mind Copy

[AkhirZaman.org] Mental merupakan salah satu bagian yang penting dalam tubuh. Sebab, kondisi mental yang tidak sehat bisa menyebabkan tubuh stres dan akhirnya mengganggu aktivitas.

Oleh karena itu setiap orang harus menjaga kesehatan mentalnya. Nah, dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental.

1. Curhat

“Curhat bisa jaga kesehatan mental. Tapi curhat yang sehat bukan ngerumpi atau ngomongin orang yang sifatnya jelek,” saran Prof Dr Hardinsyah MS beberapa waktu lalu.

Dengan curhat, seseorang bisa berbagi suka dan duka. Ini menjadikan manusia lebih sehat mental. Dari curhat, seseorang bisa mendapatkan penguatan emosional, dukungan nyata baik bantuan barang atau materi, serta informasi pada waktu yang diperlukan, sehingga sahabatnya terhindar dari rasa kesepian dan kesendirian.

2. Lakukan aktivitas fisik

Kondisi mental yang sehat berkaitan dengan kondisi kesehatan fisik yang sehat pula. Penelitian menemukan aktivitas fisik dapat membantu mengurangi kecemasan dan depresi. Misalnya dengan melakukan olahraga kardio yang tidak hanya membuat tubuh sehat secara fisik namun menjadi cara efektif untuk meningkatkan kebugaran serat kesehatan mental.

Selain itu, olahraga kardio juga dapat mencegah kondisi yang berkaitan dengan kehilangan memori akibat usia. Olahraga kardio ini termasuk jogging, berjalan kaki, bersepeda atau berenang. Beberapa waktu lalu, dr Andri SpKJ juga mengatakan bahwa saat tubuh melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, tubuh akan terjadi peningkatan hormon endorfin, yaitu hormon yang berfungsi untuk menghilangkan stres dan meningkatkan perasaan senang.

3. Mengubah Diet Makanan.

Aturlah pola makan Anda dengan baik. Artinya tidak sembarangan dan berlebihan dalam memakan, karena apa yang kita makan sehari-hari sangat berperan penting dan menentukan kesehatan otak. Ada beberapa jenis dari makanan-makanan tertentu, yang jika dimasukkan kedalam diet akan mengoptimalkan fungsi otak kita, contohnya: Tomat, brokoli, kacang-kacangan. Selain bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi otak, makanan-makanan tersebut juga membantu mencegah berbagai macam kondisi medis yang bisa mempengaruhi organ penting ini. Diet seimbang yang kaya akan nutrisi penting akan membuat otak berenergi dan tetap dalam kondisi sehat.

4. Lakukan permainan otak

Selain mengasyikan, permainan otak juga dapat menjaga kesehatan mental. Pasalnya, melakukan permainan otak sama halnya dengan melatih otak untuk berpikir dalam pola logis dan menantang fungsi kognitif. Misalnya saja bermain memecahkan teka-teki yang dapat membuat otak rewire sendiri dan sel otak baru tumbuh.

Selain itu, merangsang otak dengan teka-teki silang atau sudoku dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan mencegah penurunan kognitif. Latihan-latihan tersebut sangat membantu dalam meningkatkan fungsi otak kiri yang menggunakan logika dan detail tertentu. Kondisi ini tentu turut mempengaruhi kesehatan mental yang dimiliki seseorang.

5. Istirahat cukup

dr Andri dari RS OMNI Alam Sutera mengatakan untuk menjaga kesehatan mental agar terhindar dari stres, seseorang harus dapat menyeimbangkan waktu, misalnya waktu antara bekerja dan istirahat. Karena tidur sebenarnya dapat menghindari seseorang dari stres. Dengan memiliki waktu istirahat yang cukup, tubuh pun akan terasa fit dalam melakukan pekerjaan dan aktivitas lain.

“Segeralah istirahat jika memang kondisi tubuh sudah terasa lelah. Terkadang banyak orang bekerja keras, namun sebenarnya sudah lelah,” jelasnya.

6. Aktifitas rohani

Melaksanakan ibadah dan berdoa secara rutin memenuhi kebutuhan rohani kita, yang merupakan komponen vital dalam kesejahteraan jiwa. Mengabaikan kebutuhan spiritual membuat jiwa kita gelisah dan tidak tenang. Berdoa merupakan sarana yang efektif dalam mencegah dan memerangi masalah-masalah kesehatan mental.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here