1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

BERDIRI BAGI TUHAN ATAU BAGI IBLIS ? (1)

bible-study-youth Copy1. Mengenali Tipu Muslihat Iblis

“Tidak ada sesuatu yang paling ditakuti penipu besar itu lebih dari pada kita mengenali tipu muslihatnya” (Kemenangan Akhir hal. 516). 

Banyak di antara kita hanya mengenal setan dari namanya saja. Kita perlu mengenal dia dan sungguh-sungguh mempercayai bahwa dia ada untuk menipu kita. Apabila kita hanya mengenal dia dengan setengah hati, maka setan sangat gembira oleh karena kemenangan kerajaannya atas kerajaan Allah yang diwakili umatNya itu, menjadi pasti! Kita tidak boleh lengah. Kita harus mempelajari siasat-siasatnya karena tidak ada sesuatu yang ditakutinya lebih daripada kita mengenali tipu muslihatnya itu!

“Kita harus lebih takut dari dalam dari pada dari luar. Rintangan-rintangan untuk kekuatan dan keberhasilan datang lebih banyak datang dari dalam gereja sendiri dari pada dari dunia....... Ketidak percayaan yang dipupuk, kebimbangan yang dinyatakan, kegelapan yang disukai, mendorong kehadiran malaikat-malaikat jahat serta membuka jalan bagi tercapainya siasat-siasat setan” (Selected Messages 122).

Di mana kita dapat melihat setan? Melalui film-film horor? Di kalangan para pemabuk? Di kalangan para pencuri, para penodong, atau para perampok? Atau di kalangan orang-orang yang bukan Kristen?

Setan sudah berhasil apabila sangkaan kita adalah seperti yang di atas. Kita harus tahu dan kita harus menjadi sadar bahwa setan sudah menampakkan diriNya di kalangan umat Tuhan!

Tetapi umat Tuhan yang mana? Dia atau saya? Pimpinan atau anggota awam? Tuduh menuduh dan saling menuding? Belum ada satu orang pun pada saat sekarang ini yang sudah bebas penuh dari pengendalian setan; termasuk ANDA dan SAYA, termasuk para PENDETA, para KETUA di tingkatan mana saja dan para ANGGOTA gereja yang biasa. Semua dan tidak ada satu pun yang luput dari pengendalian setan. Kecuali hal ini disadari terlebih dahulu oleh kita semua, maka tidak bakalan ada seruan yang sungguh-sungguh kepada YESUS untuk pertolongan kepada pertobatan.

2. Pandangan Kita Harus Terus Terarah Pada Peperangan Antara Kristus Dan Setan

Kesaksian Yesus Kristus lewat firman-Nya yang tertulis begitu lengkap dan jelas tetapi belum terlalu dimasukkan ke dalam hati. Mengapa begitu? Karena sejak dulu kesaksian itu hanya dihadapkan kepada anggota-anggota awam saja di gereja. Adalah para anggota awam saja yang selalu mendapat cambukan-cambukan dari ‘Saksi Yang Setiawan’. Apakah Yesus benar-benar hanya mencambuk para anggota awam saja? Rupanya bukan begitu! Umat Allah adalah gereja secara menyeluruh! Biarlah cambukan dan teguran itu juga disadari oleh seluruh lapisan umat Tuhan!

Sebagai satu umat, kita sebenarnya sudah terlalu berdosa terhadap Tuhan. Bukan semata-mata berdosa oleh karena perbuatan-perbuatan pelanggaran kita terhadap sepuluh hukum. Gereja tidak melanggar sepuluh hukum. Yang melanggar sepuluh hukum adalah para anggota gereja secara pribadi-pribadi. Tetapi gereja atau sidang telah berdosa kepada Tuhan oleh karena menolak kesaksianNya. Gereja telah bertindak ‘mementingkan diri’. Gereja lebih mementingkan ‘organisasi’ dari pada Tuhan. Tanpa disadari Tuhan telah dikesampingkan selama ini. Bagaimana mungkin?

Apakah buktinya bahwa gereja telah mengesampingkan Tuhan? Apakah kita hanya menuduh saja tanpa ada bukti? Siapa yang kita tuduh? Para pendeta? Para pimpinan kita? Tidak ada yang harus kita tuduh! Karena gereja adalah kita sendiri semua. Anda dan saya! Kita semua telah mengesampingkan Tuhan. Bukan soal tuduhan yang perlu dipikirkan. Yang perlu kita pikirkan dan pertimbangkan adalah bagaimana kita dapat kembali menurut dan taat kepada pimpinan Tuhan.

Kita tidak akan menyadari sepenuhnya bahwa kita tidak mentaati pimpinan Tuhan kalau kita tidak menyelidiki firman Tuhan. Jadi sebelum kita menyelidiki firman kebenaranNya kita hanya ‘mengaku dengan bibir saja’ bahwa kita telah meremehkan pimpinan Tuhan. Meskipun sudah hampir dua ribu tahun amaran diberikan sejak kenaikan Yesus ke sorga, sebagai satu umat kita belum menanggapinya oleh karena kita belum sungguh-sungguh mengakui bahwa kita telah menyisihkan dan tidak taat kepada pimpinan Tuhan.

Kita tidak tahu kita menyisihkan Dia dalam hal apa! Apakah gereja yang telah membuat target penarikan jiwa secara besar-besaran itu dapat menyisihkan pimpinan Tuhan? Memang gereja semakin penuh dengan orang. Dengan musik-musik yang mengadopsi musik setan yang begitu keras membuat orang tertarik. Tradisi-tradisi yang selama ribuan tahun dipelihara namun begitu banyak orang yang diam saja. Apakah ada Yeremia-Yeremia atau Elia-Elia di antara kita yang berani mengatakan hal yang sebenarnya saat ini, walau pun dengan resiko dikucilkan oleh gereja? Ada? Tidak ada? Tuhan Maha Besar! Tuhan masih mempunyai banyak Yeremia-Yeremia mau pun Elia-Elia yang tersebar. Mereka mengajak kita untuk kembali mentaati pimpinan Tuhan !

Pertanyaan yang perlu sungguh kita renungkan: Kalau kita diberitahu bahwa kita telah menyingkirkan Tuhan dan tidak taat kepada pimpinan Tuhan, sebagaimana yang dinyatakan oleh kesaksian Yesus dalam Wahyu 3:14-22. Lalu pimpinan siapa yang kita ikuti sekarang ini?

bible-studies CopySudahkah kita memperhatikan ucapan Yesus? Dapatkah kita berada di bawah pimpinan dua tuan? Ataukah ada daerah netral di dunia ini? Kalau kita tidak mentaati pimpinan Tuhan, dapatkah kita sedang memimpin diri kita sendiri? Tidak! Di dunia ini hanya ada dua jalan dengan dua gembalanya. Satu gembala memimpin di atas satu jalan. Tidak ada jalan yang netral.

Itulah sebabnya kita harus selalu mengingat, memperhatikan dan memikirkan jalannya peperangan dahsyat yang terjadi antara Kristus dan setan. Kalau kita tidak berpihak kepada Kristus, pada saat itu juga kita berpihak kepada setan! Sungguh ngeri pikiran ini. Dapatkah umat-Nya yang dicela Tuhan sedang berkompromi dengan setan??? Mengapa kita disuruh bertobat?? Tentu Tuhan melihat bahwa kita sedang berkompromi dengan setan! Tetapi kita tidak menyadari akan hal itu.

Tahukah kita apa siasat iblis sekarang ini? Ia membuat orang Kristen merasa aman dan tentram. Iblis merembes merasuk ke dalam sidang Tuhan yang sedang menghadapi kedatanganNya. Banyak gereja dibuat oleh iblis tidak bersiap sedia bagi kedatangannya. Pada saatnya ia akan mematahkan pertahanan orang Kristen yang tidak mau mendengarkan suara Tuhan untuk mau ditobatkan.

3. Penggoncangan Yang Terjadi Di Dalam Gereja

“Kegoncangan dari Allah akan meniup jumlah yang banyak seperti daun-daun kering ..... Mereka akan pergi dari kita karena mereka bukan berasal dari kita.” (4 Testimonies 89).

Kalimat ‘pergi dari kita’ menunjukkan bahwa tadinya mereka bersama-sama dengan kita. Kalimat ‘bukan berasal dari kita’ menunjukkan bahwa walau pun jumlah umat Tuhan semakin banyak pada saat ini, ada banyak pula yang bukan berasal dari kita. Kesaksian Yesus juga mengatakan bahwa, “Keadaan makmur menambah jumlah banyak orang yang mengaku percaya” (4 T.89).

Keadaan gereja-gereja saat sekarang ini memang ‘makmur’. Jangan heran kalau kemakmuran ini akan menarik lebih banyak orang lagi yang mengaku percaya. Banyak orang yang senang bergabung menjadi anggota gereja, karena gereja memiliki nama baik sementara ini. Tetapi, saudara-saudari yang kekasih, ingatlah dan mohon perhatikan amaran dan nasihat Tuhan kita di bawah ini :

“Setan akan memastikan kekuasaannya di atas segala sesuatu. Gereja (milik Allah yang benar) nampaknya akan roboh, tetapi ia tidak akan roboh. Ia tetap tinggal, manakala orang-orang berdosa di sion disaring keluar – sekam dipisahkan dari gandum yang berharga. Ini merupakan suatu ujian yang berat, walau begitu hal ini harus terjadi.” (2 SM. 380).

Gereja sangat makmur pada saat sekarang ini, oleh karena setan belum memastikan kekuasaannya di atas segala sesuatu. Tetapi Kesaksian Yesus telah memberitahukan kepada kita bahwa setan akan mengerahkan segenap kekuatan terakhirnya untuk menggabungkan seluruh kekuasaan di dunia ini dan akan menekan semua umat Tuhan. Dan pada waktu itu nanti, umat Tuhan yang setia penuh tidak akan lagi menikmati nama baik dalam kemakmurannya yang jaya. Kita yang setia akan dimusuhi, ditindas dan dikejar-kejar; seperti Yesus pada jaman dulu. Yesus diikuti cukup banyak orang pada waktu diriNya jaya, tetapi pada waktu keselamatan Yesus terancam, para pengikutNya tidak nampak satu pun.

Demikian juga dengan kita, pada saat tidak ada bahaya dan dalam keadaan aman dan makmur, kita bersama dengan Petrus dapat berkata bahwa orang lain boleh menyangkal Yesus, tetapi kita tidak. Mungkin memang tidak, karena Kesaksian Yesus Kristus telah mengatakan bahwa walau pun gereja-gereja nampaknya seperti akan roboh, tetapi ia tidak akan roboh. Walau pun banyak yang akan tertiup seperti daun kering, ada yang akan tetap tinggal setia pada Kristus dan kebenaranNya.

Tetapi orang-orang yang akan berhasil menang, bukanlah orang-orang yang menutup telinganya dari panggilan Saksi Yang Setiawan. Mereka adalah orang-orang yang menjadi sadar, lalu membeli kebenaran Yesus Kristus melalui firmanNya.

Kita boleh saja menganggap bahwa tidak akan terjadi sesuatu di dalam gereja. Telah lama dalam web ini kita mendengarkan pekabaran yang diulang-ulang tentang masa kesukaran, penghakiman terakhir, dan sebagainya, yang mungkin menakutkan hati kita. Pekabaran dari Tuhan sangat keras tapi penuh kasih pada umatNya yang terakhir. Tetapi sampai sekarang juga tidak terjadi sesuatu apa pun! Namun perhatikan keadaan dunia, maka Anda akan semakin mendapati bahwa kedatangan Tuhan kedua kali kian mendekat. Dan menjelang kedatanganNya kedua kali maka akan ada penggoncangan kepada orang Kristen!! Penggoncangan itu benar-benar terjadi dan sedang berlangsung terus, dengan membawa akibat kepada kemenangan bagi sebagian dan kegagalan yang disertai hancur hati bagi yang lain.

Sepanjang catatan sejarah, peringatan-peringatan kasih Tuhan selalu mendapat dua macam tanggapan dari pihak manusia. Pada jaman Nuh, ada yang percaya dan ada yang tidak. Pada jaman Sodom dan Gomora, ada yang percaya dan ada yang tidak. Pada waktu Tuhan memimpin bangsa Israel keluar dari perhambaan Mesir untuk dituntunNya memasuki tanah Kanaan, ada yang percaya dan ada yang tidak. Pada waktu Yesus datang untuk pertama kalinya, ada yang mempercayai Dia dan ada yang tidak. Pada waktu kota Yerusalem menghadapi kebinasaan total, Tuhan telah memberikan amaran sebelumnya, tetapi ada juga yang percaya dan ada yang tidak.

Beberapa contoh pengalaman di atas memberitahukan kepada kita bahwa jumlah golongan yang “tidak percaya” selalu jauh lebih banyak daripada yang percaya. Mohon renungkan dalam-dalam, saudara-saudara yang kekasih. Sedih rasanya tapi itu kenyataan yang telah terjadi dan akan terjadi lagi di depan kita ini.

praying bys CopyTetapi mungkin di antara kita ada yang berkata bahwa contoh-contoh di atas itu terjadi pada jaman yang sudah lama, jaman jahiliyah, jaman purba, jaman kebodohan, dan contoh-contoh itu tidak dapat dikenakan sekarang ini. Memang, seharusnya kita sudah harus keluar dari jaman jahiliyah. Seharusnya umat Allah sudah belajar bagaimana menaruh iman pada pimpinan Tuhan. Seharusnya Kesaksian Kristus (Wahyu 3:14-22) sudah dapat dicabut karena adanya banyak orang yang sudah mengerti. Tetapi heran sekali bahwa Kesaksian itu mendengung dan bergema semakin keras semakin kita mendekati akhir pekerjaan ini. Saksi Kristus menyatakan bahwa :

“Harinya mendekat dengan cepat sekali manakala akan ada kebingungan dan kekacauan besar. ..... Mereka yang telah menyandarkan diri dan bergantung kepada kecerdasan, kepandaian, dan talenta, tidak akan berada di pucuk pimpinan pada waktu itu. Mereka tidak mengikuti terang...... Dalam masa pekerjaan terakhir, hanya akan ada sedikit orang-orang besar yang akan digunakan. Mereka percaya pada diri mereka sendiri, mereka tidak bergantung kepada Allah, dan Tuhan tidak dapat memakai mereka.” (5 T 80).

Gelar apa pun yang kita raih sekarang ini, tidak akan dapat menjamin keselamatan kita. Hanya kerendahan hati kita, kesediaan kita untuk menerima amaran-amaran Tuhan, dari mana pun datangnya, akan membuat kita bersiap bagi kedatangan-Nya dan meneruskan pekerjaan mengamarkan dunia pada tahap yang terakhir. Hanya dalam sekolah Kristuslah, dalam kehidupan sehari-hari kita dapat belajar arti kerendahan hati yang sebenarnya.

UMAT ALLAH AKAN DIGONCANGKAN !! Hal ini sudah pasti. Sebagian akan berpihak ke sebelah kanan dan akan tergolong dalam bilangan anak-anak dara yang bijaksana, yang akhirnya akan masuk dalam golongan 144 ribu yang tidak bermain-main dengan dosa, mengikuti Yesus kemana pun Dia menuntun meski pun harus mengalami penganiayaan, dan didapati memiliki karakter yang tidak bercela (Wahyu 14:1-5; 7:14). Sedangkan yang lain akan berpihak ke sebelah kiri dan akan tergolong dalam bilangan anak-anak dara yang bodoh, yang akhirnya akan terludahkan keluar dari mulut Tuhan. PENGGONCANGAN INI SEDANG TERJADI !!

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait:

1. SERI PEMBELAJARAN TENTANG KEBENARAN OLEH IMAN (3): APA YANG

SERI

Dibawakan oleh: Camron Schofield Diterjemahkan oleh: G. Kadarman, Jr. Selamat datang kembali. [AkhirZaman.org] Apakah anda mendapati bahwa pembelajaran kita yang lalu sedikit menarik? Mungkin saja pembelajaran itu melakukan sesuatu yang sama seperti yang dilakukannya kepada saya – membebaskan saya. ...
1 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. SERI PEMBELAJARAN TENTANG KEBENARAN OLEH IMAN (2): KEBUTUHA

SERI

Dibawakan oleh: Camron SchofieldDiterjemahkan oleh: G. Kadarman, Jr. [AkhirZaman.org] Hal terutama yang harus kita telusuri sebagaimana kita memulai pembelajaran kita adalah memperhatikan kebutuhan kita yang besar. Ketika Yesus berada di bumi ini, ...
7 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. SERI PEMBELAJARAN TENTANG KEBENARAN OLEH IMAN (1)

SERI

Dibawakan oleh: Camron Schofield Diterjemahkan oleh: G. Kadarman, Jr. PENGANTAR Selamat datang. Nama saya adalah Camron Schofield. [AkhirZaman.org] Saya ingin berbagi kepada anda sebuah rangkaian presentasi-presentasi yang akan menolong untuk menjawab beberapa pertanyaan yang anda miliki perihal keselamatan.  ...
14 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. BERJUANGLAH DENGAN GIGIH DALAM PERJUANGAN IMAN

Berjuanglah

[AkhirZaman.org] Tidak dapat disangkal bahwa dalam perjalanan kehidupan kerohanian, kita sering dan selalu menghadapi tantangan di mana setan menghalangi kita untuk mendapatkan kemenangan dalam perjuangan iman. ...
474 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. DOSA ADAM DAN HAWA

DOSA

[AkhirZaman.org] TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh engkau makan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, ...
480 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. SEORANG PENGANTARA YANG SETIA

Seorang

[AkhirZaman.org] Manusia dewasa ini sedang dilanda kesulitan dalam upaya menemukan arti hidup yang sepantasnya. Mereka berusaha mencari bimbingan dari seseorang tertentu guna menolong memecahkan problema mereka sehari-hari. ...
489 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. PENGAMPUNAN

Pengampunan

[AkhirZaman.org] Seorang eksekutif wanita tampak bergegas ke bandara karena akan terbang ke Chicago. Setelah check-in, dia mengamati layar monitor, ...
496 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. DAUD SEORANG YANG BERKENAN DIHATI-NYA (PENGUNGKAPAN KASIH YA

DAUD

[AkhirZaman.org] Prinsip yang terbesar yang diletakkan oleh Allah bagi kita adalah prinsip kasih. Kasih adalah sesuatu yang paling berkuasa di dunia ini, karena mencerminkan Allah sendiri. ...
504 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. ADA APA DENGAN UMAT TUHAN?

ADA

[AkhirZaman.org] Raja Sulaiman yang kita kenal sebagai seorang yang bijaksana berkata dalam Pengkhotbah 7:27–29 bahwa dia dapati seorang laki-laki yang jujur di antara 1000 ...
511 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. ORANG KAYA DAN LAZARUS

Orang

[AkhirZaman.org] Salah satu bagian Alkitab yang banyak mengalami kesulitan untuk menghubungkan kebenaran tentang neraka yang disajikan dalam situs ini ...
523 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
[RH] SETIAP ORANG MENURUT...
Sebab hal kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar...
Read More...
IMAGE
[RH] KHIDMATNYA PENGHAKIM...
Maka la akan menjawab mereka, Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala...
Read More...
IMAGE
[RH] PERSATUAN YANG DICAR...
Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
[RH] DIRI HARUS MATI
Dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa...
Read More...
IMAGE
China Sebut AS Pembuat On...
[AkhirZaman.org] Surat kabar China menyebut Amerika Serikat sebagai pembuat...
Read More...
IMAGE
Menguak Tempat Rahasia K...
[AkhirZaman.org] Umumnya perhiasan disimpan di dalam lemari atau brankas. Itu...
Read More...
IMAGE
Pilih Diet Sama Sulitnya ...
[AkhirZaman.org] Sebagai seorang ahli gizi, seringkali diberi pertanyaan dari...
Read More...
IMAGE
HRW (Human Rights Watch) ...
[AkhirZaman.org] Catatan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tentang...
Read More...
IMAGE
Badai Terjang Belanda, Pe...
[AkhirZaman.org] Tiga orang tewas di Belanda, kemarin, akibat badai yang juga...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
Tujuh Cara Meredam Stress...
[AkhirZaman.org] Apakah Anda pernah mengalami kesulitan mengatasi anak-anak...
Read More...
IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...

Data Kunjungan

017270891
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
7575
6139
13714
104662
264199
16583202
17270891

IP Anda: 54.226.179.247
Tanggal: 2018-01-22 14:57:40

Online Saat Ini

We have 100 guests and no members online