1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Pencipta Berkata Ingatlah: Pertanyaan Anda Dijawab (3)

 

coast 123 Copy[AkhirZaman.org] Pertanyaan 5: Apakah rasul mengajarkan bahwa kita tidak boleh saling menghakimi dari hal hari Sabat dan tidak perlu memelihara hari Sabat? Bukankah semua itu terserah kepada kata hati, maupun pendapat pribadi?

Jawaban: Ini satu pertanyaan bagus. Sebelum kita menjawabnya, ada satu prinsip Alkitab yang perlu diperhatikan. Dalam mempelajari Alkitab, kita harus selalu membiarkan bagian yang jelas menerangkan mana yang tidak jelas. Kita tidak boleh mengabaikan seratus ayat yang jelas mengenai topik tertentu hanya karena satu atau dua hal yang sukar dimengerti.

Dengan prinsip seperti itu di dalam pikiran, mari kita baca kembali ayat yang menjadi pertanyaan itu. Dalam Kolosi 2:13-17 Paulus menulis: “Kamu juga meskipun dahulu mati oleh karena pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah, tetapi dihidupkan Allah bersama-sama dengan Dia. Sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita, (ayat 13) dengan menghapuskan surat utang yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan melakukannya pada kayu salib; (ayat 14). Ia telah melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan mereka tontonan umum dalam kemenangan-Nya atas mereka (ayat 15). Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru atau pun hari Sabat (ayat 16). Semuanya itu hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah Kristus (ayat 17).”

Apa maksud Paulus ketika dia berkata, “…jangan biarkan seorang pun menghukum engkau…mengenai hari Sabat” (ayat 16). Mari kita menyelidikinya: Dalam ayat 13 Paulus menulis bahwa melalui Yesus kita dihidupkan dari kematian rohani kepada kehidupan rohani. Yesus mati supaya kita beroleh hidup. Dalam ayat 14, ungkapan “menghapuskan surat utang” adalah ungkapan bahasa Yunani yang berarti “terikat oleh utang.” Ungkapan itu sama dengan ungkapan “saya berutang kepadamu.” Kalau saya meminjam uang 500 dolar dari Anda, saya akan membubuhkan tanda “IOU” bersama-sama dengan tanda tangan saya pada bagian bawah surat perjanjian yang menyatakan utang saya pada anda. Dengan cara seperti itulah, kita berutang perbuatan besar kepada hukum Allah. Kegagalan berbuat sesuai dengan standar hukum Allah yang agung berarti kematian (Rm 6:23); kita “Semua sudah berdosa” (Rm 3:23). Oleh sebab itu kita semua patut mati. Tetapi Yesus menghidukan satu kehidupan yang sempurna—hidup yang seharusnya kita hidupkan. Dia juga mati siksa – kematian yang sepatutnya bagi kita. Dengan kata lain Dia sudah membayar utang kita. Dia membayar “IOU”, utang kita. Jadi kita dilepaskan dari hukuman pelanggaran kita kepada hukum itu (Rm 8:1).

Sistem korban pada zaman Perjanjian Lama, dengan mempersembahkan domba, adalah wujud atau manifestasi yang dapat dilihat akan ikatan utang itu – Jalan ke kaabah adalah jalan yang dilumuri oleh darah (Ibr 9:22; Im 17:11). Tapi Paulus menulis bahwa “di dalam Kristus” sistem persembahan korban itu sudah digenapi. (Kol 2:16, 17). Semua peraturan korban yang menunjuk kepada kedatangan Kristus sudah dihapus. Paulus dengan tegas menyatakan bahwa, “Semua upacara itu hanya bayangan untuk sesuatu yang akan datang… (ayat 17).

Jadi hari-hari Sabat yang ditulis Paulus dalam ayat 16 pasti ditujukan kepada hari-hari Sabat yang hanya menjadi bayangan dari sesuatu yang akan datang. Pertanyaan yang logis seharusnya adalah, hari-hari Sabat manakah yang Paulus maksudkan? Apakah ada dua jenis hari Sabat? Apakah ada hari Sabat yang menunjukkan kepada sesuatu? Seperti sudah kita temukan, hari Sabat hari ketujuh dari Sepuluh perintah Allah bukanlah bayangan dari sesuatu yang sudah pernah terjadi – yaitu masa penciptaan .

Hukum itu menyatakan: “Ingatlah dan kuduskan hari Sabat: enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, tetapi hari ketujuh adalah Sabat Tuhan Allahmu” (kel 20:8-10).

Ayat 11 jelas memberikan alasan atas perintah Allah tersebut: “Sebab enam hari lamanya Tuhan menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya Tuhan memberkati hari Sabat dan menguduskannya.”

Hari Sabat hari ketujuh adalah satu peringatan yang terus dan abadi untuk kebenaran adanya penciptaan. Hari itu mengingatkan kita bahwa kita bukan terjadi karena hasil evolusi. Allahlah yang menciptakan kita. Karena Dia adalah Khalik dan kita adalah hasil ciptaan-Nya, menyebabkan Dia patut kita sembah.

Oleh karena Sabat hari ketujuh dari Sepuluh Perintah adalah peringatan akan sesuatu yang sudah terjadi sebelumnya, apakah yang ditulis Rasul Paulus dari hal Sabat? Dalam Ibrani 10:1 Paulus menulis: “Di dalam Hukum Taurat hanya terdapat bayangan saja dari keselamatan yang akan datang, dan bukan hakikat dari keselamatan itu sendiri. Karena itu dengan korban yang sama, yang setiap tahun terus-menerus dipersembahan, hukum Taurat tidak mungkin menyempurnakan mereka yang datang mengambil bagian di dalamnya.”

sunshine beach coast CopyDalam ayat itu Paulus menulis mengenai hukum upacara korban. Yehezkiel 45:15-18 mengatakan bahwa persembahan makanan, persembahan minuman, hari raya bulan baru, hari-hari Sabat untuk upacara-upacara adalah bagian dari hukum upacara korban yang menunjukkan kepada kedatangan Mesias. Jadi ada tipe lain dari hari Sabat yang dimaksudkan oleh Alkitab.

Dalam Imamat 23, kedua tipe hari Sabat disebutkan. Seluruh pasal itu, Allah memerintahkan kepada Musa hari-hari Raya dan hari perkumpulan bagi orang Israel yang harus disucikan. Dalam ayat 3, Allah mengingatkan Musa tentang hari Sabat hari ketujuh itu adalah hari Sabat setiap minggu, satu “hari pertemuan kudus.” Seluruh ayat berikutnya dalam pasal itu mencatat hari raya upacara tahunan yang diminta Allah untuk dirayakan bangsa Israel. Hari-hari Raya itu ada tujuh: hari Raya Paskah, hari Raya Roti Tidak Beragi, hari Raya Pentakosta, hari Raya Unjukan, hari Raya Nafiri, hari Raya Perdamaian, dan hari Raya Pondok Daun.

Mari kita teliti hari-hari raya itu secara ringkas. Kalender pertanian Yahudi dibagi menjadi dua musim yaitu musim semi dan musim gugur. Jadi ada hari-hari raya musim semi dan hari-hari raya musim gugur. Hari Raya Paskah, hari Raya Roti tidak beragi dan hari Raya Pentakosta dan hari Raya Unjukan adalah hari-hari raya pada musim semi. Hari raya Nafiri, hari raya perdamaian dan hari raya Pondok Daun adalah hari-hari raya pada musim gugur. Hari-hari raya musim semi menunjuk kepada kedatangan Yesus yang pertama. Hari-hari raya pada musim gugur menunjuk pada peristiwa-peristiwa sesudah kedatangan Yesus yang pertama – yaitu kedatangan-Nya yang kedua kali.

Tetapi yang penting adalah bahwa dalam seluruh ayat-ayat Imamat pasal 23 ada beberapa keterangan yang ditujukan kepada hari-hari raya tersebut sebagai satu hari “Sabat.” Sebagai Contoh, Imamat 23:24 menerangkan hari raya Nafiri sebagai satu “hari Sabat perhentian” (New King James Version). Terjemahan yang lebih baru mengatakan hari itu sebagai hari perhentian (kata Ibrani yang asli adalah “Shabbath”). Ayat 32 memerintahkan menjadi satu hari Sabat perhentian” Oleh karena hari raya Nafiri dirayakan pada hari pertama pada bulan ketujuh dan hari raya Perdamaian adalah pada tanggal 10 pada bulan yang sama, maka kedua hari tersebut tidaklah mungkin hari ketujuh Sepuluh Hukum.

Imamat 23:17 menolong kita untuk membedakan kedua hari tersebut. Ayat itu berbunyi: “Itulah hari-hari raya yang ditetapkan Tuhan, yang harus kamu maklumkan sebagai hari pertemuan kudus untuk mempersembahkan korban api-apian kepada Tuhan, yaitu korban bakaran dan korban sajian, korban sembelihan dan korban-korban curahan, setiap hari sebanyak yang ditetapkan untuk hari itu, belum termasuk hari – hari Sabat Tuhan dan belum termasuk persembahan-persembahan persembahanmu atau segala korban nazarmu atau segala korban sukarelamu, yang kamu hendak persembahkan kepada Tuhan.”

Orang Israel harus menghormati dan menyucikan hari-hari raya itu dan juga semua peraturan-peraturan-Nya sebagai tambahan kepada hari Ketujuh hari Sabat Tuhan Allah. Semua hari-hari raya itu menunjuk kepada kedatangan Mesias. Ketika Yesus sudah datang semua hari-hari raya itu sudah digenapi.

Jadi sebagai intisarinya Paulus mengatakan, “…janganlah seorang pun menghukumkan kamu akan apa yang kamu makan atau minum, atau yang ada hubungannya dengan hari-hari raya agama, hari raya bulan baru atau pun tujuh hari raya Sabat tahunan yang semua hanyalah bagian dari sistem upacara korban yang menunjuk kepada kedatangan Kristus. Semua itu hanyalah bayangan akan sesuatu yang akan datang. Tetapi wujudnya adalah Kristus.” Sesungguhnya Paulus tidak bermaksud meniadakan hari Sabat hari ketujuh dari Sepuluh Hukum Allah.

 

 

Artikel Terkait:

1. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (4)

WARISAN

Memuji Allah Dengan Musik yang Semarak Dan Merdu[AkhirZaman.org] Akan ada musik di sana, dan juga nyanyian, musik dan nyanyian mana tidak ada telinga yang fana pernah mendengarnya atau pikiran fana pernah memahaminya, yang terdapat dalam penglihatan akan Allah.... ...
50 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (3)

WARISAN

Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman akan berlangsung, dan kitab-kitab dibukakan; bilamana ucapan ‘sabaslah‘ dari Hakim agung itu diumumkan, dan mahkota kemuliaan yang kekal diletakan pada dahi pemenang, banyak yang akan mengangkat mahkota mereka di depan mata perhimpunan alam semesta&n...
89 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (2)

WARISAN

Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang lain penuh dengan segala jenis bunga-bunga, dan pada waktu saya memetiknya saya berseru, kembang-kembang ini tidak akan pernah layu. Selanjutnya saya melihat padang rumput yang tinggi, sangat indah untuk dipandang; ...
92 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (1)

WARISAN

Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan kebenaran-Nya, yang akan menyediakan bagi kita sebuah paspor ke Surga.-Surat 6b, 1890. ...
98 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. KEMBALINYA KRISTUS (2)

KEMBALINYA

Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam persembunyian di gunung-gunung, di dalam gua-gua dan lubang-lubang tanah, Juru selamat menyatakan hadirat-Nya dan kemuliaan-Nya. ...
106 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. KEMBALINYA KRISTUS (1)

KEMBALINYA

Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa bumi dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas bumi. Begitu hebatnya gempa bumi itu' (Wahyu 16:17, 18). Tampaknya langit sepeti terbuka dan tertutup. ...
112 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR DAN ORANG BENAR (3)

TUJUH

Umat Allah Tidak Menyukai Keinginan yang Keji[AkhirZaman.org] Sekarang ini, sementara Imam Besar mengadakan pendamaian demi kita, maka kita harus berusaha untuk menjadi sempurna di dalam Kristus. ...
120 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR DAN ORANG BENAR (2)

TUJUH

Hukuman Mati Serupa Dengan yang Dikeluarkan Oleh Ahasyweros[AkhirZaman.org] Perintah yang pada akhirnya dikeluarkan terhadap umat Allah yang sisa akan sangat serupa dengan perintah yang dikeluarkan oleh Ahasyweros terhadap orang Yahudi. ...
137 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. [RH] ANGKATLAH PIALA KEMENANGANMU

[RH]

Aku akan mengangkat piala keselamatan dan akan menyerukan nama Tuhan. Mazmur 116: 13 [AkhirZaman.org] Apakah engkau salah seorang yang berbuat salah? Pergilah kepada Yesus dan mintalah Dia mengampunimu, kemudian percayalah bahwa la melakukannya. "Jika kita mengaku dosa kita, maka la adalah setia dan adil, sehingga la akan mengampuni segala dosa k...
139 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR DAN ORANG BENAR (1)

TUJUH

(Masa Kesusahan Besar, Bagian II)Masa Kesusahan Besar Dimulai Sesudah Penutupan Pintu Kasihan[AkhirZaman.org] Bilamana Kristus berhenti dari pekerjaan-Nya sebagai pengantara demi umat manusia barulah masa kesusahan itu dimulai. kemudian kasus setiap jiwa sudah akan diputuskan, dan tidak ada lagi darah penebusan untuk membersihkan dosa. ...
140 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
[RH] SETIAP ORANG MENURUT...
Sebab hal kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar...
Read More...
IMAGE
[RH] KHIDMATNYA PENGHAKIM...
Maka la akan menjawab mereka, Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala...
Read More...
IMAGE
[RH] PERSATUAN YANG DICAR...
Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
[RH] DIRI HARUS MATI
Dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa...
Read More...
IMAGE
China Sebut AS Pembuat On...
[AkhirZaman.org] Surat kabar China menyebut Amerika Serikat sebagai pembuat...
Read More...
IMAGE
Menguak Tempat Rahasia K...
[AkhirZaman.org] Umumnya perhiasan disimpan di dalam lemari atau brankas. Itu...
Read More...
IMAGE
Pilih Diet Sama Sulitnya ...
[AkhirZaman.org] Sebagai seorang ahli gizi, seringkali diberi pertanyaan dari...
Read More...
IMAGE
HRW (Human Rights Watch) ...
[AkhirZaman.org] Catatan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tentang...
Read More...
IMAGE
Badai Terjang Belanda, Pe...
[AkhirZaman.org] Tiga orang tewas di Belanda, kemarin, akibat badai yang juga...
Read More...
IMAGE
Tujuh Cara Meredam Stress...
[AkhirZaman.org] Apakah Anda pernah mengalami kesulitan mengatasi anak-anak...
Read More...
IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...

Data Kunjungan

017270901
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
7585
6139
13724
104662
264209
16583202
17270901

IP Anda: 54.226.179.247
Tanggal: 2018-01-22 14:59:18

Online Saat Ini

We have 103 guests and no members online