1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Misteri Di Balik Mumi (1)

 

msrmmy Copy[AkhirZaman.org] Ketika makam Raja Tut ditemukan pada tahun 1922, penemuan ini telah membukakan dunia pemahaman baru dan lebih lengkap dari budaya dan kepercayaan Mesir. Lebih dari 5.000 harta tak ternilai ditemukan di makam Raja Tut. Padahal, Raja Tut adalah salah satu dari Firaun yang termiskin! Dia meninggal pada tahun 1350 SM pada usia muda sembilan belas tahun.

Orang Mesir percaya bahwa ketika seseorang meninggal, dia akan dibawa melintasi sungai Nil. Di sisi lain sungai ini, dia akan bertemu Osiris (dewa kematian), dan, bersama dengan Osiris, akan memulai perjalanan ke alam baka.

Raja Tut sungguh-sungguh mempersiapkan segala sesuatunya untuk perjalanan ke alam baka. Orang Mesir percaya bahwa seseorang membutuhkan semua hal yang dia miliki untuk digunakan di alam baka. Dengan demikian mereka dikuburkan menjadi satu dengan kekayaan, perlengkapan, peralatan, dan fasilitas lain yang mereka miliki dalam piramida mereka. Jadi semakin banyak yang Firaun miliki, maka semakin nyaman kehidupan Firaun di alam baka berdasarkan kepercayaan orang Mesir.

Pertanyaan: Apa yang orang Mesir percayai mengenai kehidupan setelah kematian, mumifikasi, dan kehidupan selanjutnya?

Beberapa ahli di Mesir datang untuk meneliti mengenai mumifikasi. Tapi pertanyaannya adalah mengapa orang Mesir sangat serius dalam mengawetkan tubuh? Karena orang Mesir percaya bahwa ketika seseorang meninggal, ia akan terus hidup dalam bentuk lain dan di dunia lain tepat setelah mereka meninggal. Dan unsur orang yang hidup setelah kematian dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan identitasnya di alam baka.

Tapi apakah nilai atau manfaat dalam praktek mereka menjadi mumi bagi orang yang sudah mati? Apakah orang Mesir mengetahui suatu rahasia tentang kematian yang kita tidak ketahui?

Yang menarik adalah, dengan masuknya ke-Kristen-an ke Mesir, praktek membuat mumifikasi berangsur-angsur menghilang. Apa yang orang-orang Kristen ajarkan yang menuntun orang Mesir untuk meninggalkan/berhenti memumikan orang mati? Apa yang terjadi kepada seseorang ketika ia mati? Apakah dia pergi ke Surga? Atau apakah dia pergi ke Neraka? Atau apakah orang mati pergi ke Purgatory/Api Penyucian? Atau apakah orang mati akan mengalami reinkarnasi kepada bentuk yang lebih tinggi atau lebih rendah sama seperti yang diajarkan oleh salah satu agama? Adakah kehidupan tepat setelah kematian?

Orang Mesir percaya ada kehidupan tepat setelah kematian. Itulah mengapa mereka begitu peduli dengan membuat mumi mayat mereka yang mati.

Alkitab sendiri memberikan pertanyaan ini tentang kehidupan setelah kematian. Ayub 14:14 berkata, “Kalau manusia mati, dapatkah ia hidup lagi?”

Kemana kita harus pergi untuk mendapat jawaban dari pertanyaan itu? Kepada orang Mesir? Atau kepada Firman Tuhan? Mana yang kita pilih?

Kita akan pergi ke Alkitab untuk menemukan jawaban atas pertanyaan, "Jika seseorang mati, akankah hidup lagi?"

Kita akan melihat misteri terbesar sepanjang zaman: Apa yang terjadi ketika seseorang meninggal?

Ini adalah misteri yang orang Mesir kuno tidak pernah bisa mengerti sepenuhnya. Apa yang terjadi pada seseorang ketika dia meninggal? Apakah orang mati pernah hidup lagi? Kita akan mendapatkan jawaban dari Alkitab.

Yesaya 26:19, Alkitab mengatakan, “Ya, TUHAN, orang-orang-Mu yang mati akan hidup pula, mayat-mayat mereka akan bangkit pula. Hai orang-orang yang sudah dikubur di dalam tanah bangkitlah dan bersorak-sorai! Sebab embun TUHAN ialah embun terang, dan bumi akan mengeluarkan orang mati (KJV) kembali.”

Tapi pertanyaannya: Kapan orang-orang mati akan hidup kembali? Apakah ini berbicara tentang kebangkitan? Atau apakah orang mati hidup dalam satu bentuk lain setelah kematian. Dan jika demikian, pertanyaannya adalah apakah orang mati benar-benar mati?

Tapi ada pertanyaan lain, yang jika kita bisa menjawab, akan membantu kita untuk memahami semua pertanyaan lain mengenai kematian dan jiwa.

mummy CopyIni pertanyaannya: Kodrat alamiah apa yang manusia miliki? Apakah manusia itu Fana atau Abadi?

Fana, tentu saja, artinya TAKLUK kepada kematian

Abadi, artinya jelas kebalikan dari Fana. Yaitu TIDAK takluk kepada kematian.

Jadi, kita ini manusia fana, atau abadi? Orang Mesir, tentu saja percaya bahwa kita adalah manusia yang abadi. Itulah mengapa mereka begitu peduli dengan memumifikasi tubuh yang sudah mati. Bahkan ANKH (baca: ankah), bagi orang Mesir adalah simbol (hieroglif) sebenarnya kehidupan setelah kematian. Itu adalah kunci untuk keabadian.

Tapi apa yang Alkitab katakan tentang Immortal/Keabadian? 1 Timotius 6:15, 16, “Yaitu saat yang akan ditentukan oleh Penguasa yang satu-satunya dan yang penuh bahagia, Raja di atas segala raja dan Tuan di atas segala tuan. Dialah satu-satunya yang tidak takluk kepada maut.” Kita tahu bagian ini menggambarkan Allah, dan ayat 16 mengatakan, “Dialah satu-satunya yang tidak takluk kepada maut.”

Jadi Alkitab mengatakan hanya Tuhan yang memiliki keabadian, sudah kodratnya tidak bisa mati. Dari-Nya mengalir kehidupan kepada segala makhluk.

Nah, bagaimana dengan manusia? Apa kodrat yang manusia miliki? Berikut adalah jawaban dari Alkitab. Roma 6:12, “Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana.” Alkitab mengajarkan bahwa manusia adalah fana.

Mungkin Anda berpikir, ya tentu saja, yang dibicarakan ‘kan mengenai tubuh. Kita tahu bahwa tubuh adalah fana. Bahkan dengan apa yang orang Mesir lakukan untuk mengawetkan tubuh, pada akhirnya tetap saja membusuk. Tapi bisa saja Tuhan memberikan jiwa yang abadi di dalam tubuh yang fana.

Jadi pertanyaannya adalah jiwa itu fana atau abadi? Mari kita lihat apa yang Alkitab katakan dalam Yehezkiel 18:4, “Sungguh, semua jiwa Aku punya! Baik jiwa ayah maupun jiwa anak Aku punya! Dan jiwa yang berbuat dosa, itu yang harus mati.”

Terbukti sekarang, jiwa adalah fana menurut Alkitab. Ini mungkin mengejutkan bagi sebagian dari kita karena selama ini mungkin yang kita tahu adalah kita memiliki jiwa yang abadi.

Sebenarnya kata “jiwa” digunakan sebanyak 460 kali di dalam Alkitab terjemahan KJV, tetapi tidak pernah sekalipun terdapat istilah “jiwa yang abadi.” Akitab mengatakan bahwa hanya TUHAN yang abadi menurut apa yang tertulis dalam 1 Timotius 1:17, “Allah yang kekal.

Jadi mari kita renungkan: Apa yang Alkitab katakan tentang keadaan manusia dalam kematian? Apa yang terjadi ketika seseorang meninggal?

Mari kita membaca jawaban dari Pengkhotbah 9:5, “Karena orang-orang yang hidup tahu bahwa mereka akan mati, tetapi orang yang mati tak tahu apa-apa, tak ada upah lagi bagi mereka, bahkan kenangan kepada mereka sudah lenyap.”

Berapa banyak yang mereka tahu? Ayat 6 selanjutnya: “Baik kasih mereka, maupun kebencian dan kecemburuan mereka sudah lama hilang, dan untuk selama-lamanya tak ada lagi bahagian mereka dalam segala sesuatu yang terjadi di bawah matahari.” Sangat jelas, ketika seseorang mati maka dia tidak lagi memiliki rasa cinta, kebencian, iri hati, dan semua emosi lainnya.

mummification anubis ba CopyMari kita lihat ayat 10 sekarang: “Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi.” Tidak ada pengetahuan di dunia orang mati, kemana manusia pergi.

Berdasarkan ayat-ayat tadi ada sebuah pertanyaan: Berapa banyak yang orang mati ketahui? Tidak ada. Jadi apa yang sebenarnya terjadi pada saat kematian?

Orang Mesir berpikir mereka tahu. Itulah sebabnya mereka menjadikan mumi bagi orang yang mati. Tapi kita perlu menjawab pertanyaan tersebut dari Alkitab. Dan untuk menjawab pertanyaan itu, kita perlu kembali dan mempertimbangkan bagaimana Allah menciptakan Adam, manusia pertama.

Mari kita baca Kejadian 2:7. Di sini kita akan membaca tentang asal-usul manusia. Manusia tidak berevolusi dari monyet. Dan seperti yang kita baca bagian ini, perhatikan, Anda bisa menemukan tiga unsur dalam komposisi atau susunan manusia. Di sini dikatakan dalam Kejadian 2:7, “TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk (jiwa) yang hidup.”

Perhatikan kata-kata yang dicetak tebal. Apakah Anda melihat tiga unsur di sini dalam bagian tersebut?

1. Tuhan menciptakan manusia dari apa? Debu tanah.
2. Meniupkan ke dalam hidungnya apa? Nafas (roh) kehidupan.
3. Dan manusia menjadi jiwa yang hidup.

Perhatikan: Tuhan tidak MENARUH suatu jiwa kedalam Adam tetapi Adam MENJADIKAN jiwa yang hidup. Apa yang terjadi ketika Adam mati?

Mari kita lihat apa yang Tuhan katakan yang akan terjadi dengan dia ketika nantinya dia mati. Kejadian 3:19, ”Sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah (debu) engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu (ketika mati)."

Dimana Allah katakan Adam akan pergi setelah mati? Kembali menjadi debu. Perhatikan kata kembali. Pada saat kematian segala sesuatu akan kembali.

Dengan fokus pada kata kembali tadi, mari kita menjawab pertanyaan: Apa yang terjadi pada saat kematian? Kita akan kembali ke Pengkotbah 12:7 untuk menjawabnya. Alkitab mengatakan, “Dan debu kembali menjadi tanah seperti semula dan roh (nafas hidup) kembali kepada Allah yang mengaruniakannya.”

Di sini sekali lagi, perhatikan ada kata kembali. Semuanya kembalidebu kembali menjadi tanah, dan roh (nafas hidup) kembali kepada Allah yang mengaruniakannya.

Kita tahu apa debu. Kita mungkin pernah melihat mayat yang membusuk, tapi apa itu roh (nafas hidup) yang kembali kepada Allah? Nah karena roh itu kembali kepada Allah, berarti bukankah roh itu harus datang dari Allah?

65145 sebuah mumi  2 600 tahun CopyPertanyaan: Apa yang datang dari Tuhan di awal yang menyebabkan manusia menjadi jiwa yang hidup? Mari kita baca jawabannya kembali dari Kejadian 2:7, “ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.” Jadi nafas hidup membuat manusia menjadi makhluk yang hidup. Dan pada saat kematian, nafas hidup kembali ke Sang Pemberi.

Kata roh atau nafas berasal dari kata Ibrani ruwach. Kata ini digunakan sekitar 377 kali dalam Kitab Perjanjian Lama dan diterjemahkan 117 kali sebagai angin atau udara, 33 kali sebagai nafas, dan 227 sebagai roh. Tetapi itu semua berasal dari kata Ibrani yang sama ruwach.

Dalam kematian, “ruwach” atau “nafas” inilah kembali kepada yang mengaruniakan. Kita lihat dalam Pengkhotbah 12:7, “Debu kembali menjadi tanah seperti semula dan roh kembali kepada Allah yang mengaruniakannya.” Kata roh dalam ayat ini adalah berasal dari kata ruwach dalam bahasa Ibrani.

Dan kata yang sama “ruwach” juga digunakan dalam ayat berikut: Mazmur 146:4, “Apabila nafasnya pergi keluar (KJV), ia kembali ke tanah; pada hari itu juga lenyaplah maksud-maksudnya.”

Jadi semakin jelas bahwa jiwa atau roh, tidak dapat hidup terpisah dari tubuh. Karena Alkitab katakan dalam Pengkhotbah 9:5, “Karena orang-orang yang hidup tahu bahwa mereka akan mati, tetapi orang yang mati tak tahu apa-apa.”

Itulah apa yang Alkitab ajarkan. Kita tahu bahwa Adam tidak tinggal dalam beberapa bentuk sebelum Allah menciptakannya. Jadi ketika dia meninggal, dia tidak berubah ke dalam beberapa bentuk yang lain juga.

Perhatikan dari Kejadian 2:7, elemen-emen atau unsur-unsur yang membuat menjadi jiwa yang hidup adalah Debu Tanah, dan Nafas Hidup; hasilnya adalah Manusia atau Jiwa yang Hidup. Kedua unsur itulah yang membentuk jiwa. Itulah penciptaan.

Apa yang terjadi pada jiwa saat kematian? Berikut jawabannya, kembali dari Pengkhotbah 12:7 (NKJV)—“Dan debu kembali menjadi tanah seperti semula dan roh kembali kepada Allah yang mengaruniakannya.” Itulah yang terjadi saat kematian.

Pertanyaan: Dimanakah Adam sebelum Allah menciptakannya? Apakah dia seperti hantu yang menunggu Allah membuatkan tubuh untuknya? Tentu tidak! Adam sama sekali belum ada sampai Tuhan menciptakannya. Adam menjadi makhluk yang hidup ketika Tuhan menghembuskan kepadanya nafas hidup.

Jiwa yang hidup adalah perpaduan dari debu tanah dan roh atau nafas hidup. Sebuah perpaduan dari unsur bumi dengan nafas hidup menghasilkan makhluk hidup. Suatu “jiwa yang hidup” itu berarti “orang yang hidup”.

Prinsip ini dapat diilustrasikan dengan lampu pijar. Perpaduan dari lampu pijar dengan listrik menghasilkan cahaya, sama seperti perpaduan antara debu tanah dengan nafas hidup menghasilkan makhluk yang hidup. Ketika kita mematikan lampu, apa yang terjadi dengan cahaya? Cahaya itu “mati,” tetapi kemana ia pergi? Tidak kemana pun! Ini hanya menjadi tidak ada (lenyap begitu saja). Itulah yang terjadi dengan jiwa pada saat kematian. Ini hanya hilang begitu saja, sampai saat kebangkitan.

Kejadian 3:19, “Engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu."

Sekarang kita mengerti bahwa ketika mati manusia kembali ke debu, ia hanya lenyap atau hilang begitu saja.

Tapi bagaimana dengan pertanyaan ini: Dimana orang mati berada?

Kita akan lanjutkan dalam artikel nubuatan selanjutnya: “Misteri Dibalik Mumi (2).”

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait:

1. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (4)

WARISAN

Memuji Allah Dengan Musik yang Semarak Dan Merdu[AkhirZaman.org] Akan ada musik di sana, dan juga nyanyian, musik dan nyanyian mana tidak ada telinga yang fana pernah mendengarnya atau pikiran fana pernah memahaminya, yang terdapat dalam penglihatan akan Allah.... ...
48 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (3)

WARISAN

Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman akan berlangsung, dan kitab-kitab dibukakan; bilamana ucapan ‘sabaslah‘ dari Hakim agung itu diumumkan, dan mahkota kemuliaan yang kekal diletakan pada dahi pemenang, banyak yang akan mengangkat mahkota mereka di depan mata perhimpunan alam semesta&n...
87 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (2)

WARISAN

Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang lain penuh dengan segala jenis bunga-bunga, dan pada waktu saya memetiknya saya berseru, kembang-kembang ini tidak akan pernah layu. Selanjutnya saya melihat padang rumput yang tinggi, sangat indah untuk dipandang; ...
90 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (1)

WARISAN

Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan kebenaran-Nya, yang akan menyediakan bagi kita sebuah paspor ke Surga.-Surat 6b, 1890. ...
96 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. KEMBALINYA KRISTUS (2)

KEMBALINYA

Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam persembunyian di gunung-gunung, di dalam gua-gua dan lubang-lubang tanah, Juru selamat menyatakan hadirat-Nya dan kemuliaan-Nya. ...
104 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. KEMBALINYA KRISTUS (1)

KEMBALINYA

Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa bumi dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas bumi. Begitu hebatnya gempa bumi itu' (Wahyu 16:17, 18). Tampaknya langit sepeti terbuka dan tertutup. ...
110 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR DAN ORANG BENAR (3)

TUJUH

Umat Allah Tidak Menyukai Keinginan yang Keji[AkhirZaman.org] Sekarang ini, sementara Imam Besar mengadakan pendamaian demi kita, maka kita harus berusaha untuk menjadi sempurna di dalam Kristus. ...
118 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR DAN ORANG BENAR (2)

TUJUH

Hukuman Mati Serupa Dengan yang Dikeluarkan Oleh Ahasyweros[AkhirZaman.org] Perintah yang pada akhirnya dikeluarkan terhadap umat Allah yang sisa akan sangat serupa dengan perintah yang dikeluarkan oleh Ahasyweros terhadap orang Yahudi. ...
135 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. [RH] ANGKATLAH PIALA KEMENANGANMU

[RH]

Aku akan mengangkat piala keselamatan dan akan menyerukan nama Tuhan. Mazmur 116: 13 [AkhirZaman.org] Apakah engkau salah seorang yang berbuat salah? Pergilah kepada Yesus dan mintalah Dia mengampunimu, kemudian percayalah bahwa la melakukannya. "Jika kita mengaku dosa kita, maka la adalah setia dan adil, sehingga la akan mengampuni segala dosa k...
137 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR DAN ORANG BENAR (1)

TUJUH

(Masa Kesusahan Besar, Bagian II)Masa Kesusahan Besar Dimulai Sesudah Penutupan Pintu Kasihan[AkhirZaman.org] Bilamana Kristus berhenti dari pekerjaan-Nya sebagai pengantara demi umat manusia barulah masa kesusahan itu dimulai. kemudian kasus setiap jiwa sudah akan diputuskan, dan tidak ada lagi darah penebusan untuk membersihkan dosa. ...
138 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
Jenis-jenis Penyakit dan ...
Adenoids (Membesarnya hulu kerongkongan ) [AkhirZaman.org] Adenoids terdiri...
Read More...
IMAGE
HRW (Human Rights Watch) ...
[AkhirZaman.org] Catatan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tentang...
Read More...
IMAGE
Badai Terjang Belanda, Pe...
[AkhirZaman.org] Tiga orang tewas di Belanda, kemarin, akibat badai yang juga...
Read More...
IMAGE
Bill Gates Lunasi Utang N...
[AkhirZaman.org] Miliarder Amerika Serikat (AS) Bill Gates kembali menunjukkan...
Read More...
IMAGE
Tidak Menggunakan Nama Re...
[AkhirZaman.org] Korea Utara (Korut) menyebut tingkah laku Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Trump Tuding Rusia Bantu ...
[AkhirZaman.org] Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menuding Rusia...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
[RH] DIRI HARUS MATI
Dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa...
Read More...
IMAGE
[RH] PANDANG TERUS KE ATA...
Karena kita mempunyai banyak saksi bagaikan awan yang mengelilingi kita,...
Read More...
IMAGE
[RH] KEHIDUPAN YANG SENAN...
Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki...
Read More...
IMAGE
BERANI DI DALAM TUHAN
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...

Data Kunjungan

017239976
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
3173
19688
87461
81804
233284
16583202
17239976

IP Anda: 54.227.6.156
Tanggal: 2018-01-20 03:56:31

Online Saat Ini

We have 236 guests and no members online