Thursday, March 28, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedAda 65 Juta Pengungsi di Dunia, Setengahnya Anak-anak

Ada 65 Juta Pengungsi di Dunia, Setengahnya Anak-anak

 

[AkhirZaman.org] Sedikitnya 30 juta anak menjadi pengungsi di berbagai negara. Konflik dan kondisi perekonomian yang buruk dikhawatirkan membuat jumlah pengungsi terus bertambah. Komisioner Tinggi PBB untuk urusan Pengungsi Filipo Grandi menuturkan, ada 65 juta pengungsi di seluruh dunia. Dari seluruh pengungsi, separuhnya adalah anak-anak dan mereka tersebar di berbagai tempat pengungsian di banyak negara.

“Sebagian terpisah dari orangtua dan keluarga mereka,” ujarnya di sela KTT Pengungsi dan Migran, Senin (19/9/2016) siang waktu New York, Amerika Serikat atau Senin malam waktu Indonesia.

Terpisah dari orangtua dan keluarga membuat mereka semakin rentan. Tidak hanya kesulitan mengakses berbagai pelayanan dasar, mereka juga rentan mengalami berbagai bentuk kekerasan.

Untuk pertama kali sejak Perang Dunia II berakhir, jumlah pengungsi di seluruh negara mencapai rekor tertinggi. Kondisi itu menjadi salah satu pemicu pemimpin 193 negara anggota PBB setuju mengadopsi Deklarasi New York.

Deklarasi itu menunjukkan komitmen politik anggota PBB untuk melindungi hak pengungi dan migran, menyelamatkan hidup mereka, dan berbagi tanggung jawab untuk mengurus mereka.

Salah satu pembicara dalam KTT, Mohammed Badran yang mewakili pengungsi, menuturkan ada jutaan pengungsi tidak punya akses terhadap kebutuhan dasar. Mereka tidak bisa mengakses pendidikan, kesehatan, apalagi perumahan yang layak.

“Kami mendorong ada akses pendidikan untuk para pengungsi muda,” ujarnya.

Deputi Sekjen PBB Jan Eliasson menuturkan, kemampuan melindungi pengungsi adalah barometer keefektifan lembaga internasional. Sayangnya, tanggung jawab memberi perlindungan itu kerap diabaikan.

“Mulai hari ini, mari kita balikkan keadaan itu,” ujarnya.

Eliasson juga mendesak pemimpin dunia bergabung dalam kampanye global untuk perlindungan pengungsi. Kampanye itu relevan di tengah sentimen anti orang asing yang terus meningkat di banyak negara. (RAZ)

https://goo.gl/ZbDjLM

“Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.” (Matius 25:40)

“Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu.” ( 1 Petrus 1:22 )

Dunia sedang dilanda dengan banyak penderitaan. Banyak orang di luar sana sedang membutuhkan perhatian dan kasih sayang. Apakah kita sebagai umat Tuhan akan berdiam saja ataukah kita menyatakan kasih Kristus yang memulihkan kepada setiap orang yang sedang membutuhkan pertolongan kita?

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?