1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

‘In God We Trust’ Muncul di Lembaran Uang Dolar AS

in-god-we-trust Copy[AkhirZaman.org] 'In God We Trust' -- hanya kepada Tuhan kita percaya -- kalimat itu muncul untuk kali pertamanya di lembaran uang dolar Amerika Serikat pada 1 Oktober 1957. Dikutip dari situs Historynet.com, pencantumannya bertujuan untuk membedakan AS dari seterunya Uni Soviet yang menyatakan diri ateis. Today in History akan menyoroti sejarah menarik tersebut.

Meski muncul di lembaran dolar di tengah Perang Dingin, kalimat tersebut sudah ada duluan di uang koin sejak 1864. Dikutip dari situs resmi Departemen Keuangan Amerika Serikat atau US Department of Treasury, ada latar belakang mengapa moto 'In God We Trust' diukir di uang logam sejak 1864. Yakni, sentimen keagamaan yang meningkat selama Perang Saudara.

Menteri Keuangan saat itu, Salmon P. Chase menerima banyak permohonan dari orang-orang taat dari penjuru negeri -- yang meminta agar AS mengakui Ketuhanan, salah satunya dengan cara mencantumkannya pada uang koin.

"Berdasarkan catatan Departemen Keuangan, permohonan pertama datang dalam bentuk surat bertanggal 13 November 1861. Ditulis untuk Menteri Keuangan oleh Pendeta M. R. Watkinson, pemuka agama Minister of the Gospel di Ridleyville, Pennsylvania," demikian dimuat situswww.treasury.gov.

Pada 11 Juli 1955, Presiden AS kala itu Dwight D. Eisenhower menandatangani UU yang mengharuskan tulisan "In God We Trust" muncul pada semua uang kertas dan koin. Setahun kemudian, Kongres meloloskan sebuah resolusi yang menyatakan frasa tersebut resmi menjadi semboyan nasional Amerika Serikat, menggantikan "E Pluribus Unum"-- yang diambil dari Bahasa Latin yang secara harafiah berarti "dari banyak menjadi satu".

Wakil rakyat dari Florida, Charles E. Bennett adalah yang mengusulkan resolusi tersebut di hadapan parlemen. Di depan Kongres, ia mengatakan bahwa AS didirikan dalam suasana spiritual dan dengan kepercayaan yang teguh kepada Tuhan. "Sentimen kepercayaan pada Tuhan adalah hal yang bersifat universal dan abadi. Namun khusus untuk 4 kata, 'In God We Trust' adalah asli milik AS," kata dia seperti dimuat situs history.house.gov.

Digugat Kaum Ateis

Seiring berlalunya waktu, sejumlah orang berpendapat, frasa "In God We Trust" tak lagi relevan. Kaum ateis dari Freedom From Religion Foundation yang diwakili pengacaranya, Michael Newdow merasa 'dipaksa' mengakui Tuhan -- yang tak mereka yakini -- kapan pun mereka memegang uang.

Newdow mengklaim bahwa penempatan moto pada uang kertas dan dan koin tidak konstitusional, melanggar klausul Amandemen Pertama. Namun, permohonan tersebut ditolak hakim Harold Baer, Jr pada Desember 2013. "Tak ada pelanggaran konstitusional terkait pemuatan moto dalam mata uang," kata dia seperti dimuatHuffington Post.

Sumber: http://news.liputan6.com/read/2112420/1-10-1957-in-god-we-trust-muncul-di-lembaran-uang-dolar-as

Berbagai cara dapat Tuhan gunakan untuk mengingatkan manusia kepada-Nya sebagai Allah dan Pencipta dunia. Namun tahukah Anda bahwa ada cara dan sarana yang lebih baik yang Tuhan telah pilih? Dalam banyak ayat Alkitab dan salah satunya Filipi 4:9 mengatakan bahwa “Allah sumber damai sejahtera”.

Kita semua pasti setuju dengan ayat itu. Hanya dalam Allah saja kita menemukan kedamaian yang sejati. Saudara, apa yang Anda rasakan ketika pergi ke alam dan berada di antara pepohonan yang rimbun? Salah satunya adalah kedamaian.

Alam, meskipun telah ikut mengalami kerusakan akibat dosa, namun masih tetap dapat menyatakan keberadaan Allah dan karakter-Nya yang penuh kasih. Namun sayang sekali di zaman di mana kemajuan teknologi begitu pesatnya, alam menjadi kurang favorit di sebagaian besar manusia. Banyak orang lebih suka menghabiskan waktunya di bangunan-bangunan besar perkotaan seperti mall, perkantoran dan semua yang dibuat manusia.

Sekali lagi, Paulus mengatakan bahwa Allah adalah sumber damai sejahtera. Melalui alam kita dapat merasakan keberadaan Allah dan merasakan karakternya yang membagikan kasih dan kedamaian. Tetapi apa yang terjadi ketika kita lebih banyak terhubung bahkan kecanduan dengan benda-benda buatan manusia? Kehilangan selera terhadap segala sesuatu yang rohani dan yang berhubungan dengan Allah. Janganlah kita rela merendahkan diri kita terhadap pengaruh-pengaruh yang tidak baik untuk pembangunan tabiat Kristen.

Beberapa tahun lalu seorang actor Hollywood yang dikenal melalui film The Fast The Furious, yaitu almarhum Paul Walker mengatakan: “Aku percaya adanya Tuhan. Aku selalu takjub bila melihat banyak pemandangan indah saat aku travelling, aneh rasanya bila kita masih ragu kalau benarkah itu semua benar ciptaan-Nya ... Dan sampai sekarang aku merasa bingung kenapa sampai ada orang yang mengaku diri mereka atheis padahal mereka menyaksikan keindahan dari kuasa Tuhan."

Kenapa banyak orang yang menjadi atheis di dunia ini? Mungkin saja karena mereka jarang terhubung dengan firman Tuhan dan berbagai sarana yang Tuhan pilih melalui alam untuk memperkenalkan keberadaan dan karakter-Nya.

Saudara, masihkah Anda ingat bahwa Allah menempatkan Adam dan Hawa dalam satu taman. Inilah tempat kediamannya. Langit yang biru menjadi lingkungan yang menaungi; bumi yang dihias oleh kembang-kembang halus dan rerumputan yang menghijau yang menjadi permadani lantainya; pohon-pohon yang dipenuhi daun-daun yang indah-indah adalah lotengnya.

Dindingnya dihiasi dengan perhiasan-perhiasan yang bergantungan, yaitu perbuatan tangan Seniman Lukisan yang Agung itu. Suami istri itu dikelilingi suasana damai dan suci yang menjadi suatu pelajaran untuk sepanjang masa, karena kebahagiaan yang benar bukan terdapat dalam pemanjaan kesombongan dan kemewahan, melainkan dalam hubungan yang erat dengan Allah oleh perantaraan perbuatan ciptaan-Nya

Saudara, apa yang telah kita pelajari bukanlah berarti menyatakan kita tidak perlu lagi untuk tinggal dalam rumah yang bertembok buatan manusia, atau meninggalkan semua alat-alat yang dihasilkan oleh kemajuan teknologi. Biarlah nasihat Rasul Paulus dalam 1 Korintus 6:12 menjadi perhatian kita: “Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apa pun.”

“Kalau saja manusia mau mengurangi perhatiannya kepada perkara-perkara buatan tangan, dan sebagai gantinya menaruh perhatian pada ciptaan Tuhan, serta suka mempertumbuhkan kesederhanaan yang lebih besar, mereka akan datang lebih dekat lagi kepada pelaksanaan maksud Allah dalam menciptakan mereka.”

 

 

Artikel Terkait:

1. HRW (HUMAN RIGHTS WATCH) SEBUT TRUMP BENCANA UNTUK HAK ASASI

HRW

[AkhirZaman.org] Catatan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tentang hak asasi manusia (HAM) di tahun pertamanya menjadi bencana dan telah mendorong penindasan oleh pemimpin otoriter dari China ke Rusia. Hal itu dikatakan oleh kepala lembaga pemantau HAM internasional, Human Rights Watch (HRW). ...
2 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. TIDAK MENGGUNAKAN NAMA RESMI, KORUT SEBUT AS KURANG AJAR

Tidak

[AkhirZaman.org] Korea Utara (Korut) menyebut tingkah laku Amerika Serikat (AS) kurang ajar karena gagal menggunakan nama resmi negara itu, Republik Demokratik Rakyat Korea....
3 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. MESIR BERENCANA PENJARAKAN PARA PENGANUT ATEIS

Mesir

[AkhirZaman.org] Mesir dilaporkan tengah membahas sebuah rancangan undang-undang (RUU) yang dapat memenjarakan mereka yang tidak percaya akan adanya Tuhan, atau Ateis. RUU diajukan oleh Kepala Dewan Agama Parlemen Mesir 'Amr Hamroush....
4 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. HEROIK, PRIA DIFABEL SELAMATKAN WANITA HAMIL DARI KEBAKARAN

Heroik,

[AkhirZaman.org] Sebuah aksi penyelematan heroik terhadap seorang wanita hamil yang terjebak dalam kebakaran di hunian lantai tiga terjadi di China. Hebatnya, sang penyelamat adalah pria difabel yang menderita polio....
5 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. UJIAN AKHIR, 1.200 MAHASISWA KEDOKTERAN MESIR DAPAT NILAI NO

Ujian

[AkhirZaman.org] Sekitar 1.200 mahasiswa kedokteran di Universitas Mansoura, Mesir, mendapat nilai nol pada ujian akhir mereka. Panitia ujian memberi nilai nol karena ribuan mahasiswa itu tak menjawab soal dan meninggalkan ruang ujian. ...
5 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. PAUS FRANSISKUS SEBUT DUNIA "DI AMBANG" PERANG NUK

Paus

[AkhirZaman.org] Paus asal Argentina tersebut berbicara di atas pesawat kepausan menuju Chile dan Peru, sehari setelah peringatan rudal palsu menimbulkan kepanikan di negara bagian Hawaii ...
5 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. 35 TAHUN TANPA BIOSKOP, SAUDI MULAI LAGI PUTAR FILM AKHIR PE

35

[AkhirZaman.org] Arab Saudi mulai memutar film animasi anak-anak berdurasi panjang akhir pekan ini di bioskop sementara setelah larangan pemutaran film, yang berumur 35 tahun, di kerajaan Islam itu dicabut....
5 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. PALESTINA SEBUT ISRAEL AKHIRI PERJANJIAN DAMAI OSLO

Palestina

[AkhirZaman.org] Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyatakan pada Minggu (14/1) bahwa Israel, lewat sejumlah aksi-aksinya telah mengakhiri Perjanjian Oslo yang ditandatangani kedua negara pada awal 1990-an....
6 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. 'BOCAH BEKU' DI CHINA DAPAT SUMBANGAN RP4,5 MILIAR

Bocah Beku

[AkhirZaman.org] Semangat Wang Fuman untuk menuntut ilmu memang luar biasa. Bocah berusia 8 tahun tersebut nekat berjalan kaki sejauh 4,5 km dalam suhu -9 derajat Celsius ke sekolahnya. ...
6 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. PILIH PUTIN DALAM PILPRES, BERPELUANG RAIH HADIAH IPHONE

Pilih

[AkhirZaman.org] Datang ke sebuah TPS di Rusia pada bulan Maret akan dapatkan kesempatan untuk memenangkan iPhone atau iPad. ...
9 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
Jenis-jenis Penyakit dan ...
Adenoids (Membesarnya hulu kerongkongan ) [AkhirZaman.org] Adenoids terdiri...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
[RH] DIRI HARUS MATI
Dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa...
Read More...
IMAGE
[RH] PANDANG TERUS KE ATA...
Karena kita mempunyai banyak saksi bagaikan awan yang mengelilingi kita,...
Read More...
IMAGE
[RH] KEHIDUPAN YANG SENAN...
Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki...
Read More...
IMAGE
BERANI DI DALAM TUHAN
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
HRW (Human Rights Watch) ...
[AkhirZaman.org] Catatan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tentang...
Read More...
IMAGE
Badai Terjang Belanda, Pe...
[AkhirZaman.org] Tiga orang tewas di Belanda, kemarin, akibat badai yang juga...
Read More...
IMAGE
Bill Gates Lunasi Utang N...
[AkhirZaman.org] Miliarder Amerika Serikat (AS) Bill Gates kembali menunjukkan...
Read More...
IMAGE
Tidak Menggunakan Nama Re...
[AkhirZaman.org] Korea Utara (Korut) menyebut tingkah laku Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Trump Tuding Rusia Bantu ...
[AkhirZaman.org] Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menuding Rusia...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...

Data Kunjungan

017252242
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
15439
19688
99727
81804
245550
16583202
17252242

IP Anda: 54.234.65.78
Tanggal: 2018-01-20 17:54:28

Online Saat Ini

We have 257 guests and no members online