1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

EMPAT ALASAN KENAPA TUHAN MENGIJINKAN PENDERITAAN

 

sd123 Copy[AkhirZaman.org] Mengapa Allah membiarkan kesedihan dan penderitaan? Dalam artikel nubuatan “Ibu Dari Segala Peperangan” kita tahu Tuhan tidak menyebabkan itu, namun Iblislah penyebab semua penderitaan. Lalu kenapa Dia membiarkan Iblis untuk membawa kesedihan dan penderitaan bagi diri kita? Mengapa Allah membiarkan kesedihan dan penderitaan? Mungkin tidak ada jawaban lengkap dalam kehidupan ini hingga kita sampai ke surga, ketika Allah akan memberi kita alasan yang memadai. Tetapi ada empat alasan yang bisa kita pelajari mengapa Tuhan terkadang memungkinkan kita untuk menderita.

1. Untuk Mengungkapkan Karakter Kita.

Bagaimana kita merespons kesulitan, mengungkapkan apa yang ada di hati kita. Mari kita misalkan ada dua guci. Dan kita berikan "madu" pada setiap guci. Tetapi kita mengisi satu guci dengan madu, dan yang lainnya dengan cuka apel. Sekarang keduanya terlihat sangat mirip, namun memiliki isi yang berbeda. Dan kita telah memberi label "madu" pada keduanya. Sekarang seandainya kita membuka salah satunya., maka apa yang akan keluar? Jika ada madu di dalamnya, madu akan keluar. Jika ada cuka di dalam, cuka akan keluar. Begitu pula dengan karakter kita, jika Roh Yesus dalam hati maka kebaikan yang akan nampak dalam karakter kita. Bahkan ketika kita mendapat perlakuan buruk maka kita akan merspon seperti yang Yesus lakukan. Apa yang keluar dari Yesus ketika mereka meludahi wajah-Nya dan memaku-Nya di kayu salib? "Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan." Mari kita berdoa untuk memiliki jenis karakter seperti ini. Seseorang mungkin mengatakan, "Jika Allah membiarkan itu terjadi padaku, aku membenci Dia." Yah, ada cuka keluar! Kadang-kadang Tuhan mengijinkan kita menderita untuk mengungkapkan karakter kita.

2. Untuk Memurnikan Karakter Kita.

Dimana menempatkan emas untuk memurnikan itu? Dalam tungku. Dan dalam panas tungku, semua kotoran emas akan dibersihkan. Alkitab mengatakan kepada kita dalam Yesaya 48:10: "Sesungguhnya, Aku telah memurnikan engkau, namun bukan seperti perak, tetapi Aku telah menguji engkau dalam dapur kesengsaraan."

Dimana Allah menempatkan kita? Dalam tungku penderitaan. Apakah itu tempat yang menyenangkan? Tidak sama sekali. Tapi apa yang terjadi dalam api? Kita sedang dimurnikan. Jadi Tuhan terkadang mengijinkan penderitaan untuk menimpa kita supaya menyucikan kita. Dia menyempurnakan kita untuk kehidupan kekal dalam kemuliaan! Kita pastinya lebih suka menderita sepanjang hidup di dunia, namun hidup dalam kekekalan bersama Yesus. Jadi alasan kedua adalah untuk menyucikan kita.

3. Untuk Memperkuat Iman dan Pengalaman Kerohanian Kita.

Pohon-pohon terkuat di dunia adalah yang berada di puncak gunung, yang telah menghadapi angin dan mengalami badai. Begitu pula orang-orang Kristen terkuat biasanya adalah mereka yang paling menderita. Mereka yang menderita karena iman mereka, biasanya memiliki kedalaman pengalaman Kristen.

Alkitab mengatakan kepada kita dalam Yakobus 1: 2, 3 - "Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, 1:3 sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan."

Jadi Yakobus mengatakan untuk bersukacita dalam ujian penderitaan! Jika kita bersukacita dalam masalah-masalah kita sudah dekat ke surga.

4. Untuk Memberikan Kita Kebebasan Memilih.

"Mengapa Allah membiarkan semua rasa sakit dan penderitaan?" Itu untuk memberikan kita kebebasan memilih. Kita bebas memilih tapi akan diikuti dengan konsekuensi. Alkitab berkata dalam Galatia 6: 7, "Apa pun yang ditabur orang itu juga yang akan dituainya." Sebagai contoh, seorang pria merokok sepanjang hidupnya, ia mendapat kanker paru-paru. Namun kenapa juga ada orang yang tidak bersalah atau membuat pilihan yang salah namun menderita? Contoh terbesar itu siapa? Yesus. Apakah Dia bersalah? Tidak. Apakah Ia menderita? Dia menderita lebih dari orang lain yang pernah akan menderita. Alkitab mengatakan kepada kita dalam 1 Petrus 3: 18 bahwa Dia menderita hanya untuk orang yang tidak benar.

Di kayu salib kita melihat klimaks dari kontroversi besar antara Kristus dan setan. Kita melihat di Kalvari kemenangan terbesar dalam kontroversi besar. Kita melihat bukti menderita demi kebenaran ini di sisi Allah. Dikayu salib, Yesus menyerahkan nyawa-Nya untuk "membeli kembali" kebebasan kita untuk memilih. Sebelum kematian Kristus, kita tidak punya pilihan. Tapi ketika Yesus mati, kita bisa leluasa menerima hidup kekal melalui Yesus.

Mari kita tinjau empat alasan mengapa Tuhan kadang memungkinkan kita untuk menderita. (1) Mengungkapkan Karakter, (2) Menyucikan Kita, (3) Memperkuat Iman dan Pengalaman, (4) Memberikan Kita Kebebasan Memilih.

Berikut adalah pertanyaan banyak orang: Dimanakah Tuhan ketika kita menderita? "Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku” (Yesaya 43:1).

Kita mungkin merasa seperti tenggelam dalam kesulitan dan masalah. Kita mungkin jatuh seperti air gelap putus asa siap untuk menyapu atas jiwa kita. Tapi Tuhan berkata, "Aku bersamamu." Bila Anda menderita, Tuhan ada di sisi Anda. Dan Dia mengatakan, "Ketika kamu melewati api, kamu tidak akan terbakar." Kita mungkin merasa bahwa hari ini Anda berada di dapur kesengsaraan. Namun kita tahu bahwa ada mata yang penuh kasih yang memastikan bahwa kita tidak membakar.

Sekarang kita bisa menjawab pertanyaan, di mana Allah ketika kita menderita? Dengan kita. Dia selalu di samping kita untuk melewati setiap kesulitan dengan kita.

Suatu hari musim panas tahun 1932 di Chicago. Musisi jazz Afrika-Amerika bernama Tomi Dorsi tinggal di apartemen di daerah kumuh. Dan malam berikutnya, ia punya janji untuk bermain konser di St Louis, satu perjalanan jauh dengan kereta api. Istri Tomi siap untuk melahirkan dan intuisinya mengatakan bahwa dia tidak harus pergi saat ini karena istrinya membutuhkannya. Namun Tomi membutuhkan uang. Keluarganya miskin dan sangat membutuhkan uang. Oleh karena itu, keesokan paginya ia mengatakan kepada istri sampai dan berangkat ke St Louis. Malam itu ia bermain dan memperoleh uang yang sangat dibutuhkan. Saat ia berjalan dari panggung setelah konser, seseorang memberinya telegram yang mengatakan, "Mr Dorsi, Anda adalah ayah dari bayi laki-laki. Sayangnya, istri Anda meninggal dalam kelahiran anak." Tentu saja Tomi hancur. Dia menangis tersedu-sedu. "Mengapa, Tuhan, kau membiarkan itu terjadi padaku?" Ia mempertanyakan.

Seorang teman mengantar Tomi ke rumah sepanjang malam dengan mobil sehingga ia bisa pulang lebih awal. Keesokan paginya, ia tiba kembali di Chicago dan langsung pergi ke rumah sakit di mana anak yang baru lahir dan di mana istrinya telah meninggal. Tapi ketika ia tiba, ia disambut dengan berita lebih buruk bahwa bayinya juga meninggal pada malam hari. Tomi mengalami depresi yang mendalam dan keputusasaan. Ia merasa bahwa Allah telah meninggalkan dia. Hari berlalu. Tampaknya bahwa ia tidak bisa dihibur oleh siapapun atau apapun. Lalu suatu hari ia duduk di depan piano dan mulai memainkan sebuah lagu. Saat ia sedang bermain lagu, kata-kata datang ke pikirannya dan ia tuliskan menjadi sebuah lirik. “Tuhan yang mulia, mengambil tanganku, menuntun aku. Bantu aku berdiri melalui badai, melalui malam, membawaku ke cahaya, mengambil tanganku, mulia Tuhan, tuntunlah aku ke rumah.”

Mungkin kita sedang mengalami depresi berat. Mungkin sesuatu yang mengerikan telah terjadi dalam hidup kita atau dalam kehidupan seseorang yang kita cintai. Namun satu janji Tuhan yang pasti Dia ucapakan kepada masing-masing kita: “Akulah, Akulah yang menghibur kamu." Yesaya 51: 12.

Artikel Terkait:

1. SERI PEMBELAJARAN TENTANG KEBENARAN OLEH IMAN (2): KEBUTUHA

SERI

Dibawakan oleh: Camron SchofieldDiterjemahkan oleh: G. Kadarman, Jr. [AkhirZaman.org] Hal terutama yang harus kita telusuri sebagaimana kita memulai pembelajaran kita adalah memperhatikan kebutuhan kita yang besar. Ketika Yesus berada di bumi ini, ...
6 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. SERI PEMBELAJARAN TENTANG KEBENARAN OLEH IMAN (1)

SERI

Dibawakan oleh: Camron Schofield Diterjemahkan oleh: G. Kadarman, Jr. PENGANTAR Selamat datang. Nama saya adalah Camron Schofield. [AkhirZaman.org] Saya ingin berbagi kepada anda sebuah rangkaian presentasi-presentasi yang akan menolong untuk menjawab beberapa pertanyaan yang anda miliki perihal keselamatan.  ...
13 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. BERJUANGLAH DENGAN GIGIH DALAM PERJUANGAN IMAN

Berjuanglah

[AkhirZaman.org] Tidak dapat disangkal bahwa dalam perjalanan kehidupan kerohanian, kita sering dan selalu menghadapi tantangan di mana setan menghalangi kita untuk mendapatkan kemenangan dalam perjuangan iman. ...
473 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. DOSA ADAM DAN HAWA

DOSA

[AkhirZaman.org] TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh engkau makan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, ...
479 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. SEORANG PENGANTARA YANG SETIA

Seorang

[AkhirZaman.org] Manusia dewasa ini sedang dilanda kesulitan dalam upaya menemukan arti hidup yang sepantasnya. Mereka berusaha mencari bimbingan dari seseorang tertentu guna menolong memecahkan problema mereka sehari-hari. ...
488 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. PENGAMPUNAN

Pengampunan

[AkhirZaman.org] Seorang eksekutif wanita tampak bergegas ke bandara karena akan terbang ke Chicago. Setelah check-in, dia mengamati layar monitor, ...
495 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. DAUD SEORANG YANG BERKENAN DIHATI-NYA (PENGUNGKAPAN KASIH YA

DAUD

[AkhirZaman.org] Prinsip yang terbesar yang diletakkan oleh Allah bagi kita adalah prinsip kasih. Kasih adalah sesuatu yang paling berkuasa di dunia ini, karena mencerminkan Allah sendiri. ...
503 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. ADA APA DENGAN UMAT TUHAN?

ADA

[AkhirZaman.org] Raja Sulaiman yang kita kenal sebagai seorang yang bijaksana berkata dalam Pengkhotbah 7:27–29 bahwa dia dapati seorang laki-laki yang jujur di antara 1000 ...
510 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. ORANG KAYA DAN LAZARUS

Orang

[AkhirZaman.org] Salah satu bagian Alkitab yang banyak mengalami kesulitan untuk menghubungkan kebenaran tentang neraka yang disajikan dalam situs ini ...
522 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. HARUSKAH KITA HIDUP SALEH?

HARUSKAH

Haruskah?[AkhirZaman.org] Memangnya ada orang yang saleh? Di zaman ini? Yaaaa, kalau bicara nabi-nabi dan rasul-rasul okelah, tapi kita? Apa mungkin kita bisa saleh? Kalau ada yang bilang dia orang saleh, sudah pasti itu menipu. ...
539 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
[RH] DIRI HARUS MATI
Dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa...
Read More...
IMAGE
[RH] PANDANG TERUS KE ATA...
Karena kita mempunyai banyak saksi bagaikan awan yang mengelilingi kita,...
Read More...
IMAGE
[RH] KEHIDUPAN YANG SENAN...
Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki...
Read More...
IMAGE
BERANI DI DALAM TUHAN
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang...
Read More...
IMAGE
HRW (Human Rights Watch) ...
[AkhirZaman.org] Catatan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tentang...
Read More...
IMAGE
Badai Terjang Belanda, Pe...
[AkhirZaman.org] Tiga orang tewas di Belanda, kemarin, akibat badai yang juga...
Read More...
IMAGE
Bill Gates Lunasi Utang N...
[AkhirZaman.org] Miliarder Amerika Serikat (AS) Bill Gates kembali menunjukkan...
Read More...
IMAGE
Tidak Menggunakan Nama Re...
[AkhirZaman.org] Korea Utara (Korut) menyebut tingkah laku Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Trump Tuding Rusia Bantu ...
[AkhirZaman.org] Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menuding Rusia...
Read More...
IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
Jenis-jenis Penyakit dan ...
Adenoids (Membesarnya hulu kerongkongan ) [AkhirZaman.org] Adenoids terdiri...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...

Data Kunjungan

017260381
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
3204
20374
3204
104662
253689
16583202
17260381

IP Anda: 54.82.29.141
Tanggal: 2018-01-21 03:46:39

Online Saat Ini

We have 231 guests and no members online