familydinner Copy

[AkhirZaman.org] Reformasi dalam hal makan akan menyelamatkan uang dan tenaga. Kebutuhan keluarga dapat lebih mudah diisi dengan sesuatu yang memuaskan seperti makanan yang menyehatkan dan sederhana. Makanan mewah akan merusak organ tubuh dan pikiran.

Perlu kita perhatikan bahwa tidak perlu ada kesombongan di bidang manapun. Kita harus merasa puas dengan makanan sederhana yang murni yang disediakan dengan cara sederhana. Beginilah seharusnya menu makanan orang golongan tinggi dan golongan rendah. Bahan-bahan perangsang harus dihindari (daging, ikan, telur, cabe, dll).

Kita sedang mempersiapkan diri untuk kehidupan kekal di dalam kerajaan sorga. Kita berharap dapat melakukan pekerjaan kita di bawah sinar terang dan di dalam kuasa penyembuh yang besar dan berkuasa. Semua orang harus melakukan bagian pengorbanan diri.

Langkah terbaik untuk memelihara kesehatan ialah berhentilah melanggar hukum fisik; berhenti memuaskan selera yang salah, makanlah makanan yang sederhana, kenakanlah pakaian yang menyehatkan yang menuntut kesederhanaan, bekerjalah secara sehat maka engkau tidak akan jatuh sakit.

Makanan Perkemahan
Janganlah membawa apa-apa ke pertemuan-pertemuan rohani (gereja) kecuali bahan bahan yang menyehatkan yang dimasak dengan cara sederhana, bebas dari rempah-rempah dan lemak.

Tidak seorangpun yang akan sakit dalam mengadakan persiapan pertemuan-pertemuan semacam itu, sekiranya mereka menuruti hukum kesehatan dalam hal masak memasak. Jikalau mereka tidak menyediakan kue kue mewah tetapi membuat roti sederhana dan bergantung pada buah buahan, di kaleng atau dikeringkan maka mereka tidak perlu menderita penyakit dalam persiapan perkemahan dan mereka tidak sakit dalam pertemuan. Janganlah seorang mengikuti perkemahan tanpa makanan hangat. Biasanya kompor disediakan di tempat perkemahan, di mana ini dapat diperoleh.

Saudara tidak perlu merasa sakit di pertemuan-pertemuan outdoor jikalau mengenakan pakaian pantas yang melindungi tubuh dari kedinginan pagi dan malam. Bawalah pakaian yang sesuai dengan keadaan cuaca, supaya peredaran darah tetap lancar. Ikutilah secara teratur jam tidur, makan makanan sederhana dan jangan makan di antara jam makan. Dengan demikian kita tidak perlu sakit. Maka mereka merasa sehat selama pertemuan outdoor rohani, pikirannya cerdas dan sanggup menghargai kebenaran, sehingga mereka kembali ke rumah dengan tubuh dan pikiran yang disegarkan. Mereka yang bekerja keras hari demi hari lalu sekarang terhalang melakukan olah raga; sebab itu mereka tidak perlu makan sebanyak yang biasa dimakan di rumah kalau tidak perut mereka akan dibebani.

Kami ingin agar kuasa otak lebih kuat pada kumpulan seperti ini, dan berada dalam kondisi kesehatan yang paling baik untuk mendengar kebenaran, dan menghargainya serta mempertahankannya agar sempat dapat mempraktekkan kebenaran tersebut mendengar kebenaran, dan menghargainya serta mempertahankannya agar semua dapat mempraktekkan kebenaran tersebut setelah kembali dari perkemahan.

Mengantuk-Setelah-Makan CopyJikalau perut dibebani dengan terlalu banyak makanan walaupun jenisnya sederhana, tenaga otak dimanfaatkan untuk menolong pencernaan. Itulah sebabnya otak menjadi lemah hampir mustahil untuk menjaga mata tidak mengantuk. Kebenaran yang harus didengar, dipahami dan dilakukan semuanya akan hilang karena kelalaian atau karena otak itu hampir lumpuh sebagai akibat dari jumlah makanan yang dimakan.

Saya menasihatkan supaya semua orang; memasukkan makanan hangat paling sedikit setiap pagi. Engkau dapat menyediakan bubur nasi dan kalau tepung itu terlalu kasar itu boleh diayak, kalau bubur itu panas, tambahkan susu kedelai ke dalamnya. Inilah makanan yang paling enak dan menyehatkan untuk perkemahan (pertemuan outdoor). Jikalau rotimu kering, remukkanlah itu dan masukkan ke dalam bubur, dan ini akan dapat dinikmati.

Tidak dinasihatkan untuk memakan makanan dingin, dengan alasan bahwa tenaga harus dikeluarkan dalam sistem pencernaan untuk menghangatkan makanan sampai suhunya sama dengan suhu perut sebelum pekerjaan pencernaan dimulai. Ada sejenis makanan sederhana yang menyehatkan yaitu kacang kacangan direbus atau dipanggang.

Bekal Piknik
Biarlah beberapa keluarga yang tinggal di kota atau kampung bergabung dan meninggalkan pekerjaan yang telah membebani tubuh dan pikiran mereka, dan mengadakan satu perjalanan ke luar kota, di tepi danau atau naungan pohon yang rindang di mana terdapat pemandangan alam yang indah. Mereka harus membawa makanan sederhana yang bersih, buah buahan dan biji bijian terbaik, dan mengembangkan tikar mereka di bawah naungan pohon di kolong langit. Perjalanan dan gerak badan serta pemandangan itu akan membangkitkan selera makan, sehingga mereka dapat menikmati satu pesta yang membuat iri para raja.

Biarlah mereka yang menunjang reformasi kesehatan berusaha sesungguhnya untuk menjadikan pelajaran itu satu tuntutan. Biarlah mereka membuang segala sesuatu yang merusak kesehatan. Makanlah makanan sederhana yang menyehatkan. Buah buahan adalah yang terbaik dan ini menyelamatkan banyak waktu dari masak memasak. Buanglah makanan kecil yang mewah seperti kue kue dan makanan cuci mulut dan makanan lain yang menggoda selera. Kurangilah jenis makanan dalam setiap kali makan dan makanlah dengan penuh rasa syukur.

Kesederhanaan Dalam Bertamu
Kristus telah memberikan kehidupannya sendiri sebagai contoh keramahtamahan. Pada waktu dikelilingi oleh khalayak ramai yang kelaparan di tepi danau, Dia tidak menyuruh mereka pulang ke rumah tanpa makan. Dia katakan pada murid murid-Nya: “Berilah mereka makan.” Matius 14:16. Dengan kuasa penciptaan Nya Dia menyediakan makanan cukup untuk mengenyangkan sernuanya.

Namun betapa sederhana makanan itu! Di sana tidak ada kemewahan. Dia yang mempunyai segala sumber surga yang atas perintah Nya dapat disediakan untuk suatu pesta besar. Tetapi Dia hanya menyediakan sesuatu yang hanya mencukupkan kebutuhan mereka, yaitu makanan sehari hari dari para nelayan di danau itu.

Sekiranya manusia zaman sekarang sederhana dalam kebiasaannya, hidup sesuai dengan hukum alam, akan ada persediaan cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh umat manusia. Maka bayang-bayang kekuranganpun akan lebih sedikit dan lebih banyak kesempatan untuk bekerja di dalam jalan Tuhan. Kristus tidak berusaha untuk menarik kepadanya dengan memuaskan keinginan akan kemewahan. Makanan sederhana yang disediakan Nya merupakan satu jaminan kuasa dan cinta Nya dan pemeliharaan Nya bagi mereka dalam hal kebutuhan sehari hari.

mkn kue CopySeringkali dalam pertemuan pertemuan rohani, penyediaan makanan dengan cara yang berlebihan telah memakan banyak waktu dan tenaga yang seharusnya digunakan untuk maksud-maksud yang lebih tinggi dan lebih mulia, tetapi digunakan untuk memasak berbagai makanan yang tidak menyehatkan. Karena itu sudah menjadi kebiasaan, banyaklah orang miskin dan buruh kecil terpaksa menggunakan banyak uang untuk persediaan bermacam-macam kue, mewah, roti dan pastel dan banyak lagi macam makanan untuk para pengunjung. Sebenarnya makanan itu hanya merusak mereka yang makan. Pada saat yang sama mereka memerlukan jumlah uang yang mereka keluarkan untuk membeli pakaian bagi mereka dan anak-anaknya. Waktu yang dihabiskan untuk masak-memasak yang hanya memuaskan selera dan merusak perut itu seharusnya digunakan untuk mendidik anak-anak mereka dalam pembangunan moral.

Di beberaoa tempat dan kebudayaan, kebiasaan bertamu bisa juga dijadikan suatu hal untuk memupuk kerakusan. Makanan dan minuman yang membahayakan karena digunakan dalam jumlah yang tak terbatas merusak organ pencernaan. Tenaga inti tubuh harus terbuang percuma untuk mencerna makanan itu, sehingga itu dapat menyebabkan kelelahan dan sangat mengganggu peredaran darah, dan sebagai akibatnya, seluruh organ tubuh terasa kehilangan tenaga. Berkat yang seharusnya diperoleh dari kunjungan sosial ini sering hilang karena tuan rumah bekerja keras di dapur menyediakan berjenis jenis makanan bagi saudara sedangkan yang seharusnya beruntung karena percakapan pada saat bertamu. Laki laki dan perempuan Kristen seharusnya tidak mengizinkan pengaruhnya untuk mengecewakan tuan rumah dalam hal ini sewaktu makan makanan yang telah disediakan. Biarlah mereka memahami tujuan kedatanganmu itu bukanlah untuk memanjakan selera tetapi kamu ingin bercakap, bersama saling menukar pikiran dan perasaan, inilah yang mendatangkan berkat. Percakapan itu seharusnya menyangkut tabiat yang ditinggikan dan dimuliakan, karena hal ini kemudian akan menjadi kenangan yang menggembirakan.

Mereka yang menjamu tamu harus menyediakan makanan yang bergizi seperti buah buahan, biji bijian dan sayuran yang disediakan dengan cara yang sederhana tetapi menarik selera. Cara ini hanya akan memerlukan sedikit kerja lembur dan pengeluaran ekstra. Karena dimakan dalam jumlah yang tidak banyak maka tidak seorangpun yang kesakitan. Jikalau orang duniawi memilih untuk mengorbankan waktu, uang dan kesehatan, untuk memuas¬kan selera, biarlah mereka melakukannya tetapi bersedialah me¬nerima hukuman karena pelanggaran hukum kesehatan. Tetapi orang Kristen harus mempunyai pendirian dalam hal ini, dan mena¬namkan pengaruh yang benar. Mereka dapat melakukan banyak hal dalam mengubah kebiasaan yang merusak kesehatan dan jiwa.

 

 

 

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here