pornografi, pelecehan seksual (termasuk terhadap pasangan, terhadap anak-anak, dan orangtua), perzinahan dengan saudara kandung (insest), praktik-praktik homoseksual dan lesbian adalah hal-hal yang tergolong dalam penyimpangan dari rencanaTuhan yang semula.

Penyimpangan seks, termasuk praktek homoseks, tergolong dalam penyalahgunaan kemampuan seksual dan merupakan pelanggaran terhadap rencana Allah dalam pernikahan.

Penuntun dasar dari segala sesuatu dan kebenaran adalah Alkitab, “Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku” (Mazmur 119:105). Untuk itu kita harus melihat apa yang dikatakan oleh Alkitab mengenai hal ini, agar gereja memiliki landasan dalam menghadapi fakta tentang homoseksualitas. Fakta yang ada dalam Alkitab adalah bahwa dari semula Allah hanya menciptakan laki-laki dan perempuan yaitu Adam dan Hawa.

"Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging daridagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki. Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehinggakeduanya menjadi satu daging” (Kejadian 2:23, 24).

Homoseksual adalah akibat dari pendurhakaan. “Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada hawa nafsu yang memalukan, sebab isteri-isteri mereka menggantikan persetubuhan yang wajar dengan yang tak wajar. Demikian juga suami-suami meninggalkan persetubuhan yang wajar dengan isteri mereka dan menyala-nyala dalam berahi mereka seorang terhadap yang lain, sehingga mereka melakukan kemesuman, laki-laki dengan laki-laki, dan karena itu mereka menerima dalam diri mereka balasan yang setimpal untuk kesesatan mereka” (Roma 1:26, 27).

Allah tidak pernah menciptakan seseorang dengan natural untuk menjadi homoseksualitas. Dengan dasar ini pula adalah salah bahwa seseorang berperilaku homoseksual karena faktor genetika. Mengapa? Karena bila faktor genetika dapat diterima,maka sebenarnya kita sedang mengatakan bahwa Allah yang menciptakan natural homoseksualitas sejak manusia dalam kandungan.

Namun, karena Alkitab tidak pernah memberi indikasi bahwa Allah menciptakan hal itu, maka kita dengan pasti dapat menolak faktor genetika (yang mengindikasikan sesuatu yang normal) sebagai penyebab homoseksualitas.

Indikasi adanya penyimpangan seksual sudah ada sejak zaman Perjanjian Lama, jauh sebelum umat manusia mengenal era modern. Dalam Kita Taurat yang ditulis oleh Musa dengan jelas menjelaskan mengenai adanya perilaku homoseksual, sekaligus sikap tegas dari Allah terhadap penyimpangan perilaku tersebut. Lebih jauh kitab suci memaparkan tindakan yang dilakukan Allah kepada kota Sodom yang terkenal dengan perilaku homoseksual, bandingkan dengan Kejadian 19: 1-13.

Dalam kitab Yudas 1:7 mencatat dosa Sodom adalah dosa percabulan dan mengejar kepuasan-kepuasan yang tak wajar. Tentulah ‘ketakwajaran’ ini menunjuk kepada dosa homoseksualitas masyarakat Sodom.

Secara jelas selanjutnya ditulis sebagai berikut: “Janganlah engkau tidur dengan laki-laki secara orang bersetubuh dengan perempuan, karena itu suatu kekejian” (Imamat 18:22).

Hanya kuasa Kristus sanggup mematahkan kuasa nafsu homoseksual. Walaupun Firman Allah mengamarkan kita terhadap akibat-akibat yang merendahkan dan obsesi dunia terhadap seks dan kecintaan serta upaya mengejar kenikmatan seks, Kristus telah datang untuk menghancurkan pekerjaan Setan dan membangun kembali hubungan antara manusia dengan Pencipta mereka.

Maka, meskipun jatuh seperti Adam dan tertawan oleh dosa, mereka yang ada dalam Kristus menerima pengampunan penuh dan hak untuk memilih kembali jalan hidup yang baik, jalan menuju pembaruan yang sempurna. Melalui kuasa Kristus dan kuasa Roh Kudus, semua dapat dibebaskan dari cengkeraman praktik-praktik dosa sementara kita dipulihkan kepada gambar Pencipta kita.

Melalui doa dan berpuasa sebagai usaha yang sungguh-sungguh, berusaha sungguh-sungguh mengalahkan dosa melalui darah Kristus dan kesaksian firman Allah. Tak secuil pun ketidakmurnian Sodom akan lepas dari hukuman Allah pada hari penghakiman. Mereka yang tidak bertobat dan tidak meninggalkan segala jenis ketidaksucian akan binasa bersama orang-orang jahat. Mereka yang menjadi anggota keluarga kerajaan Allah di dalam dunia baru adalah orang-orang suci, bukan orang yang menyenangi dosa. Yes. 30:1-3, 8-16.

Mereka yang telah menerima terang yang besar tetapi tidak menghiraukannya berada dalam posisi yang lebih jelek daripada orang-orang yang tidak memiliki kesempatan seperti itu. Mereka meninggikan diri mereka, tetapi tidak meninggikan Tuhan. Hukuman yang akan ditimpakan kepada umat manusia dalam setiap kasus adalah sebanding dengan perbuatan mereka yang tidak menghormati Allah. Banyak orang, karena memanjakan nafsunya sendiri telah mempermalukan Kristus di hadapan umum.

Allah menetapkan bahwa seks harus digunakan di dalam konteks hubungan heteroseksual yang monogami. Jadi praktek homoseksual bertentangan dengan standar moral dan pola yang telah Allah tetapkan kepada manusia. Kaum homoseksual tetap adalah manusia yang berpribadi yang tentu memiliki struktur dan penilaian moral.

Meskipun ada sentuhan psikologis dan biologis, namun sikapnya yang berkecenderungan untuk berhubungan seks dengan sejenis merupakan suatu pilihanan yang disadari. Ini berarti pelaku homoseks tidak dapat meniadakan tanggungjawab etika, moral, dan sosial dari pelaku homoseks itu sendiri.

Allah mengasihi semua manusia termasuk pelaku homoseksual, tetapi Allah membenci perilaku homoseksual. Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada semua orang dan rindu menyelamatkan semua orang termasuk pelaku homoseksual supaya bertobat.

 

Artikel Terkait:

1. PASANGAN DI CALIFORNIA MERANTAI 13 ANAKNYA HINGGA KELAPARAN

Pasangan

[AkhirZaman.org] Sebanyak 13 anak di California, Amerika Serikat (AS) disiksa layaknya tawanan oleh orang tua mereka. Ke-13 saudara kandung itu dirantai di tempat tidur hingga kelaparan dan mengalami kekurangan gizi....
4 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. INGGRIS CATAT 24 RIBU UPAYA AKSES SITUS PORNO DI PARLEMEN

Inggris

[AkhirZaman.org] Pemerintah Inggris mencatat lebih dari 24 ribu upaya untuk mengakses situs porno di Parlemen Inggris, sejak pemilihan umum....
13 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. KEKERASAN DAN KEJAHATAN MENINGKAT DI REPUBLIK AFRIKA TENGAH

Kekerasan

[AkhirZaman.org] Dana Anak-anak PBB, UNICEF melaporkan, peningkatan kekerasan dan kriminalitas yang mencolok di Republik Afrika Tengah, ...
31 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. PELAKU PEMBANTAIAN TEXAS PRIA KULIT PUTIH BERNAMA DEVIN KELL

Pelaku

[AkhirZaman.org] Tersangka pelaku penembakan di sebuah gereja di pedalaman Texas, Amerika Serikat, diketahui sebagai seorang pemuda kulit putih berusia 26 tahun bernama Devin Kelley, kata sumber-sumber penegakan hukum kepada ABC News. ...
76 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. SEORANG ISTRI DI PAKISTAN DIDUGA MEMBUNUH SUAMI DAN 14 ANGGO

Seorang

[AkhirZaman.org] Seorang perempuan yang baru menikah di Pakistan ditangkap dengan dugaan membunuh suami dan 14 anggota keluarga suaminya dengan susu beracun. ...
80 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. MALAWI TANGKAP 200 ANGGOTA KELOMPOK 'PEMBUNUH VAMPIR'

Malawi

[AkhirZaman.org]  Kepolisian Malawi menangkap 200 warga anggota kelompok main hakim sendiri yang kerap membunuh orang dengan dasar tudingan sang korban adalah vampir pengisap darah manusia. ...
88 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. ANAK DI INDIA DIJUAL SEBAGAI BUDAK SEHARGA RP100 RIBU

Anak

[AkhirZaman.org] Waktu tingginya masih selutut orang dewasa, Badaik diajak ayahnya berpetualang. Mereka berjalan kaki menyusuri kebun teh, naik bus, kemudian sampai di "sebuah tempat". ...
88 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. GEREJA DI NORWEGIA SEPAKATI LITURGI BARU UNTUK PERNIKAHAN SE

Gereja

[AkhirZaman.org]  Gereja Lutheran di Norwegia menyepakati sebuah tata ibadah (liturgi) baru yang dapat digunakan para pendeta melakukan pemberkatan nikah untuk pasangan sejenis. ...
354 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. TERKENA KANKER MATA, BAYI 21 BULAN DIPUKULI HINGGA TEWAS

Terkena

[AkhirZaman.org] Seorang ayah bernama Ryan Lawrence di New York dilaporkan tega membunuh anak perempuannya bernama Maddox Lawrence yang baru berusia 21 bulan. ...
488 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. AFRIKA SELATAN TOLAK VISA BAGI PENDETA ANTI LGBT

Afrika

[AkhirZaman.org] Afrika Selatan menolak masuknya pendeta kontroversial AS, Steven Anderson yang hendak mengunjungi negara itu, karena pernyataannya yang menyerang homoseksualitas. ...
494 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
HRW (Human Rights Watch) ...
[AkhirZaman.org] Catatan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tentang...
Read More...
IMAGE
Badai Terjang Belanda, Pe...
[AkhirZaman.org] Tiga orang tewas di Belanda, kemarin, akibat badai yang juga...
Read More...
IMAGE
Bill Gates Lunasi Utang N...
[AkhirZaman.org] Miliarder Amerika Serikat (AS) Bill Gates kembali menunjukkan...
Read More...
IMAGE
Tidak Menggunakan Nama Re...
[AkhirZaman.org] Korea Utara (Korut) menyebut tingkah laku Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Trump Tuding Rusia Bantu ...
[AkhirZaman.org] Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menuding Rusia...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
[RH] DIRI HARUS MATI
Dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa...
Read More...
IMAGE
[RH] PANDANG TERUS KE ATA...
Karena kita mempunyai banyak saksi bagaikan awan yang mengelilingi kita,...
Read More...
IMAGE
[RH] KEHIDUPAN YANG SENAN...
Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki...
Read More...
IMAGE
BERANI DI DALAM TUHAN
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
Jenis-jenis Penyakit dan ...
Adenoids (Membesarnya hulu kerongkongan ) [AkhirZaman.org] Adenoids terdiri...
Read More...

Data Kunjungan

017252221
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
15418
19688
99706
81804
245529
16583202
17252221

IP Anda: 54.234.65.78
Tanggal: 2018-01-20 17:53:13

Online Saat Ini

We have 263 guests and no members online