98f9ed0c5e67fe312369f462356cb6f53081ac88 thumb 600 342 Copy

 

Sifat Menolong

Ajar Anak anak Menjadi Penolong.
[AkhirZaman.org] Di dalam sekolah rumah tangga anak anak harus diajar bagaimana melakukan tugas tugas yang praktis dalam kehidupan sehari hari. Sementara mereka masih muda, ibu harus memberikan kepada mereka beberapa pekerjaan yang sederhana untuk dikerjakan setiap hari. Akan mengambil lebih banyak waktu baginya untuk mengajar mereka bagaimana melakukan pekerjaan itu daripada bilamana ia melakukannya sendiri, tetapi biarlah ia mengingat bahwa ia sedang meletakkan dasar sifat menolong kepada bangunan tabiatnya itu.

Biarlah ia mengingat bahwa rumah tangga adalah sebuah sekolah dimana ia adalah guru kepala. Tugasnyalah mengajar anak anaknya bagaimana melakukan tugas tugas rumah tangga dengan cepat dan dengan penuh keahlian. Pada awal sekali dalam hidup mereka harus dilatih untuk meringankan beban rumah tangga. Semenjak masa kanak kanak, anak lelaki dan perempuan harus diajar memikul beban yang semakin hari semakin berat, dengan penuh pengertian menolong di dalam pekerjaan perusahaan keluarga.

Jangan Hiraukan Kesalahan kesalahan yang Bersifat Kekanak kanakan.
Ribuan orang di dalam rumah tangga mereka sendiri dibiarkan hampir hampir tidak terdidik. “Terlalu banyak hal hal yang menyusahkan,” kata ibu. “Lebih baik saya sendiri yang melakukan segala pekerjaan ini, sangat menyusahkan; engkau mengganggu saya:”

Tidaklah ibu mengingat bahwa ia sendiri harus belajar dalam hal hal yang remeh sebelum ia dapat menjadi seorang penolong? Adalah merupakan satu perbuatan yang salah terhadap anak anak untuk menolak mengajar mereka sedikit demi sedikit. Biarlah anak anak ini berada dekat dengan engkau. Biarkan mereka menanyakan pertanyaan pertanyaan, dan dengan sabar menjawab semua pertanyaan itu. Berikan kepada anak anakmu yang masih kecil sesuatu untuk dikerjakan, dan biarlah mereka merasakan kebahagiaan dimana mereka merasa bahwa mereka telah menolong engkau.

Jangan melarang anak anakmu bilamana mereka sedang berusaha untuk melakukan hal hal yang sepatutnya. Bilamana mereka berbuat kesalahan, jikalau kecelakaan terjadi dan ada barang barang yang pecah, jangan persalahkan mereka. Segenap kehidupan masa depan mereka bergantung atas pendidikan yang engkau berikan kepada mereka pada masa kanak kanak mereka. Ajar mereka bahwa segala kesanggupan jasmani dan pikiran mereka telah diberikan untuk digunakan, dan bahwa semuanya itu adalah milik Tuhan, yang harus diabdikan kepada pelayanan Nya. Kepada beberapa dari antara anak anak ini, Tuhan memberikan aba aba daripada kehendak Nya lebih pagi. Para orang tua. dan guru, mulailah lebih awal untuk mengajar anak anak mengembangkan kesanggupan kesanggupan yang telah diberikan oleh Allah.

Young-Child-Gardening CopyBiarlah Anak anak Ikut Meringankan Beban Rumah Tangga.
Jadikan hidup anak anakmu itu menyenangkan, dan pada saat yang sama ajar mereka supaya menjadi penurut dan penolong, dengan memikul beban yang ringan sementara engkau memikul yang lebih berat. Didik mereka dalam kebiasaan rajin, sehingga dengan demikian musuh tidak akan menjadikan pikiran mereka sebagai bengkel kerjanya. Berikan kepada anak anakmu sesuatu untuk dipikirkan, sesuatu untuk dikerjakan, agar mereka disanggupkan untuk menjadi berguna di dalam hidup sekarang ini dan di dalam hidup yang akan datang.

Semenjak tahun tahun pertama dari hidup mereka, mereka harus dididik untuk melaksanakan bagian mereka dalam pekerjaan rumah tangga. Mereka harus diajar bahwa tanggung jawab itu adalah bersifat timbal balik. Mereka juga harus diajar untuk mengerjakan pekerjaan mereka dengan cekatan dan rapih. Pendidikan ini akan memberikan manfaat yang amat besar di dalam hidup mereka pada masa yang akan datang.

Setiap anggota keluarga harus memahami bagian yang diharapkan daripadanya yang harus dilaksanakan dalam bekerja sama dengan yang lainnya. Semua, mulai dari anak anak yang berumur enam tahun ke atas, harus mengerti bahwa mereka dituntut memikul bagian mereka dalam beban rumah tangga.

Satu Sumber Pengalaman dan Kesukaan.
Betapa pentingnya agar para bapa dan ibu harus memberikan kepada anak anak mereka, mulai dari masa bayi mereka, pengajaran yang benar. Mereka harus mengajar anak anak mereka menurut kepada perintah, “Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan Tuhan Allahmu, kepadamu.”Dan anak anak sementara mereka bertumbuh menjadi lebih tua harus menghargai pengawasan yang telah diberikan oleh orang tua mereka. Mereka harus memperoleh kesenangan mereka yang terbesar dalam menolong bapa dan ibu.

Satu Kegembiraan Dapat Menyertai Pekerjaan yang Sederhana.
Jikalau anak anak diajar menghargai pekerjaan sehari hari yang tetap sebagai sesuatu yang telah ditentukan bagi mereka oleh Tuhan, sebagai sebuah sekolah tempat mereka dididik untuk memberikan pelayanan yang setia dan rapih, betapa lebih menyenangkan dan lebih terhormat lagi pekerjaan mereka itu kelihatannya. Untuk melaksanakan setiap tugas sebagaimana kepada Tuhan akan mendatangkan satu kegembiraan dalam pekerjaan yang paling rendah sekalipun dan menghubungkan pekerja pekerja di dunia ini dengan makhluk makhluk sorga yang melakukan kehendak Allah di dalam sorga. Dan di tempat yang telah ditetapkan bagi kita, kita harus melaksanakan tugas tugas kita dengan kesetiaan yang sama sebagaimana malaikat malaikat di dalam taraf mereka yang lebih tinggi.

–Mendidik & Membimbing Anak, pasal 20–

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here