akhir zaman

[AkhirZaman.org] Jantung adalah organ berongga dan satu-satunya fungsi ialah memompa aliran darah yang hidup keseluruh bagian tubuh. Dimana jantung merupakan suatu alat yang ajaib tidak perna berhenti sesaatpun dalam pekerjaan yang tidak berkesudahan. Sejak zaman dahulu kala, orang telah menyadari bahwa jantung adalah alat yang sangat penting di dalam tubuh. Seorang dokter yang telah hidup kira-kira 3000S.M. yaitu Imkopet. Telah menulis bahwa jantung sebagai sumber darah “bagi setiap anggota tubuh.” Pendapat yang sama pula telah dituliskan dalam buku-buku kedokteran kuno di negri Cina. Pada abad ke-5 STM, Hypocrates, Philospher, dari Gerika yang dikenal sebagai bapak ilmu kedokteran, telah menerangkan tentang Valvula (katub) serta Ventricle (bilik) yang ada pada jantung. Bahkan Leonardo da Vinci (1452-1519) Italia, telah memelopori perkembangan ilmu kedokteran oleh gambar-gambar anatomi terinci yang dibuatnya sehingga lebih mudah untuk mempelajari anatomi (ilmu urai tubuh).

Pengertian yang jelas tentang kerja jantung barulah diketahui pada tahun 1628 setelah William Harvey, menerbitkan risalah yang menerangkan dengan tepat lingkaran peredaran darah ini telah membuka jalan mempelajari secara tepat tenang penyakit-penyakit jantung dan terus-menerus menyelidiki cara pengobatannya sehingga dewasa ini.

Fungsi Jantung

Jantung merupakan jaringan-jaringan otot, yang beratnya kira-kira ¼ kg, hampir sebesar kepalan tinju manusia. jantung adalah alat pompa yang ajaib melebihi efisiensi segalah sesuatu yang dibuat menusia. Bentuknya seperti buah mabba atau telur. Ujungnya yang kecil itu mengarah kebawah dan kekiri. Fungsi jantung adalah mengedarkan darah, yaitu suatu cairan yang sangat berharga, yang mengandung persediaan bahan bakar, makanan, obat-obatan keseluruh bagian  tubuh, melalui pembuluh-pembuluh darah di seluruh tubuh.

Jantung terdiri dari 4 ruangan, 2 buah serambi (atrium) kiri dan kanan, dan 2 buah bilik (ventricle) kiri dan kanan berfungsi sebagai pompanya. Bilik kiri dan kanan dilengkapi dengan 3 lapisan otot yang susunan dan arsitekturnya istimewa, bagian luarnya agak serong, tengahnya memanjang sesuai panjangnya jantung, dan bagian dalam membentuk melingkar. Bila berkontrasi, sama halnya seperti seorang wanita yang memeras pakaian cucian untuk mengeluarkan airnya. Bilik kanan memompah darah dan meninggalkan muatan karbon dioksida dan menerima persediaan oksigen yang segar.  Kemudian darah dari paru-paru ini di tamping di serambi kiri, yang diteruskan ke bilik kiri. Dari sini darah di pompah ke aorta (pembuluh darah) untuk diedarkan keseluruh tubuh, lalu kembali lagi ke bilik kanan, setelah melalui serambi kanan. Tiap-tipa bagian jantung bekerja dengan tidak bergantung pada yang lain, tetapi semuanya bekerja bersama-sama untuk mengatur peredaran darah yang normal.

Bilik kiri mempunyai tugas, memompah darah keseluruh tubuh, harus mengerti berbagai macam halangan, tekanan, pergesekan dengan pembuluh. Untuk mengatasi tugas beratnya itu, dinding bilik kiri itu jauh lebih tebal. Untuk menjaga kelancaran kerja, jantung di liputi suatu pembungkus yang kita sebut pericardium.” Permukaannya licin sehingga memudahkan jantung bergerak kedalamnya. Lapisan ini mengandung cairan pelumas. Sisi kiri dan sisi kanan yang harus di pompahkan ke paru-paru dan darah yang akan mengalir ke bagian tubuh yang lainnya.

Bagaimanakah Cara Kerja Jantung

Jantung bekerja dengan otomatis dan sesuai dengan jenis atau sifat otot jantung yang khusus di sebut otot Kardia. Di dalam otot jantung terdapat system penyalur rangsangan yang memungkinkan kerja jantung teratur. Otot jantung terdiri dari benang-benang atau serabut otot yang dapat berkontraksi  untuk menghasilkan gerakan. Namun berbeda dengan otot biasa. Serabut otot jantung bercabang-cabang dan berhubuang satu dengan yang lain dalam suatu jaringan yang rapat. Otot jantung memiliki sifat elastis.

Jantung berdenyut atau berkontraksi secara teratur, dan harus terus berdenyut agar darah tetap mengalir. Pada jantung terdapat beberapa tipe control yang menjaga agar jantung terus berdenyut secara teratur. Jantung mempunyai pengatur rangsangan sendiri yang berupa sekelompok sel pada dinding serambih kanan. Sekelompok kecil sel ini menghasilkan rangsangan-rangsangan saraf secara teratur yang memerintahkan otot jantung untuk berkontraksi. System saraf dapat memperlambat atau mempercepat kecepatan denyut jantung. Misalnya bila kita sedang gembira, takut, cemas, terkejut, ataupu sedang tidur. Namun ada mekanisme lain yang mengukur banyakknya oksigen dan CO2. Mekanisme ini mengatur kecepatan denyut jantung agar banyaknya kedua gas tersebut di dalam darah tetapseimbang, jantung anda melakukan pekerjaan yang banyak sekali, oleh sebab itu lebih bijaksana bila kita merawatnya dengan sebaik-baiknya.

Pemeliharaan Jantung   

Jantung yang merupakan lambang cinta yang mesra dan sumber inspirasi bagi penyair-penyair, bahkan pada kenyataan juga merupakan pembunuh yang tidak kenal ampun. Pada tahun 1960di Amerika penyakit jantung telah membunuh ¾ juta orang Amerika. Pada umumnya penyakit jantung ini lebih sering mengenai laki-laki, kaum lajang, orang-orang terlalu gemuk, darah tinggi, dan bagi kaum perokok.

Adalah bijaksana untuk memelihara dan melindungi jantung sendiri sebelum penyakit jantung menyerangnya. Sudah tentu, untuk memelihara segala kagiatannya, jantung itu harus diberi makan, dan harus pula terus menerus diberi cukup persediaan oksigen. Persediaan darah jantung itu sendiri dipelihara oleh 2 pembuluh yang amat penting disebut pembuluh-pembuluh nadi tajuk jantung. Dianjurkan agar setiap tahun, pergi kedokter untuk memeriksa keadaan tubuh secara keseluruhan. Banyak kelainan-kelainan, maupun penyakit jantung lebih berhasil diobati pada permulaan penyakitnya. Hindari makanan-makanan yang terlalu banyak, terutama makanan yang mengandung banyak lemak. Karna dapat mengganggu jantung dan pembuluh-pembuluh darah. Usahakan keseimbangan antara kerja keras dan istirahat. Hindarkan pekerjaan yang terlalu melelahkan, dan kurang tidur. Adakan gerak badan yang teratur. Bagi kaum perokok dan peminum alkohol, sebaiknya dihentikan sama sekali.jantung anda sudah saatnya mendapat perhatian lebih.

MENGAPA MENUNGGU HINGGA DISERANG PENYAKIT JANTUNG? ANDA DAPAT MELAKUKAN SESUATU SEKARANG!

  1. Bila anda kelebihan berat badan, kurangi segera berat badan anda.
  2. Hindari makanan yang banyak mengandung kolesterol dan lemak jenuh.
  3. Jangan minum minuman yang beralkohol.
  4. Hindari minuman yang berkafein.
  5. Adakan gerak badan secara teratur.
  6. Jangan merokok.
  7. Kurangi gula dan makanan yang banyak.
  8. Makanlah sayur-sayuran dan buah-buahan segar.
  9. Hindari ketegangan atau belajar rileks.
  10. Periksa tekanan darah secara rutin.
  11. Mintalah nasihat dokter.

MENCEGAH LEBIH BAIK DARI PADA MENGOBATI

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here