1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Nubuatan Alkitab Terpanjang Yang Paling Menakjubkan (2)

 

fghfdedfgds123 Copy[AkhirZaman.org] Dalam artikel “Nubuatan Alkitab Terpanjang Yang Paling Menakjubkan (1)” kita telah mempelajari bahwa Hari Pendamaian atau Hari Penghakiman dalam Bait Suci di Perjanjian Lama melambangkan Penghakiman di sorga. Namun pertanyaannya apakah Penghakiman itu telah dimulai dan kapankah itu dimulai?

Mari kita kembali baca Daniel 8:14, "Sampai lewat dua ribu tiga ratus petang dan pagi, lalu tempat kudus itu akan dipulihkan dalam keadaan yang wajar." Itu bisa juga berarti bahwa penghakiman akan dimulai setelah berakhirnya nubuatan 2300 petang dan pagi.

Hal ini akan menuntun kita pada pertanyaan berikut: Kapan masa 2300 petang dan pagi (hari) ini dimulai dan berakhir? Setelah nubuatan 2300 hari berakhir akan dimulai penghakiman.

Lalu Bait Suci yang mana yang digunakan selama masa penghakiman untuk zaman kita? Bait Suci dunia atau Bait Suci surgawi?

Mari kita kembali ke Daniel 8 untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Allah menyatakan hal ini kepada Daniel dalam mimpi, tapi dia tidak mengerti. Jadi Allah mengutus malaikat Gabriel untuk membantu Daniel mengerti. Mari kita baca bahwa dari Daniel 8:16, 17, “Aku (Daniel) mendengar dari tengah sungai Ulai itu suara manusia yang berseru: "Gabriel, buatlah orang ini memahami penglihatan itu!" Lalu datanglah ia ke tempat aku berdiri, dan ketika ia datang, terkejutlah aku dan jatuh tertelungkup, lalu ia berkata kepadaku: "Pahamilah, anak manusia, bahwa penglihatan itu mengenai akhir masa!"”

Sama seperti Tuhan ingin Daniel dapat memahami penglihatan ini, Dia juga ingin kita memahaminya hari ini. Hal ini menjadi satu nubuatan yang penting bagi hidup kita yang dapat berpengaruh pada bagaimana kita hidup saat ini sebagaimana yang dirasakan Daniel pada saat itu. Masa penghakiman/pengadilan Allah ini dimulai setelah nubuatan 2300 hari berakhir.

Lalu akhir dari nubuatan 2300 petang dan pagi ini akan membawa kita zaman kapan? Ini adalah tentang akhir masa atau Zaman Akhir. 

Kita akan menelusuri 3 fakta mengenai akhir nubuatan 2300 petang dan pagi serta hubungannya dengan masa penghakiman:

1. Ini berlaku pada Zaman Akhir.

Pertanyaannya, karena nubuatan ini berlaku pada masa zaman akhir, jadi Bait Suci yang mana yang bisa diterapkan dalam nubuatan tersebut? Duniawi atau Surgawi? Tentu seharusnya adalah Bait Suci Surgawi. Karena Bait Suci Duniawi sudah tidak ada lagi. Bait suci ini sudah di hancurkan pada tahun 70 masehi oleh Roma.

Jadi kita tahu bahwa penghakiman yang dimulai setelah berakhirnya nubuatan 2300 petang dan pagi tidak dapat di terapkan ke dalam Bait Suci duniawi melainkan surgawi.

2. Berbicara tentang Kaabah Sorgawi.
Karena Bait Suci Duniawi sudah tidak ada lagi.

3. Waktu disini hanya Lambang. 
Kita memiliki 2300 hari. Jika ini diartikan secara nyata atau sesungguhnya, maka 2300 hari hanya 6,3 tahun. Pertanyaannya, apakah jarak waktu dari Daniel hidup sampai zaman kita hanya berselisih 6,3 ? Tentu saja tidak. Jadi kita tahu bahwa 2300 hari bukanlah waktu yang sesungguhnya, namun hanyalah lambang. 

Kita telah mempelajari bahwa dalam Nubuatan Alkitab, 1 hari nubuatan adalah sama dengan 1 tahun literal. Kita dapat membacanya dari buku Yehezkiel 4:6 dan Bilangan 14:34.

Jadi, jika 1 hari nubuatan adalah adalah sama dengan 1 tahun yang nyata, maka 2300 hari adalah 2300 tahun. 

Ini adalah Nubuatan Waktu yang terpanjang dalam Alkitab, suatu nubuatan yang paling menakjubkan.

13279776132085541444 CopyTentang waktu ini Daniel telah dibuat menjadi bingung. Mari kita baca dari Daniel 8:27. Disini Daniel menggambarkan apa yang terjadi kepadanya setelah dia mencoba untuk memahami penglihatan tersebut: “Maka aku, Daniel, lelah dan jatuh sakit beberapa hari lamanya; kemudian bangunlah aku dan melakukan pula urusan raja. Dan aku tercengang-cengang tentang penglihatan itu, tetapi tidak memahaminya.”

Sekarang mungkin kita berpikir: "Ini adalah pelajaran yang sangat rumit, saya tidak yakin saya mengerti semuanya." Jangan takut, tidak hanya kita yang susah untuk mengerti. Karena Daniel yang seorang nabi pun juga tidak mengerti. Bahkan, ia berusaha keras untuk memahaminya, sampai dia menjadi jatuh sakit mungkin sampai pingsan.

Tetapi mari melihatnya dengan hati-hati! Daniel 8 berakhir dengan Daniel sakit dan pingsan. Namun pasal 9 dimulai dengan doa Daniel untuk memahami penglihatan ini. Kita dapat membaca doanya dalam Daniel 9:4-19. Ada pelajaran yang bisa kita pelajari dari doanya: Nubuatan Alkitab dapat dipahami dengan benar hanya melalui doa yang sungguh-sungguh.

Sebagai jawaban atas doa Daniel, Allah mengutus malaikat Gabriel kembali untuk menjelaskan kepadanya nubuatan 2300 petang dan pagi. Malaikat itu mulai dengan menjelaskan bahwa penglihatan itu akan dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah untuk orang-orang Yahudi dan bagian kedua akan bagi bangsa-bangsa lain.

Dalam artikel nubuatan “Misteri Omega! Rahasia Wahyu untuk Kekuatan Pribadi! (2)” kita melihat ada nubuatan 70 minggu atau 490 tahun bagi orang Yahudi. Dan waktu 490 tahun ini dimulai dalam tahun yang sama dari dimulainya nubuatan 2300 tahun.

Jadi bila 2300 dikurangi 490 maka akan tersisa 1810. Dan 1810 tahun adalah waktu bagi bangsa-bangsa lain di luar Yahudi.

Mari kita mulai dengan bagian pertama nubuatan 2300 petang dan pagi, yaitu 490 tahun untuk orang-orang Yahudi. Mari kita pergi ke Daniel 9:24 (KJV), “Tujuh puluh minggu telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus.” Siapakah bangsanya Daniel? Israel atau Yahudi.

Alkitab berakar tujuh puluh minggu ditetapkan bagi bangsamu. Kata “ditetapkan” dalam bahasa aslinya, Ibrani, berarti “diambil dari atau dipisahkan dari.” Artinya 490 tahun akan diambil dari sesuatu. Diambil dari apa? Satu-satunya nubuatan yang dapat diambil/dipotong adalah nubuatan 2300 tahun, karena rentang waktunya lebih panjang dari 490 tahun.

Jadi bagian pertama nubuatan 2300 tahun adalah 490 tahun yang diberikan bagi orang-orang Yahudi/Israel. Dari manakah asalnya 490 tahun? 70 minggu sama dengan 490 hari. Tetapi kita sedang mempelajari nubuatan yang artinya 490 hari adalah 490 tahun.

Ingat apa yang pernah dikatakan Petrus? Petrus bertanya kepada Yesus: “Berapa kali aku harus mengampuni saudaraku? Sampai tujuh kali?” Tetapi Yesus menjawab, “Bukan tujuh kali, melainkan tujuh puluh kali tujuh kali (Lihat Matius 18:21,22).” Dan itulah yang Allah lakukan bagi orang Yahudi: Memberi kesempatan kepada mereka sepanjang 70 x 7 adalah 490 tahun.

Tapi pertanyaannya tentu saja: Kapankah nubuatan 2300 tahun dan 490 tahun dimulai? Yang jelas keduanya dimulai di tahun yang sama. Mari kita cari jawabannya dari Daniel 9:25, “Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan.”

foto-foto-menakjubkan-keindahan-kota-yerusalem CopyYerusalem sudah menjadi puing-puing ketika penglihatan ini diberikan. Mereka telah dihancurkan oleh bangsa Babel. Dan malaikat Gabriel memberitahu Daniel bahwa ketika perintah untuk memulihkan dan membangun kota Yerusalem dikeluarkan, maka itulah menjadi tahun dimulainya nubuatan 490 tahun dan 2300 tahun tersebut.

Sejarah membuktikan bahwa tahun dimulainya pembangunan Israel dan Yerusalem adalah 457 SM di musim gugur. Dan Alkitab mencatat perintah untuk membangun kembali Yerusalem adalah dari Raja Arthasasta dari Media-Persia ( terdapat dalam Ezra 7:11-26).

Ensiklopedia (Wikipedia) menegaskan hal ini. Berikut adalah dari Wikipedia mengenai apa yang terjadi di tahun 457 SM: “Artahsasta I mengeluarkan dekrit bahwa kota pemerintahan Yerusalem harus dibangun kembali (Lihat Ezra 7, Daniel 9 and Nehemia 1 dalam PL).”

Jadi sejarah menegaskan bahwa waktu dimulainya nubuatan 2300 tahun dan 490 tahun itu adalah saat dimana perintah untuk memulihkan Yerusalem dikeluarkan pada tahun 457 SM, ketika Arthasasta I mengeluarkan perintah untuk membangun kembali Yerusalem.

Dan bagian pertama dari nubuatan 2300 tahun, yaitu 490 tahun adalah menjadi bagian orang-orang Yahudi. Lalu apa saja yang akan terjadi selama kurun waktu 490 tahun itu.

Mari kita membaca ayat Daniel 9:25 (KJV) lagi: “Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh minggu; dan enam puluh dua minggu.”

Disini kita dapat 7 + 62 = 69 minggu/pekan. 69 pekan ada berapa hari? 69 x 7 = 483 hari atau dalam bahasa nubuatan itu adalah 483 tahun. Dan 483 tahun ini akan membawa kita pada pengurapan Mesias.

Dari tahun 457 SM jika kita tambahkan 483 tahun, maka kita akan tiba pada masa di mana Yesus diurapi sebagaimana dinyatakan dalam Daniel 9:25. Tahun Yesus diurapi adalah ketika Dia dibaptis pada tahun 27 M (meski 457 SM + 483 adalah 26, namun karena tidak ada tahun 0, maka kita ketemu pada tahun 27 M).

Tetapi kita masih memiliki 1 minggu (7 hari) atau 7 tahun yang tersisa untuk menyelesaikan/menggenapi nubuatan 70 minggu atau 490 tahun. Dengan kata lain masih ada 7 tahun waktu bagi bangsa Israel. Lalu peristiwa apa saja yang terjadi selama sisa waktu 7 tahun itu? Mari kita lihat jawabannya dalam Daniel 9:27 (KJV), “Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu minggu. Pada pertengahan satu minggu itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan itu." Peristiwa pertama adalah pada pertengahan 7 hari (1 minggu) atau 7 tahun itu adalah “dihentikannya korban sembelihan dan korban santapan.” Dihentikannya korban sembelihan merujuk pada peristiwa penyaliban Yesus. Pada tahun berapa Yesus disalibkan? Pada pertengahan minggu atau pertengahan 7 tahun itu. Jadi 27 M ditambahkan 3,5 (7 : 2 = 3½ ) maka akan ketemu pada tahun 31 M (3½ tahun setelah Yesus dibaptis pada tahun 27 M). Luar biasa, Alkitab menubuatkan tahun berapa Yesus akan dibaptis, dan bahkan tahun berapa disalibkan.

Sampai kepada Yesus disalib pada tahun 31 M baru mencapai total 486,5 tahun. Berarti masih ada 3,5 tahun lagi supaya nubuatan 490 tahun tergenapi. Kapankah waktu tergenapinya nubuatan 490 tahun? Jika kita tambahkan 3½ dari tahun 31 M, tahun berapa kita dapatkan? Tahun 34 M.

Lalu apa yang terjadi di tahun 34 M itu? Kisah Para Rasul pasal 7, Stefanus mati dilempari dengan batu di tahun 34 M. Berikut ini informasi dari Ensiklopedia perihal kejadian di tahun 34 M: “Rasul Paulus dan Barnabas mulai mengkhotbahkan Injil ke semua bangsa. Stefanus, martir pertama dari Kekristenan dilempari batu.” Inilah yang dinyatakan Ensiklopedia di tahun 34 yang kita pelajari. Sejak saat itu, Injil di masyurkan ke semua bangsa. Di tahun 34, perjanjian Tuhan dengan orang Yahudi secara bangsa telah berakhir.

Di tahun 34 M adalah waktu berakhirnya kesempatan yang diberikan Tuhan kepada orang Israel selama 490 tahun. Dan Tuhan menolak bangsa Yahudi sebagai bangsa pilihan-Nya karena mereka menolak Yesus sebagai Mesias mereka. Tetapi tentu saja orang-orang Yahudi/Israel masih bisa diselamatkan secara individual dengan menerima Yesus, sebagaimana kesempatan itu diberikan kepada kita yang bukan orang Yahudi/Israel.

best wall nko 04 CopySaudara-saudara, setelah tahun 34 M, Injil diberitakan ke bangsa-bangsa lain. Dengan kata lain Injil itu diberitakan kepada kita. Itulah sebabnya Alkitab mengatakan kepada kita dalam Galatia 3:29, “Dan jikalau kamu adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji Allah.” Saudara-saudara, ayat ini adalah untuk kita, karena semua kita adalah bukan orang Yahudi. Apakah kita milik Kristus? Jika benar, maka kita juga adalah keturunan Abraham. Semua janji yang dibuat kepada Abraham pada zaman dahulu kala adalah juga untuk kita, jika kita telah menyerahkan hidup kita kepada Yesus Kristus.

Jadi itu tadi bagian pertama dari nubuatan 2300 petang dan pagi, yaitu waktu sepanjang 490 tahun yang Tuhan berikan kepada Israel, namun mereka menolaknya. Dan setelah nubuatan itu berakhir di tahun 34 M maka Injil itu pun mulai dikhotbahkan kepada seluruh bangsa (tidak hanya kepada bangsa Israel),dan itu dimulai oleh Paulus dan Barnabas tidak lama setelah kematian Stefanus (Kisah Para Rasul 7).

Lalu bagaimana dengan bagian kedua dari nubuatan 2300 petang dan pagi? Bagian yang akan memberikan jawaban kepada kita kapankah Hari Penghakiman Tuhan di Bait Suci sorga akan dimulai. Jika nubuatan 2300 tahun telah dikurangi bagian pertama nubuatan itu, yaitu 490 tahun, maka tersisa 1810 tahun lagi. Jika kita ambil tahun 34 M dan menambahkan 1810 tahun yang tersisa, maka kita akan tiba di tahun 1844.

Tahun 1844 adalah tahun dimana berakhirnya nubuatan 2300 hari atau tahun. Dan sebagaimana dalam Daniel 8: 14 menyatakan bahwa di akhir nubuatan 2300 tahun akan terjadi pembersihan Bait Suci sorga. Pembersihan Bait Suci sorga adalah juga disebut dengan Hari Penghakiman Tuhan. Jadi demikian kita tahu bahwa Hari Penghakiman Tuhan dimulai pada 1844.

Tetapi pertanyaannya adalah: Bagaimana kita bisa yakin bahwa 1844 adalah dimulainya Hari Penghakiman itu? 
Kita akan lanjutkan dalam artikel “Nubuatan Alkitab Terpanjang Yang Paling Menakjubkan (3).”

Artikel Terkait:

1. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (4)

WARISAN

Memuji Allah Dengan Musik yang Semarak Dan Merdu[AkhirZaman.org] Akan ada musik di sana, dan juga nyanyian, musik dan nyanyian mana tidak ada telinga yang fana pernah mendengarnya atau pikiran fana pernah memahaminya, yang terdapat dalam penglihatan akan Allah.... ...
49 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (3)

WARISAN

Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman akan berlangsung, dan kitab-kitab dibukakan; bilamana ucapan ‘sabaslah‘ dari Hakim agung itu diumumkan, dan mahkota kemuliaan yang kekal diletakan pada dahi pemenang, banyak yang akan mengangkat mahkota mereka di depan mata perhimpunan alam semesta&n...
88 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (2)

WARISAN

Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang lain penuh dengan segala jenis bunga-bunga, dan pada waktu saya memetiknya saya berseru, kembang-kembang ini tidak akan pernah layu. Selanjutnya saya melihat padang rumput yang tinggi, sangat indah untuk dipandang; ...
91 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (1)

WARISAN

Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan kebenaran-Nya, yang akan menyediakan bagi kita sebuah paspor ke Surga.-Surat 6b, 1890. ...
97 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. KEMBALINYA KRISTUS (2)

KEMBALINYA

Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam persembunyian di gunung-gunung, di dalam gua-gua dan lubang-lubang tanah, Juru selamat menyatakan hadirat-Nya dan kemuliaan-Nya. ...
105 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. KEMBALINYA KRISTUS (1)

KEMBALINYA

Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa bumi dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas bumi. Begitu hebatnya gempa bumi itu' (Wahyu 16:17, 18). Tampaknya langit sepeti terbuka dan tertutup. ...
111 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR DAN ORANG BENAR (3)

TUJUH

Umat Allah Tidak Menyukai Keinginan yang Keji[AkhirZaman.org] Sekarang ini, sementara Imam Besar mengadakan pendamaian demi kita, maka kita harus berusaha untuk menjadi sempurna di dalam Kristus. ...
119 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR DAN ORANG BENAR (2)

TUJUH

Hukuman Mati Serupa Dengan yang Dikeluarkan Oleh Ahasyweros[AkhirZaman.org] Perintah yang pada akhirnya dikeluarkan terhadap umat Allah yang sisa akan sangat serupa dengan perintah yang dikeluarkan oleh Ahasyweros terhadap orang Yahudi. ...
136 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. [RH] ANGKATLAH PIALA KEMENANGANMU

[RH]

Aku akan mengangkat piala keselamatan dan akan menyerukan nama Tuhan. Mazmur 116: 13 [AkhirZaman.org] Apakah engkau salah seorang yang berbuat salah? Pergilah kepada Yesus dan mintalah Dia mengampunimu, kemudian percayalah bahwa la melakukannya. "Jika kita mengaku dosa kita, maka la adalah setia dan adil, sehingga la akan mengampuni segala dosa k...
138 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR DAN ORANG BENAR (1)

TUJUH

(Masa Kesusahan Besar, Bagian II)Masa Kesusahan Besar Dimulai Sesudah Penutupan Pintu Kasihan[AkhirZaman.org] Bilamana Kristus berhenti dari pekerjaan-Nya sebagai pengantara demi umat manusia barulah masa kesusahan itu dimulai. kemudian kasus setiap jiwa sudah akan diputuskan, dan tidak ada lagi darah penebusan untuk membersihkan dosa. ...
139 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
Jenis-jenis Penyakit dan ...
Adenoids (Membesarnya hulu kerongkongan ) [AkhirZaman.org] Adenoids terdiri...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
HRW (Human Rights Watch) ...
[AkhirZaman.org] Catatan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tentang...
Read More...
IMAGE
Badai Terjang Belanda, Pe...
[AkhirZaman.org] Tiga orang tewas di Belanda, kemarin, akibat badai yang juga...
Read More...
IMAGE
Bill Gates Lunasi Utang N...
[AkhirZaman.org] Miliarder Amerika Serikat (AS) Bill Gates kembali menunjukkan...
Read More...
IMAGE
Tidak Menggunakan Nama Re...
[AkhirZaman.org] Korea Utara (Korut) menyebut tingkah laku Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Trump Tuding Rusia Bantu ...
[AkhirZaman.org] Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menuding Rusia...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
[RH] DIRI HARUS MATI
Dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa...
Read More...
IMAGE
[RH] PANDANG TERUS KE ATA...
Karena kita mempunyai banyak saksi bagaikan awan yang mengelilingi kita,...
Read More...
IMAGE
[RH] KEHIDUPAN YANG SENAN...
Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki...
Read More...
IMAGE
BERANI DI DALAM TUHAN
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...

Data Kunjungan

017260215
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
3038
20374
3038
104662
253523
16583202
17260215

IP Anda: 54.82.29.141
Tanggal: 2018-01-21 03:35:16

Online Saat Ini

We have 244 guests and no members online