cooking-pic Copy

Panggilan Luhur Ibu Rumah Tangga. 
[AkhirZaman.org] Tidak ada pekerjaan yang lebih penting daripada pekerjaan dalam rumah tangga. Untuk memasak dengan baik, untuk menghidangkan makanan yang menyehatkan dengan cara yang membangkitkan selera makan, memerlukan kepintaran dan pengalaman. Orang yang menyediakan makanan yang akan dimasukkan ke dalam perut kita yang kemudian diubah menjadi darah untuk memberikan makanan pada susunan tubuh kita, menempati satu kedudukan yang paling penting dan paling luhur.

Perlulah bagi setiap orang muda untuk memiliki suatu pengetahuan yang sempurna tentang tugas sehari hari. Jikalau perlu, seorang wanita Ia bisa hidup tanpa pengetahuan tentang bahasa Perancis dan aljabar, Bahkan tentang piano, tetapi amatlah perlu baginya untuk mempelajari bagaimana caranya membuat roti yang baik, menjahit pakaian dengan rapih, dan melaksanakan dengan rapih tugas tugas yang banyak yang berhubungan dengan pengaturan rumah tangga itu.

Untuk kesehatan dan kebahagiaan seluruh keluarga tidak.ada sesuatu yang lebih penting daripada keahlian dan kepandaian di pihak tukang masak. Oleh makanan yang tidak disediakan dengan baik dan tidak menyehatkan maka ia akan dapat menghalangi bahkan merusak kegunaan orang dewasa dan perkembangan anak anak. Atau dengan menghidangkan makanan yang disesuaikan kepada kebutuhan tubuh, dan pada saat yang sama menimbulkan selera dan lezat rasanya, maka ia akan dapat berbuat yang baik sama banyaknya seperti yang tidak baik jikalau ia menghidangkan makanan yang sebaliknya. Jadi, dalam banyak hal, kebahagiaan hidup berhubungan erat dengan kesetiaan dalam tugas tugas yang biasa.

Catatan: Buku Counsels On Diet and Food memberikan nasihat yang terperinci tentang makanan yang menyehatkan.

Ilmu Pengetahuan dalam Hal Memasak adalah Satu Seni yang Perlu.
Ilmu pengetahuan tentang memasak bukanlah suatu perkara remeh. . . Seni ini harus dianggap sebagai yang paling berharga dari segala seni yang lainnya, oleh karena hal ini berhubungan amat erat sekali dengan hidup. Itu harus memperoleh perhatian yang lebih banyak; oleh karena agar supaya dapat menghasilkan darah yang baik mutunya, sistim dalam tubuh kita memerlukan makanan yang baik. Dasar yang memelihara orang banyak supaya tetap dalam keadaan sehat adalah pekerjaan pengabaran Injil dalam bidang pengobatan yang berkaitan dengan memasak dengan cara yang baik.

Sering pembaharuan dalam hal kesehatan telah dijadikan perusakan kesehatan oleh cara penyajian makanan yang tidak menimbulkan selera. Kurangnya pengetahuan sehubungan dengan cara memasak yang menyehatkan harus ditanggulangi sebelum pembaharuan dalam hal kesehatan itu akan berhasil.

Tukang tukang masak yang baik sedikit saja jumlahnya. Banyak, banyak ibu perlu untuk belajar memasak, agar mereka dapat menyajikan bagi keluarga hidangan yang disediakan dengan baik dan menarik.

Berusahalah Menjadi Orang yang Ahli dalam Seni Memasak.
Saudari saudari kita sering tidak tahu bagaimana caranya memasak. Kepada mereka itu saya ingin mengatakan, Saya akan pergi kepada tukang masak yang terbaik yang saya dapat jumpai di tempat saya, dan tinggal di sana selama beberapa minggu jikalau perlu, sampai saya akan menjadi ahli dalam seni ini—seorang tukang masak yang ahli dan pandai. Saya akan ikuti pelajaran ini seandainyapun saya sudah berusia empat puluh tahun. Tugasmulah untuk mengetahui bagaimana caranya memasak, dan adalah tugasmu untuk mengajar anak anak perempuanmu memasak.

Belajar dan Kerjakan.
Makanan dapat dihidangkan dengan cara yang sederhana dan menyehatkan, tetapi adalah memerlukan keahlian untuk menjadikan makanan itu lezat dan bergizi. Agar kaum wanita mengerti bagaimana caranya memasak, mereka harus belajar dan kemudian dengan sabar mempraktekkan apa yang mereka pelajari. Orang banyak menderita oleh karena mereka tidak mau bersusah susah untuk melakukan hal ini. Kepada mereka saya berkata, Waktunya sudah tiba bagimu untuk menggunakan tenagamu yang terpendam dan mencari pengetahuan bagi dirimu sendiri. Jangan berpikir bahwa waktu yang digunakan untuk memperoleh satu pengetahuan yang sempurna dan pengalaman dalam menyediakan makanan yang sehat dan lezat itu adalah waktu yang diboroskan. Tidak jadi soal berapa lama pengalaman yang engkau miliki dalam hal memasak, jikalau engkau masih mempunyai tanggung jawab terhadap satu keluarga, maka tugasmulah belajar bagaimana caranya mengurus mereka dengan sepatutnya.

Baik Berselang seling dan Kesederhanaan Penting.
Pentingnya-Makan-Bersama-Keluarga CopyMakanan harus berselang seling. Hidangan yang sama, yang disediakan dengan cara yang sama, janganlah diadakan dari waktu makan ke waktu makan lainnya, dari hari ke hari. Makanan akan dimakan dengan selera yang lebih besar, dan sistim dalam tubuh akan memperoleh gizi yang lebih baik apabila makanan itu berselang seling.

Tubuh kita dibangun dari apa yang kita makan; dan supaya kita dapat membuat otot otot yang mutunya baik, maka kita harus memperoleh jenis makanan yang benar, dan itu harus disajikan dengan satu keahlian yang demikian rupa sehingga akan disesuaikan kepada kebutuhan sistirn tubuh kita. Adalah satu tugas keagamaan bagi mereka yang biasa memasak untuk mempelajari bagaimana caranya menghidangkan makanan yang sehat dengan cara yang berselang seling, sehingga makanan itu akan terasa lezat dan menyehatkan.

Sekalipun dalam hal pengaturan meja makan, mode dan pertunjukan akan memberikan pengaruh yang buruk. Cara menghidangkan makanan yang menyehatkan akan menjadi soal nomor dua. Menyediakan hidangan yang amat banyak macamnya memboroskan waktu, uang dan tenaga, tanpa menghasilkan manfaat apapun. Boleh jadi sesuai dengan mode bila kita menghidangkan makanan sebanyak enam kali penyajian dalam satu waktu makan, tetapi kebiasaan seperti ini merusak kesehatan. Hal ini adalah satu mode yang harus dicela oleh pria dan wanita yang mempunyai pertimbangan yang baik, baik melalui pengajaran dan teladan…. Betapa akan lebih baiknya untuk kesehatan keluarga jikalau penyajian makanan diadakan dengan lebih sederhana.8 Akibat akibat Cara Masak yang Tidak Baik. Cara masak yang tidak baik merusak daya hidup ribuan orang. Lebih banyak jiwa yang hilang oleh sebab hal ini daripada yang dipikirkan oleh banyak orang. Ini merusak sistim dalam tubuh dan menghasilkan penyakit. Dalam keadaan yang menimbulkan dengan cara demikian maka perkara perkara sorgawi tidak bisa dipahami dengan mudah.

Makanan yang kurang dan dimasak dengan cara yang tidak baik mengurangi darah dengan cara melemahkan alat alat penghasil darah. Itu merusak sistim dalam tubuh dan mendatangkan penyakit, yang akan disertai dengan syarat yang mudah marah dan sifat sifat yang tidak baik. Korban dari cara memasak yang tidak baik berjumlah ribuan bahkan puluhan ribu banyaknya. Di atas banyak batu nisan dapat dituliskan: “Mati oleh sebab cara memasak yang salah,” “Mati oleh karena Perut yang rusak.”

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here