3angelsgvmessage Copy

Hanya Ada Dua Golongan 
[AkhirZaman.org] Hanya akan ada dua golongan. Masing-masing kelompok ditandai dengan jelas, apakah dengan meterai Allah yang hidup ataupun dengan tanda binatang atau patungnya.-RH, 30 Januari 1900.

Dalam peperangan besar antara iman dan ketidakpercayaan, seluruh dunia Kristen akan terlibat. Semua orang akan memilih salah satu pihak. Sebagian orang seolah-olah tidak terlibat dalam peperangan ini. Mereka mungkin tampak seperti tidak menentang kebenaran, tetapi mereka itu tidak tampil dengan berani bagi Kristus Karena takut kehilangan harta atau menderita celaan. Semua orang yang seperti itu terhitung sebagai musuh-musuh Kristus.-RH. 7 Februari 1895.

Sementara kita mendekati masa kesudahan maka garis pemisah antara anak-anak terang dan anak-anak kegelapan akan semakin jelas. Mereka akan semakin berbeda. Perbedaan itu dinyatakan dalam perkataan Kristus, ‘dilahirkan Kembali’ — dijadikan baru dalam Kristus, mati bagi dunia, dan hidup untuk Allah. lnilah tembok-tembok pemisah yang memisahkan surga dan dunia serta menerangkan tentang perbedaan antara mereka yang menjadi milik dunia ini dan mereka yang terpilih dari dalamnya, yang merupakan orang pilihan dan berharga dalam pemandangan Allah.—Special Testimony to the Battle Creek Church (Ph 155) 3 (1882).

Anggota-Anggota Keluarga Dipisahkan
Mereka yang tadinya anggota-anggota dari keluarga yang sama akan dipisahkan. Satu tanda diberikan kepada yang benar. ‘Mereka akan menjadi milik kesayangan-Ku sendiri, Firman Tuhan semesta alam, pada hari yang Kusiapkan. Aku akan mengasihani mereka sama seperti seorang menyayangi anaknya yang melayani dia” (Maleakhi 3:17). Mereka yang sudah menurut kepada Hukum-Hukum Allah akan bergabung dengan rombongan orang-orang saleh dalam terang. Mereka akan masuk melalui gerbang-gerbang ke dalam kota itu, dan berhak atas pohon kehidupan.

‘Yang satu akan diambil.’ Namanya akan tercantum dalam buku kehidupan, sementara mereka dengan siapa dia bergaul akan mendapat tanda pemisahan yang kekal dari Allah.-TM 234, 235 (1895).

Dihakimi Dengan Terang yang Sudah Kita Terima
Banyak orang yang belum memiliki kesempatan seperti yang kita punyai akan masuk ke surga di hadapan mereka yang telah memiliki terang yang besar itu tetapi tidak berjalan di dalamnya. Banyak orang yang hidup sesuai dengan terang terbaik yang mereka punyai dan akan dihakimi menurut terang itu.-Surat 56, 1895.

Semua orang harus menantikan waktu yang ditentukan itu, sampai amaran itu sudah mencapai seluruh penjuru dunia, sampai terang dan bukti yang cukup telah diberikan kepada setiap jiwa. Sebagian orang akan mendapat terang yang lebih sedikit dibanding yang lain, tetapi masing-masing akan dihakimi menurut terang yang diterimanya.-Ms 77, 1899.

Kita sudah diberi terang yang besar tentang Hukum Allah. Hukum ini adalah ukuran tabiat. Terhadapnya manusia sekarang dituntut untuk menyesuaikan diri, dan dengan itulah dia akan dihakimi pada hari besar yang terakhir. Pada hari itu  manusia akan diadlli sesuai dengan terang yang mereka sudah terima.-RH, 1 Januari 1901.

Mereka yang sudah memiliki terang besar itu dan melecehkannya berada pada posisi yang lebih buruk daripada mereka yang belum diberikan keuntungan-keuntungan yang demikian banyak. Mereka itu meninggikan diri sendiri, bukan Tuhan. Hukuman yang dijatuhkan kepada umat manusia pada setiap kasus akan seimbang dengan penghinaan yang mereka telah tunjukkan kepada Allah.—8MR 168 (1901).

Setiap orang harus memiliki terang yang cukup untuk membuat keputusannya bljaksana.-GC 605 (191 1).

Tidak Ada Maaf Bagi Kebutaan yang Disengaja
Tidak seorang pun akan dipersalahkan karena tidak memperhatikan terang dan pengetahuan yang tidak pernah mereka miliki, dan yang tidak dapat mereka peroleh. Tetapi banyak orang yang menolak untuk menurut kebenaran yang disampaikan kepada mereka oleh duta-duta Kristus, sebab mereka mau mengikuti standar dunia, dan kebenaran yang sudah sampai kepada pengertian mereka, terang yang telah bercahaya dalam jiwanya, akan mempersalahkan mereka dalam penghakiman itu. -5BC 1145 (1884).

Mereka yang sudah mendapat kesempatan mendengar kebenaran namun tidak mau repot untuk mendengarkan atau memahaminya, karena menganggap kalau mereka tidak mendengarnya maka mereka tidak akan dituntut, akan divonis bersalah di hadapan Allah sama seperti kalau mereka sudah mendengarnya tetapi menolak. Tidak akan ada maaf bagi mereka yang memilih berjalan di dalam kesalahan padahal mereka bisa mengerti apa itu kebenaran. Dalam penderitaan dan kematian-Nya, Yesus sudah mengadakan pendamaian bagi semua dosa karena kebodohan, tetapi tidak ada tempat bagi kebutaan yang disengaja. Kita tidak akan dituntut karena terang yang belum sampai kepada pengertian kita, melainkan karena terang yang kita sudah tolak dan ingkar. Seseorang tidak dapat memahami kebenaran yang tidak pemah disampaikan kepadanya, karena itu dia tidak dapat dipersalahkan untuk terang yang belum pernah dimilikinya.-5BC 1145 (1893).

Pentingnya Kebajikan yang Praktis
Keputusan-keputusan pada hari terakhir berkisar pada kebajikan kita yang praktis. Kristus mengakui setiap tindakan kemurahan hati seperti yang dilakukan terhadap Diri-Nya.-TM 399 (1896).

Bilamana bangsa-bangsa berhimpun di hadapan-Nya di sana hanya akan ada dua golongan, dan nasib mereka yang kekal akan ditentukan oleh apa yang telah mereka lakukan atau sudah lalaikan untuk dilakukan terhadap-Nya melalui diri orang-orang yang miskin dan menderita. . . .

Di antara orang Kafir ada orang-orang yang menyembah Allah tanpa menyadarinya, orang-orang yang kepada mereka terang itu tidak pernah disampaikan oleh perantaraan manusia, namun mereka itu tidak akan binasa. Meskipun tidak mengetahui Hukum Allah yang tertulis, mereka sudah mendengarkan suara-Nya yang berbicara kepada mereka melalui alam, dan telah melakukan hal-hal yang dituntut oleh hukum itu. Perbuatan-perbuatan mereka membuktikan bahwa Roh Kudus telah menjamah hati mereka, dan mereka diakui sebagai anak-anak Allah.

Betapa terkejut dan bergembira orang-orang yang hina dari antara bangsa-bangsa, dan dari antara orang Kafir, untuk mendengar dari bibir Juruselamat, ‘Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan kepada salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku’ Alangkah senangnya hati Pengasih Agung itu begitu para pengikut-Nya memandang dengan heran dan gembira akan kata-kata restu-Nya-DA 637, 638 (1898).

Motif Memberi Ciri Terhadap Tindakan
Pada hari penghakiman sebagian orang akan memohon perbuatan yang baik ini dan itulah alasannya mengapa mereka harus mendapat pertimbangan. Mereka akan mengatakan. ‘Saya mempekerjakan orang-orang muda. Saya menyumbangkan uang untuk mendirikan rumah sakit. Saya mencukupkan kebutuhan para janda dan membawa orang-orang miskin ke rumah saya.’ Benar, tetapi motifmu begitu dicemari dengan sifat mementingkan diri sehingga perbuatan baik itu tidak berterima dalam pemandangan Tuhan. Dari semua yang engkau lakukan itu, dirilah yang sangat ditonjolkan.-Ms 53, 1906.

Adalah motif yang memberi ciri terhadap tindakan-tindakan kita, mencapnya dengan tanda celaan atau dengan nilai moral yang tinggi.-DA 615 (1898).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here