1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

KEMANUSIAAN YESUS (Bag. 1)

membaca-alkitab Copy1. Sambil Menggali, Sambil Berjaga-jaga Agar Tidak Terjerumus Ke Dalam Alam Spekulasi
[AkhirZaman.org]
 Walaupun manusia suka mengira bahwa dirinya adalah besar, sesungguhnya manusia adalah sangat kecil. Lebih kita dapat menyadari keadaan diri kita ini, lebih Allah dapat bekerja untuk menyatakan sebagian dari rahasia keilahian-Nya kepada kita!

Kemanusiaan Yesus di dalam ke-AllahanNya adalah suatu rahasia yang sangat besar. Janganlah sampai seorangpun di antara kita yang akan mengira dapat mengerti SEGALA RAHASIA yang menyelimuti kemanusiaan Kristus! Tetapi, seberapa banyak dari rahasia itu yang diperlukan oleh manusia untuk keselamatannya, akan dijelaskan oleh Allah melalui Alkitab.

“Bidang pelajaran tentang penjelmaan Kristus adalah suatu ladang yang dapat menghasilkan banyak buah, dan akan mendatangkan upah bagi dia yang menggali sangat dalam untuk kebenaran yang tersembunyi.” – Ms. 67, 1898 (Diambil dari tape yang disajikan oleh Dennis Priebe, seorang dosen Pacific Union College).

Dengan adanya suatu pernyataan seperti yang di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa ada sesuatu yang amat penting tentang kemanusiaan Yesus yang akan dinyatakan kebenarannya oleh Allah demi keselamatan kita!

Biarlah kita selalu menjaga diri kita dari keinginan-keinginan kita yang seringkali tidak berfaedah untuk mengetahui terlalu banyak dari hal kemanusiaan Kristus! Hal ini akan membuat kita berdebat di antara kita sendiri tanpa ujung pangkal tentang perkara-perkara yang kita sendiri tidak dapat menjelaskannya! Biarlah kita bersedia membatasi diri kita pada perkara-perkara yang dinyatakan kebenarannya dengan pasti oleh Alkitab, sehingga kita tidak membuat terkaan-terkaan dan belajar untuk sungguh-sungguh menghormati firman Tuhan! Kita harus menghindarkan diri kita dari nafsu perdebatan kita! Tidakkah Yesus sudah lama menderita melihat perpecahan-perpecahan yang selalu terjadi di kalangan umat-Nya? Bukankah Yesus berdoa untuk persatuan di antara kita sebagaimana Dia, Allah Bapa dan Roh Kudus itu satu adanya?

Tetapi, apakah arti PERSATUAN yang telah didoakan-Nya itu? (Yohanes 17:11,21,22). Apakah itu suatu persatuan sebagaimana yang dikejar oleh manusia pada umumnya yang berada di bumi ini? Apakah itu suatu persatuan yang hanya dapat dilihat di luar sedangkan di dalamnya didapati iri hati, perebutan pangkat, perselisihan pelajaran dan sebagainya?

“Supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau.” – Yohanes 17:21.

Bapa di dalam Yesus dan Yesus di dalam Bapa – apakah itu artinya? Persatuan yang didoakan oleh Yesus supaya dapat menjadi suatu kenyataan, bukanlah suatu persatuan seperti yang kita lihat di antara kita sekarang! Saudara-saudara, marilah kita bangun dan menjadi sadar bahwa Allah menghendaki suatu persatuan di antara kita yang sama sekali berbeda dengan yang selama ini kita pikirkan!

Yang Yesus maksudkan adalah suatu persatuan yang sama seperti persatuan yang ada di antara Yesus dan Allah Bapa melalui Roh Kudus! Satu persatuan yang senafas, sehati, seperasaan, seperjuangan, dan seiman!

Bagi kita, suatu persatuan yang seperti di atas adalah suatu khayalan belaka! Persatuan seperti itu adalah di luar jangkauan kita! Bagus bila kita menyadarinya! Kesadaran itu akan membuat kita melihat bahwa persatuan kita dewasa ini adalah suatu persatuan yang semu dan masih dipaksakan! Persatuan kita dewasa ini adalah suatu persatuan demi keutuhan organisasi saja! Persatuan kita masih merupakan suatu persatuan yang didasarkan etika dan kesopanan! Persatuan kita belumlah merupakan suatu persatuan yang sepenuhnya digerakkan Roh Suci dengan kepenuhan kuasa-Nya!

Bagaimanakah persatuan seperti yang didoakan oleh Kristus itu boleh diciptakan di antara kita? Apakah hal itu dapat terjadi dengan cara-cara dan metode-metode kita? Apakah hal itu boleh terjadi apabila kita mengikuti filsafah-filsafah dan akal budi orang-orang dunia? Apakah hal itu dapat diwujudkan oleh cara-cara berpikir pemimpin-pemimpin agama apabila cara-cara berpikir itu tidak disesuaikan dengan firman Allah yang dijelaskan oleh Roh Allah? Marilah kita memperhatikan kepada Bapa-Nya bahwa doa persatuan Kristus itu disertai suatu permohonan yang lain.

“Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran. …… Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya merekapun dikuduskan dalam kebenaran.” ---- Yohanes 17:17,19.

Persatuan yang didoakan oleh Yesus tidak akan dapat menjadi kenyataan di antara kita sebelum kita merelakan hati kita dikosongkan dari segala kesombongan dan kepentingan diri kita dan kita bersedia dikuduskan di dalam kebenaran oleh Roh Suci melalui firman Allah.

Sepanjang hidup-Nya dan selama perjuangan-Nya di dunia ini Yesus telah menguduskan diri-Nya dalam kebenaran firman Allah agar Ia dapat menguduskan kita dalam kebenaran yang sama. Tetapi seringkali kita tidak menghargai pengorbanan Juruselamat kita itu! Apakah sebabnya Yesus, yang asal-usulnya adalah FIRMAN dan KEBENARAN itu sendiri, mau MENGOSONGKAN DIRI-NYA dari KEBENARAN itu dan MENJADI MANUSIA yang tidak tahu apa-apa sehingga Ia harus DIAJAR tentang KEBENARAN sendiri dari dasar yang paling pertama? Apakah sebabnya Ia, yang tadinya MAHATAHU mau DIJADIKAN BODOH untuk diajar kembali dari hal kebenaran firman-Nya?

Yesus memberi teladan kepada kita bahwa kekudusan Allah itu hanya akan menjadi bagian kita apabila kita mau menerima segala kebenaran firman itu; dan kebenaran firman itu hanya akan menjadi milik pusaka kita apabila kita mau menerima kebenaran itu seperti seorang anak bayi kecil yang baru dilahirkan! Itulah sebabnya Yesus telah mengajar kita, melalui penjelmaan-Nya sebagai manusia, bahwa kita semua harus dilahirkan kembali apabila kita hendak masuk ke dalam Kerajaan Allah!

Penjelmaan Kristus sebagai manusia adalah berita pokok dari Injil keselamatan-Nya itu! Hal ini merupakan landasan dari segala pelajaran tentang kerendahan hati! Pelajaran ini adalah bagi pemimpin agama yang tertinggi sampai anggota gereja kita yang terendah! Penerimaan pelajaran ini adalah kunci dari persatuan kita yang telah didoakan oleh Kristus!

Kita harus menyelidik kebenaran Alkitab dengan sikap bahwa kita belum mempunyai pengertian apa-apa dari hal kebenaran sebelum ini, sehingga kita harus belajar dari permulaan! Apabila Kristus telah melakukan hal itu, apakah professor-professor dan ahli-ahli teologia kita akan merasa terlalu hina untuk melakukan hal yang sama? Apabila masih ada yang merasa dirinya sangat dihina oleh anggapan bahwa dirinya adalah bodoh, kita khawatir bahwa orang itu belum merelakan Roh Suci bekerja di dalam hatinya!

Apapun kedudukan seseorang, apapun pendidikannya, dan berapa lama pun pengalamannya dalam pekerjaan penginjilan untuk Tuhan, ia harus dilahirkan kembali dan menjadi seorang bayi yang belum tahu apa-apa dalam perkara-perkara Allah. Inilah jalan yang telah ditempuh oleh Yesus Kristus, Teladan kita! Kecuali orang Kristen bersedia mengikuti jejak Kristus, kita akan tetap saja terpecah belah sampai saatnya tiba di mana Tuhan akan mengguncangkan dan menampi kita!

debt Copy2. Perbedaan Pendapat Di Antara Kita Perihal Kemanusiaan Kristus
Pendeta William G. Johnson, seorang editor majalah majalah Kristen, menuliskan: “Sebagian orang Kristen berdebat tentang sifat kemanusiaan Yesus. Sedangkan satu kelompok menekankan bahwa Yesus telah datang dengan sifat kemanusiaan Adam sebelum kejatuhannya, yang lain berpendapat bahwa Ia telah mengambil sifat kemanusiaan Adam setelah kejatuhannya. Kedua belah pihak berusaha untuk melindungi kepribadian Yesus: pihak yang pertama, dari anggapan bahwa ada dosa di dalam-Nya; dan pihak yang kedua, dari segala kecenderungan untuk menyangkal kebenaran kemanusiaan-Nya.”

Pertanyaannya: Apakah perdebatan itu terjadi di antara pemimpin-pemimpin kita dengan anggota-anggota awam dalam sidang? Perlukah kita ikut-ikut menanggapi permasalahan tersebut?

Sebagai anggota-anggota gereja perlu mengetahui apakah yang telah terjadi di antara kita. Apakah kejadian-kejadian itu merupakan perkara-perkara yang remeh saja? Ataukah kejadian-kejadian itu mempunyai akibat yang dapat mempengaruhi jalan keselamatan kita? Paling sedikit kita harus mencari tahu apakah yang dikehendaki Tuhan dari masing-masing kita dalam menanggapi masalah-masalah yang seperti itu!

Kita semua diberi tugas oleh Tuhan dalam menegakkan Injil-Nya sebagaimana kita juga diberi tugas untuk menyebarkan Injil-Nya! Kita semua harus secara aktif melibatkan diri dalam segala urusan yang menyangkut Injil Kristus! Tetapi, kita harus melakukan hal itu di bawah pimpinan Roh dengan kebijaksanaan-Nya!

“Anggota-anggota gereja kita melihat bahwa ada perbedaan-perbedaan pendapat di antara pemimpin-pemimpin, dan mereka sendiri telah ikut berdebat tentang pelajaran-pelajaran yang dipermasalahkan. Kristus meminta persatuan. Tetapi Ia tidak meminta kita untuk bersatu atas dasar yang salah. Allah sorga membuat suatu perbedaan yang nyata di antara kebenaran yang murni, mengangkat jiwa dan memuliakan dan pelajaran-pelajaran yang salah dan menyesatkan. ……. Saya mendesak saudara-saudara kita untuk bersatu atas dasar Alkitab yang benar.” – 1 S.M. 175.

Apakah yang telah kita lakukan untuk mencapai ‘persatuan’ yang telah diminta oleh Tuhan? Gantinya kita meremukkan diri kita masing-masing, lalu pergi ke Kristus untuk meminta pernyataan dari Roh Suci apakah yang merupakan kebenaran, kita telah membuat kesalahan yang fatal dengan menerima dua konsep yang masih diperdebatkan sebagai pelajaran-pelajaran yang dapat diterima kedua-duanya di antara kita.

DEWASA ini kita masih berada di tengah-tengah berkecamuknya perdebatan tentang kemanusiaan Yesus. Telah dikatakan oleh Pendeta Willian G. Johnson bahwa satu pihak berpendapat bahwa Yesus telah menjelma ke dalam kemanusiaan Adam sebelum kejatuhannya dan pihak yang lainnya berpendapat bahwa Yesus telah datang dengan kemanusiaan Adam 4000 tahun setelah kejatuhannya. Orang-orang ‘besar’ dan orang-orang berpendidikan yang memegang kedudukan-kedudukan yang penuh tanggung jawab berada di kedua belah pihak! Kita belum dapat disatukan hingga hari ini!

Pada tahun 1976 sebuah komite yang telah dibentuk untuk mempelajari Righteousness by Faith (Dibenarkan oleh Iman), telah mengeluarkan pernyataan yang tidak menyalahkan ataupun membenarkan kedua pendapat tentang kemanusiaan Yesus tersebut. Dengan kata lain, kedua-duanya dianggap sebagai pelajaran yang dapat diterima di kalangan kita. Apakah hal ini akhirnya tidak akan membuat pelajaran tentang kemanusiaan Yesus menghilang juga dari antara kita? Artinya, demi ‘persatuan’ secara organisasi, satu pihak akhirnya tidak akan membicarakan kemanusiaan Yesus lagi supaya tidak menyinggung yang lainnya, dan pihak yang lain juga akan melakukan hal yang sama, sehingga kemanusiaan Yesus sama sekali tidak akan dibicarakan lagi dalam gereja-gereja. Padahal seharusnya kita menggali dalam-dalam tentang kebenaran yang satu ini dan menemukan harta yang masih terpendam!

3. Hanya Satu Saja Di Antara Dua Pendapat Yang Betul
Apabila Injil dipelajari dengan baik-baik, kita akan mengetahui bahwa Allah Bapa hanya ada satu, Kristus hanya ada satu, Roh Suci juga hanya ada satu. Roh Suci yang satu adanya, tentu hanya dapat mengilhamkan satu kebenaran! Satu kebenaran tentu akan menghasilkan satu pelajaran dan satu pelajaran akan membentuk satu iman. Sehingga tidak akan lagi dapat dikatakan, “Lakukanlah berdasar saudara, berdasar iman kita masing-masing.”

Dua macam pendapat dengan sendirinya tidak dapat dibenarkan kedua-duanya! Atas dasar ini, kita masing-masing mempunyai tanggung jawab dan kewajiban untuk bergumul dengan Tuhan dan memohon kepada-Nya agar mau menyatakan kepada kita kebenaran-Nya.

Apakah sebabnya PERSATUAN sebagaimana yang telah didoakan oleh Kristus belum dapat menjadi bagian kita? Oleh sebab kita tidak mengikuti jejak Teladan kita itu, kita merasa bahwa diri kita adalah berpengetahuan dan kita telah menyelidik kebenaran Alkitab yang paling lama. Oleh sebab itu kita bertahan bahwa pendapat kita adalah yang benar.

Apakah sebabnya Yesus telah mengosongkan diri-Nya dari segala pengetahuan yang telah ada pada-Nya sebelum dunia dijadikan? Oleh sebab Ia hendak memberi teladan kepada kita bahwa untuk dapat mengerti KEBENARAN, kita harus terlebih dahulu mau mengosongkan diri kita dari konsep-konsep kita agar Roh dapat mengisi kita dengan kebenaran-Nya!

Apabila pemimpin-pemimpin kita yang berdebat mau memandang Kristus dan mau mempraktekkan kebenaran penjelmaan Kristus itu dalam diri mereka masing-masing, tentu tidak akan ada perdebatan lagi! Masing-masing masih dipenuhi dengan rasa ‘kebesaran akunya’ sehingga kemanusiaan Kristus tidak lagi dipraktekkan sebagai kuasa yang dapat mengubah perangai kita, melainkan dijadikan bahan untuk diperdebatkan.

Apabila pemimpin-pemimpin agama telah berdebat dengan pemimpin, masalahnya tentu adalah serius! Kedua belah pihak tentu akan berpegang pada ayat-ayat Alkitab dan Roh Nubuat! Tetapi kita bertanya: Apabila kedua belah pihak berpegang pada ayat-ayat Alkitab, dapatkah kedua-duanya menjelaskan ayat-ayat Alkitab tidak mengeluarkan paham yang saling bertentangan, apabila terjadi perselisihan salah satu pihak pasti telah membuat kesalahan dengan menafsirkan Alkitab secara kurang cermat?

Sekiranya hal ini dapat diterima oleh semua pihak, akan datang kesadaran dalam diri masing-masing bahwa dirinyalah yang mungkin berada di pihak yang salah itu demi PERSATUAN yang telah didoakan oleh Kristus dan demi PERSATUAN yang harus dilandaskan atas KEBENARAN, semua akan bersedia untuk mengosongkan hati dari “egoismenya” masing-masing dan mendoakan kebenaran yang datang dari Roh agar dapat diterima menjadi kuasa bagi sidang ini untuk mengemban tugasnya!

Sayangnya, kita tidak mengikuti petunjuk-petunjuk Kristus! Pemimpin telah berdebat dengan pemimpin, masing-masing belum mau melepaskan pendapatnya sedangkan masing-masing memegang jabatan dan kedudukan yang penting! Apakah yang harus kita buat? Untuk bertindak adil terhadap kedua belah pihak, kita telah menerima kedua pendapat yang ada agar dengan demikian “persatuan” dapat diselamatkan! Tetapi, dengan tindakan-tindakan yang telah kita ambil ini, kita telah melemahkan diri kita! Kebenaran semakin menjadi luntur oleh sebab bagian-bagian yang vital telah melenyap dari kita! Itulah sebabnya kita berada dalam keadaan yang suam-suam kuku yang mengakibatkan kita diancam oleh Tuhan untuk diludahkan dari mulut-Nya (Wahyu 3:16)!

4. Kita Harus Memilih Satu Di Antara Dua Paham
Memilih barang adalah mudah, tetapi memilih KEBENARAN adalah suatu pekerjaan yang harus dilakukan dengan segenap kerendahan hati kita agar kita dapat dibantu oleh Roh.

Mengenai kemanusiaan Yesus, dua paham pokok berada di depan kita untuk kita pilih:

a. Yesus telah mengambil kemanusiaan Adam sebelum kejatuhannya ke dalam dosa.
b. Yesus telah mengambil kemanusiaan Adam sekitar 4000 tahun sesudah kejatuhannya ke dalam dosa.

Perlu dicatat bahwa ada paham yang ketiga yang juga muncul di antara kita! Nampaknya kita bukannya semakin mendekat kepada PERSATUAN, melainkan kita semakin menjauh! Pendapat yang ketiga ini dapat dibaca dalam buku “THE SANCTUARY AND THE ATONEMENT”, halaman 701. Paham ini merupakan suatu kompromi di antara kedua paham yang telah kita sebut di atas; yaitu Yesus tidak mengambil kemanusiaan Adam sebelum kejatuhannya dan juga bukan kemanusiaan Adam sesudah kejatuhannya, melainkan suatu sifat kemanusiaan Yesus yang khusus (the unique ‘Christ’s nature’).

Dari manakah timbul istilah “kemanusiaan Yesus yang khusus ini”? Istilah ini tidak dapat ditemukan di dalam tulisan-tulisan Alkitab! Istilah ini hanya muncul oleh sebab kita hendak mendamaikan dua paham yang bertentangan! Dengan kata lain, kita hendak membuat suatu kebenaran baru dengan cara menggabungkan ‘kebenaran’ dengan ‘kesalahan’. Dapatkah hal yang semacam ini dibuat?

Kita mengerti bahwa saudara-saudara kita tidak suka melihat perpecahan terjadi di kalangan kita! Kita mengerti bahwa saudara-saudara kita sangat merindukan PERSATUAN karena hal ini telah didoakan oleh Kristus. Tetapi bolehkan PERSATUAN itu dikejar dengan mengorbankan kebenaran?

Tidak seorang pun yang akan merasa melihat gereja kita digoncangkan oleh Tuhan! Tidak ada seorang pun yang akan merasa gemar melihat beberapa di antara pemimpin kita jatuh berguguran seperti bintang-bintang yang digoncang dari langit. Namun, apabila kita tidak bertindak hati-hati di hadapan Allah kita, kita justru akan mengalami apa yang telah dinubuatkan oleh hamba Tuhan!

Telah ada dua paham tentang kemanusiaan Kristus yang telah membuat kepala kita menjadi pusing. Hariskah ada paham yang ketiga untuk lebih memusingkan kita? Marilah kita berusaha, oleh anugerah Roh Kudus, untuk dapat memperkecil perbedaan-perbedaan pendapat yang ada di antara kita. Marilah kita berusaha untuk mencari yang manakah yang benar di antara dua paham yang telah ada di antara kita tanpa perlunya menambah satu paham lagi untuk lebih membingungkan anggota-anggota gereja kita!

5. Mengaji Kebenaran Dengan Faham-Faham Injil Yang Sederhana
Dalam pelajaran kita yang berikut, kita akan berusaha untuk mengutip ayat-ayat Alkitab yang telah digunakan dalam perdebatan-perdebatan di antara kita. Dalam pelajaran ini, kita akan menggunakan dasar-dasar pengertian Alkitab yang sangat sederhana untuk melihat yang manakah di antara kedua pendapat yang ada, dapat memenuhi syarat-syarat kebenaran secara keseluruhan!

Kita mengetahui bahwa untuk dapat menebus manusia, Yesus harus MATI untuk membayar pelanggaran-pelanggaran kita. Mati berarti sungguh-sungguh diceraikan dari Allah. Alkitab telah menggariskan bahwa “UPAH DOSA IALAH MAUT” (Roma 6:23). Dengan kata lain, tanpa adanya dosa, maut tidak pernah akan ada. Maut hanya dapat terjadi kalau ada dosa, atau kutuk dari dosa

Kemanusiaan Adam sebelum kejatuhannya ke dalam dosa, tidak dapat mati. Kemanusiaan itu masih berada dalam keadaan yang KUDUS sehingga belum terkena kutuk dosa! Apabila Yesus mengambil sifat kemanusiaan yang ini, Yesus tidak akan dapat mati kecuali Ia sendiri telah berbuat dosa seperti Adam!

Tetapi Yesus telah berkata: “Siapakah di antaramu yang membuktikan bahwa Aku berbuat dosa?” (Yohanes 8:46). Selanjutnya, kita dapat membaca 2 Korintus 5:21; Ibrani 4:15; dan 1 Petrus 2:22 untuk mengetahui bahwa Yesus tidak pernah melakukan dosa selama hidup-Nya. Jadi, kita telah memperoleh rumus ini: Kemanusiaan Adam sebelum ia berdosa + kehidupan Yesus yang tanpa dosa = Yesus tidak dapat MATI.

Bahwa kehidupan Yesus di dunia ini adalah tanpa dosa, sudah tidak dapat diganggu gugat lagi. Ini merupakan suatu kebenaran yang sudah PASTI. Kita tahu bahwa untuk dapat menebus manusia, Yesus harus sungguh-sungguh mati dan diceraikan dari Allah Bapa. Untuk dapat menggenapi syarat ini, hanya tinggal satu perkara dalam rumus kita yang di atas yang masih dapat dibetulkan, yaitu bagian SYARAT KEMANUSIAAN YESUS.

Jadi, agar Yesus dapat MATI, Yesus harus mengambil SIFAT KEMANUSIAAN ADAM SETELAH KEJATUHANNYA KE DALAM DOSA. Namun Dia mati bukan karena berbuat dosa, melainkan oleh karena menggantikan tempat kita sebagai orang yang terhukum karena dosalah maka Dia mati. Inilah maknanya sebutan: “Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita” (2 Korintus 5:21).

 

 

 

 

 

Artikel Terkait:

1. SERI PEMBELAJARAN TENTANG KEBENARAN OLEH IMAN (2): KEBUTUHA

SERI

Dibawakan oleh: Camron SchofieldDiterjemahkan oleh: G. Kadarman, Jr. [AkhirZaman.org] Hal terutama yang harus kita telusuri sebagaimana kita memulai pembelajaran kita adalah memperhatikan kebutuhan kita yang besar. Ketika Yesus berada di bumi ini, ...
6 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. SERI PEMBELAJARAN TENTANG KEBENARAN OLEH IMAN (1)

SERI

Dibawakan oleh: Camron Schofield Diterjemahkan oleh: G. Kadarman, Jr. PENGANTAR Selamat datang. Nama saya adalah Camron Schofield. [AkhirZaman.org] Saya ingin berbagi kepada anda sebuah rangkaian presentasi-presentasi yang akan menolong untuk menjawab beberapa pertanyaan yang anda miliki perihal keselamatan.  ...
13 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. BERJUANGLAH DENGAN GIGIH DALAM PERJUANGAN IMAN

Berjuanglah

[AkhirZaman.org] Tidak dapat disangkal bahwa dalam perjalanan kehidupan kerohanian, kita sering dan selalu menghadapi tantangan di mana setan menghalangi kita untuk mendapatkan kemenangan dalam perjuangan iman. ...
473 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. DOSA ADAM DAN HAWA

DOSA

[AkhirZaman.org] TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh engkau makan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, ...
479 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. SEORANG PENGANTARA YANG SETIA

Seorang

[AkhirZaman.org] Manusia dewasa ini sedang dilanda kesulitan dalam upaya menemukan arti hidup yang sepantasnya. Mereka berusaha mencari bimbingan dari seseorang tertentu guna menolong memecahkan problema mereka sehari-hari. ...
488 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. PENGAMPUNAN

Pengampunan

[AkhirZaman.org] Seorang eksekutif wanita tampak bergegas ke bandara karena akan terbang ke Chicago. Setelah check-in, dia mengamati layar monitor, ...
495 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. DAUD SEORANG YANG BERKENAN DIHATI-NYA (PENGUNGKAPAN KASIH YA

DAUD

[AkhirZaman.org] Prinsip yang terbesar yang diletakkan oleh Allah bagi kita adalah prinsip kasih. Kasih adalah sesuatu yang paling berkuasa di dunia ini, karena mencerminkan Allah sendiri. ...
503 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. ADA APA DENGAN UMAT TUHAN?

ADA

[AkhirZaman.org] Raja Sulaiman yang kita kenal sebagai seorang yang bijaksana berkata dalam Pengkhotbah 7:27–29 bahwa dia dapati seorang laki-laki yang jujur di antara 1000 ...
510 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. ORANG KAYA DAN LAZARUS

Orang

[AkhirZaman.org] Salah satu bagian Alkitab yang banyak mengalami kesulitan untuk menghubungkan kebenaran tentang neraka yang disajikan dalam situs ini ...
522 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. HARUSKAH KITA HIDUP SALEH?

HARUSKAH

Haruskah?[AkhirZaman.org] Memangnya ada orang yang saleh? Di zaman ini? Yaaaa, kalau bicara nabi-nabi dan rasul-rasul okelah, tapi kita? Apa mungkin kita bisa saleh? Kalau ada yang bilang dia orang saleh, sudah pasti itu menipu. ...
539 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
Jenis-jenis Penyakit dan ...
Adenoids (Membesarnya hulu kerongkongan ) [AkhirZaman.org] Adenoids terdiri...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
[RH] DIRI HARUS MATI
Dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa...
Read More...
IMAGE
[RH] PANDANG TERUS KE ATA...
Karena kita mempunyai banyak saksi bagaikan awan yang mengelilingi kita,...
Read More...
IMAGE
[RH] KEHIDUPAN YANG SENAN...
Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki...
Read More...
IMAGE
BERANI DI DALAM TUHAN
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
HRW (Human Rights Watch) ...
[AkhirZaman.org] Catatan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tentang...
Read More...
IMAGE
Badai Terjang Belanda, Pe...
[AkhirZaman.org] Tiga orang tewas di Belanda, kemarin, akibat badai yang juga...
Read More...
IMAGE
Bill Gates Lunasi Utang N...
[AkhirZaman.org] Miliarder Amerika Serikat (AS) Bill Gates kembali menunjukkan...
Read More...
IMAGE
Tidak Menggunakan Nama Re...
[AkhirZaman.org] Korea Utara (Korut) menyebut tingkah laku Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Trump Tuding Rusia Bantu ...
[AkhirZaman.org] Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menuding Rusia...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...

Data Kunjungan

017260112
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
2935
20374
2935
104662
253420
16583202
17260112

IP Anda: 54.82.29.141
Tanggal: 2018-01-21 03:29:06

Online Saat Ini

We have 225 guests and no members online