1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

IMAN YANG TIDAK TERPENGARUH KEKACAUAN (1)

 

kosong tak berbentuk Copy[AkhirZaman.org] Alkitab menyatakan dalam Kejadian 1:2 bahwa pada waktu baru diciptakan bumi kita ini "belum berbentuk dan kosong". Dalam bahasa asli Perjanjian Lama anak kalimat yang berbunyi “belum berbentuk dan kosong” adalah וָבֹ֔הוּ תֹ֙הוּ֙, ṯōhū wāḇōhū, yang juga bisa diartikan suatu “keadaan kacau balau”.

Entah mengapa kata ini--Tohu Wabohu--telah diangkat oleh sebuah kelompok band beraliran cadas (rock) bernama "KMFDM" dari kota Seattle, Washington, AS sebagai judul sebuah lagu dan sekaligus menjadi tajuk dari album mereka yang dirilis tahun 2007. Istilah yang sama juga digunakan sebagai judul film seri yang ditayangkan di sebuah stasiun TV Austria. Mungkin sebagai "protes sosial" terhadap keadaan dunia sekarang ini yang tidak menentu, dan menggambarkan perilaku manusia yang semrawut akibat kemerosotan moral.

Pada awal penciptaannya kondisi fisik bumi ini yang kacau, dan menjelang akhir riwayatnya keadaan penghuni bumi ini yang kacau pula secara moral dan perilaku.

Inilah kondisi dunia dari zaman ke zaman sejak dosa muncul pertama di bumi oleh pelanggaran Adam dan Hawa.

Ribuan tahun silam bumi juga pernah menjadi saksi bisu untuk beberapa orang yang Alkitab catat sebagai sekumpulan orang-orang yang melawan Tuhan. Kejadian 11:1-3. “Adapun seluruh bumi, satu bahasanya dan satu logatnya. Maka berangkatlah mereka ke sebelah timur dan menjumpai tanah datar di tanah Sinear, lalu menetaplah mereka di sana. Mereka berkata seorang kepada yang lain: "Marilah kita membuat batu bata dan membakarnya baik-baik." Lalu bata itulah dipakai mereka sebagai batu dan tér gala-gala sebagai tanah liat.”

Dulu bahasa dari semua bangsa di bumi ini adalah satu bahasa dan satu logatnya. Tidak seperti sekarang yang memiliki ribuan bahasa. Bahkan dalam satu negara seperti Indonesia saja ada banyak ratusan bahasa. Ketika masih satu bahasa ini, ayat ke-2 mencatat sekelompok orang (yang akhirnya dikenal sebagai orang Babel) secara bersama memutuskan untuk melakukan perjalanan dan ketika tiba di tanah Sinear mereka bersepakat untuk membuat batu bata dan tanah liat.

Alasan membuat batu bata ada di ayat 4a: "Marilah kita dirikan bagi kita sebuah kota dengan sebuah menara yang puncaknya sampai ke langit…” Tujuan membuat batu bata adalah untuk membangun sebuah kota yang memiliki menara yang puncaknya sampai ke langit.

towerofbabel CopyUntuk apa mereka ingin membangun kota dengan menara yang puncaknya sampai ke langit? Mari kita lanjut ke ayat 4b: “… dan marilah kita cari nama, supaya kita jangan terserak ke seluruh bumi." Dalam Alkitab versi Bahasa Indonesia Sehari-hari, kalimat yang berbunyi “marilah kita cari nama” diterjemahkan demikian: “supaya kita termasyhur.” Jadi Alasan khususnya dalam membuat menara itu adalah membuat nama bagi diri mereka sendiri supaya termahsyur.

Mereka ingin ditinggikan dan ingin dilihat oleh orang lain. Kota mereka itu akan merupakan satu kota metropolitan daripada kerajaan dunia itu; kemuliaannya akan membuat dunia mengaguminya dan menghormatinya dan menjadikan pembangun pembangunnya sebagai orang orang yang termasyhur.

Cerita selanjutnya kita tahu dan ini tidak berkenan di hadapan Tuhan. Dalam ayat ke-7 akhirnya bahasa mereka dikacaukan oleh Tuhan, sehingga komunikasi yang tidak lancar membuat pembangunan kota dan menara itu terhenti (ayat 8).

Sekali lagi alasan mereka membuat menara babel adalah untuk membuat nama bagi diri mereka sendiri dan supaya mereka termahsyur. Dan Tuhan tidak berkenan dengan semua ini.

Apakah ini juga yang kita lakukan? Apakah ketika melayani dan melakukan kebaikan supaya kita termahsyur? Jika ini terjadi maka sungguh mengecewakan Tuhan.

Masih ada alasan lain dari pembuatan menara ini. Namun mari kita mulai dari pertanyaan berikut: Sebelum hancurnya menara Babel, peristiwa besar apa yang terjadi sebelumnya?

Dalam Kejadian 7 kita melihat ada sebuah bencana alam internasional, yaitu air bah yang mengakibatkan “mati binasalah segala yang hidup, yang bergerak di bumi, burung-burung, ternak dan binatang liar dan segala binatang merayap, yang berkeriapan di bumi, serta semua manusia” (Kejadian 7:20, 21). Dan menyisakan “hanya Nuh yang tinggal hidup dan semua yang bersama-sama dengan dia dalam bahtera itu” (ayat 23).

Bisakah Anda memahami alasan lain mengapa orang-orang Babel mendirikan menara Babel yang puncaknya sampai ke langit? Satu tujuan yang ada di hadapan mereka dalam membangunkan menara yang puncaknya sampai ke langit ini ialah untuk menjaga keselamatan mereka seandainya air bah yang lain datang melanda.

Bisa mengerti apa yang coba untuk kita pelajari? Ini adalah pola pikir Babel, yaitu menyelamatkan diri dengan usaha atau kekuatan sendiri.

Saudara, keselamatan kita juga bukanlah karena usaha kita sendiri. Rasul Paulus mengatakan: “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri” (Efesus 2:8, 9).

Suatu hal yang menarik sesungguhnya telah terjadi. Dalam kitab Kejadian diceritakan bahwa ketika air bah telah surut, sesungguhnya Allah berjanji kepada Nuh bahwa Dia tak akan lagi menghukum bumi dengan air bah (jadi tsunami besar yang terjadi di Aceh dan Jepang tidak bisa dikategorikan air bah karena skalanya hanyalah nasional, bukan skala international seperti air bah di zaman Nuh).

Mari kita baca ayatnya dalam Kejadian 9:11, “Maka Kuadakan perjanjian-Ku dengan kamu, bahwa sejak ini tidak ada yang hidup yang akan dilenyapkan oleh air bah lagi, dan tidak akan ada lagi air bah untuk memusnahkan bumi." Bukankah ayat ini sangat jelas menyatakan janji Allah untuk tidak akan menurunkan air bah lagi?

pelangi CopyDalam perjanjian yang dibuat-Nya, biasanya Allah menyertakan sebuah tanda sebagai peringatan kepada manusia akan janji-Nya. Mari kita lihat apakah tanda dari perjanjian Allah itu: "Inilah tanda perjanjian yang Kuadakan antara Aku dan kamu serta segala makhluk yang hidup, yang bersama-sama dengan kamu, turun-temurun, untuk selama-lamanya: Busur-Ku Kutaruh di awan, supaya itu menjadi tanda perjanjian antara Aku dan bumi. Apabila kemudian Kudatangkan awan di atas bumi dan busur itu tampak di awan, maka Aku akan mengingat perjanjian-Ku yang telah ada antara Aku dan kamu serta segala makhluk yang hidup, segala yang bernyawa, sehingga segenap air tidak lagi menjadi air bah untuk memusnahkan segala yang hidup" (Kejadian 9:12-15).

Dalam ayat di atas Tuhan menentukan sebuah tanda untuk menjadi peringatan bahwa Dia tak akan lagi menghukum bumi dengan air bah. Kata “busur” yang dimaksud adalah pelangi. Saudara, sangat jelas bahwa Tuhan berjanji untuk tak lagi menghukum bumi dengan air bah.

Sudah pasti juga orang-orang Babel begitu sering melihat pelangi. Dan semua orang di bumi setelah air bah adalah keturunan Nuh. Meski mereka mungkin hidup puluhan atau ratusan tahun setelah zaman Nuh namun janji Allah itu pastilah terdengar juga oleh telinga mereka.

Lalu mengapa mereka tetap nekat membuat menara Babel untuk salah satu tujuannya adalah menyelamatkan diri kalau ada air bah yg lain datang kembali? Ini terjadi karena banyak dari mereka yang tidak percaya kepada Tuhan. Mereka tidak mempercayai perjanjian Allah bahwa Ia tidak akan lagi mendatangkan air bah ke atas dunia ini. Banyak dari antara mereka yang menyangkal adanya Allah. Orang orang Babel telah bertekad untuk mendirikan satu pemerintahan yang terlepas dari Allah. Mereka adalah satu kerajaan yang didirikan untuk kemegahan diri, di mana Allah tidak dihormati dan tidak diakui kekuasaan-Nya. Mereka mungkin saja adalah orang-orang yang enggan mendengarkan kebenaran kebenaran yang tidak sesuai dengan selera mereka.

Bahkan setelah Allah menghentikan usaha mereka mendirikan menara Babel, mereka tetap mengikuti jalan yang sama, bergantung kepada diri dan menolak hukum Allah. Ini adalah yang telah dijalankan Setan dalam pemberontakan di surga.

Bagaimana dengan zaman kita sekarang ini? Pada zaman kita ini ada juga pembangun pembangun menara, yaitu orang orang membuat teori teori yang didasarkan atas kesimpulan ilmu pengetahuan, dan menolak Firman Allah yang dinyatakan bila itu tak sesuai selera mereka. Mereka dengan berani menjatuhkan hukum atas pemerintahan Allah; mereka menghinakan hukum Nya dan membanggakan kesanggupan pikiran manusia. Dan "oleh karena hukuman terhadap perbuatan jahat tidak segera dilaksanakan, maka hati manusia penuh niat untuk berbuat jahat." Pengkhotbah 8:11.”

Dari zaman ke zaman, sejak pemberontakan Lusifer di sorga, dan hingga zaman kita, dunia dipenuhi dengan orang-orang yang demikian, yaitu orang-orang yg meninggikan diri di mana Alkitab ditolak dan dihinakan serta membanggakan pikiran manusia sehingga tidak adanya pengetahuan akan Tuhan membuat dunia ini secara moral dalam kondisi kacau balau.

Saudara, dalam dunia yg kondisinya kacau balau, di posisi manakah kita menentukan untuk berdiri dalam dunia ini? Apakah ikut kacau seperti dunia? Atau teguh berdiri untuk Tuhan dan tanpa kompromi? Atau mungkin kita adalah golongan umat-umat Tuhan yang setengah hati.

“Umat-umat Tuhan yang setengah hati lebih buruk daripada orang kafir, kata-kata tipuan mereka dan kehidupan mereka menyesatkan banyak orang. Orang kafir menunjukan warna aslinya. Namun umat-umat Tuhan yang setengah hati yang suam-suam kuku menipu kedua belah pihak. Dia bukanlah orang dunia yang baik maupun umat Tuhan yang baik. Setan menggunakan dia untuk melakukan pekerjaan yang tidak bisa di lakukan oleh orang lain.”

Namun yang pasti dari zaman ke zaman di tengah kondisi dunia yg selalu demikian, Tuhan mempunyai orang-orang yang percaya. Iman yang benar tidak dibiarkan untuk jadi musnah. Tuhan selalu memelihara satu umat yang sisa untuk melayani Dia.

Begitu pula pada zaman setelah pembangunan menara Babel ini, ada satu orang yang Tuhan sangat berkenan kepadanya. Dia adalah orang yang sangat setia kepada Tuhan, sehingga demi kebaikannya suatu panggilan dari Tuhan datang kepadanya.

perjalanan pindah CopyKejadian 12:1, “Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: ‘Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu.’” Orang itu adalah Abram yang kelak namanya berubah menjadi Abraham.

Abraham kita ketahui sebagai orang yang setia. Dia sering disebut sebagai bapa orang percaya. Menarik bila kita mengetahui dimanakah sesungguhnya Abraham tinggal dan dibesarkan sejak dari kecilnya sebelum dia keluar meninggalkan negerinya, keluarganya, dan teman-temannya.

Kejadian 15:7, “Lagi firman TUHAN kepadanya: ‘Akulah TUHAN, yang membawa engkau keluar dari Ur-Kasdim untuk memberikan negeri ini kepadamu menjadi milikmu.’" Dimana Abraham tinggal? Tanah Ur. Ur kasdim adalah bagian dari bangsa Babel.

Anda bisa lihat bahwa Abraham tinggal di tengah-tengah lingkungan yang tidak percaya kepada Tuhan dan penyembah berhala. Abraham kemungkinan besar dibesarkan di tengah tengah takhyul dan kekafiran.

Mengingat bahwa dia memiliki pengetahuan yang benar tentang Allah, maka kemungkinan besar dia mengetahui semuanya itu dari orangtuanya. Namun ketika dia keluar sesuai panggilan Allah dengan hanya Sara, isterinya, dan Lot keponakannya beserta semua orang-orangnya yang mengikuti dia; dan sedangkan orangtua beserta sanak saudaranya tidak ikut bersama dia, maka kemungkinan besar bahwa sebagian besar keluarganya telah ikut murtad dalam penyembahan berhala.

Tetapi Abraham sangat setia kepada Tuhan. Tidak peduli semua saudaranya, temannya, keluarganya murtad. Dia tetap memilih untuk percaya dan setia kepada Tuhan. Penyembahan berhala menggodanya dari segala penjuru tetapi tidak berhasil. Setia di antara orang orang yang tidak setia, tak ternoda oleh kemurtadan yang tengah merajalela, Abraham berpegang teguh kepada penyembahan kepada satu Allah yang benar.

Ini sebabnya Allah memanggil Abraham keluar dari negerinya supaya Tuhan dapat memberikan suatu pelajaran yang sangat berkuasa dan berharga, tidak hanya bagi dirinya namun bagi kita yang hidup di zaman ini.

Pelajaran berharga apakah yang Tuhan ingin berikan kepada Abraham yang juga akan menjadi pelajaran berharga dalam kehidupan kerohanian kita? Kita akan pelajari dalam artikel “Iman Yang Tidak Terpengaruh Kekacauan 2.”

 

 

 

 

Artikel Terkait:

1. SERI PEMBELAJARAN TENTANG KEBENARAN OLEH IMAN (3): APA YANG

SERI

Dibawakan oleh: Camron Schofield Diterjemahkan oleh: G. Kadarman, Jr. Selamat datang kembali. [AkhirZaman.org] Apakah anda mendapati bahwa pembelajaran kita yang lalu sedikit menarik? Mungkin saja pembelajaran itu melakukan sesuatu yang sama seperti yang dilakukannya kepada saya – membebaskan saya. ...
3 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. SERI PEMBELAJARAN TENTANG KEBENARAN OLEH IMAN (2): KEBUTUHA

SERI

Dibawakan oleh: Camron SchofieldDiterjemahkan oleh: G. Kadarman, Jr. [AkhirZaman.org] Hal terutama yang harus kita telusuri sebagaimana kita memulai pembelajaran kita adalah memperhatikan kebutuhan kita yang besar. Ketika Yesus berada di bumi ini, ...
9 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. SERI PEMBELAJARAN TENTANG KEBENARAN OLEH IMAN (1)

SERI

Dibawakan oleh: Camron Schofield Diterjemahkan oleh: G. Kadarman, Jr. PENGANTAR Selamat datang. Nama saya adalah Camron Schofield. [AkhirZaman.org] Saya ingin berbagi kepada anda sebuah rangkaian presentasi-presentasi yang akan menolong untuk menjawab beberapa pertanyaan yang anda miliki perihal keselamatan.  ...
16 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. BERJUANGLAH DENGAN GIGIH DALAM PERJUANGAN IMAN

Berjuanglah

[AkhirZaman.org] Tidak dapat disangkal bahwa dalam perjalanan kehidupan kerohanian, kita sering dan selalu menghadapi tantangan di mana setan menghalangi kita untuk mendapatkan kemenangan dalam perjuangan iman. ...
476 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. DOSA ADAM DAN HAWA

DOSA

[AkhirZaman.org] TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh engkau makan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, ...
482 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. SEORANG PENGANTARA YANG SETIA

Seorang

[AkhirZaman.org] Manusia dewasa ini sedang dilanda kesulitan dalam upaya menemukan arti hidup yang sepantasnya. Mereka berusaha mencari bimbingan dari seseorang tertentu guna menolong memecahkan problema mereka sehari-hari. ...
491 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. PENGAMPUNAN

Pengampunan

[AkhirZaman.org] Seorang eksekutif wanita tampak bergegas ke bandara karena akan terbang ke Chicago. Setelah check-in, dia mengamati layar monitor, ...
498 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. DAUD SEORANG YANG BERKENAN DIHATI-NYA (PENGUNGKAPAN KASIH YA

DAUD

[AkhirZaman.org] Prinsip yang terbesar yang diletakkan oleh Allah bagi kita adalah prinsip kasih. Kasih adalah sesuatu yang paling berkuasa di dunia ini, karena mencerminkan Allah sendiri. ...
506 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. ADA APA DENGAN UMAT TUHAN?

ADA

[AkhirZaman.org] Raja Sulaiman yang kita kenal sebagai seorang yang bijaksana berkata dalam Pengkhotbah 7:27–29 bahwa dia dapati seorang laki-laki yang jujur di antara 1000 ...
513 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. ORANG KAYA DAN LAZARUS

Orang

[AkhirZaman.org] Salah satu bagian Alkitab yang banyak mengalami kesulitan untuk menghubungkan kebenaran tentang neraka yang disajikan dalam situs ini ...
525 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
Tujuh Cara Meredam Stress...
[AkhirZaman.org] Apakah Anda pernah mengalami kesulitan mengatasi anak-anak...
Read More...
IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
[RH] KOTA-KOTA HARUS DIBE...
Dan seorang malaikat lain, malaikat kedua, menyusul dia dan berkata, "Sudah...
Read More...
IMAGE
[RH] SETIAP ORANG MENURUT...
Sebab hal kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar...
Read More...
IMAGE
[RH] KHIDMATNYA PENGHAKIM...
Maka la akan menjawab mereka, Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala...
Read More...
IMAGE
[RH] PERSATUAN YANG DICAR...
Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
RI Sayangkan Sikap Malays...
[AkhirZaman.org] Kementerian Luar Negeri Indonesia menyangkan sikap Polisi...
Read More...
IMAGE
Rusia: Kebijakan AS di Su...
[AkhirZaman.org] Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan, kebijakan...
Read More...
IMAGE
Sudah 40 Tahun Tinggal di...
[AkhirZaman.org] Seorang dokter yang telah berada di Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Turki Bombardir Afrin, DK...
[AkhirZaman.org] Dewan Keamanan (DK) PBB membahas serangan intensif Turki...
Read More...
IMAGE
China Sebut AS Pembuat On...
[AkhirZaman.org] Surat kabar China menyebut Amerika Serikat sebagai pembuat...
Read More...

Data Kunjungan

017284194
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
2039
7965
27017
104662
277502
16583202
17284194

IP Anda: 54.82.57.154
Tanggal: 2018-01-24 04:43:19

Online Saat Ini

We have 196 guests and no members online