akhir zaman

SISTEM PERNAFASAN

[AkhirZaman.org] Paru-paru adalah bagian utama dalam sistim pernafasan. Sistem pernafasan bekerja sama dengan sistem peredaran darah. Paru-paru terletak diantara tulang belakang di bagian belakang dan tulang dada dan rusuk di bagian depan. Kedua bagian paru-paru adalah lembut, berlubang-lubang dan sangat lentur. Beratnya masing-masing hanya 1 pon. Masing-masing dikelilingi lapisan kedap udara yang disebut pleura. Ada 3 cuping di paru-paru sebelah kanan dan dua disebelah kiri. Jika salah satu dari cuping tersebut rusak, maka yang lain masih terus bekerja.

TUGAS PARU-PARU

Tugas paru-paru adalah menyediakan oksigen bagi tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida, yaitu gas sampah. Proses penukaran terjadi dalam alveoli, yaitu kantong-kantong udara yang sangat kecil. Kantong-kantong ini dikelilingi oleh pembuluh-pembuluh kapiler yang dipisahkan oleh dinding yang sangat tipis. Molekul oksigen merembes/menyerap masuk melalui dinding tipis ini ke dalam sel-sel darah. Pada saat yang sama, karbon dioksida dilepaskan kedalam paru-paru untuk dikeluarkan. Karna paru-paru tidak memiliki otot, maka otot disekeliling rongga dada melakukan tugasnya. Pekerjaan terbesar ketika benafas adalah diafragma. Diafragma adalah selembar otot yang dihubungkan dengan tulang belakang dan bagian depan kerangka rusuk. Ketika bernafas pelan, diafragma bergerak kurang dari 1 inci, namun ketika bergerak badan berat, dia dapat bergerak naik dan turun sampai beberapa inci.

FAKTA-FAKTA YANG MENARIK MENGENAI PARU-PARU

  1. Paru-paru mengandung hampir 3 liter udara.
  2. Paru-paru mengeluarkan sekitar 27 liter karbon dioksida perjam selama bernafas.
  3. Sebanyak 4,5 liter arah melalui paru-paru dalam satu menit.
  4. Kantong-kantong udarah dalam paru-paru, jika dijadikan lembaran, akan menjadi bidang seluas 1100 kaki persegi.
  5. Paru-paru orang dewasa rata-rata mnghirup dan menghembuskan sebanyak 20.000 kali dalam sehari.

PENTINGNYA GERAK BADAN

Meskipun paru-paru bukanlah otot, namun memperoleh keuntungan dari gerak badan. Latihan “cardiopulmonary” (Cardio = jantung, pulmonary = paru-paru) disarankan sebagai gerak badan yang baik untuk jantung dan paru-paru. Untuk memperoleh keuntungan dari gerak badan ini, anda harus bergerak badan terus menerus selama 20 menit. Gerak badan ini, yang menyebabkan pernafasan meningkat melalui paru-paru, menguntungkan bukan saja system pernafasan, melainkan juga seluruh tubuh. Beberapa keuntungan dari gerak badan ini adalah:

  1. Menghirup dalam-dalam udara bersih akan membersihkan darah.
  2. Oksigen menimbulkan tenaga listrik bagi seluruh system.
  3. Pernafasan yang baik menenangkan saraf, merangsang selerah makan, membantu pencernaan, dan mendorong tidur nyenyak.
  4. Gerak badan menguatkan paru-paru untuk dapat bekerja bekerja dengan baik.

SISTEM PERNAFASAN YANG BENAR

“Untuk dapat memiliki darah yang baik, kita harus bernafas dengan baik…Paru-paru harus diizinkan bekerja sebebas-bebasnya. Kapasitasnya berkembang melalui gerakan bebas; kemampuannya berkurang karna mengalami kram dan tekanan. Maka akibat yang buruk dari praktek-praktek yang begitu umum, khususnya duduk terus menerus, karna membungkuk  dalam menekuni satu pekerjaan. Dalam posisi ini, sangat tidak mungkin bernafas dalam-dalam. Pernafasan permukaan segera menjadi kebiasaan, dan paru-paru kehilangan kekuatannya untuk mengembang. Efek serupa ditimbulkan oleh ikatan yang ketat. Tidak ada ruang cukup untuk dada bagian bawah, otot-otot lambung, yang dirancang untuk membantu pernafasan, tidak bekerjah penuh, dan paru-paru terbatas dalam geraknya.”

AKIBAT DARI KEKURANGAN OKSIGEN

“Maka terjadi persediaan oksigen yang tidak cukup. Darah bergerak dengan melempem. Bahan-bahan sampah yang beracun, yang seharusnya dibuang ketika menghembuskan nafas dari paru-paru, masih tertinggal, dan darah menjadi tidak bersih. Bukan hanya paru-paru tetapi juga lambung, hati, dan otak terkena pengaruhnya. Kulit menjadi pucat, pencernaan terhambat; jantung tertekan; otak menjadi suram; pikiran menjadi kusut; semangat menjadi suram; seluruh system menjadi tertekan  dan tidak aktif dan sangat mudah terserang penyakit.”

PARU-PARU PERLU OKSIGEN SEGAR

Paru-paru terus menerus mengeluarkan kotoran, dan perlu diberi persediaan udara segar terus menerus. Udara kotor tidak dapat menyediakan oksigen, dan darah yang masuk kedalam otak dan organ-organ lainnya tanpa diperbaharui. Maka dibutuhkan ventilasi yang baik. Tinggal dalam ruangan-ruangan tertutup dan kurang ventilasi, dimana udara mati dan rusak, melemahkan seluruh sistem. Sistem menjadi sangat sensitif terhadap pengaruh pilek, dan sedikit saja terkena akan menyebabkan penyakit. Pembatasan didalam rumah yang tertutup menyebabkan banyak perempuan menjadi pucat dan ringkih. Mereka menghirup udara yang sama terus menerus sehingga menjadi terbebani dengan bahan-bahan beracun yang dikeluarkan paru-paru dan pori-pori, dan bahan-bahan kotor masuk kembali kedalam paru-paru.” Ministry of Healing, hlm. 272-274.

PARU-PARU SANGAT MEMBUTUHKAN AIR 

Air juga sangat penting bagi kesehatan paru-paru. Paru-paru terdiri atas 75% air. Karna paru-paru adalah organ yang membersihkan, maka air didalamnya harus selalu segar untuk menjaga agar paru-paru tetap bersih. Paru-paru mengeluarkan sedikitnya sekitar ½ liter air ketika menghembuskan nafas setiap hari. Jikalau tidak ada cukup air  dalam ginjal untuk melakukan pekerjaan membersihkan, sebagian sampah dibersihkan melalui paru-paru, yang menjadi beban pekerjaan tambahan bagi paru-paru. Paru-paru memerlukan udarah bersih dan segar selama 24 jam sehari untuk melakukan pekerjaannya menyediakan oksigen kedalam sel-sel darah merah. Maka mudah dipahami jika mengabaikan udara bersih untuk menjaga dan memperbaiki kesehatan kita. Marilah kita melakukan bagian tugas kita untuk memberikan paru-paru apa yang dibutuhkannya untuk menyediakan bagi seluruh tubuh sehingga kita dapat memiliki kesehatan yang berlimpah.

Oleh: Celeste Lee,  “Understanding Body Organs & The Eight Laws of Health”Abundant Life Ministry

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here