1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Cara Memahami Kebenaran

akhir zaman

[AkhirZaman.org] Secara umum, adalah ide yang baik untuk menggunakan tukang cukur yang Anda mengerti. Saya secara teratur mengunjungi seorang tukang cukur lokal karena alasan kenyamanan, meskipun saya hampir tidak bisa memahami aksen kuat Eropa. Bahkan, saya melihat begitu sulit baginya untuk memahami ketika saya harus meminta dia untuk mengulangi setiap pertanyaan.

Setelah beberapa kali kunjungan, saya mulai dapat menebak apa yang dimintanya, yang biasanya tidak ada masalah. Namun, satu kali saya benar-benar bingung ketika dia bertanya, "Zurimeiwows?"

Ini adalah kumpulan suku kata yang  tidak pernah saya dengar sebelumnya. Setelah "Maaf?"  Dengan pengulangan identik "zurimeiwows?" Dari dia, saya masih tidak mengerti apa yang dimintanya.

Masalahnya adalah, saya terlalu malu untuk memintanya mengulangi kembali apa yang dia katakan untuk ketiga kalinya saat ia berdiri di sana menunggu jawaban, sambil alat cukur berdengung di satu tangan dan tangan satunya memegang kepala saya. Saya pikir dia mungkin bertanya apakah saya ingin cambang saya dirapikan, pertanyaan yang umum pada tahap potongan rambut saya. Jadi saya berkata "Ya."

Namun, saat ia mulai mencukur, ia melewati cambang saya dan langsung menuju alis kanan saya dan hal berikutnya yang saya tahu, jerrrrr dan dia setengah jalan di atasnya, alat cukur berjalan dengan kecepatan penuh. Saya heran bahwa refleks saya tidak melemparkan gunting dari tangannya.

Tidak bisa melihat di balik tangannya, saya tidak tahu kerusakan apa yang telah dilakukan. Untungnya, sementara tangannya diturunkan beberapa detik kemudian, saya tahu apa yang ditanyakannya: "Rapikan alis"

Pengalaman ini membuat saya berpikir bahwa ada beberapa pekerjaan di luar sana di mana kesalah pahaman bisa membawa hasil yang cukup fatal, dokter ahli bedah misalnya.

Dokter Bedah: "Jadi, tim, wanita ini mengatakan dia ingin dagunya dipendekkan (ide yang baik), dahinya dinaikkan (mudah dilakukan), dan hidungnya diputar-apakah katanya. . . 90 derajat? "

Dan bagaimana para ahli teologi tentang kesalahpahaman Alkitab? Dapatkah Anda bayangkan proses skrining untuk memasuki gereja sebagai pemeriksaan dilakukan untuk pakaian dengan campuran wol dan linen (Ulangan 22:11) atau menentukan apakah pria telah memangkas sisi janggut mereka (Imamat 19:27)? Perintah-perintah Alkitab, yang hampir pasti terkait dengan masalah yang kita tidak mengerti hari ini, tampak sangat aneh bagi kita.

Namun, beberapa kesalahpahaman teologis dapat mengancam kehidupan kekal kita!

Apakah keyakinan Anda termasuk kesalahpahaman seperti itu?

Kita memiliki Islam, Budha, Hindu, Yahudi, ateisme, bersama dengan denominasi yang berbeda dari keyakinan Kristen. Tapi tidak mungkin semua keyakinan ini benar. Salah satu pasti salah!

Sebenarnya, kemungkinan besar bahwa kita semua memiliki keyakinan pribadi tentang isu-isu spiritual yang tidak benar. Masalahnya adalah bahwa tidak satupun dari kita berpikir kita salah. Kita tidak akan memegang kepercayaan jika kita tahu mereka salah. Jadi secara logis, populasi seluruh dunia itu adalah tulus mengikuti setidaknya beberapa kesalahpahaman kebenaran!

Mungkin sebagian dari keyakinan saya salah, mungkin beberapa dari Anda salah. Bagaimana kita bisa memutuskan yang benar? Setiap dari kita harus memeriksa semua yang kita percaya untuk diri kita sendiri. Tapi kemana kita harus berpaling? Bagi orang Kristen, jawabannya sederhana: kita mendasarkan keyakinan kita pada Alkitab.

Tentu saja, beberapa denominasi dan sekte yang membentuk Kristen adalah bukti bahwa ada berbagai cara kita menafsirkan apa yang dimaksudkan Alkitab. Jadi bagaimana kita bisa yakin bahwa penafsiran kita sudah benar?

Fokus pada hal-hal penting
Sebuah pengontrol lalu lintas udara dan pilot bisa salah paham satu sama lain tentang isu-isu tertentu tanpa konsekuensi serius. Tapi pada isu-isu tertentu lainnya, seperti ketika mendarat dan di mana landasan pacu, pemahaman yang benar sangat penting.

Ini sama dengan agama Kristen. Beberapa ajaran Alkitab lebih mendasar dari yang lain. Ajaran yang paling dasar dari Perjanjian Baru adalah bahwa Yesus mati untuk menyelamatkan manusia dari dosa. Yang paling terkenal dari semua teks-teks Perjanjian Baru dikatakan singkat: "Karena Allah begitu mengasihi dunia sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal" (Yohanes 3:16). Ini adalah inti dari Kekristenan. Semua orang yang benar-benar percaya dalam Yesus terjamin tempat dalam Kerajaan-Nya. Ini adalah sesuatu yang mana semua orang Kristen percaya.

Berkomitmen untuk melayani Tuhan
Alkitab penuh dengan instruksi tentang bagaimana orang Kristen harus hidup. Sedangkan perbedaan pendapat ada tentang masalah seperti peran hukum di era Perjanjian Baru, semua orang setuju bahwa Tuhan menginginkan orang-orang Kristen dapat mematuhi prinsip-prinsip moral tertentu. Buatlah komitmen agar hidup anda sesuai dengan prinsip-prinsip ini untuk memperoleh pemahaman yang terbaik Anda.

Bersedia untuk mengubah keyakinan Anda
Ada suatu masa ketika banyak orang mengira dunia datar. Kemudian seorang pria bernama Columbus berlayar  untuk membuktikan kebenarannya. Dia bersedia untuk menyelidiki apakah pandangan yang sangat populer itu sebenarnya benar.

Ini sama dengan memahami kebenaran Alkitab. Tidak ada yang memiliki wawasan yang sempurna ke dalam seluruh kebenaran. Kita semua memiliki beberapa keyakinan bahwa, kita bisa meminta kepada-Nya, Allah akan memberi tahu kita mana yang salah. Namun, Yesus berjanji akan mengirimkan Roh Kudus untuk membimbing kita ke dalam seluruh kebenaran (Yohanes 16:13). Dia meminta kita untuk mempelajari dengan hati-hati dengan pikiran terbuka yang bersedia untuk menerima perubahan dalam keyakinan kita ketika Ia membawa kita untuk itu.

Jika Anda menerima Yesus sebagai Juruselamat, jika Anda berkomitmen untuk melayani Dia untuk yang terbaik dari pengetahuan dan kemampuan Anda, dan jika Anda tetap berpikiran terbuka untuk menerima kebenaran baru ketika Roh Kudus mengungkapkan kepada Anda, maka Anda tidak perlu khawatir tentang kemungkinan kesalahpahaman yang mungkin Anda pegang.

Beberapa kesalahpahaman Anda yang tidak diragukan lagi diajarkan kepada Anda sebagai seorang anak. Anda mungkin merasa sulit untuk menyisihkan bias kuat Anda terhadap keyakinan tertentu. Dan mungkin akan ada beberapa perasaan malu atau ketidaknyamanan jika Anda menemukan Anda telah hidup dalam kesalahpahaman. Namun, jika Anda tetap berpikiran terbuka terhadap perubahan, Tuhan akan memimpin kita ke dalam pemahaman dari setiap kebenaran bahwa Dia melihat sangat penting bagi Anda untuk mengetahui dan menerima.

Oleh : Scott Wegener

Artikel Terkait:

1. SERI PEMBELAJARAN TENTANG KEBENARAN OLEH IMAN (2): KEBUTUHA

SERI

Dibawakan oleh: Camron SchofieldDiterjemahkan oleh: G. Kadarman, Jr. [AkhirZaman.org] Hal terutama yang harus kita telusuri sebagaimana kita memulai pembelajaran kita adalah memperhatikan kebutuhan kita yang besar. Ketika Yesus berada di bumi ini, ...
6 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. SERI PEMBELAJARAN TENTANG KEBENARAN OLEH IMAN (1)

SERI

Dibawakan oleh: Camron Schofield Diterjemahkan oleh: G. Kadarman, Jr. PENGANTAR Selamat datang. Nama saya adalah Camron Schofield. [AkhirZaman.org] Saya ingin berbagi kepada anda sebuah rangkaian presentasi-presentasi yang akan menolong untuk menjawab beberapa pertanyaan yang anda miliki perihal keselamatan.  ...
13 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. BERJUANGLAH DENGAN GIGIH DALAM PERJUANGAN IMAN

Berjuanglah

[AkhirZaman.org] Tidak dapat disangkal bahwa dalam perjalanan kehidupan kerohanian, kita sering dan selalu menghadapi tantangan di mana setan menghalangi kita untuk mendapatkan kemenangan dalam perjuangan iman. ...
473 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. DOSA ADAM DAN HAWA

DOSA

[AkhirZaman.org] TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh engkau makan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, ...
479 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. SEORANG PENGANTARA YANG SETIA

Seorang

[AkhirZaman.org] Manusia dewasa ini sedang dilanda kesulitan dalam upaya menemukan arti hidup yang sepantasnya. Mereka berusaha mencari bimbingan dari seseorang tertentu guna menolong memecahkan problema mereka sehari-hari. ...
488 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. PENGAMPUNAN

Pengampunan

[AkhirZaman.org] Seorang eksekutif wanita tampak bergegas ke bandara karena akan terbang ke Chicago. Setelah check-in, dia mengamati layar monitor, ...
495 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. DAUD SEORANG YANG BERKENAN DIHATI-NYA (PENGUNGKAPAN KASIH YA

DAUD

[AkhirZaman.org] Prinsip yang terbesar yang diletakkan oleh Allah bagi kita adalah prinsip kasih. Kasih adalah sesuatu yang paling berkuasa di dunia ini, karena mencerminkan Allah sendiri. ...
503 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. ADA APA DENGAN UMAT TUHAN?

ADA

[AkhirZaman.org] Raja Sulaiman yang kita kenal sebagai seorang yang bijaksana berkata dalam Pengkhotbah 7:27–29 bahwa dia dapati seorang laki-laki yang jujur di antara 1000 ...
510 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. ORANG KAYA DAN LAZARUS

Orang

[AkhirZaman.org] Salah satu bagian Alkitab yang banyak mengalami kesulitan untuk menghubungkan kebenaran tentang neraka yang disajikan dalam situs ini ...
522 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. HARUSKAH KITA HIDUP SALEH?

HARUSKAH

Haruskah?[AkhirZaman.org] Memangnya ada orang yang saleh? Di zaman ini? Yaaaa, kalau bicara nabi-nabi dan rasul-rasul okelah, tapi kita? Apa mungkin kita bisa saleh? Kalau ada yang bilang dia orang saleh, sudah pasti itu menipu. ...
539 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
Jenis-jenis Penyakit dan ...
Adenoids (Membesarnya hulu kerongkongan ) [AkhirZaman.org] Adenoids terdiri...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
[RH] DIRI HARUS MATI
Dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa...
Read More...
IMAGE
[RH] PANDANG TERUS KE ATA...
Karena kita mempunyai banyak saksi bagaikan awan yang mengelilingi kita,...
Read More...
IMAGE
[RH] KEHIDUPAN YANG SENAN...
Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki...
Read More...
IMAGE
BERANI DI DALAM TUHAN
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
HRW (Human Rights Watch) ...
[AkhirZaman.org] Catatan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tentang...
Read More...
IMAGE
Badai Terjang Belanda, Pe...
[AkhirZaman.org] Tiga orang tewas di Belanda, kemarin, akibat badai yang juga...
Read More...
IMAGE
Bill Gates Lunasi Utang N...
[AkhirZaman.org] Miliarder Amerika Serikat (AS) Bill Gates kembali menunjukkan...
Read More...
IMAGE
Tidak Menggunakan Nama Re...
[AkhirZaman.org] Korea Utara (Korut) menyebut tingkah laku Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Trump Tuding Rusia Bantu ...
[AkhirZaman.org] Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menuding Rusia...
Read More...

Data Kunjungan

017260375
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
3198
20374
3198
104662
253683
16583202
17260375

IP Anda: 54.82.29.141
Tanggal: 2018-01-21 03:46:08

Online Saat Ini

We have 228 guests and no members online