1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Pencipta Berkata Ingatlah: Pertanyaan Anda Dijawab (5)

 

time mesin Copy[AkhirZaman.org] Pertanyaan 8: Kapankah hari Sabat mulai? Apakah Alkitab memberikan petunjuk bagaimana memelihara hari Sabat?

Jawaban: Dari sejak semula, umat Allah yang setia telah menyucikan hari Sabat dari sejak matahari terbenam pada hari Jumat sampai saat matahari terbenam pada hari Sabtu. Praktik ini telah diikuti oleh bangsa Israel sepanjang zaman Perjanjian Lama. Kebiasaan itu bersumber dari ceritra penciptaan yang terdapat dalam Kejadian pasal 1. Untuk menerangkan tentang satu hari, kitab Kejadian mengatakan: “Jadilah petang dan jadilah pagi – itulah hari yang pertama” (Kej 1:5). Kejadian ini diulang-ulang dalam Kejadian pasal 1 untuk menunjukkan kepada setiap satu hari pada minggu penciptaan. Injil Markus menegaskan:

“Menjelang malam (sesudah hari Sabat), sesudah matahari terbenam, dibawalah kepada Yesus semua orang yang menderita sakit dan yang kerasukan setan.” (Mrk 1:32).

Allah tidak menggunakan jam Rolex untuk mengukur waktu satu hari. Gantinya, Ia menggunakan benda-benda angkasa yang Dia tempatkan di alam semesta selama masa penciptaan.

Di dalam Alkitab, bagian malam dari satu hari lebih dulu dari bagian siang dari hari tersebut. Betapa ajaib Allah kita itu. Dia membiarkan dan memberikan kepada kita waktu untuk beristirahat sebelum kita bekerja. Sebab terang itu datang sesudah hari malam. Sesudah istirahat baru bekerja. Hari Sabat Alkitab mulai pada saat matahari terbenam. Betapa gembiranya menyambut Sabat Allah dengan doa dan sukacita setiap hari Jumat petang pada saat matahari terbenam. Begitulah rencana Allah agar masing-masing kita melakukannya setiap minggu.

Apa petunjuk Alkitab kepada kita tentang bagaimana memelihara hari Sabat? Allah telah merencanakan supaya hari Sabatlah hari yang paling membahagiakan bagi kita dalam satu minggu. Oleh sebab itu Allah memberikan pedoman khusus kepada kita dalam Alkitab untuk memelihara kesucian dan keindahan hari Sabat.

Tujuan Allah bagi kita pada setiap hari Sabat ada tiga rangkap.

Pertama, Dia menginginkan agar hari Sabat menjadi hari perbaktian dan puji-pujian rohani. (lihat Kel 20:8-11; Im 23:2; Lukas 4:16).

Kedua, Dia merencanakan hari Sabat menjadi satu hari istirahat jasmani. (lihat Kel 20:8-11).

Ketiga, Allah bermaksud supaya hari Sabat menjadi hari persekutuan antara sesama manusia terutama di antara anggota keluarga. Hari itu juga harus menjadi satu hari yang membawa berkat bagi orang lain (Mat 12:8). Alkitab mengatakan bahwa seluruh pekerjaan duniawi sudah harus diselesaikan sebelum hari Sabat tiba (Kel 20:8-11). Alkitab juga menyatakan bahwa semua jual-beli sudah harus dibuat sebelum hari Sabat tiba (Neh 13:15-18). Segala sesuatu yang akan menjauhkan pikiran kita dari perkara-perkara surga harus dihindari demi sukacita yang lebih baik dan kesukaan yang lebih besar, yang bisa kita dapatkan dalam Kristus setiap hari Sabat (Yesaya 58:13, 14). Kita dapat menantikan setiap hari Sabat sebagai waktu istimewa untuk bersekutuan dengan Yesus. Yesus pun menantikan dan rindu agar anda mendapatkan pengalaman berbuat bakti bagi Allah setiap hari Sabat.

Pertanyaan 9: Sebab Yesus bangkit dari antara orang mati pada hari pertama minggu itu, yaitu hari Minggu, tidakkah patut bagi umat Kristen berbakti pada hari itu?

Jawaban: Kebangkitan Yesus adalah salah satu kebenaran yang Mahaagung dan Mahamulia dari semua kebenaran yang ada dalam gereja Kristen. Yesus sudah bangkit! Kematian bukan lagi satu malam yang panjang tampa fajar di pagi hari. Kuburan bukan lagi lubang bawah tanah yang gelap tampa cahaya di ujung terowongan. Kristus telah mengalahkan kematian.

Tetapi kenyataan bahwa Kristus telah bangkit dari antara orang mati pada hari Minggu tidak menjadikan hari itu sebagai yang disucikan untuk perbaktian. Seperti sudah kita dapatkan bahwa mereka yang berbakti pada hari Minggu karena Yesus bangkit dari antara orang mati pada hari itu, melakukannya tampa ada perintah dari Yesus.

Tetapi Yesus secara spesifik memberikan dua lambang sebagai tanda peringatan akan kematian dan kebangkitan-Nya yaitu: Perjamuan Kudus dan Baptisan. Perjamuan Kudus adalah simbol kematian-Nya yang terjadi pada saat yang gelap pada hari Jumat itu. Kata-kata Paulus terlalu jelas untuk disalahmengerti: “Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kami memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang” (1 Kor 11:26). Roti yang dipecah-pecahkan dan anggur murni tampa ragi adalah bagian dari perjamuan kudus, secara berturut-turut menggambarkan tubuh Kristus Tuhan kita yang hancur dan darah-Nya yang tercurah. Demikianlah Dia memerintahkan kita untuk memperingati kematian-Nya melalui upacara perjamuan Kudus.

Baptisan adalah tanda peringatan akan kebangkitan-Nya. Roma pasal 6 menegaskan: “Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikianlah juga kita akan hidup dalam hidup yang baru. Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya” (ayat 4 dan 5).

Sama seperti Kristus mati, masuk ke dalam kubur, dan dibangkitkan kepada hidup baru, demikianlah orang-orang yang percaya disalibkan bersama dengan Kristus. Menyerahkan hidup lama yang berdosa, tubuh dosa itu mati. Dikubur dalam air baptisan, orang percaya dibangkitkan kepada kehidupan baru. Kita memperingati kebangkitan Kristus melalui baptisan kita.

Dalam hidup dan kematian-Nya, Yesus memelihara hari Sabat, bukan hari Minggu. Lukas 4:16 menyatakan, “…dan pada hari Sabat Dia pergi ke dalam sinagog, sebagaimana kebiasaan-Nya.” Sebagai Anak penurut, Dia menyembah Bapa-Nya setiap hari Sabat. Dalam kematian-Nya, Dia berhenti pada hari Sabat, percaya penuh kepada Bapa-Nya untuk membangkitkan-Nya. Pengikut-pengikut (murid-murid) Yesus yang paling dekat menunggu sampai hari Sabat berlalu barulah kemudian pergi untuk memberi rempah-repah pada mayat-Nya. Yesus tidak pernah memberikan satu pengabsahan atau persetujuan khusus untuk hari pertama minggu itu. Dia tidak pernah mendukung atau menyetujui satu perubahan pun dalam hukum-Nya atau mengatakan satu kata pun mengenai hari pertama untuk menggatikan hari Sabat hari ketujuh.

Yang perlu kita sadari adalah ini: Kitab Perjanjian Baru adalah mutlak (sepenuhnya), tidak mengatakan perubahan hari Sabat dari hari Sabtu kepada hari Minggu untuk menghormati hari kebangkitan-Nya. Tidak satu ayat pun terdapat di situ. Yesus dan masing-masing murid-murid-Nya adalah pemelihara-pemelihara hari Sabat. Kata-kata-Nya bergemah sepanjang zaman, “sekarang jika kamu tahu semua ini, berbahagialah kamu jika kamu melakukannya.” (Yoh 13:17).

 

Artikel Terkait:

1. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (4)

WARISAN

Memuji Allah Dengan Musik yang Semarak Dan Merdu[AkhirZaman.org] Akan ada musik di sana, dan juga nyanyian, musik dan nyanyian mana tidak ada telinga yang fana pernah mendengarnya atau pikiran fana pernah memahaminya, yang terdapat dalam penglihatan akan Allah.... ...
48 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (3)

WARISAN

Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman akan berlangsung, dan kitab-kitab dibukakan; bilamana ucapan ‘sabaslah‘ dari Hakim agung itu diumumkan, dan mahkota kemuliaan yang kekal diletakan pada dahi pemenang, banyak yang akan mengangkat mahkota mereka di depan mata perhimpunan alam semesta&n...
87 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (2)

WARISAN

Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang lain penuh dengan segala jenis bunga-bunga, dan pada waktu saya memetiknya saya berseru, kembang-kembang ini tidak akan pernah layu. Selanjutnya saya melihat padang rumput yang tinggi, sangat indah untuk dipandang; ...
90 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (1)

WARISAN

Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan kebenaran-Nya, yang akan menyediakan bagi kita sebuah paspor ke Surga.-Surat 6b, 1890. ...
96 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. KEMBALINYA KRISTUS (2)

KEMBALINYA

Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam persembunyian di gunung-gunung, di dalam gua-gua dan lubang-lubang tanah, Juru selamat menyatakan hadirat-Nya dan kemuliaan-Nya. ...
104 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. KEMBALINYA KRISTUS (1)

KEMBALINYA

Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa bumi dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas bumi. Begitu hebatnya gempa bumi itu' (Wahyu 16:17, 18). Tampaknya langit sepeti terbuka dan tertutup. ...
110 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR DAN ORANG BENAR (3)

TUJUH

Umat Allah Tidak Menyukai Keinginan yang Keji[AkhirZaman.org] Sekarang ini, sementara Imam Besar mengadakan pendamaian demi kita, maka kita harus berusaha untuk menjadi sempurna di dalam Kristus. ...
118 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR DAN ORANG BENAR (2)

TUJUH

Hukuman Mati Serupa Dengan yang Dikeluarkan Oleh Ahasyweros[AkhirZaman.org] Perintah yang pada akhirnya dikeluarkan terhadap umat Allah yang sisa akan sangat serupa dengan perintah yang dikeluarkan oleh Ahasyweros terhadap orang Yahudi. ...
135 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. [RH] ANGKATLAH PIALA KEMENANGANMU

[RH]

Aku akan mengangkat piala keselamatan dan akan menyerukan nama Tuhan. Mazmur 116: 13 [AkhirZaman.org] Apakah engkau salah seorang yang berbuat salah? Pergilah kepada Yesus dan mintalah Dia mengampunimu, kemudian percayalah bahwa la melakukannya. "Jika kita mengaku dosa kita, maka la adalah setia dan adil, sehingga la akan mengampuni segala dosa k...
137 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR DAN ORANG BENAR (1)

TUJUH

(Masa Kesusahan Besar, Bagian II)Masa Kesusahan Besar Dimulai Sesudah Penutupan Pintu Kasihan[AkhirZaman.org] Bilamana Kristus berhenti dari pekerjaan-Nya sebagai pengantara demi umat manusia barulah masa kesusahan itu dimulai. kemudian kasus setiap jiwa sudah akan diputuskan, dan tidak ada lagi darah penebusan untuk membersihkan dosa. ...
138 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
[RH] DIRI HARUS MATI
Dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa...
Read More...
IMAGE
[RH] PANDANG TERUS KE ATA...
Karena kita mempunyai banyak saksi bagaikan awan yang mengelilingi kita,...
Read More...
IMAGE
[RH] KEHIDUPAN YANG SENAN...
Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki...
Read More...
IMAGE
BERANI DI DALAM TUHAN
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang...
Read More...
IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
Jenis-jenis Penyakit dan ...
Adenoids (Membesarnya hulu kerongkongan ) [AkhirZaman.org] Adenoids terdiri...
Read More...
IMAGE
HRW (Human Rights Watch) ...
[AkhirZaman.org] Catatan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tentang...
Read More...
IMAGE
Badai Terjang Belanda, Pe...
[AkhirZaman.org] Tiga orang tewas di Belanda, kemarin, akibat badai yang juga...
Read More...
IMAGE
Bill Gates Lunasi Utang N...
[AkhirZaman.org] Miliarder Amerika Serikat (AS) Bill Gates kembali menunjukkan...
Read More...
IMAGE
Tidak Menggunakan Nama Re...
[AkhirZaman.org] Korea Utara (Korut) menyebut tingkah laku Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Trump Tuding Rusia Bantu ...
[AkhirZaman.org] Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menuding Rusia...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...

Data Kunjungan

017239849
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
3046
19688
87334
81804
233157
16583202
17239849

IP Anda: 54.227.6.156
Tanggal: 2018-01-20 03:49:07

Online Saat Ini

We have 216 guests and no members online