nenek 96 tahun

[AkhirZaman.org] Banyak orang yang memiliki impian terbesar dalam hidup mereka. Terkadang dalam meraihnya, usia seakan tak menjadi penghalang.

Seorang nenek berusia 96 tahun di Meksiko membuktikannya. Guadalupe Palacios tampak lebih mencolok dibandingkan murid lainnya di sebuah sekolah menengah atas.

Rambutnya yang memutih dan kerutan pada kulitnya tak bisa mengalahkan semangatnya untuk menempuh bangku SMA.

Palacios sedang berupaya menyelesaikan studinya sehingga dapat lulus saat usianya mencapai 100 tahun. Dia merupakan seorang murid yang paling antusias di kelas.

“Saya merasa siap untuk memberikan segalanya. Hari ini adalah hari yang mengagumkan,” katanya pada Senin lalu, seperti dilansir dari AFP, Kamis (19/4/2018).

Dengan mengenakan seragam sekolah yang terdiri dari kaos polo dan rok hitam, ditambah sentuhan khasnya berupa sweater merah muda.

“Dona Lupita”, begitulah panggilan kesayangannya. Dia mendapat sambutan luar biasa dari teman-temannya di SMA 2 di kota Tuxtla Gutierrez.

Dia rajin untuk mencatat setiap pelajaran yang diterimanya, seperti kimia dan matematika, serta memamerkan kepandaiannya di kelas menari.

Palacios hidup dalam kemiskinan di desa dan menghabiskan masa kecilnya dengan membantu pertanian jagung dan buncis milik keluarganya, sehingga dia tidak pernah bersekolah.

Saat telah dewasa, dia berdagang ayam di pasar. Palacios pernah menikah dua kali dan kini memiliki enam orang anak.

Dia memang belajar perhitungan, tapi tak pernah mendapat pelatihan membaca dan menulis.

Ketika dia berusia 92 tahun, dia memutuskan untuk mengikuti program melek huruf. “Jadi sekarang saya bisa menulis surat untuk kekasih saya,” candanya. Semangat belajar Palacios tak berhenti sampai di situ. Pada 2015, dia tercatat sebagai program sekolah dasar untuk orang dewasa.

Kurang dari empat tahun, dia menyelesaikan pendidikan sekolah dasar dan menengah. Tapi, tak ada program khusus orang dewasa di bangku SMA, sehingga dia harus menempuhnya secara regular, dengan teman sekelas yang 80 tahun lebih muda darinya. Sekali lagi, impian Palacios tak pernah mati di usia senja. Dia bercita-cita menjadi seorang guru TK suatu saat nanti.

https://internasional.kompas.com/read/2018/04/19/13511961/nenek-96-tahun-di-meksiko-raih-impian-bersekolah-di-bangku-sma

Banyak orang yang kurang sadar bahwa hidup ini adalah suatu sekolah artinya selama masih ada kehidupan harus terus belajar.

Demikian yang impian seorang nenek mungkin secara memori sudah mulai berkurang, tapi tekad yang bulat untuk mencapai impian inilah yang membuat nenek ini tidak berputus asa namun tekun memotivasi dirinya untuk berusaha.

Menjadi suatu pelajaran bagi siapapun yang masih muda dan enerjik untuk tidak muda putus harapan dan mudah menyerah.
*

“ Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiah? Karena itu larilah begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya! Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi. Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul. Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.”

1Korintus 9:24-27.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here