1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Bolehkah dokter membicarakan pasien rumah sakit jiwa di media sosial?

lunatic asylum 02[AkhirZaman.org] Rangkaian cuitan oleh seorang dokter tentang kisahnya praktik kerja di rumah sakit jiwa menjadi viral di Twitter dan mendapat banyak reaksi warganet.

Namun kisah itu juga mendapat banyak kritikan karena dianggap tidak pantas dilakukan oleh dokter karena dinilai 'memperkuat stigma' terhadap pasien kesehatan jiwa.

Dalam rangkaian cuitan itu, akun tersebut menyatakan bahwa di sebuah rumah sakit, dia bertemu dengan puluhan pasien kesehatan jiwa yang dikurung dalam jeruji besi.

Akun tersebut menegaskan bahwa pasien yang ditemuinya, "tidak seserem yang saya bayangkan, malah saya bilang, mereka itu lucu-lucuu bgt."

"Ada yg muter2 keliling tiang, ada yg berdiri tegak ga bergerak sambil naikin tangan kanannya, trus pas ditanya lg ngapain dia bilang,"lagi jadi Lampu dok!""

Dalam cuitan lain, akun tersebut juga mengisahkan, "Ada yg punya temen bayangan, ngobrol berdua asiikk bgt, trus bilang ke saya, "Dok kenalin ini temen saya, namanya joni" sambil nunjuk kursi kosong di sebelahnya, trus saya jawab, "ooh hallo joni, apa kabar? " trus dia jawab"baik, katanya dok". Saya udh ketularan gila nih."

Akun tersebut juga menceritakan bahwa dia harus menahan tawa saat bertemu dengan pasien baru.
"Saya tanya sambil nunduk "ya, pak, ada yg bisa saya bantu? " dia tatap saya dengan tajam trus teriak "saya diutus oleh Pencipta alam semesta!! " muka saya biru nahan ketawa," katanya lagi.

Namun berbagai cerita itu kemudian mendapat tanggapan dari warganet yang menyesalkan betapa cerita yang dibagikan malah menjadikan pasien kesehatan jiwa sebagai "bahan untuk bercanda".

Berbagai cuitan yang memprotes rangkaian kisah dari akun @GiaPratamaMD itu kemudian juga banyak dibagikan dan disukai.
Salah satunya, @zatalinizahra yang menulis, "Beneran dokter ini? Kok menyebut orang dengan gangguan jiwa, gila? Kok ngomongin pasiennya di publik?"

Pengguna media sosial lain, @waraney, menulis dalam bahasa Inggris, "Sekarang, jika saya harus ke dokter, saya harus menghadapi ketakutan bahwa penyakit saya suatu hari nanti bisa dibagikan ke publik hanya untuk bahan tertawaan."

Standar dokter di media sosial
Sementara itu, Wakil Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia Daeng Faqih mengatakan bahwa, terlepas dari medium atau platformnya, "apa di rapat, forum resmi, tapi di kode etik dan sumpah dokter itu disebutkan bahwa dokter itu tidak boleh menyampaikan sesuatu yang diketahui tentang pasiennya, di mana pun, kepada siapa pun, berarti memang tidak boleh disampaikan. Itu saja sebetulnya."

Daeng mengutip Peraturan Menteri Kesehatan soal membuka rahasia rekam medis pasien itu disebutkan, yang hanya boleh dikutip dan tidak disebutkan namanya itu hanya di penelitian.

"Yang lain tidak disebutkan di situ, berarti memang tidak boleh menceritakan apapun," tambah Daeng.
Batasan akan data dan keterangan pasien yang boleh maupun tidak boleh dibagikan, menurutnya, sudah cukup jelas.

"Di sumpah dokter ada, di kode etik dokter ada, di peraturan undang-undang soal rahasia praktik kedokteran ada (Permenkes Nomor 36 Tahun 2012 tentang Rahasia Kedokteran), dan peraturan Menteri Kesehatan tentang jabatan kedokteran dan rekam medis (Permenkes Nomor 269/Menkes/PER/III/2008, tentang Rekam Medis) itu ada semua. Jadi memang dokter tidak boleh melakukan itu."

Apakah kemudian ada sanksinya? Daeng mempersilakan agar mereka yang keberatan melaporkan ke Majelis Etika Kedokteran IDI.
"Kalau ada laporan, kita akan tindak biasanya. Kalau IDI mengetahui langsung di media sosial, biasanya kita panggil langsung. Tapi kan kadang kita tidak tahu langsung, jadi kalau ada laporan, akan kita tindak lanjuti," tambahnya.

"Kita kan menghormatkan objek pasien itu kan objek manusia, jadi kita memang betul-betul menghormati dari sisi kemanusiaannya. Etika itu landasannya di situ," kata Daeng.

https://goo.gl/vTrz38

Bila seorang yang berprofesi sebagi dokter tentunya merekapun dituntut dengan kesehatan secara fisik dan mental serta profesional dalam mengambil suatu keputusan dengan tepat, supaya dalam pelayanan mereka bagi masyarakat luas dapat terjaga hubungan yang baik tentunya dengan selalu menjaga privasi seorang pasien yang tidak perlu diketahui oleh pihak lain selain keluarga inti pasien.

Mungkin kita dapat katakan “oh, dokter juga manusia”, memang setiap orang tidak pernah luput dari kesalahan. Oleh karena itu pelayanan kepada masyarakat banyak diatur oleh etika yang baik, kode etik kedokteran. Agar tidak membuat suatu pelayanan itu sebagai suatu permainan.

Mungkinkah ada dokter gadungan dalam suatu pelayanan saat ini, sehingga menimbulkan mal praktek yang bukan suatu rahasia umum lagi saat ini.


(Ezr.th)

Artikel Terkait:

1. HRW (HUMAN RIGHTS WATCH) SEBUT TRUMP BENCANA UNTUK HAK ASASI

HRW

[AkhirZaman.org] Catatan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tentang hak asasi manusia (HAM) di tahun pertamanya menjadi bencana dan telah mendorong penindasan oleh pemimpin otoriter dari China ke Rusia. Hal itu dikatakan oleh kepala lembaga pemantau HAM internasional, Human Rights Watch (HRW). ...
2 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. TIDAK MENGGUNAKAN NAMA RESMI, KORUT SEBUT AS KURANG AJAR

Tidak

[AkhirZaman.org] Korea Utara (Korut) menyebut tingkah laku Amerika Serikat (AS) kurang ajar karena gagal menggunakan nama resmi negara itu, Republik Demokratik Rakyat Korea....
3 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. MESIR BERENCANA PENJARAKAN PARA PENGANUT ATEIS

Mesir

[AkhirZaman.org] Mesir dilaporkan tengah membahas sebuah rancangan undang-undang (RUU) yang dapat memenjarakan mereka yang tidak percaya akan adanya Tuhan, atau Ateis. RUU diajukan oleh Kepala Dewan Agama Parlemen Mesir 'Amr Hamroush....
4 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. HEROIK, PRIA DIFABEL SELAMATKAN WANITA HAMIL DARI KEBAKARAN

Heroik,

[AkhirZaman.org] Sebuah aksi penyelematan heroik terhadap seorang wanita hamil yang terjebak dalam kebakaran di hunian lantai tiga terjadi di China. Hebatnya, sang penyelamat adalah pria difabel yang menderita polio....
5 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. UJIAN AKHIR, 1.200 MAHASISWA KEDOKTERAN MESIR DAPAT NILAI NO

Ujian

[AkhirZaman.org] Sekitar 1.200 mahasiswa kedokteran di Universitas Mansoura, Mesir, mendapat nilai nol pada ujian akhir mereka. Panitia ujian memberi nilai nol karena ribuan mahasiswa itu tak menjawab soal dan meninggalkan ruang ujian. ...
5 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. PAUS FRANSISKUS SEBUT DUNIA "DI AMBANG" PERANG NUK

Paus

[AkhirZaman.org] Paus asal Argentina tersebut berbicara di atas pesawat kepausan menuju Chile dan Peru, sehari setelah peringatan rudal palsu menimbulkan kepanikan di negara bagian Hawaii ...
5 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. 35 TAHUN TANPA BIOSKOP, SAUDI MULAI LAGI PUTAR FILM AKHIR PE

35

[AkhirZaman.org] Arab Saudi mulai memutar film animasi anak-anak berdurasi panjang akhir pekan ini di bioskop sementara setelah larangan pemutaran film, yang berumur 35 tahun, di kerajaan Islam itu dicabut....
5 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. PALESTINA SEBUT ISRAEL AKHIRI PERJANJIAN DAMAI OSLO

Palestina

[AkhirZaman.org] Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyatakan pada Minggu (14/1) bahwa Israel, lewat sejumlah aksi-aksinya telah mengakhiri Perjanjian Oslo yang ditandatangani kedua negara pada awal 1990-an....
6 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. 'BOCAH BEKU' DI CHINA DAPAT SUMBANGAN RP4,5 MILIAR

Bocah Beku

[AkhirZaman.org] Semangat Wang Fuman untuk menuntut ilmu memang luar biasa. Bocah berusia 8 tahun tersebut nekat berjalan kaki sejauh 4,5 km dalam suhu -9 derajat Celsius ke sekolahnya. ...
6 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. PILIH PUTIN DALAM PILPRES, BERPELUANG RAIH HADIAH IPHONE

Pilih

[AkhirZaman.org] Datang ke sebuah TPS di Rusia pada bulan Maret akan dapatkan kesempatan untuk memenangkan iPhone atau iPad. ...
9 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
Jenis-jenis Penyakit dan ...
Adenoids (Membesarnya hulu kerongkongan ) [AkhirZaman.org] Adenoids terdiri...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
HRW (Human Rights Watch) ...
[AkhirZaman.org] Catatan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tentang...
Read More...
IMAGE
Badai Terjang Belanda, Pe...
[AkhirZaman.org] Tiga orang tewas di Belanda, kemarin, akibat badai yang juga...
Read More...
IMAGE
Bill Gates Lunasi Utang N...
[AkhirZaman.org] Miliarder Amerika Serikat (AS) Bill Gates kembali menunjukkan...
Read More...
IMAGE
Tidak Menggunakan Nama Re...
[AkhirZaman.org] Korea Utara (Korut) menyebut tingkah laku Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Trump Tuding Rusia Bantu ...
[AkhirZaman.org] Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menuding Rusia...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
[RH] DIRI HARUS MATI
Dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa...
Read More...
IMAGE
[RH] PANDANG TERUS KE ATA...
Karena kita mempunyai banyak saksi bagaikan awan yang mengelilingi kita,...
Read More...
IMAGE
[RH] KEHIDUPAN YANG SENAN...
Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki...
Read More...
IMAGE
BERANI DI DALAM TUHAN
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang...
Read More...

Data Kunjungan

017251915
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
15112
19688
99400
81804
245223
16583202
17251915

IP Anda: 54.234.65.78
Tanggal: 2018-01-20 17:35:15

Online Saat Ini

We have 187 guests and no members online