vitamin

[AkhirZaman.org] Tubuh butuh banyak asupan vitamin agar tetap sehat dan bugar. Salah satu yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin B kompleks.

Vitamin B merujuk bukan hanya satu, tetapi delapan vitamin berbeda yang kemudian disebut vitamin B Kompleks. Vitamin ini kerap dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Semua vitamin B berperan dalam mengubah makanan menjadi energi dalam tubuh. Setiap vitamin juga memiliki peran unik dalam kesehatan.

Vitamin B kompleks terdiri atas delapan vitamin B yaitu B-1 (tiamin), B-2 (riboflavin), B-3 (niacin), B-5 (asam pantotenat), B-6 (pyridoxine), B-7 (biotin), B-9 (asam folat), dan B-12 (cobalamin). Masing-masing vitamin esensial ini berkontribusi pada fungsi tubuh secara keseluruhan.

Sudah diketahui bahwa beberapa orang dengan kekurangan Vitamin B mengalami lemah, migrain, depresi, kecemasan, perubahan suasana hati, bahkan sampai pada kerusakan sel saraf. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan Vitamin B Kompleks bagi tubuh.

Berikut manfaat vitamin B kompleks untuk kesehatan dirangkum dari berbagai sumber:

1. Cegah beri-beri
Vitamin B1 memainkan peran utama dalam memetabolisme makanan menjadi energi. Terlalu sedikit vitamin B1 menyebabkan beri-beri, penyakit yang memengaruhi jantung, sistem pencernaan, dan sistem saraf. Beri-beri ditemukan pada pasien yang kekurangan gizi dan pada peminum alkohol berat.

Gejala beri-beri mencakup kesulitan berjalan, kehilangan sensasi di tangan dan kaki, dan kelumpuhan pada kaki bagian bawah, bahkan dapat menyebabkan gagal jantung kongestif.

Orang yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar harus mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks untuk memastikan mereka mendapatkan cukup B1. Vitamin B1 dapat ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian.

2. Tingkatkan Kekebalan
Makanan kaya vitamin B2, juga dikenal sebagai riboflavin, diperlukan untuk menghindari defisiensi riboflavin. Riboflavin juga dapat meningkatkan tingkat energi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengobati jerawat, dan kram otot.

Mendapatkan cukup riboflavin mungkin merupakan pencegahan untuk sakit kepala dan katarak migrain.

Vitamin B6 sangat penting untuk mendukung reaksi biokimia dalam sistem kekebalan tubuh. Makanan kaya vitamin B6 juga ditemukan dalam sayuran hijau dan dalam buncis.

3. Cegah Stroke
Selain peran mereka dalam metabolisme dan dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut, vitamin B kompleks telah dikaitkan dengan risiko stroke yang lebih rendah. Stroke adalah suatu kondisi di mana gumpalan darah menghalangi aliran darah ke otak, atau pembuluh darah pecah di otak.

Sebuah tinjauan uji klinis acak yang berlangsung enam bulan atau lebih mengungkapkan bahwa suplemen vitamin B menurunkan risiko stroke sebesar 7 persen untuk kelompok besar lebih dari 50.000 peserta. Studi ini ditulis oleh Xu Yuming dan rekan-rekannya dari Zhengzhou, Cina, dan diterbitkan dalam jurnal Neurology edisi September 2013.

4. Memecah Makanan Menjadi Energi
Tubuh membutuhkan vitamin B3 yang juga disebut asam nikotinat atau niasin, setiap hari untuk memecah makanan menjadi energi yang bisa digunakan. Kacang-kacangan, biji-bijian, roti yang difortifikasi adalah sumber vitamin B yang baik.

Tidak mendapatkan cukup niacin dalam diet Anda menyebabkan kelainan yang dikenal sebagai pellagra. Gejala pellagra termasuk kesulitan fisik dan mental, diare, selaput lendir yang meradang, dan demensia.

Manfaat niasin bagi kesehatan termasuk penggunaannya sebagai pengobatan untuk membantu mengendalikan kadar kolesterol darah tinggi.

5. Sehatkan Hormon
Semua orang yang berusia 14 dan lebih tua harus mendapatkan 5 mg vitamin B5 (asam pantotenat) setiap hari. vitamin B5 bisa ditemukan dalam sayuran dari keluarga kubis, seperti brokoli dan kangkung, serta dalam alpukat. Selain itu, sereal gandum, kentang adalah sumber yang baik.

Asam pantotenat penting bagi tubuh untuk menghasilkan hormon, dan juga dibutuhkan untuk pertumbuhan. Vitamin B5 memainkan peran penting dalam produksi hormon adrenal dan sangat penting untuk mengatasi stres ekstrem.

Semua hormon steroid, seperti estrogen dan progesteron, akan diproduksi hanya dengan B5 yang cukup dalam sistem. Asam Pantotenat juga terlibat dalam produksi neurotransmiter.

6. Sehatkan Jantung
Vitamin B6 penting karena terlibat dalam lebih dari 100 reaksi enzim dalam sel-sel tubuh, membantu tubuh memetabolisme asam amino dari makanan dan membangun sel darah merah baru.

Ada penelitian yang menarik bahwa B6 dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Manfaat kesehatan dari vitamin B6 yang ditemukan oleh penelitian klinis termasuk pengurangan risiko penyakit jantung.

Kekurangan vitamin ini tu dapat menyebabkan kelemahan otot, depresi, lekas marah, kehilangan ingatan jangka pendek, gugup, dan sulit berkonsentrasi. Vitamin B6 dapat ditemukan dalam buah pisang, beras merah, susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

7. Cegah Anemia
Vitamin B12 sangat penting untuk membangun sel darah dan menjaga sel-sel saraf yang sehat dalam tubuh. Gejala kekurangan B12 termasuk kelemahan, kelelahan, sembelit, penurunan berat badan, dan kehilangan nafsu makan. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia. Kekurangan juga merusak sistem saraf dan dapat menyebabkan depresi, kebingungan, dan demensia.

Jenis vitamin B ini dapat ditemukan dalam makanan yang difortifikasi seperti sereal.

8. Sehatkan Kandungan
Vitamin B9, juga disebut asam folat atau folat, adalah nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. vitamin B ini sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan bayi. Mendapatkan folat yang cukup mencegah cacat lahir tabung saraf (otak dan tulang belakang) pada bayi dan meningkatkan pertumbuhan yang sehat.

Folat alami ditemukan di banyak sumber, termasuk sayuran berdaun hijau gelap, asparagus, kecambah brussels, jeruk, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan kacang polong.

 

https://bit.ly/3gnmbMk

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here