akhir zaman

[AkhirZaman.org] Penggoncangan telah dimulai (EW 50; 4BC. 1161), dan kita sekarang berada di dalamnya (1T 429; 6T 332), namun tidak lama lagi ia akan meluas kepada penyucian gereja (2SG 284). Sabit telah mulai bergerak (1T 100), dan penampian sedang terjadi sekarang (1T 99; 4T 51). Suatu penampian besar akan segera terjadi (5T 80).

Kadangkala istilah “penggoncangan” dan “penampian” digunakan secara sejajar dalam Nubuatan, namun terkadang istilah “penampian” adalah istilah yang lebih keras.

Yang manapun dari keduanya, di dalamnya terlibat suatu proses pemisahan. Cobalah goyangkan pasir dan kerikil di atas sebuah nampan, maka keduanya akan terpisah; buatlah lubang-lubang di dasarnya dan teruslah goyangkan; sekarang anda menampi, dan pasir akan jatuh dan hanya kerikil yang tertinggal.

Sepanjang sejarah gereja kita, banyak umat yang beriman secara permukaan saja telah digoncangkan. (Masalah kita sekarang ini adalah bahwa gereja begitu suam-suam kuku, sehingga orang-orang beriman permukaan merasa sangat nyaman—dan sebaliknya justru orang-orang yang setia kepada kepercayaan mula-mula yang dikeluarkan; suatu penggoncangan kebalikan!) namun proses penggoncangan/penampian di dalam gereja kita akan berpuncak pada krisis yang terjadi karena pemberlakuan hukum hari Minggu nasional.

Krisis itu akan sangat mempengaruhi setiap manusia yang hidup—namun ini secara khusus akan memiliki dampak yang mengerikan dan cepat terhadap para pemelihara hari Sabat. Apakah yang menjadi sarana yang lebih berkuasa untuk menampi orang beriman palsu dari yang sejati, ketika, melalui hukum pemerintah, jika tetap menjadi pemelihara Hukum Allah adalah suatu tindakan kriminal!

Penggoncangan/penampian terjadi di antara pemelihara Hukum Allah, dan telah berlangsung selama bertahun-tahun. Ia akan mencapai puncaknya bagi para pemelihara Sabat ketika krisis hukum hari Minggu meletus pada orang-orang di setiap bangsa. Penggoncangan/penampian akan dialami secara pribadi, dan menghasilkan tanda binatang atau meterai Tuhan. Orang-orang yang menerima meterai dari Tuhan akan menerima hujan akhir, yang memberi kuasa kepada mereka untuk keluar dan menyampaikan seruan nyaring kepada dunia.

1.  PUNCAK PENGGONCANGAN DAN PENAMPIAN ADALAH MASIH DI MASA MENDATANG

1 – Karena dosa-dosa kita, tidak satupun dari kebijakan kita akan dapat menyelamatkan kita daripadanya.—“Segala kebijakan di dalam dunia tidak akan dapat menyelamatkan kita dari suatu penggoncangan yang mengerikan, dan segala usaha yang dilakukan dengan kewenangan tinggi tidak akan mengangkat kita dari hukuman cambuk Tuhan, karena dosa masih dipelihara. Jikalau sebagai suatu umat kita tidak memelihara diri kita di dalam iman dan bukan saja menganjurkan melalui pena dan suara hukum-hukum Tuhan, melainkan memelihara hukum itu satu demi satu, tidak melanggar satupun dari hukum itu secara sengaja, maka kelemahan dan kebinasaan akan menimpa kita.” -3 Selected Messages, 384:3-385:0.

2 – Saatnya tiba ketika gereja harus disucikan.—“Kita mungkin berseru: ‘Tolonglah, Tuhan; karena manusia salah telah musnah; karena orang-orang setia gagal dari antara anak-anak manusia.’ Saya mengetahui bahwa banyak orang berpikir terlalu menyenangkan masa kini. Jiwa-jiwa yang suka kenyamanan ini akan ditelan oleh kehancuran yang besar. Namun kita tidak berputus asa. Kita telah cenderung berpikir bahwa di mana tidak ada pendeta-pendeta yang setia, maka di sana tidak ada orang-orang Kristen yang sejati, namun tidaklah demikian. Tuhan telah menjanjikan bahwa ketika para gembala tidak setia, Ia Sendiri akan mengambil alih menjaga umatNya. Tuhan tidak pernah menjadikan umatNya sepenuhnya bergantung kepada sarana-sarana manusia. Namun hari-hari penyucian gereja semakin dekat. Tuhan akan memiliki suatu umat yang murni dan setia. Dalam penampian dahsyat yang akan segera terjadi kita akan lebih mampu untuk mengukur kekuatan Israel. Tanda-tanda menyatakan bahwa saatnya telah dekat ketika Tuhan akan menyatakan bahwa kipasNya ada di tangannya, dan Ia akan membersihkan seluruh ladangnya. “-5 Testimonies, 80:0.

3 – Suatu penggoncangan adalah sangat dibutuhkan.—“Adalah suatu pernyataan yang khidmat yang saya sampaikan kepada gereja, bahwa tidak satupun dari dua puluh nama yang tercatat di dalam buku gereja telah siap bagi penutupan sejarah bumi mereka, dan mereka pastilah akan menjadi tanpa perlindungan Tuhan dan tanpa pengharapan di dunia sebagaimana orang-orang berdosa lainnya.” -Christian Ser­vice, 41:1.

“Orang-orang yang telah memiliki kesempatan untuk mendengar dan menerima kebenaran dan yang telah bersekutu dengan gereja Allah, yang menyebut diri mereka umat pemelihara hukum Tuhan, namun tidak memiliki semangat hidup dan kesucian bagi Tuhan dibandingkan dengan gereja-gereja pada umumnya, akan menerima bala dari Tuhan sama seperti gereja-gereja yang melawan hukum Tuhan.” -19 Manuscript Releases, 176 (1898).

“Ada orang-orang dari antara kita yang akan membuat pengakuan-pengakuan, sebagaimana Akhan, yang sangat terlambat untuk menyelamatkan diri mereka… Mereka tidak sejalan dengan kebenaran. Mereka menolak kesaksian yang lurus yang menjangkau hati, dan akan bersukacita melihat orang yang memberikan teguran ditutup mulutnya.” -3 Testimonies, 272:2.

4 – Ini akan menjadi sebuah pekerjaan yang tuntas.—“Oh, seandainya setiap orang yang suam-suam kuku ini dapat menyadari pekerjaan pembersihan yang akan dilakukan Tuhan di antara orang-orang yang mengaku umatNya!”- 1 Testimonies, 190:0.

Betapa hebat penampian yang akan terjadi di antara orang-orang yang mengaku sebagai anak-anak Tuhan!”-Testimonies to Mi-nisters, 163:1.

5 – Seluruh sekam akan dipisahkan keluar.—“Umat Tuhan akan ditampi, bahkan seperti jagung yang ditampi dalam ayakan, hingga seluruh sekam dipisahkan dari biji-biji yang murni.”- 1 Testimonies, 431:2.

6 – Orang-orang yang beriman permukaan saja akan pergi. —“Dan pada saat itu orang-orang beriman permukaan, kelompok konservatif, yang pengaruhnya telah terus menerus menghalangi kemajuan pekerjaan ini, akan meninggalkan iman mereka dan berdiri di pihak musuh-musuh, yang sesungguhnya kepada merekalah simpati mereka telah lama diarahkan.” -5 Testimonies, 463:2.

7 – Orang-orang berdosa akan ditampi keluar.—“Setan akan mengadakan mujizat-mujizatnya untuk menyesatkan; ia akan menyatakan kuasanya sebagai yang tertinggi. Gereja mungkin tampak seolah akan jatuh, namun ia tidak jatuh. Gereja tetap berdiri, sementara orang-orang berdosa di Sion akan ditampi keluar—sekam akan dipisahkan dari gandum yang berharga. Ini adalah suatu cobaan yang berat, namun ini harus terjadi. Hanya orang-orang yang telah dimenangkan oleh darah Anak Domba dan perkataan kesaksian mereka akan ditemukan di antara orang-orang yang setia dan benar, tanpa tetes atau noda dosa, tanpa kebohongan di mulut mereka.” -2 Selected Messages, 380:2.

Catatan: Kita harus tetap mengingat bahwa “gereja” dalam arti Alkitab, adalah terdiri atas orang-orang—bukan bangunan, lembaga-lembaga, komite-komite, atau suatu organisasi. Sepanjang sejarah, di masa-masa damai gereja memiliki organisasi, akan tetapi organisasi bukanlah gereja. Tidak pernah pengertiannya demikian dan tidak akan pernah demikian. Umat Tuhan yang setia adalah gerejaNya. Merekalah, yang melalui kasih karunia Tuhan, berjalan hingga akhir. Bangunan-bangunan, komite-komite, agenda-agenda, kebijakan-kebijakan, dan jabatan-jabatan tidak selamat; melainkan hanya pribadi-pribadi yang menggenapi, melalui pengalamannya, definisi yang diberikan dalam Wahyu 14:12.

2. HAL-HAL YANG MENYEBABKAN PENGGONCANGAN

1 – Teori-teori yang salah menghasilkan suatu penggoncangan.—“Ketika penggoncangan tiba, melalui masuknya teori-teori yang salah, para pembaca permukaan ini, yang tidak berlabuh di mana-mana, adalah seperti pasir penghisap. Mereka tersedot ke dalam suatu keadaan yang sesuai dengan nada perasaan kepahitan mereka… Daniel dan Wahyu harus dipelajari, dan juga nubuatan-nu-buatan lainnya dalam Perjanjian Lama dan Baru. Hendaklah ada terang, ya ada terang, di dalam rumah kediamanmu. Untuk ini kita perlu berdoa. Roh Kudus, yang bersinar ke atas halaman-halaman dari buku kudus itu, akan membuka pengertianmu, sehingga kita da-pat mengerti apakah kebenaran itu.”-Testimonies to Ministers, 112:1.

“Musuh akan membawa teori-teori salah, seperti ajaran bahwa tidak ada bait suci. Ini adalah salah satu titik di mana orang akan meninggalkan iman percayanya.” -Evangelism, 224:3

2 – Penggoncangan terjadi ketika kebenaran ditolak.—“Harus ada suatu penggoncangan di antara umat Tuhan; namun ini bukanlah kebenaran masa kini yang harus disampaikan kepada gereja-gereja. Ini adalah akibat dari penolakan terhadap kebenaran yang disampaikan.” -2 Selected Messages, 13:1.

“Tuhan akan segera datang. Harus ada suatu proses pemurnian, pengayakan di setiap gereja, karena di antara kita ada orang-orang jahat yang tidak mengasihi kebenaran ataupun memuliakan Tuhan.”-Review, 19 Maret 1895.

Karena tidak menerima kasih akan kebenaran, mereka akan ditangkap dalam tipu daya musuh; mereka akan mendengarkan roh-roh penyesat dan ajaran-ajaran iblis dan akan menjauh daripada kebenaran.”-6 Testimonies, 401 :0.

3 – Penolakan terhadap kesaksian yang lurus membawa kepada penggoncangan.—“Saya bertanya tentang arti penggoncangan yang telah saya lihat dan ditunjukkan bahwa itu disebabkan oleh karena kesaksian lurus yang disampaikan melalui nasehat dari Saksi Yang Benar kepada jemaat Laodikea. Ini akan memberi akibat kepada hati penerimanya, dan akan menuntun mereka untuk meninggikan standar dan mencurahkan kebenaran yang lurus. Sebagian orang tidak akan tahan akan kesaksian yang lurus ini. Mereka akan bangkit melawannya, dan inilah yang akan menyebabkan suatu penggoncangan di antara umat Tuhan. “-Early Writings, 270:2.

 “Tuhan menyerukan suatu pembaharuan dari kesaksian yang lurus yang disampaikan di tahun-tahun yang lalu. Ia menyerukan suatu pembaharuan kehidupan rohani. Tenaga-tenaga rohani umatNya telah lama lemah, namun harus ada suatu kebangkitan dari apa yang tampak sebagai suatu kematian. Melalui doa dan pengakuan dosa kita harus melapangkan jalan bagi Raja.” -8 Testimonies, 297:5-6].

“Satu hal yang pasti: Orang-orang didalam gereja yang berdiri di bawah panji Setan akan pertama-tama meninggalkan iman mereka dalam peringatan-peringatan dan teguran-teguran yang terdapat dalam Kesaksian dari Roh Tuhan.” -3 Selected Messages, 84:3.

Penyesatan terakhir Setan adalah meniadakan kesaksian Roh Tuhan. “Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat. (Wahyu 29:18).  Setan akan bekerja dengan rajin, dengan berbagai cara dan melalui berbagai agen, untuk mengoyahkan kepercayaan umat Tuhan yang sisa kepada kesaksian yang benar. “-1 Selected Mes­sages, 48:3.

“Musuh telah membuat usaha-usaha tertingginya untuk menggoyahkan iman dari orang-orang kita sendiri kepada Kesaksian-Kesaksian… Inilah yang dirancang oleh Setan agar terjadi, dan orang-orang yang telah mempersiapkan jalan bagi umat untuk tidak memperhatikan peringatan-peringatan dan teguran-teguran dalam Kesaksian Roh Tuhan akan melihat bahwa suatu gelombang kesalahan dalam segala jenisnya akan bermunculan.” – 3 Selected Messages, 83:3-4.

“Adalah rencana Setan untuk melemahkan iman umat Tuhan kepada Kesaksian-Kesaksian. Kemudian diikuti dengan keraguan kepada butir-butir penting iman kita, tiang-tiang kedudukan kita, kemudian keraguan terhadap Kitab Suci yang Kudus, dan kemudian perjalanan menurun kepada neraka. Ketika Kesaksian-Kesaksian, yang sebelumnya pernah dipercayai, sekarang diragukan dan dilepaskan, Setan mengetahui bahwa orang-orang yang telah tersesat itu tidak akan berhenti di sini; dan ia menggandakan usaha-usahanya hingga ia meluncurkan mereka kepada pemberontakan terbuka, yang menjadi tidak terobati dan berakhir pada kebinasaan,”-4 Testimonies, 211:1.

4 – Ketidaktaatan membawa penggoncangan.—“Sejarah pemberontakan Datan dan Abiram sedang berulang, dan akan berulang lagi hingga penutupan zaman. Siapakah yang berada di sisi Tuhan? Siapakah yang akan tersesat, dan kemudian menjadi penyesat?” -Letter 15, 1892.

“Kita berada pada masa penggoncangan, masa ketika segala sesuatu yang dapat digoncangkan akan digoncangkan. Tuhan tidak akan memaafkan orang-orang yang mengenal kebenaran jikalau dalam perkataan dan perbuatan mereka tidak menurut perintah-perintahNya. “-6 Testimonies, 332:0.

5 – Aniaya menghasilkan suatu penggoncangan.—“Ketika aniaya tidak ada, telah masuk ke dalam golongan kita orang-orang yang tampaknya waras dan Kekristenan mereka tidak perlu diragukan, namun, orang-orang ini, jikalau aniaya datang, akan keluar dari golongan kita. ” -Evangelism, 360:4.

6 – Penerimaan akan ilmu pengetahuan yang salah membawa pemisahan.—“Ilmu pengetahuan dan agama akan ditempatkan melawan satu sama lain karena manusia yang terbatas ini tidak dapat memahami kuasa dan kebesaran Tuhan. Perkataan Firman Kudus ini dinyatakan kepada saya, ”Bahkan dari antara kamu sendiri akan muncul beberapa orang, yang dengan ajaran palsu mereka berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar dan supaya mengikut mereka.” (Kisah 20:30). Ini pasti akan muncul di antara umat Tuhan.”-Evangelism, 593:1.

7 – Pencobaan meningkatkan penggoncangan, namun topan aniaya yang datang akan menjadi puncaknya.—“Sementara pencobaan semakin pekat di sekeliling kita, baik pemisahan maupun penyatuan akan tampak di dalam golongan kita. Sebagian orang yang sekarang bersiap untuk mengangkat senjata peperangan, pada masa kesulitan yang sesungguhnya akan menyatakan bahwa mereka tidak dibangun di atas batu karang yang kokoh; mereka akan menyerah kepada pencobaan. Orang-orang yang telah memiliki terang yang besar dan kesempatan-kesempatan yang berharga, namun tidak meningkatkannya, melalui satu alasan palsu atau yang lain, akan keluar dari golongan kita. Karena tidak menerima kasih akan kebenaran, mereka akan terperangkap dalam kesesatan musuh; mereka akan mendengarkan roh-roh penyesat dan ajaran-ajaran iblis, dan akan menjauh dari iman. Namun di lain pihak, ketika topan aniaya benar-benar pecah di atas kita, domba yang sejati akan mendengarkan suara Gembala yang benar. Usaha-usaha penyangkalan diri akan dilakukan untuk menyelamatkan yang tersesat, dan  banyak orang yang telah tercerai berai dari kawanannya akan kembali untuk mengikuti Gembala yang agung. Umat Tuhan akan berkumpul bersama dan menyatakan kepada musuh suatu front yang bersatu. Dalam menghadapi bencana bersama, pertikaian demi keunggulan akan sirna; tidak akan ada perselisihan tentang sia-pa yang dianggap terbesar. Tidak seorangpun dari orang beriman yang sejati akan berkata: ‘Saya murid Paulus; dan saya murid Apolos; dan saya murid Kefas.’ Kesaksian semua orang adalah: ‘Aku berlindung kepada Kristus, aku bersukacita di dalam Dia sebagai Juruselamat pribadiku.’ “-6 Testimonies, 400:03­-401:0.

3. GANDUM AKAN DIPISAHKAN DARI SEKAM

1 – Gandum dan lalang tumbuh bersama-sama.—Perpecahan-perpecahan akan terjadi di dalam gereja. Dua kubu akan berkembang. Gandum dan lalang akan tumbuh bersama siap untuk dituai.” -2 Selected Messages, 114:0. 

2 – Ayakan akan menyingkirkan sekam.—“Akan ada suatu penggoncangan dengan ayakan. Sekam pada waktunya harus dipisahkan dari gandumnya. Karena kejahatan berlimpah, kasih banyak orang menjadi dingin. Pada waktu itulah yang murni akan menjadi yang terkuat.” – Letter 46, 1887.

3 – Lawan mengerjakan pembersihan.—“Kemakmuran melipatgandakan sejumlah besar orang yang mengaku percaya. Lawan membersihkan mereka keluar dari gereja. “-4 Testimonies, 89:2.

4.  PEMURNIAN GEREJA TERJADI KETIKA KRISIS TANDA BINATANG MENYEBABKAN PENGGONCANGAN DAN PENAMPIAN MENCAPAI PUNCAK

1 – Pemisahan akan terjadi dalam masa pemeteraian.—Masa penghakiman adalah suatu periode yang paling khidmat, ketika Tuhan mengumpulkan umatNya dari antara lalang. Orang-orang yang telah menjadi anggota dari keluarga yang sama akan terpisah. Suatu tanda akan diberikan kepada orang-orang yang benar. “Mereka akan menjadi milik kesayangan-Ku sendiri, firman TUHAN semesta alam, pada hari yang Kusiapkan. Aku akan mengasihani mereka sama seperti seseorang menyayangi anaknya yang melayani dia.” Orang-orang yang telah setia kepada hukum-hukum Tuhan akan bersatu dalam persekutuan orang-orang kudus di dalam terang; mereka akan memasuki pintu gerbang kota itu, dan berhak atas pohon kehidupan. Orang ini akan diangkat. Namanya akan berada di dalam buku kehidupan, sementara orang-orang lain [yang tidak setia] yang bersama dengan dia akan memiliki tanda pemisahan kekal dari Tuhan.” -Testimonies to Ministers, 234:2-235:0.

2 – Penggoncangan memuncak ketika hukum Tuhan ditiadakan.—“Ketika hukum Tuhan ditiadakan, gereja akan ditampi melalui pencobaan-pencobaan yang keras, dan suatu jumlah yang lebih besar daripada yang kita antisipasi sekarang, akan mendengarkan roh-roh penyesat dan ajaran-ajaran iblis.” -2 Se­lected Messages, 368:1.

Pokok permasalahan yang besar yang begitu dekat [pemberlakuan hukum-hukum hari Minggu] akan membuang orang-orang yang tidak dipilih oleh Tuhan dan Ia akan memiliki pelayanan yang murni, benar dan kudus yang siap menerima hujan akhir. ” -3 Selected Messages, 385:3.

3 – Penampian berpuncak ketika  tanda itu didesakkan.—“Saatnya tidak terlalu jauh ketika ujian itu akan tiba kepada setiap jiwa. Tanda binatang akan didesakkan kepada kita. Orang-orang yang telah menyerah selangkah demi selangkah kepada tuntutan-tuntutan duniawi dan berkompromi kepada kebiasaan-kebiasaan duniawi tidak akan menemukan kesulitan untuk menyerah kepada kuasa-kuasa tersebut, daripada menjadikan diri mereka sasaran olok-olok, celaan, ancaman penjara dan kematian. Pertarungan adalah antara hukum-hukum Tuhan dan hukum-hukum manusia. Di masa ini emas akan dipisahkan dari sampah di dalam gereja. Kesalehan yang sejati akan dapat dibedakan secara jelas dari penampakan dan kertas sepuhan mas dan perak. Banyak bintang yang kita kagumi karena terangnya kemudian akan hilang dalam kegelapan. Sekam seperti awan akan terbang ditiup angin, bahkan dari tempat di mana kita hanya melihat ladang penuh dengan gandum yang subur. Semua orang yang memiliki hiasan-hiasan bait suci, namun tidak mengenakan pakaian kebenaran Kristus, akan tampak dalam kehinaan ketelanjangan mereka sendiri.

“Ketika pohon-pohon tanpa buah dipotong sebagai penghisap tanah, ketika banyak saudara-saudara palsu dibedakan dari yang benar, kemudian orang-orang yang bersembunyi akan dinyatakan, dan dengan sorak hosanna berbaris di bawah panji Kristus. Orang-orang yang selama ini segan dan tidak percaya diri akan menyatakan dirinya secara terbuka bagi Kristus dan kebenaranNya. Orang yang paling lemah dan peragu di dalam gereja akan menjadi seperti Daud—mau bertindak dan berani. Semakin larut malam bagi umat Tuhan, semakin terang bintang-bintang. Setan dengan usaha keras mengganggu orang-orang setia; namun dalam nama Yesus, mereka akan muncul lebih dari pemenang. Kemudian gereja Kristus akan muncul ‘indah seperti bulan, terang seperti matahari, dan mengerikan seperti bala tentara dengan panji-panjinya.’ “-5 Tes­timonies, 81:1- 82:0.

4 – Pemisahan terakhir terjadi ketika penyembahan binatang diperintahkan.—“Saatnya tiba pada kita ketika kuasa pembuat mujizat dari si penipu ulung itu akan dinyatakan secara lebih jelas. Dan tipuan-tipuannya akan meningkat dalam daya tarik yang menyesatkan, sehingga itu semua akan membingungkan, dan jikalau memungkinkan, menyesatkan orang-orang terpilih. Pangeran kegelapan bersama dengan malaikat-malaikat jahatnya sedang bekerja di dunia Kristen, membujuk orang-orang yang mengakui nama Kristus agar berdiri di bawah panji kegelapan, untuk berperang melawan orang-orang yang memelihara hukum-hukum Tuhan, dan memiliki iman kepada Yesus.

Gereja yang sesat akan bersatu dengan kuasa-kuasa di bumi dan neraka untuk meletakkan tanda binatang itu pada dahi atau tangan, dan memaksa anak-anak Tuhan untuk menyembah binatang dan patungnya. Mereka akan berusaha untuk memaksa anak-anak Tuhan untuk meninggalkan kesetiaan mereka kepada hukum Tuhan dan menyatakan penghormatan kepada kepausan. Kemudian akan datang saat untuk menguji jiwa-jiwa manusia; karena persatuan kesesatan akan menuntut bahwa orang-orang yang setia kepada Tuhan harus meninggalkan hukum Yehovah, dan menghapuskan kebenaran firmanNya. Kemudian emas akan dipisahkan dari sampah, dan akan menjadi nyata siapa yang saleh, siapa yang setia dan benar, dan siapa yang tidak setia, sampah dan kertas sepuhan emas perak. Betapa awan sekam kemudian ditiupkan oleh kipas Tuhan! Di mana sekarang mata kita hanya dapat menemukan ladang penuh dengan gandum yang subur, ternyata itu adalah sekam yang akan ditiup oleh kipas Tuhan. Setiap orang yang tidak berpusatkan di dalam Kristus akan gagal untuk menahan ujian dan cobaan berat pada saat itu. Sementara orang-orang yang mengenakan pakaian kebenaran Kristus akan berdiri teguh kepada kebenaran dan kewajiban, orang-orang yang telah mempercayakan kepada kebenaran mereka sendiri akan dibariskan di bawah panji hitam dari pangeran kegelapan. Kemudian akan tampak apakah pilihan adalah bagi Kristus atau Belial.

“Orang-orang yang sebelumnya tidak percaya kepada dirinya sendiri, yang telah dipaksa keadaan bahwa mereka tidak berani menghadapi stigma dan olok-olok, pada akhirnya akan menyatakan dirinya sendiri secara terbuka  bagi Kristus dan hukumNya; sementara banyak orang yang tampak seperti pohon-pohon yang bermekaran, namun tidak memberi buah, akan bergabung bersama rombongan besar untuk melakukan kejahatan, dan akan menerima tanda kesesatan di dahi ataupun di tangannya.” -Maranatha, 204:1-3.

5 – Tuhan mengizinkan penderitaan untuk memurnikan gereja.—“Segera akan ada kesukaran di seluruh dunia. Setiap orang akan berusaha mencari tahu tentang Tuhan. Kita tidak bisa menunda-nunda waktu lagi…

“Kasih Tuhan kepada gerejaNya adalah tidak terhingga. PemeliharaanNya kepada milikNya adalah tanpa henti. Ia tidak menghendaki penderitaan dialami gereja, namun penderitaan adalah mendasar bagi pemurnian gereja, demi kebaikannya pada masa kini dan masa kekekalan. Ia akan memurnikan gerejaNya seperti saat pelayananNya di bumi. Segala yang dilakukanNya bagi gereja, dalam bentuk ujian dan pencobaan dimaksudkan agar umatNya akan memiliki kesalehan yang lebih dalam dan kekuatan lebih besar untuk membawa kemenangan salib ke seluruh penjuru dunia.”- 9 Testimonies, 228:1-2.

“Penderitaan, salib-salib, pencobaan-pencobaan, kesalahan-kesalahan, dan berbagai pencobaan kita adalah pekerja-pekerja Tuhan untuk menyucikan kita, menguduskan kita, dan menjadikan kita layak bagi gudang surgawi. ” – 3 Testimonies, 115:1. 

5.  GEREJA AKAN TAMPAK SEOLAH HENDAK RUBUH TETAPI TIDAK AKAN RUBUH

1 – Setan akan berusaha menghancurkan kelompok kecil itu.—Orang-orang yang memelihara hukum-hukum Tuhan dan iman kepada Yesus akan merasakan kemarahan ular naga dan para pengikutnya. Setan memperhitungkan dunia sebagai sasarannya, ia telah memiliki pengendalian atas gereja-gereja yang sesat; namun di sini ada sekelompok kecil yang bertahan melawan keunggulannya. Jikalau ia tidak dapat menghapuskan mereka dari bumi ini, kemenangannya tidak akan lengkap. Sebagaimana ia telah mempengaruhi bangsa-bangsa kafir untuk menghancurkan Israel, demikian juga di masa depan, ia akan mendorong kuasa-kuasa jahat di bumi untuk membinasakan umat Tuhan. Satu-satunya pengharapan mereka adalah belas kasihan Tuhan; satu-satunya perlindungan mereka adalah doa.

“Pengalaman-pengalaman penuh penderitaan yang dialami umat Tuhan di zaman Ester bukanlah khusus untuk zaman itu semata. Yohanes Pewahyu, yang melihat ke zaman-zaman hingga penutupan waktu, telah menyatakan, “Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus.” (Wahyu 12:17). Sebagian orang yang sekarang hidup di bumi ini akan melihat perkataan ini digenapi.

“Murka Setan meningkat karena ia tahu waktunya semakin singkat, dan pekerjaan licik dan pembinasaannya akan mencapai puncaknya dalam masa kesukaran besar.”-Faith I Live By, 289:1-3.

2 – Tuhan akan beserta umatNya yang setia hingga akhir.—“Saya merasa terhibur dan berbahagia ketika saya menyadari bahwa Tuhan Israel masih menuntun umatNya dan bahwa Dia akan terus beserta mereka, bahkan hingga kesudahannya.”- General Conference Bulletin, 27 Mei 1913, hlm. 165.

3 -Tuhan akan memelihara umatNya yang setia.—“Gereja, yang akan segera masuk ke dalam pertentangan yang paling sengit, akan menjadi sasaran yang paling berharga bagi Tuhan di atas bumi ini. Persatuan iblis akan diatur oleh kuasa dari bawah, dan Setan akan melancarkan segala celaan yang memungkinkan kepada umat pilihan Tuhan yang tidak dapat ditipunya dan disesatkannya dengan karangan-karangan dan kekeliruan-kekeliruan iblisnya. Namun dengan ditinggikan ‘sebagai seorang Pangeran dan Juruselamat, memberikan pengampunan kepada Israel, dan penghapusan dosa-dosa, apakah Kristus, wakil dan kepala kita, menutup hatiNya, atau menarik tanganNya, atau melanggar janjiNya? Tidak, tidak pernah, tidak pernah.” – Testimonies to Ministers, 20:1.

4 – UmatNya tidak akan rubuh, namun akan berjalan hingga kesudahannya.—“Gereja mungkin tampak seolah akan rubuh, namun ia tidak akan rubuh, ia tetap bertahan. ” -7 Bible Commen­tary, 911/2:2.

Terdapat satu bacaan yang memiliki surat yang lengkap! Yaitu 2 Selected Messages, 376: 1-383:1.

Ada dua fakta yang akan membantu kita memahami arti “gereja tidak rubuh”, dari manuscript yang tidak diterbitkan.

(1) Secara konsisten, Roh Nubuat menerapkan pernyataan tentang “gereja” untuk umat Tuhan yang setia dan memelihara hukum Tuhan. Dengan perkataan lain, “gereja” adalah terdiri atas anak-anak Tuhan yang setia dan taat, ditambah lalang. Kecuali mereka bertobat, orang-orang yang sesat akan rubuh! Namun orang-orang yang tetap berdedikasi tidak akan rubuh. Namun dengan kesetiaan mereka kepada Tuhan dan ketaatan dengan iman di dalam Kristus kepada hukum-hukumNya—orang-orang setia tidak akan rubuh. Namun begitu banyak orang percaya permukaan akan keluar dari antara kita dalam jam krisis besar itu, sehingga, tampaknya seolah seluruh tubuh gereja menghilang! Ketika tangan besi pemerintah memberlakukan hukum hari Minggu, para pemelihara Sabat akan membuat keputusan-keputusan dengan cepat, yang akan menentukan nasib kekal mereka. 

 (2) Konteks di dalam paragraf tersebut, yang dikutip di atas (“Gereja mungkin tampak seolah akan rubuh, namun ia tidak akan rubuh, ia tetap bertahan. “) menyatakan  bahwa peristiwa “seolah akan rubuh” berpuncak dalam krisis hukum hari Minggu nasional. Pemberlakuan hukum hari Minggu nasional itulah yang hampir akan menghancurkan gereja, dan bahwa, meskipun orang-orang yang tidak setia akan meninggalkan iman mereka, milik Tuhan, yang  mengasihi dan menuruti FirmanNya, tidak akan rubuh melainkan akan berjalan hingga kesudahannya. Maka, kalimat “tidak rubuh” mengacu –bukan kepada seluruh keanggotaan atau struktur organisasinya—melainkan kepada orang-orang di dalam gereja yang tetap setia tidak tergoyahkan dan taat kepada hukum-hukum Tuhan melalui kasih karunia Yesus Kristus AnakNya yang memberi kekuatan. Telah ada banyak kaum modernis, kompromis, dan kaum sesat di antara kita. Betapa suatu krisis hukum hari Minggu nasional yang berat akan terjadi pada kita ketika, pertama-tama, tampaknya hampir tidak ada umat percaya yang tersisa! (Ingatlah bahwa pada tanggal 21 Oktober 1844 ada 50-100 ribu orang pengikut Miller, pada tanggal 23 Oktober yang tersisa hanya 50 orang.)

Beruntunglah, kita sekarang memiliki konteks dari bacaan “tidak akan rubuh” di atas. Bagian dari Letter 55, 1886 disertakan dalam suatu seri pernyataan-pernyataan dalam manuskrip yang tidak dikeluarkan.

6.  PADA SAAT ITU MAYORITAS DARI UMAT KITA AKAN MENINGGALKAN KITA

“Gereja” akan diuji secara pribadi-pribadi satu persatu. Kita tidak akan diuji sebagai sebuah organisasi, uni, konferens atau gereja setempat. Pengujian akan diterapkan dan dialami secara pribadi, dan keputusan-keputusan akan dibuat secara pribadi. Tidak ada organisasi setempat, negara atau nasional yang akan membuatkan keputusan bagi kita, mengalami ujian bagi kita, atau menghindarkan kita dari membuat keputusan sendiri bagi pokok persoalan itu. Kita hanya akan memiliki Tuhan sebagai pelindung dan pemberi kekuatan bagi kita.

1 – Pekerja-pekerja palsu akan dibersihkan.—“Orang-orang yang memiliki hak istimewa dan kesempatan-kesempatan untuk menjadi pandai dalam kebenaran namun terus melawan pekerjaan yang akan diselesaikan oleh Tuhan akan dibersihkan, karena Tuhan tidak menerima pelayanan siapapun yang minatnya terbagi-bagi.”- Last Day Events, 175:1.

2 – Sejumlah besar akan keluar.—“Penggoncangan Tuhan meniup pergi rombongan besar seperti dedaunan kering.”- 4 Testimonies, 89:2.

Sekam seperti awan akan ditiup oleh angin, bahkan dari tempat-tempat di mana kita hanya melihat ladang penuh dengan gandum yang subur.”- 5 Testimonies, 81:1.

3 – Ketika hukum diremehkan, sebagian besar orang akan meninggalkan kita.—“Segera umat Tuhan akan diuji dengan ujian-ujian yang keras, dan sejumlah besar dari orang-orang yang tampaknya tulus dan benar akan terbukti sebagai logam dasar…

“Ketika agama Kristus dihinakan sebagian besar orang, ketika hukumNya diremehkan, maka semangat kita akan menjadi paling panas dan keberanian dan keteguhan kita paling pantang mundur. Ujian kita adalah berdiri membela kebenaran dan kesalehan ketika sebagian besar meninggalkan kita, berperang dalam peperangan Tuhan ketika pejuang hanya sedikit. Pada masa ini kita harus mengumpulkan kehangatan dari kedinginan orang lain, keberanian dari kepengecutan, dan kesetiaan dari pengkhianatan mereka. “- 5 Testimonies, 136:1-2.

4 – Setiap orang akan diuji secara pribadi. Orang-orang modernis permukaan akan sepenuhnya mengabaikan kebenaran ketika krisis menghantam.

Pekerjaan yang telah gagal dilakukan oleh gereja di masa damai dan makmur, harus dilakukannya dalam krisis yang mengerikan di dalam keadaan-keadaan yang paling mengecewakan dan penuh larangan. Peringatan-peringatan yang telah didiamkan atau ditahan oleh karena kompromi keduniawian harus disampaikan dalam perlawanan yang paling kejam dari musuh-musuh iman. Dan pada masa itu kelompok konservatif permukaan, yang pengaruhnya secara terus menerus telah menghalangi pekerjaan, akan meninggalkan iman dan berdiri di pihak musuh, yang kepada mereka simpati mereka telah lama ditujukan. Orang-orang yang telah sesat ini kemudian akan menyatakan permusuhan yang paling sengit, melakukan apa saja dalam kekuatan mereka untuk menekan dan memfitnah orang-orang yang sebelumnya adalah saudara-saudara mereka, dan membangkitkan kebencian terhadap mereka. Hari itu telah ada di depan kita. Anggota-anggota gereja akan diuji dan dibuktikan secara pribadi-pribadi. Mereka akan ditempatkan pada keadaan-keadaan di mana mereka akan dipaksa untuk memberikan kesaksian bagi kebenaran. Banyak orang akan dipanggil untuk berbicara di hadapan dewan dan pengadilan, barangkali terpisah dan sendirian. Pengalaman yang akan menolong mereka menghadapi keadaan gawat darurat ini, telah lalai untuk mereka peroleh, sehingga jiwa mereka dibebani dengan penyesalan akan kesempatan-kesempatan yang disia-siakan dan hak-hak istimewa yang diabaikan.” -5 Testimonies, 463:2.

“Dengan ketiadaan aniaya, telah masuk ke dalam kalangan kita manusia yang tampaknya penuh nalar dan yang Kekristenan mereka tidak perlu diragukan lagi, namun, jikalau aniaya timbul, mereka akan keluar dari antara kita. “-Evangelism, 360:4.

“Bahkan di zaman kita telah ada dan terus akan ada seluruh keluarga yang dahulu pernah bersukacita di dalam kebenaran, namun orang-orang yang akan kehilangan iman karena fitnahan dan kepalsuan yang dikenakan kepada mereka tentang orang-orang yang telah mereka kasihi dan bersama mereka memperoleh nasehat yang indah. Mereka membuka hati mereka bagi penaburan lalang; lalang yang bertumbuh di antara gandum; lalang menjadi kuat; sementara tuaian gandum menjadi semakin berkurang dan berkurang; dan kebenaran yang berharga kehilangan kuasanya atas mereka.”-Testimonies to Ministers. 411:2.

5 – Pada masa itu Tuhan tidak akan menggunakan orang-orang besar, melainkan orang-orang sederhana.

“Hari-hari itu semakin mendekat ketika akan ada kebingungan dan kekacauan. Setan, yang mengenakan pakaian malaikat, akan menyesatkan, sekiranya mungkin, orang-orang pilihan. Akan ada banyak tuhan dan banyak ilah. Setiap angin pengajaran akan bertiup. Orang-orang yang telah memberikan penghormatan tertinggi kepada ‘ilmu pengetahuan yang salah’ tidak akan menjadi pemimpin. Orang-orang yang telah mempercayai kepintaran, kejeniusan, atau talenta tidak akan berdiri sebagai kepala umat. Mereka tidak mampu mengejar terang. Orang-orang yang telah membuktikan diri mereka tidak setia, tidak akan diberi kepercayaan kepada umat. Dalam pekerjaan khidmat yang terakhir, hanya sedikit orang besar yang akan terlibat. Mereka merasa cukup, tidak bergantung kepada Tuhan, dan Tuhan tidak dapat menggunakan mereka. Tuhan memiliki hamba-hamba yang setia, yang dalam masa ujian dan penggoncangan akan diperlihatkan. Ada orang-orang berharga yang sekarang bersembunyi yang tidak berlutut menyembah Baal. Mereka tidak memiliki terang yang telah bersinar dalam terang yang benderang ke atasmu. Namun barangkali di bawah permukaan yang keras dan tidak menyenangkan, terang yang murni dari tabiat Kristen akan dinyatakan. Di siang hari kita memandang langit tetapi tidak melihat bintang-bintang. Bintang-bintang itu ada di sana, tetap dalam cakrawala, namun mata tidak dapat membedakannya. Di malam hari kita akan melihat  kilauannya yang sejati.

Saatnya tidak akan jauh lagi ketika ujian akan datang kepada setiap jiwa. Tanda binatang akan didesakkan kepada kita. Orang-orang yang selangkah demi selangkah telah menyerah kepada kebiasaan-kebiasaan duniawi, tidak akan menemukan kesulitan untuk menyerah kepada kuasa-kuasa itu, daripada menjadikan diri mereka sasaran olok-olok, cacian, ancaman penjara dan kematian.” -5 Testimonies, 80:1­- 81:1.

7. BANYAK PEMIMPIN AKAN KELUAR

1 – Banyak pimpinan yang tertinggi (yang bergaji ataupun tidak) di dalam denominasi kita akan keluar.—“Banyak bintang yang telah kita kagumi karena sinar terangnya kemudian akan ke luar ke dalam kegelapan.” -Prophets and Kings, 188:1.

Manusia yang sangat dihormatiNya, dalam peristiwa-peristiwa penutupan sejarah bumi, akan meniru Israel kuno… Dengan berpaling dari prinsip-prinsip agung yang telah ditetapkan oleh Kristus dalam ajaran-ajaranNya, pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan manusia, namun menggunakan Kitab Suci untuk membenarkan jalan tindakan yang salah di bawah pekerjaan Lusifer yang suka menantang, akan memantapkan manusia dalam kesalahpahaman, dan kebenaran yang diperlukan untuk menjaga mereka dari praktek-praktek yang salah akan mengalir ke luar dari jiwa yang bocor, seperti air ke luar dari bejana yang bocor.”- 19 Manuscript Releases, 379, 381 (1904).

Banyak orang yang akan menunjukkan bahwa mereka tidak satu dengan Kristus, bahwa mereka tidak mati bagi dunia, agar mereka dapat hidup dengan Dia; dan seringkali terjadi kesesatan oleh manusia yang telah menempati jabatan-jabatan yang penuh tanggung jawab. ” -Last Day Events, 179:1.

Pokok permasalahan besar yang sudah amat dekat [pemberlakuan hukum hari Minggu] akan membuang orang-orang yang tidak ditunjuk oleh Tuhan dan Dia akan memiliki suatu pelayanan yang murni, benar dan kudus yang dipersiapkan bagi hujan akhir.”- 9 Selected Messages, 985:9.

Banyak orang akan berdiri di mimbar-mimbar kita dengan obor nubuatan palsu di tangan mereka, yang dinyalakan dari obor neraka Setan…

Sebagian orang akan keluar dari antara kita yang tidak akan tahan dengan tabut itu lebih lama lagi. Namun orang-orang ini tidak dapat membuat tembok-tembok untuk menghalangi kebenaran; karena kebenaran akan berjalan maju dan ke atas hingga kesudahannya.” -Testimonies to Ministers, 409:3-410:0, 411:1.

Para pendeta dan dokter mungkin akan meninggalkan iman, sebagaimana dinyatakan oleh Firman, dan sebagaimana peka-baran yang telah diberikanTuhan kepada hambaNya, mereka akan meninggalkan iman.”-7Manuscript Releases, 192:4 (1906).

2 – Banyak orang yang bertalenta, dalam krisis itu, akan keluar dan menjadi musuh-musuh kita.—Sementara topan mendekat, segolongan besar orang-orang yang mengaku beriman kepada pekabaran malaikat ketiga, namun tidak dikuduskan melalui penurutan kepada kebenaran, mengabaikan jabatan mereka, dan bergabung dengan golongan musuh. Dengan bersatu dengan dunia dan mengambil bagian dalam rohnya, mereka telah memandang perkara-perkara hampir dalam terang yang sama; dan ketika ujian itu datang, mereka telah siap untuk memilih pihak yang mudah dan populer. Manusia bertalenta dan kedudukan yang menyenangkan, yang pernah bersukacita dalam kebenaran, menggunakan kuasa-kuasa mereka untuk menipu dan menyesatkan jiwa-jiwa. Mereka menjadi musuh yang paling sengit dari bekas saudara-saudara mereka. Ketika para pemelihara hari Sabat dibawa ke hadapan pengadilan-pengadilan untuk menjawab iman mereka, orang-orang sesat ini adalah agen-agen Setan yang paling efisien untuk memberikan pernyataan salah tentang mereka dan menuduh mereka, dan melalui laporan-laporan palsu dan sindiran-sindiran untuk memicu para pemimpin untuk melawan mereka.”-Great Controversy, 608:2. 

8.  BANYAK YANG AKAN MASUK DAN MENGGANTIKAN TEMPAT MEREKA

1 – Meskipun banyak yang akan keluar, banyak orang lain akan masuk dan menggantikan tempat mereka. –Akan tetapi ada orang-orang yang akan menerima kebenaran, dan mereka akan mengambil tempat yang ditinggalkan oleh orang-orang yang menjadi tersinggung dan meninggalkan kebenaran

“Orang-orang yang memegang prinsip Kristen yang benar akan mengambil alih tempat mereka, dan akan menjadi pemilik yang setia dan terpercaya, untuk mendukung firman Tuhan dalam rupa aslinya, dan dalam kesederhanaannya. Tuhan akan bekerja sehingga orang-orang yang tidak puas akan dipisahkan dari orang-orang yang setia dan benar… Kelompok ini tidak akan musnah. Orang-orang yang teguh dan benar akan mengisi kekosongan yang dibuat oleh orang-orang yang tidak puas dan sesat.”­ Maranatha, 200:5-6.

2 – Orang-orang yang berharga akan masuk.—“Tuhan memiliki hamba-hamba yang setia yang pada masa penggoncangan dan ujian akan dinyatakan. Ada orang-orang yang berharga yang sekarang sedang bersembunyi yang tidak berlutut menyembah Baal. Mereka tidak memiliki terang yang telah bersinar dalam terang benderang ke atasmu. Namun barangkali di bawah permukaan yang keras dan tidak menyenangkan, terang yang asli dari tabiat Kristen yan sejati akan dinyatakan. Di siang hari kita memandang ke langit, namun tidak melihat bintang-bintang. Bintang-bintang itu ada di sana, tetap di angkasa, namun mata tidak dapat membedakannya. Di malam hari kita melihat kilauannya yang asli. “-5 Testimo­nies, 80:1 -81:0.

3 – Orang lain akan memegang kebenaran.—“Sebagian orang akan tergoncang dan keluar dari jalannya. Orang-orang yang tidak perduli dan ceroboh, yang tidak bergabung dengan orang-orang yang cukup menghargai kemenangan dan keselamatan untuk terus menerus memohon dan menderita karenanya, mereka tidak akan memperolehnya, dan mereka tertinggal di dalam kegelapan, dan tempat-tempat mereka segera diisi oleh orang-orang lain yang memegang kebenaran dan masuk ke dalam kelompok ini.“-Early Writings, 271:1.

4 – Banyak orang akan datang dari golongan musuh.—“Standar demi standar ditinggalkan dalam debu sementara kelompok demi kelompok dari tentara Tuhan bergabung dengan musuh dan bangsa demi bangsa dari golongan musuh bersatu dengan umat Tuhan yang memelihara hukumNya. “-8 Testimonies, 41:1.

5 – Banyak yang akan masuk pada jam kesebelas.—Golongan yang pecah akan dipenuhi oleh orang-orang yang dinyatakan oleh Kristus masuk pada jam kesebelas. Ada banyak yang masih bergumul dengan Roh Tuhan. Saat penghakiman kebinasaan adalah saat belas kasihan bagi orang-orang yang sekarang tidak memiliki kesempatan untuk mempelajari kebenaran. Dengan lemah lembut Tuhan memandang mereka. HatiNya yang penuh belas kasihan tersentuh, TanganNya masih terentang untuk menyelamatkan, sementara pintu tertutup bagi orang-orang yang tidak mau masuk. Sejumlah besar akan masuk, yang baru pada hari-hari terakhir mendengarkan kebenaran untuk pertama kalinya,”- Last Day Events, 182:2.

9. KAPAN PENGGONCANGAN DAN PENAMPIAN BERAKHIR

Penggoncangan dan penampian akan berakhir ketika mereka yang beriman palsu ditampi keluar dari kebenaran, dan orang-orang setia dimeteraikan ke dalamnya.

1 – Orang-orang yang teguh akan tetap tinggal.—“Biarlah perlawanan muncul, biarlah sikap fanatik dan tanpa toleransi memerintah, biarlah aniaya dinyalakan, dan orang-orang setengah hati dan munafik menjadi ragu dan menyerahkan iman; namun orang-orang Kristen yang sejati akan berdiri teguh seperti batu karang, imannya menjadi semakin kuat, pengharapannya semakin terang dibandingkan dengan hari-hari penuh kemakmuran. ” -Great Con­troversy, 602:1.

2 – Dibebaskan dari sampah, dan sekarang dalam persenjataan penuh, gereja akan maju menuju pertentangan terakhirnya.—“Gereja harus diberi makan dengan manna dari surga, dan dipelihara di bawah perlindungan kasih karuniaNya. Dengan bersenjatakan persenjataan lengkap terang dan kebenaran, ia memasuki pertentangan terakhirnya.  Sampah, yaitu bahan yang tidak berguna, akan dihabiskan, dan pengaruh kebenaran  menyaksikan kepada dunia tentang wataknya yang menguduskan dan memuliakan,”-Testimonies to Ministers, 17:1-18:0.

10. MENGENALI PUNCAK PENGGONCANGAN/PENAMPIAN

1. Urutan: (1) Ujian dimulai ketika tanda binatang itu didesakkan [81:1a]. (2) orang-orang yang berkompromi akan menyerah demi menghindari ancaman kematian. Penampian di dalam gereja terjadi ketika orang-orang beriman palsu itu keluar [81:1 b]. (3) orang-orang yang setia akan berdiri teguh melalui krisis, dan lebih dari sekedar pemenang [81:2-82:0]. (4) setelah penampian, seruan nyaring dimulai [82:1]. [Baca  5T 81-82 untuk konteks seutuhnya; untuk memahami proses  belajar yang lebih memiliki kuasa, baca seluruh bab tersebut!]

“Pertarungan itu adalah antara hukum-hukum Tuhan dan hukum-hukum manusia, pada saat itu, emas akan dipisahkan dari sampah di dalam gereja. Kesalehan yang sejati akan secara jelas dibedakan dari penampakan luar dan sepuhannya. Banyak bintang yang telah kita kagumi karena terang sinarnya kemudian akan keluar ke dalam kegelapan. Sekam seperti awan akan ditiup oleh angin, bahkan dari tempat-tempat di mana kita hanya melihat ladang dengan gandum yang subur..

“Kemudian gereja Kristus akan tampak ‘indah seperti bulan, terang seperti matahari dan mengerikan seperti bala tentara dengan panji-panji.’

“Benih-benih kebenaran yang telah ditaburkan melalui usaha-usaha misionaris kemudian akan bertumbuh dan berkembang dan mengeluarkan buah. Jiwa-jiwa yang menerima kebenaran yang bertahan dalam masa kesengsaraan dan memuji Tuhan karena mereka boleh menderita bagi Yesus.”-5 Testimonies, 81:1, 82:0-1.

2 – Urutan: ketika malaikat dengan seruan nyaring turun, hujan akhir turun, dan pekabaran ketaatan melalui iman (selama seruan nyaring) disampaikan kepada dunia—dan didengarkan di dalam setiap bahasa.

“Dengan pengharapan yang tulus saya menunggu saat ketika peristiwa-peristiwa hari Pentakosta akan berulang bahkan dengan kuasa yang lebih besar daripada saat itu.  Yohanes berkata, “Kemudian dari pada itu aku melihat seorang malaikat lain turun dari sorga. Ia mempunyai kekuasaan besar dan bumi menjadi terang oleh kemuliaannya.’ Kemudian, seperti masa Pentakosta, orang-orang akan mendengarkan kebenaran diucapkan kepada mereka, setiap orang dalam bahasa mereka sendiri.” -6 Bible Commentary, 1055/1:4.

Mujizat-mujizat akan diadakan, orang sakit akan disembuhkan, dan tanda-tanda dan keajaiban-keajaiban akan mengikuti orang-orang percaya.” -Great Controversy, 612:1.

3 – Urutan: pertama penggoncangan, kemudian pemeteraian dan hujan akhir, yang menuju kepada seruan nyaring.

Bacalah Tulisan-tulisan Permulaan (Early Writings, 269-271). Ini adalah bab yang sangat penting tentang penggoncangan, dan sesungguhnya itu adalah  judulnya. Di sini polanya disebutkan dalam halaman-halaman tersebut: Orang-orang di dalam gereja terpecah melalui sikap dan tindakannya ke dalam tiga kelompok (269:1-270:2): orang-orang yang berseru (269:1­-270:1), orang-orang yang tidak perduli (270:1), dan orang-orang yang melawan (270:2). Penyebab penggoncangan adalah perlawanan kepada “kesaksian yang lurus” (nasehat-nasehat Roh Nubuat dan seruan orang-orang percaya untuk reformasi di dalam gereja) (270:2-3). Sebagai akibat dari penggoncangan itu, orang-orang yang tidak perduli dan sembrono akan keluar (271:1), dan orang-orang setia akan menerima hujan akhir (kelegaan), dan pergi untuk menyampaikan seruan nyaring (270:4-271:2). 

11. KAPAN PINTU KASIHAN UNTUK GEREJA AKAN DITUTUP

Kapankah pintu kasihan untuk gereja akan ditutup? Apakah pintu telah ditutup? Ini adalah pertanyaan yang membakar dalam diskusi-diskusi di banyak umat kita. Berikut ini adalah beberapa fakta tentang pokok permasalahan ini. Anda akan memperoleh dukungan tentang butir-butir ini dalam kutipan-kutipan sepanjang pelajaran ini (dan khususnya bagian-bagian berikut: Penggoncangan dan Penampian; Hukum Hari Minggu Nasional; Tanda Binatang dan Meterai Tuhan; Penghakiman untuk Orang yang Hidup; Penghapusan Dosa; Hujan Akhir; dan Seruan Nyaring):

Di hari-hari terakhir, orang-orang setia bukan saja akan terlibat dalam pekerjaan misionaris yang tulus kepada orang-orang yang belum pernah mendengar pekabaran; mereka juga akan mengeluh dan menangis atas dosa-dosa yang telah dilakukan di dalam gereja. Namun setelah meterai diletakkan ke atas mereka, mereka tidak akan lagi mengeluh dan menangis atas dosa-dosa dan orang-orang  berdosa di dalam gereja, namun sebaliknya mereka hanya akan memberikan seruan nyaring kepada dunia. Mengapa? Jawaban yang nyata adalah bahwa, ketika hukum hari Minggu nasional diberlakukan, dalam waktu yang singkat (mungkin paling banyak beberapa minggu saja), setiap pemelihara Sabat sudah akan membuat keputusan tentang Sabat. Dengan pesat seluruh gereja pemelihara hukum di Amerika—bersama dengan banyak orang-orang yang murtad—akan ditampi dan dimurnikan! Seruan nyaring tidak diberikan kepada gereja melainkan kepada dunia—karena setiap orang yang masih tinggal di dalam gereja akan menjadi anak-anak Tuhan yang setia, taat dan  berdedikasi. Keputusan-keputusan pribadi mereka telah akan dibuat dan pintu-pintu kasihan pribadi mereka telah ditutup.

Urutannya adalah: (1) Penghakiman tidak terjadi untuk orang yang masih hidup hingga hukum hari Minggu nasional diberlakukan dan pemeteraian dimulai. (2) Dengan perkecualian orang-orang yang mati, pintu kasihan tidak ditutup sampai mereka membuat keputusan dalam krisis tersebut. (3) Dalam waktu singkat setelah hukum hari Minggu nasional diberlakukan, orang-orang yang telah mengetahui dasar-dasar pekabaran malaikat ketiga akan menghadapi ujian dan harus membuat keputusan memilih Sabat atau Minggu. Kemudian, masing-masing akan membuat keputusan dan diberi tanda binatang atau meterai Tuhan. Pada saat itu, penghakiman pemeriksaan akan berlangsung kepadanya, kasusnya akan diputuskan, dan pintu kasihan baginya ditutup. (4) Dalam  beberapa hari atau minggu yang diperlukan oleh setiap bangsa untuk menjalankan ujian bagi gereja, pintu kasihan bagi para anggotanya dan orang-orang telah keluar dari gereja akan ditutup. (5) segera setelah keputusan dibuat,orang-orang setia akan menerima meterai, hujan akhir, dan mulai memberikan seruan nyaring. Mengapa mereka memberikan seruan nyaring?

Inilah yang menjelaskan kapan “pintu kasihan untuk gereja” Karena pintu kasihan belum ditutup bagi sebagian besar orang di luar sana di dunia; mereka belum pernah mendengar tentang kebenaran Sabat dan memahami tentang pokok permasalahannya. Maka pekabaran diberikan kepada mereka sehingga mereka juga dapat membuat keputusan. akan ditutup. Itu akan ditutup ketika pintu kasihan ditutup bagi seluruh anggota gereja secara pribadi-pribadi. Pintu kasihan ditutup ketika setiap anggota gereja secara pribadi membuat keputusan tentang penurutan kepada hukum hari Minggu nasional.

12. APAKAH ORGANISASI BERTAHAN HINGGA AKHIR?

Apakah struktur gereja bertahan hingga akhir? Di akhir bagian tentang Seruan Nyaring, kita akan mencatat bahwa kutipan-kutipan yang menyatakan bahwa, sejak pemeteraian, hujan akhir, dan seruan nyaring dan seterusnya, hanya pribadi-pribadi yang akan memberikan pekabaran terakhir dan bertahan hingga akhir.

Selanjutnya, kita tidak diamarkan tentang lembaga gereja (seperti kantor konferens, rumah sakit, dll.) akan berlanjut setelah krisis tanda binatang dimulai. Akan tetapi, ada indikasi bahwa pekerjaan misionaris pribadi-pribadi, lawatan dari rumah ke rumah, pekerjaan misionaris kesehatan pribadi-pribadi, percetakan, penyebaran buku-buku, dan penginjilan literatur akan berlanjut, dalam skala yang berbeda-beda. Agaknya, kegiatan-kegiatan inilah yang akan terus dilakukan oleh pribadi-pribadi dan kelompok-kelompok kecil, yang tersebar di sana sini. Ini dapat dipahami, karena kita tidak akan berharap bahwa organisasi Gereja akan mengambil bagian dalam kegiatan-kegiatan tersebut, ketika pemberlakuan hukum hari Minggu nasional menjadikan organisasi menjadi tidak sah secara hukum, kecuali jika organisasi itu ikut hukum hari Minggu (yang pada saat itu, barangkali akan dilakukan oleh para pemimpin).

13. BAHAN PEMIKIRAN

“Dari apa yang telah ditunjukkan kepada saya, tidak ada lebih dari setengah dari orang-orang muda yang mengakui beragama dan kebenaran yang benar-benar bertobat.”­1 Testimonies 158:1.

“Nama-nama terdaftar di dalam buku gereja di bumi, tetapi bukan di dalam buku kehidupan, saya melihat bahwa tidak satupun dari dua puluh orang muda yang mengetahui apakah agama pengalaman itu.”- 1Testimonies, 504:2 (1867).

“Dalam khayal terakhir yang diberikan kepada saya, saya ditunjukkan kenyataan yang mengejutkan bahwa hanya sebagian kecil dari orang-orang yang mengakui kebenaran sekarang ini akan dikuduskan olehnya dan selamat.“- 1Testimonies, 608:8 (1867).

“Saya telah menyatakan di hadapan mereka, bahwa dari apa yang ditunjukkan kepada saya, hanya sejumlah kecil dari orang-orang yang mengaku percaya akan kebenaran yang pada akhirnya akan selamat. . “- 2 Testimonies, 445:2 (1870).

“Ada suatu pernyataan yang khidmat yang saya sampaikan kepada gereja, bahwa tidak satupun dari dua puluh orang yang namanya terdaftar dalam buku-buku gereja akan siap pada penutupan sejarah bumi ini, dan sesungguhnya tanpa Tuhan dan tanpa pengharapan di dunia seperti halnya orang-orang yang berdosa.” -Christian Service, 41:2 (1898).

“Kemakmuran menggandakan jumlah besar orang yang mengaku percaya. Kekurangan melemparkan mereka keluar dari gereja.” -4 Testimonies, 89:2.

Perpecahan akan terjadi di dalam gereja. Dua kelompok akan terbentuk. Gandum dan lalang akan tumbuh bersama siap untuk dipanen.” – 2 Selected Messages, 114:0.

“Ketika harinya tiba pada saat hukum Tuhan diabaikan, dan gereja ditampi oleh ujian-ujian yang mengerikan yang harus mencobai semua orang yang hidup di bumi ini, sebagian besar orang-orang yang seharusnya menjadi tulus akan mendengarkan roh-roh perayu, dan akan menjadi pengkhianat dan mengkhianati kepercayaan-kepercayaan yang kudus. Mereka akan terbukti sebagai penganiaya-penganiaya kita yang terkejam.”-6 Bible Commentary, 1065:1/1.

Banyak bintang yang telah kita kagumi karena kecemerlangannya kemudian akan keluar ke dalam kegelapan.” -Prophets and Kings, 188:1.

Sekam seperti awan akan ditiup oleh angin, bahkan dari tempat-tempat di mana kita hanya melihat ladang dengan gandum-gandum yang subur.” -5 Testimonies, 81:1.

Penggoncangan dari Tuhan meniup orang banyak seperti daun-daun kering.” -4 Testimonies, 89:2.

“Dalam pekerjaan khidmat yang terakhir, hanya sedikit orang-orang besar akan terlibat.” -5 Testimonies, 80:1.

“Segera umat Tuhan akan diuji oleh ujian-ujian yang mengerikan, dan sejumlah besar orang-orang yang sekarang tampaknya tulus dan benar akan terbukti sebagai logam dasar.”-5 Testimonies, 136:1.

“Ujian bagi kita nanti adalah berdiri mempertahankan kebenaran dan kesalehan ketika sebagian besar orang meninggalkan kita, bertempur dalam peperangan Tuhan ketika para juara hanya sedikit. Di saat itu kita harus mengumpulkan kehangatan dari kedinginan orang lain, keberanian dari kepengecutan  mereka, dan kesetiaan dari pengkhianatan mereka. ” ­5 Testimonies, 136:2.

“Ketika hukum Tuhan diabaikan, gereja akan ditampi melalui ujian-ujian yang mengerikan, dan lebih besar dari jumlah yang kita antisipasi sekarang, akan mendengarkan roh-roh perayu dan ajaran-ajaran iblis.” -2 Selected Messages, 368:1.

“Biarlah perlawanan muncul, biarlah sikap fanatik dan tanpa toleransi berkuasa lagi, biarlah aniaya dinyalakan, dan orang-orang yang setengah hati dan munafik akan menjadi ragu dan menyerahkan iman; namun orang Kristen yang sejati akan berdiri teguh seperti batu karang, imannya menjadi semakin kuat, pengharapannya lebih terang dibandingkan pada hari-hari kemakmuran.” -Great Controversy, 602:1.

“Di tengah bayang-bayang yang semakin pekat dari krisis besar yang terakhir di bumi, terang Tuhan akan bersinar paling terang, dan nyanyian pengharapan dan kepercayaan akan terdengar dalam nada yang paling jelas dan mulia.” -Education, 166:7.

“Ketika badai aniaya benar-benar melanda kita, domba-domba yang sejati akan mendengarkan suara Gembala yang benar. Usaha-usaha menyangkal diri akan dilakukan untuk menyelamatkan orang-orang yang hilang, dan banyak yang telah terpencar dari kawanannya akan kembali untuk mengikuti Gembala yang agung itu.  Umat Tuhan akan berkumpul bersama dan menyatakan kepada musuh suatu front bersatu. Menghadapi bencana bersama, pertentangan demi keunggulan akan sirna; tidak akan ada lagi pertentangan tentang siapa yang akan dianggap terbesar. Maka pekabaran malaikat ketiga akan berkembang menjadi suatu seruan nyaring, dan seluruh bumi akan diterangi oleh kemuliaan Tuhan.”- 6 Testimonies, 401:1.

“Standar demi standar dicampakkan dalam debu ketika kelompok demi kelompok tentara Tuhan bergabung dengan musuh dan bangsa demi bangsa dari kalangan musuh bergabung dengan umat pemelihara hukum Tuhan.” -8 Tes­timonies, 41:1.

Jumlah kelompok ini telah berkurang. Sebagian telah ditampi keluar dan ditinggalkan di sepanjang jalan. Orang-orang yang sembrono dan tidak perduli, yang tidak bergabung dengan orang-orang yang menghargai kemenangan dan keselamatan sehingga mereka mau memohon dan menderita dengan tabah baginya, tidak memperolehnya, dan mereka akan ditinggalkan di belakang dalam kegelapan, dan tempat-tempat mereka segera diisi oleh orang-orang lain yang memegang kebenaran dan masuk ke dalam kelompok ini.”-Early Writings, 271:1.

Tuhan memiliki hamba-hamba yang setia, yang dalam masa penampian dan ujian akan keluar. Ada orang-orang yang berharga yang sekarang bersembunyi yang tidak tunduk berlutut kepada Baal. Mereka tidak memiliki terang yang telah bersinar dalam terang kemilau yang kuat kepadamu. Namun mungkin di bawah permukaan yang kasar dan tidak menarik, terang yang murni dari tabiat Kristen yang sejati akan tampak nyata. Di siang hari kita memandang ke langit namun tidak melihat bintang-bintang.  Bintang-bintang itu ada di sana, tetap di cakrawala, namun mata tidak dapat melihat mereka. Di malam hari, kita melihat rasi bintang yang sejati. “-5 Testimo­nies, 80:1-81:0

“Kendati agen-agen bergabung melawan kebenaran, sejumlah besar orang berpihak ke sisi Tuhan.” – Great Controversy, 612:2. 

LAMPIRAN DARI BUKU LAST DAYS

Kebijakan dan usaha-usaha duniawi yang dibuat dengan kewenangan tinggi tidak dapat menyelamatkan kita dari penampian yang mengerikan yang akan datang.—“Segala kebijakan di dalam dunia tidak dapat menyelamatkan kita dari suatu penampian yang mengerikan... Akan ada penampian terhadap tuaian. Sekam pada waktunya harus dipisahkan dari gandum. Karena kejahatan berlimpah, kasih banyak orang menjadi dingin membeku.  Inilah saatnya orang-orang yang jujur akan menjadi paling kuat. Akan ada pemisahan di antara kita orang-orang yang tidak pernah menghargai terang ataupun berjalan di dalamnya.”- Letter 46, 1887, hlm. 6. (Kepada H. H. Kellogg, 12 April 1887.) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here