1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

ALLAH MENGHENDAKI SATU SUARA DIDENGAR MEMBANGKITKAN UMAT-NYA UNTUK BERGERAK (1)

-jejak-kaki Copy1. Pengalaman Masa Lampau Guru yang Terbaik
[AkhirZaman.org] Ada satu kutipan yang sering dikutip. Maknanya adalah sebagai berikut: Kita tidak perlu khawatir akan hari depan kecuali kita melupakan pimpinan Tuhan pada masa yang lalu. Dengan kata lain, apabila kita melupakan pimpinan Tuhan pada masa yang lalu, kita berada di dalam keadaan berbahaya yang amat mengkhawatirkan.

Apa ada pengalaman-pengalaman kita di masa yang lampau yang dapat kita pakai sebagai guru kita agar supaya kita boleh terhindar dari melakukan kesalahan-kesalahan pada dewasa ini? Pengalaman-pengalaman kekristenan banyak sekali, tetapi diantara pengalaman-pengalaman yang banyak itu, kita perlu memperhatikan satu yang dipakai oleh seorang pendeta yang bernama Pendeta Pierson.

Pendeta Pierson memperhatikan bahwa setiap gerakan dalam dunia agama dimulai dengan keadaan kecil yang tidak banyak dikenal. Hanya beberapa orang yang didorong oleh suatu keyakinan memulaikan pekerjaan reformasi. Orang-orang ini mempunyai pandangan lurus yang ditujukan kepada perkara-perkara yang diminta oleh Allah. Orang-orang ini tidak menyayangi diri sendiri dan hidup mereka diabdikan sepenuhnya kepada keyakinan mereka itu.

Manakala pekerjaan itu mengembang, jumlah orang yang ikut dalam pergerakan reformasi itu bertambah. Pekerjaan itu makin membesar dan dikenal. Tetapi ketika pergerakan itu menjadi lebih besar, sering kali yang terjadi adalah lebih banyak orang yang tidak memiliki keyakinan yang pertama-tama menggabung. Lama-kelamaan tujuan utama dari pergerakan itu terlupakan. Pengaruh-pengaruh dari luar masuk, dan pergerakan itu akhirnya menjadi sesuatu yang sama dengan apa yang ada sebelumnya.

Apakah begitu juga dengan dunia kekristenan sekarang? Doa hati kita dan harapan kita masing-masing adalah agar supaya tidak. Tetapi apakah benar-benar tidak? Lalu apa jawab kita: Mana yang lebih baik, keadaan kita pada waktu permulaan ketika reformasi atau keadaan kita sekarang? Lebih saleh manakah, umat Tuhan di zaman para reformator dulu atau sekarang? Lebih Alkitabiah manakah, pengajaran gereja ratusan tahun silam atau sekarang?

Kalau kita mengukur dengan jumlah banyaknya anggota, dengan banyaknya gedung-gedung, dengan meluasnya bidang pekerjaan yang kita kerjakan, kita akan menjawab bahwa kita sekarang jauh lebih baik dari dulu. Tetapi kalau kita mengukur dengan keadaan kerohanian umat Tuhan sekarang, jawaban yang jujur mungkin adalah tidak.

2. Penilaian Allah
Berapa banyak diantara kita suka mendengar kesaksian Allah yang sesungguhnya dari hal kita? Kalau kesaksian itu memuji kita, kita senang mendengarnya; tetapi kalau kesaksian itu menegur kita, kita kurang (tidak) senang hati. Itulah ukuran kerohanian kita yang sesungguhnya! Atas dasar kerohanian kita ini tergantung cepatnya atau tertundanya penyelesaian pekerjaan Tuhan dan kedatangan-Nya kedua kali.

“Sikap gereja pada dewasa ini tidak menyenangkan Allah. Telah datang satu perasaan percaya pada diri snediri yang telah membuat mereka merasa tidak perlu adanya kebenaran tambahan dan terang yang lebih besar. Kita hidup pada saat dimana setan bekerja di sebelah kanan dan di sebelah kiri, di depan dan di belakang kita; tetapi sebagai satu umat kita tidur. Allah menghendaki satu suara didengar membangkitkan umatNya untuk bergerak. (Gospel Workers 300)

Kesaksian Yesus telah menegaskan bahwa Allah tidak senang melihat sikap kita pada dewasa ini. Walaupun gereja sudah menjadi besar dan kekayaan dunianya sudah sangat bertambah, Tuhan tidak senang dengan sikap kita. Kita tidak merindukan terang dari pada Tuhan. Kita tidak mendambakan kemajuan dalam kerohanian. Kita telah melupakan tujuan panggilan kita yang mula-mula. Kita telah hidup seolah-olah tujuan hidup ini adalah untuk mencari kesenangan yang sekarang saja.

jeratstn CopySetan bekerja keras dari segala jurusan. Kita dikepung dengan jerat-jeratnya. Jerat-jeratnya itu sangat menawan hati kita sebab ditujukan untuk memanjakan kita. Tetapi sebagai satu umat, kita tidak menyadari hal ini. Kita terbius tidur. Kita mengkhayalkan yang indah-indah, sampai kita dikejutkan oleh kenyataan hidup yang berbeda sekali dengan apa yang sedang kita impikan. Apa kita baru mau menjadi sadar kalau sudah terlambat? Allah menghendaki satu suara didengar membangkitkan umatNya untuk bergerak.

Apakah suara-suara yang sudah kita dengar masih kurang banyak? Apakah kurang penataran-penataran? Mengapa penataran demi penataran masih menemukan umatNya tertidur seperti biasa saja? Apa yang salah? Siapa yang lalai dalam tugasnya?

Dalam kutipan kita di atas menunjuk pada penyelesaian persoalannya. Sebagai satu umat, manakala kita sudah menjadi besar, kita merasa percaya pada diri sendiri. Kita menggenapi apa yang dikatakan oleh Pendeta Pierson. Mayoritas umat Tuhan mempunyai pandangan hidup yang tidak jauh berbeda dengan orang-orang di luar umat Tuhan. Benar sekali bahwa kita bergereja sekali seminggu. Kita mengira bahwa hal itu sudah membuat kita mengerti akan panggilan Kristus dan sudah membuat kita terasing dari orang-orang dunia. Tetapi hati kita masih terjalin pada dunia ini.

Contohnya: Hari apakah yang kita kuduskan dan pelihara? Alkitab mengatakan bahwa hari Sabat hari ketujuhlah yang harus kita kuduskan berdasar perintah Tuhan (Keluaran 20:8-11). Oke, mungkin beberapa dari Anda sudah menguduskan hari Sabat. Namun apakah manusia lama kita yang penuh dengan keinginan dosa sudah disalibkan sehingga kita telah mengalami mati bagi diri dan bebas dari perhambaan terhadap keinginan berbuat dosa, sehingga kita dapat menjadi hamba dari Allah Pencipta? (Roma 6:6-8, 22). Jika tidak, mungkin Anda belum memiliki Kristus dalam hati dan pikiran (Roma 8:10-11 & Kolose 1:27). Jika keadaan kita masih seperti semuanya itu maka kita sama saja dengan orang dunia!!

Ini yang membuat kita tidak merindukan kebenaran tambahan dan terang yang lebih besar dari Tuhan! Oleh sebab itu iman kita tidak bertumbuh, sebab iman datang dari mendengar dan mendengar dari firman Tuhan! Firman itu harus menjadi bahan penyelidikan kita yang sungguh-sungguh setiap hari. Hati kita harus merasa dihangatkan oleh firman Tuhan sama halnya dengan orang-orang yang mendengar Tuhan Yesus berkata-kata dalam perjalanan ke Emaus: “Bukankah hati kita berkobar-kobar, ketika Ia berbicara dengan kita di tengah jalan dan ketika Ia menerangkan Kitab Suci kepada kita?” (Lukas 24:32)

Apa semua orang yang mendengar kata-kata Yesus hatinya dihangatkan? Ada yang mendengar perkataanNya yang malah mengirim Dia ke kayu salib. Pembicara dan pendengar harus sama-sama tersentuh oleh Roh Kudus yang membentangkan firman Allah. Firman Tuhan tidak akan dihargai oleh orang yang hatinya terkait pada dunia ini, “yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.” (2 Kor. 4:4).

Tetapi yang memiliki niat yang jujur untuk mengenal kehendak Allah, tidak akan dapat terlepas dari dunia ini kecuali karena kuasa firman Allah yang dibawakan dengan dorongan Roh. Jadi harus ada terang besar dan kebenaran dari firman Allah. Satu suara perlu didengar untuk membangkitkan umat Allah bergerak! Tidak cukup hal ini dilakukan dalam satu penataran. Harus dikerjakan secara terus menerus sampai penggalian kebenaran firman Tuhan menjadi kesukaan hati kita pribadi lepas pribadi.

 

 

Artikel Terkait:

1. SERI PEMBELAJARAN TENTANG KEBENARAN OLEH IMAN (3): APA YANG

SERI

Dibawakan oleh: Camron Schofield Diterjemahkan oleh: G. Kadarman, Jr. Selamat datang kembali. [AkhirZaman.org] Apakah anda mendapati bahwa pembelajaran kita yang lalu sedikit menarik? Mungkin saja pembelajaran itu melakukan sesuatu yang sama seperti yang dilakukannya kepada saya – membebaskan saya. ...
1 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. SERI PEMBELAJARAN TENTANG KEBENARAN OLEH IMAN (2): KEBUTUHA

SERI

Dibawakan oleh: Camron SchofieldDiterjemahkan oleh: G. Kadarman, Jr. [AkhirZaman.org] Hal terutama yang harus kita telusuri sebagaimana kita memulai pembelajaran kita adalah memperhatikan kebutuhan kita yang besar. Ketika Yesus berada di bumi ini, ...
7 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. SERI PEMBELAJARAN TENTANG KEBENARAN OLEH IMAN (1)

SERI

Dibawakan oleh: Camron Schofield Diterjemahkan oleh: G. Kadarman, Jr. PENGANTAR Selamat datang. Nama saya adalah Camron Schofield. [AkhirZaman.org] Saya ingin berbagi kepada anda sebuah rangkaian presentasi-presentasi yang akan menolong untuk menjawab beberapa pertanyaan yang anda miliki perihal keselamatan.  ...
14 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. BERJUANGLAH DENGAN GIGIH DALAM PERJUANGAN IMAN

Berjuanglah

[AkhirZaman.org] Tidak dapat disangkal bahwa dalam perjalanan kehidupan kerohanian, kita sering dan selalu menghadapi tantangan di mana setan menghalangi kita untuk mendapatkan kemenangan dalam perjuangan iman. ...
474 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. DOSA ADAM DAN HAWA

DOSA

[AkhirZaman.org] TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh engkau makan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, ...
480 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. SEORANG PENGANTARA YANG SETIA

Seorang

[AkhirZaman.org] Manusia dewasa ini sedang dilanda kesulitan dalam upaya menemukan arti hidup yang sepantasnya. Mereka berusaha mencari bimbingan dari seseorang tertentu guna menolong memecahkan problema mereka sehari-hari. ...
489 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. PENGAMPUNAN

Pengampunan

[AkhirZaman.org] Seorang eksekutif wanita tampak bergegas ke bandara karena akan terbang ke Chicago. Setelah check-in, dia mengamati layar monitor, ...
496 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. DAUD SEORANG YANG BERKENAN DIHATI-NYA (PENGUNGKAPAN KASIH YA

DAUD

[AkhirZaman.org] Prinsip yang terbesar yang diletakkan oleh Allah bagi kita adalah prinsip kasih. Kasih adalah sesuatu yang paling berkuasa di dunia ini, karena mencerminkan Allah sendiri. ...
504 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. ADA APA DENGAN UMAT TUHAN?

ADA

[AkhirZaman.org] Raja Sulaiman yang kita kenal sebagai seorang yang bijaksana berkata dalam Pengkhotbah 7:27–29 bahwa dia dapati seorang laki-laki yang jujur di antara 1000 ...
511 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. ORANG KAYA DAN LAZARUS

Orang

[AkhirZaman.org] Salah satu bagian Alkitab yang banyak mengalami kesulitan untuk menghubungkan kebenaran tentang neraka yang disajikan dalam situs ini ...
523 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
[RH] SETIAP ORANG MENURUT...
Sebab hal kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar...
Read More...
IMAGE
[RH] KHIDMATNYA PENGHAKIM...
Maka la akan menjawab mereka, Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala...
Read More...
IMAGE
[RH] PERSATUAN YANG DICAR...
Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
[RH] DIRI HARUS MATI
Dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa...
Read More...
IMAGE
China Sebut AS Pembuat On...
[AkhirZaman.org] Surat kabar China menyebut Amerika Serikat sebagai pembuat...
Read More...
IMAGE
Menguak Tempat Rahasia K...
[AkhirZaman.org] Umumnya perhiasan disimpan di dalam lemari atau brankas. Itu...
Read More...
IMAGE
Pilih Diet Sama Sulitnya ...
[AkhirZaman.org] Sebagai seorang ahli gizi, seringkali diberi pertanyaan dari...
Read More...
IMAGE
HRW (Human Rights Watch) ...
[AkhirZaman.org] Catatan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tentang...
Read More...
IMAGE
Badai Terjang Belanda, Pe...
[AkhirZaman.org] Tiga orang tewas di Belanda, kemarin, akibat badai yang juga...
Read More...
IMAGE
Tujuh Cara Meredam Stress...
[AkhirZaman.org] Apakah Anda pernah mengalami kesulitan mengatasi anak-anak...
Read More...
IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...

Data Kunjungan

017270906
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
7590
6139
13729
104662
264214
16583202
17270906

IP Anda: 54.226.179.247
Tanggal: 2018-01-22 15:00:20

Online Saat Ini

We have 105 guests and no members online