1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Pencipta Berkata Ingatlah: Abad demi Abad Memberi Kesaksian (2)

 

sngai nil Copy[AkhirZaman.org] Dalam artikel nubuatan lalu kita telah melihat bukti sejarah dari abad pertama sampai abad kedua tentang peralihan pemeliharaan Sabat Alkitab kepada hari Minggu melalui suatu proses yang begitu panjang dan bertahap. Sekarang kita akan melihat dari abad ketiga sampai abad kelima.

Abad Ketiga
Mesir. (Oxyrhynchus Papyrus, 200-259 M). “Kecuali kamu membuat hari Sabat itu sungguh-sungguh hari Sabat (dalam bahasa Yunaninya, mensabatkan hari Sabat), maka kamu tidak akan melihat Bapa.” (The Oxyrhychus Papyrus, bagian 1, hal. 3, Logion 2, ayat 4-11, London: Offices of The Egypt Exploration Fund, 1898).

Orang Kristen yang mula-mula. “Hari Sabat hari ketujuh telah dikuduskan oleh Kristus, para rasul dan orang Kristen mula-mula, sampai Konsili Laodikia mengeluarkan perintah menghapuskan pemeliharaannya.” (Dissertation on the Lord’s Day, hal. 33, 34, 44).

Dari Palestina sampai ke India (Gereja di Bagian Timur). Pada permulaan tahun 225 M terdapat satu persekutuan bishop atau persekutuan Gereja Bagian Timur (pemelihara hari Sabat) dari Palestina sampai India. (Mingana, Early Spread of Christianity, jilid 10, hal. 460).

India (Perjuangan orang Budha, 220). Dinasti Kishan di India Utara mengadakan satu majelis di kalangan imam orang Budha di Vaisalia untuk kesepakatan pendapat di lingkungan mereka sehubungan dengan pemeliharaan hari Sabat pada setiap minggu (pekan). Beberapa dari antara mereka sangat terkesan dengan tulisan di Perjanjian Lama sehingga mereka mulai pengudusan hari Sabat. (Lloyd, The Creed of Hlaf Japan, hal. 23).

Abad Keempat
Italia dan Timur. “Kebiasaan umum di Gereja-gereja bagian Timur; dan juga beberapa gereja di bagian barat…. Karena Gereja Millaine (Milan); …kelihatannya hari Sabtu itu telah dipelihara dengan sebaik-baiknya… Hal itu bukanlah karena Gereja-gereja di timur, atau yang lain yang memelihara hari itu, cenderung untuk mengikuti paham Yahudi (Yudaisme); tetapi mereka berkumpul bersama-sama pada hari Sabtu untuk menyembah Yesus Kristus yang adalah Tuhan atas hari Sabat.” (History of the Sabbath, bagian 2, alinea 5, hal. 73, 74, London: 1636, Dr. Heylyn).

Konsili Laodikia (tahun 365). “Kanon 16 – Pada hari Sabtu kitab Injil dan beberapa bagian yang lain dari Alkitab akan dibaca dengan nyaring.” “Kanon 29 – Orang-orang Kristen tidak boleh meng-Yahudikan dirinya dan bermalas-malas di hari Sabtu, tetapi harus melakukan pekerjaan di hari itu; dan pada hari Tuhan (hari Minggu) mereka harus secara istimewa menghormatinya; dan sebagai orang Kristen, sedapat-dapatnya, tidak melakukan pekerjaan pada hari itu.” (Hefele’s Councils, jilid 2, bab 6).

Oang Timur. “Orang Kristen yang mula-mula sangatlah teliti dalam pemeliharaan Sabat atau hari ketujuh. Gereja-gereja orang Timur dan sebagian besar dari dunia ini, harus memelihara hari Sabat sebagai hari raya…. Athanasius memberitahukan kepada kita bahwa mereka mengadakan pertemuan rohani pada hari Sabat, bukan karena mereka dipengaruhi oleh paham orang Yahudi, tetapi untuk beribadah kepada Yesus, yang menjadi Tuhan atas hari Sabat itu, dan Epiphanius juga menyatakan hal yang sama.” (Antiquities of the Christian Church, jilid 2, buku 20, bab 3, bagian 1, 66, hal. 1137, 1138).

Abbisinia. “Pada setengah abad yang terakhir pada abad tersebut St. Ambrose dari Milan menyatakan secara resmi bahwa bishop orang Abbisinia, Museus, telah ‘mengadakan perjalanan hampir di seluruh negeri Seres’ (China). Lebih dari tujuh belas abad Gereja orang Abbisinia terus menguduskan hari Sabat sebagai hari kudus yang berkaitan dengan hukum keempat.” (Ambrose, De Moribus, Brachmanorium Opera Omnia , 1132, yang didapatkan di Migne, Patroligia Latina, jilid 17, hal. 1131-1132).

Spanyol (Konsili Elvira tahun 305). Kanon 26 dari Konsili Elvira mengatakan bahwa gereja bangsa Spanyol pada saat itu memelihara hari Sabat, hari ketujuh. “Sehubungan dengan berpuasa pada setiap Sabtu (Sabat): Diputuskan, bahwa kesalahan tentang berpuasa pada hari Sabat itu patut diperbaiki.” Resolusi konsili ini merupakan perlawanan secara langsung terhadap kebijakan yang diresmikan oleh gereka Roma, yang memerintahkan agar hari Sabat merupakan hari puasa dengan tujuan merendahkannya dan memaksakan hal itu kepada seluruh rakyat.

Persia (tahun 335-375, 40 tahun penganiayaan di bawah kekuasaan Shapur II). Persungutan terhadap orang Kristen —“Mereka menghina dewa matahari kita, mereka mengadakan upacara perbaktian pada hari Sabtu, mereka menajiskan bumi yang suci ini dengan menguburkan orang mati di dalamnya.” (Truth Triumphant, hal. 170).

Abad Kelima
grjyrslm CopyOrang Kristen abad kelima. Sampai pada abad kelima ini pun pemeliharaan hari Sabat orang Yahudi tetap berlangsung di gereja orang Kristen. (Ancient Christianity Exemplified, Lyman Coleman, bab 26, bagian 2, hal. 527).

Pada zaman Jerome (420 M). Orang-orang Kristen yang paling tekun beragama melakukan pekerjaannya sehari-hari pada hari Minggu. (Treaties of the Sabbat Day, oleh Dr. White, Lord Bishop of Ely, hal. 219).

Perancis. “Itulah sebabnya, kecuali kebaktian malam dan musik malam hari, tidak terdapat kebaktian umum di malam hari di kalangan mereka pada hari itu kecuali pada hari Sabtu (Sabat) dan hari Minggu.” (John Cassian, seorang biarawan orang Perancis, Institutes, Buku 3, bab 2).

Afrika. “Agustine mengungkapkan bahwa ada dua gereja yang berdekatan di Afrika, yang satu memelihara hari Sabat hari ketujuh, sedangkan satunya lagi berpuasa pada hari itu.” (Dr. Peter Heylyn, The History of the Sabbath, hal. 416).

Spanyol. “Ambrose menguduskan hari ketujuh sebagai hari Sabat (sebagaimana dikatakannya sendiri). Ambrose mempunyai pengaruh besar di Spanyol, yang juga adalah pemelihara hari Sabtu sebagai hari Sabat.” (Truth Triumphant, hal. 68).

Sidonius (berbicara tentang Raja Theodoric dari bangsa Goth, tahun 454-526 M). “Memang telah menjadi kebiasaan sejak semula di bagian timur untuk memelihara hari Sabat dengan cara yang sama seperti hari Tuhan dan mengadakan pertemuan kudus. Sedangkan orang-orang di bagian barat, yang mempertahankan hari Tuhan, telah melalaikan perayaan hari Sabat.” (Apollinaris Sidoni Epistole, lib. 1, 2; Migne, 57).

Italia-Milan. “Ambrose, bishop Milan yang terkenal, mengatakan bahwa ketika ia berada di Milan ia memelihara Sabat, namun bila ia berada di Roma ia memelihara hari Minggu. Ini seperti kata peribahasa, ‘Bila kamu berada di Roma, lakukanlah apa yang Roma praktikkan.’” (Heylyn, The History of the Sabbath, 1612).

Konstantinopel. “Penduduk Kontantinopel, hampir di setiap tempat, berkumpul bersama-sama pada hari Sabat, sama seperti pada hari pertama, kebiasaan mana tidak terdapat di Roma atau Alexandria.” (Socrates, Ecclesiastical History, Buku 7, bab 19).

Mesir. “Ada beberapa kota dan desa di Mesir di mana, bertentangan dengan kebiasaan di tempat yang lain, orang-orang berkumpul bersama pada hari Sabat petang, dan walaupun mereka sudah makan sebelumnya, akan mengambil bagian dalam perjamuan Tuhan.” (Sozomen, Ecclesiastical History, Buku 7, bab 19).

Paus Innocent (402-417). Paus Sylvester (314-335) merupakan orang pertama yang memerintahkan gereja-gereja untuk berpuasa pada hari Sabtu, dan Paus Innocent (401-417) membuat hal itu satu peraturan di semua gereja yang mengikuti dia. (Hal ini dibuat atau diatur agar hari Sabat menjadi beban supaya tidak disukai). “Innocenttius menjadikan hari Sabtu atau hari Sabat untuk berpuasa.” (Dr. Peter Heylyn, History of the Sabbath, Bagian 2, bab 2, hal. 44).

 

 

Artikel Terkait:

1. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (4)

WARISAN

Memuji Allah Dengan Musik yang Semarak Dan Merdu[AkhirZaman.org] Akan ada musik di sana, dan juga nyanyian, musik dan nyanyian mana tidak ada telinga yang fana pernah mendengarnya atau pikiran fana pernah memahaminya, yang terdapat dalam penglihatan akan Allah.... ...
47 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (3)

WARISAN

Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman akan berlangsung, dan kitab-kitab dibukakan; bilamana ucapan ‘sabaslah‘ dari Hakim agung itu diumumkan, dan mahkota kemuliaan yang kekal diletakan pada dahi pemenang, banyak yang akan mengangkat mahkota mereka di depan mata perhimpunan alam semesta&n...
86 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (2)

WARISAN

Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang lain penuh dengan segala jenis bunga-bunga, dan pada waktu saya memetiknya saya berseru, kembang-kembang ini tidak akan pernah layu. Selanjutnya saya melihat padang rumput yang tinggi, sangat indah untuk dipandang; ...
89 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (1)

WARISAN

Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan kebenaran-Nya, yang akan menyediakan bagi kita sebuah paspor ke Surga.-Surat 6b, 1890. ...
95 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. KEMBALINYA KRISTUS (2)

KEMBALINYA

Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam persembunyian di gunung-gunung, di dalam gua-gua dan lubang-lubang tanah, Juru selamat menyatakan hadirat-Nya dan kemuliaan-Nya. ...
103 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. KEMBALINYA KRISTUS (1)

KEMBALINYA

Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa bumi dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas bumi. Begitu hebatnya gempa bumi itu' (Wahyu 16:17, 18). Tampaknya langit sepeti terbuka dan tertutup. ...
109 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR DAN ORANG BENAR (3)

TUJUH

Umat Allah Tidak Menyukai Keinginan yang Keji[AkhirZaman.org] Sekarang ini, sementara Imam Besar mengadakan pendamaian demi kita, maka kita harus berusaha untuk menjadi sempurna di dalam Kristus. ...
117 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR DAN ORANG BENAR (2)

TUJUH

Hukuman Mati Serupa Dengan yang Dikeluarkan Oleh Ahasyweros[AkhirZaman.org] Perintah yang pada akhirnya dikeluarkan terhadap umat Allah yang sisa akan sangat serupa dengan perintah yang dikeluarkan oleh Ahasyweros terhadap orang Yahudi. ...
134 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. [RH] ANGKATLAH PIALA KEMENANGANMU

[RH]

Aku akan mengangkat piala keselamatan dan akan menyerukan nama Tuhan. Mazmur 116: 13 [AkhirZaman.org] Apakah engkau salah seorang yang berbuat salah? Pergilah kepada Yesus dan mintalah Dia mengampunimu, kemudian percayalah bahwa la melakukannya. "Jika kita mengaku dosa kita, maka la adalah setia dan adil, sehingga la akan mengampuni segala dosa k...
136 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR DAN ORANG BENAR (1)

TUJUH

(Masa Kesusahan Besar, Bagian II)Masa Kesusahan Besar Dimulai Sesudah Penutupan Pintu Kasihan[AkhirZaman.org] Bilamana Kristus berhenti dari pekerjaan-Nya sebagai pengantara demi umat manusia barulah masa kesusahan itu dimulai. kemudian kasus setiap jiwa sudah akan diputuskan, dan tidak ada lagi darah penebusan untuk membersihkan dosa. ...
137 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
[RH] DIRI HARUS MATI
Dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa...
Read More...
IMAGE
[RH] PANDANG TERUS KE ATA...
Karena kita mempunyai banyak saksi bagaikan awan yang mengelilingi kita,...
Read More...
IMAGE
[RH] KEHIDUPAN YANG SENAN...
Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki...
Read More...
IMAGE
BERANI DI DALAM TUHAN
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
HRW (Human Rights Watch) ...
[AkhirZaman.org] Catatan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tentang...
Read More...
IMAGE
Badai Terjang Belanda, Pe...
[AkhirZaman.org] Tiga orang tewas di Belanda, kemarin, akibat badai yang juga...
Read More...
IMAGE
Bill Gates Lunasi Utang N...
[AkhirZaman.org] Miliarder Amerika Serikat (AS) Bill Gates kembali menunjukkan...
Read More...
IMAGE
Tidak Menggunakan Nama Re...
[AkhirZaman.org] Korea Utara (Korut) menyebut tingkah laku Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Trump Tuding Rusia Bantu ...
[AkhirZaman.org] Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menuding Rusia...
Read More...
IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
Jenis-jenis Penyakit dan ...
Adenoids (Membesarnya hulu kerongkongan ) [AkhirZaman.org] Adenoids terdiri...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...

Data Kunjungan

017230835
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
13720
4822
78320
81804
224143
16583202
17230835

IP Anda: 54.234.0.2
Tanggal: 2018-01-19 16:25:30

Online Saat Ini

We have 306 guests and no members online