1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

PERBEDAAN PERJANJIAN YANG LAMA DAN PERJANJIAN YANG BARU (2)

bible-pages CopyDalam pelajaran yang lalu (yang pertama dari topik ini), Abraham mendapat janji dari Tuhan dalam perjanjian antara mereka bahwa dia akan menerima suatu negeri yang akan diberikan kepadanya jika ia mau menurut Allah untuk pergi meninggalkan tanah kelahirannya. Namun sampai mati ia tidak mendapat negeri yang dijanjikan itu dan hanya “melihatnya dengan iman” yang penuh kepada Tuhan yang menjanjikannya (Ibrani 11:8, 10, 13). Dan iman inilah yang Abraham wariskan kepada generasi-generasi berikutnya hingga kepada kita sekarang ini.

[AkhirZaman.org] Dalam hubungannya dengan kita, sesungguhnya janji itu, memiliki makna atau aplikasi juga untuk kita. Bahwa ada perjanjian yang Allah juga buat kepada kita, dan dengan iman pula kita tidak hanya akan melihatnya namun berpeluang untuk menerimanya. Dan kita akan pelajari dalam pembahasan kali ini.

3. Janji Allah Itu Disertai Sumpah
“Tetapi kami ingin, supaya kamu masing-masing menunjukkan kesungguhan yang sama untuk menjadikan pengharapanmu suatu milik yang pasti, sampai pada akhirnya, agar kamu jangan menjadi lamban, tetapi menjadi penurut-penurut mereka yang oleh iman dan kesabaran mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah. Sebab ketika Allah memberikan janji-Nya kepada Abraham, Ia bersumpah demi diri-Nya sendiri, karena tidak ada orang yang lebih tinggi dari pada-Nya . . . Karena itu, untuk lebih meyakinkan mereka yang berhak menerima janji itu akan kepastian putusan-Nya, Allah telah mengikat diri-Nya dengan sumpah.” – Ibrani 6:11-13, 17.

Allah hendak mengajar kita sesuatu yang amat penting. Allah menghendaki kita mempercayai janji-janjiNya secara ABSOLUT (tanpa keraguan). Kita harus memiliki suatu pengharapan YANG PASTI. Biarlah masing-masing kita mengetahui bahwa beragama, dengan tidak disertai suatu pengharapan yang pasti, adalah beragama yang tanpa tujuan.

Agama adalah suatu hubungan dengan Allah yang dinamis dan hidup. Agama adalah pembentukan suatu kepercayaan oleh suatu makhluk yang diciptakan terhadap Allah yang menciptakannya. Agama adalah suatu jalinan kepercayaan di antara manusia dan Allahnya seperti di antara seorang anak kecil dan ayah-ibunya.

Janganlah hal ini dianggap sebagai suatu ucapan untuk memperindah suatu konsep saja. Bukan! Kecuali dapat dibentuk suatu kepercayaan dari kita terhadap Allah kita sama seperti kepercayaan anak yang masih kecil terhadap orangtuanya, agama kita adalah bagaikan tempayan kosong atau yang mengeluarkan bunyi apabila dipukul, tetapi yang tidak mempunyai bobot isi.

Abraham adalah nenek moyang kita yang beragama. Walaupun grafik iman Abraham tidak selalu menanjak secara lurus ke atas, Abraham mempunyai suatu hubungan yang hidup dengan Allahnya. Walaupun Abraham belum memperoleh apa yang telah dijanjikan Allah kepadanya, ia telah mendapat bagian dalam apa yang telah dijanjikan itu oleh imannya.

Allah telah bersumpah demi diri-Nya sendiri, bahwa Ia akan memenuhi janji-Nya itu. Apakah sebabnya Allah telah bersumpah sedangkan Yesus telah mengajar kita supaya tidak bersumpah?

“Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah…….. Janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambut pun.” – Matius 5:34, 36.

bible-study-youth CopyYesus telah melarang kita untuk bersumpah oleh karena kita tidak mempunyai kuasa untuk memegang atau memenuhi janji-janji yang telah kita katakan dengan sumpah itu. Manusia tidak dapat diandalkan! Manusia tidak dapat menentukan hari esoknya sendiri dan tidak dapat memastikan apakah ia dapat melaksanakan apa yang telah ia rencanakan! Manusia selalu mempunyai kecenderungan untuk menipu hatinya sendiri! Bagaimanakah manusia, yang demikian keadaannya, dapat bersumpah?

Lain halnya dengan Allah. Allah menguasai segala sesuatu dan Ia memegang kendali atas segala sesuatu yang bakal terjadi. Apa yang dikatakan-Nya dengan sumpah sudah pasti dapat Ia penuhi atau genapi.

Sumpah Allah mempunyai tujuan untuk menekankan kepada kita, bahwa apa yang telah dikatakan-Nya dengan sumpah itu tidak berkondisi. Artinya, apa yang telah dikatakan-Nya dengan sumpah, kegenapannya tidak lagi tergantung atas terpenuhinya apa syarat.

Contoh: Pada waktu Allah mengutus Yunus untuk memberitakan pembinasaan kota Ninewe, pembinasaan itu tergantung atas mau bertobatnya penduduk-penduduk Ninewe atau tidak. Pembinasaan itu adalah bersyarat. Pada waktu penduduk Ninewe menyesali perbuatan-perbuatan jahat mereka, lalu mereka berkabung dan duduk di atas abu, Allah telah menghindarkan pembinasaan itu dari mereka.

Tetapi pembinasaan dunia kita ini dengan api sehingga segala sesuatu akan menjadi cair, dan pembentukan suatu langit dan bumi yang baru yang akan diperintah Yesus sendiri, adalah suatu janji yang tanpa syarat. Mengenai hal ini, Tuhan telah berfirman dengan sumpah “untuk lebih meyakinkan mereka yang berhak menerima janji itu akan kepastian putusan-Nya.”

Bumi yang sekarang kita huni ini sudah dirusak oleh kejahatan , kekerasan, kekejaman, ketidakadilan, kegelojohan, dan segala daya-upaya yang hanya bersifat mementingkan diri sendiri. Bumi ini sudah tidak dapat diobati. Ibarat penyakit kanker yang telah mencapai tingkat parah, kejahatan di bumi ini sudah tidak dapat disembuhkan. Hanya ada satu tindakan terakhir yang dapat dilakukan Allah untuk menolong bumi ini, yaitu membakarnya habis-habis sehingga sesuatu yang baru dapat diciptakan untuk menggantikannya.

Itulah sebabnya Allah telah berbicara kepada Abraham dengan sumpah, dan Abraham mempercayai janji Allah tersebut. Abraham tidak menjadi lamban untuk mempercayai janji Allah itu. Ia telah menjadi penurut oleh iman dan kesabaran sehingga ia telah mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan itu.

Rasul Paulus telah menganjurkan kita masing-masing agar menunjukkan kesungguh-sungguhan yang sama seperti Abraham. Ia telah meminta agar kita memiliki suatu pengharapan yang pasti hingga akhirnya.

 

 

 

Artikel Terkait:

1. SERI PEMBELAJARAN TENTANG KEBENARAN OLEH IMAN (3): APA YANG

SERI

Dibawakan oleh: Camron Schofield Diterjemahkan oleh: G. Kadarman, Jr. Selamat datang kembali. [AkhirZaman.org] Apakah anda mendapati bahwa pembelajaran kita yang lalu sedikit menarik? Mungkin saja pembelajaran itu melakukan sesuatu yang sama seperti yang dilakukannya kepada saya – membebaskan saya. ...
2 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. SERI PEMBELAJARAN TENTANG KEBENARAN OLEH IMAN (2): KEBUTUHA

SERI

Dibawakan oleh: Camron SchofieldDiterjemahkan oleh: G. Kadarman, Jr. [AkhirZaman.org] Hal terutama yang harus kita telusuri sebagaimana kita memulai pembelajaran kita adalah memperhatikan kebutuhan kita yang besar. Ketika Yesus berada di bumi ini, ...
8 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. SERI PEMBELAJARAN TENTANG KEBENARAN OLEH IMAN (1)

SERI

Dibawakan oleh: Camron Schofield Diterjemahkan oleh: G. Kadarman, Jr. PENGANTAR Selamat datang. Nama saya adalah Camron Schofield. [AkhirZaman.org] Saya ingin berbagi kepada anda sebuah rangkaian presentasi-presentasi yang akan menolong untuk menjawab beberapa pertanyaan yang anda miliki perihal keselamatan.  ...
15 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. BERJUANGLAH DENGAN GIGIH DALAM PERJUANGAN IMAN

Berjuanglah

[AkhirZaman.org] Tidak dapat disangkal bahwa dalam perjalanan kehidupan kerohanian, kita sering dan selalu menghadapi tantangan di mana setan menghalangi kita untuk mendapatkan kemenangan dalam perjuangan iman. ...
475 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. DOSA ADAM DAN HAWA

DOSA

[AkhirZaman.org] TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh engkau makan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, ...
481 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. SEORANG PENGANTARA YANG SETIA

Seorang

[AkhirZaman.org] Manusia dewasa ini sedang dilanda kesulitan dalam upaya menemukan arti hidup yang sepantasnya. Mereka berusaha mencari bimbingan dari seseorang tertentu guna menolong memecahkan problema mereka sehari-hari. ...
490 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. PENGAMPUNAN

Pengampunan

[AkhirZaman.org] Seorang eksekutif wanita tampak bergegas ke bandara karena akan terbang ke Chicago. Setelah check-in, dia mengamati layar monitor, ...
497 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. DAUD SEORANG YANG BERKENAN DIHATI-NYA (PENGUNGKAPAN KASIH YA

DAUD

[AkhirZaman.org] Prinsip yang terbesar yang diletakkan oleh Allah bagi kita adalah prinsip kasih. Kasih adalah sesuatu yang paling berkuasa di dunia ini, karena mencerminkan Allah sendiri. ...
505 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. ADA APA DENGAN UMAT TUHAN?

ADA

[AkhirZaman.org] Raja Sulaiman yang kita kenal sebagai seorang yang bijaksana berkata dalam Pengkhotbah 7:27–29 bahwa dia dapati seorang laki-laki yang jujur di antara 1000 ...
512 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. ORANG KAYA DAN LAZARUS

Orang

[AkhirZaman.org] Salah satu bagian Alkitab yang banyak mengalami kesulitan untuk menghubungkan kebenaran tentang neraka yang disajikan dalam situs ini ...
524 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
[RH] KOTA-KOTA HARUS DIBE...
Dan seorang malaikat lain, malaikat kedua, menyusul dia dan berkata, "Sudah...
Read More...
IMAGE
[RH] SETIAP ORANG MENURUT...
Sebab hal kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar...
Read More...
IMAGE
[RH] KHIDMATNYA PENGHAKIM...
Maka la akan menjawab mereka, Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala...
Read More...
IMAGE
[RH] PERSATUAN YANG DICAR...
Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
Tujuh Cara Meredam Stress...
[AkhirZaman.org] Apakah Anda pernah mengalami kesulitan mengatasi anak-anak...
Read More...
IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
RI Sayangkan Sikap Malays...
[AkhirZaman.org] Kementerian Luar Negeri Indonesia menyangkan sikap Polisi...
Read More...
IMAGE
Rusia: Kebijakan AS di Su...
[AkhirZaman.org] Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan, kebijakan...
Read More...
IMAGE
Sudah 40 Tahun Tinggal di...
[AkhirZaman.org] Seorang dokter yang telah berada di Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Turki Bombardir Afrin, DK...
[AkhirZaman.org] Dewan Keamanan (DK) PBB membahas serangan intensif Turki...
Read More...
IMAGE
China Sebut AS Pembuat On...
[AkhirZaman.org] Surat kabar China menyebut Amerika Serikat sebagai pembuat...
Read More...

Data Kunjungan

017279577
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
5387
10874
22400
104662
272885
16583202
17279577

IP Anda: 54.234.45.10
Tanggal: 2018-01-23 16:33:35

Online Saat Ini

We have 189 guests and no members online