1389019_11540896_b

[AkhirZaman.org] Makanan pencuci mulut yang mengambil waktu yang banyak dalam menyediakannya, cenderung merusak kesehatan. Di atas banyak meja makan, setelah perut itu menerima semua yang dibutuhkan cukup untuk melakukan tugasnya meng¬hasilkan gizi untuk tubuh, ada lagi hidangan yang terdiri dari kue kering, puding, dan saus berkadar tinggi, dihidangkan di atas meja. Banyak orang, walaupun sudah makan cukup banyak, akan melangkahi batas dan memakan makanan cuci mulut yang bagi mereka baik. Padahal, jikalau makanan ekstra sebagai cuci mulut tidak dijamah, maka itulah satu berkat.

Banyak orang yang mengetahui caranya membuat kue, tetapi makanan seperti itu bukanlah makanan terbaik yang dapat disajikan di meja makan. Kue manis, pudding manis, dan custard akan mengacaukan pekerjaan alat pencernaan. Mengapa kita harus menggoda mereka yang mengelilingi meja makan kita dengan menyajikan makanan seperti itu?

Makanan daging, kue mewah dan pastel yang disediakan dengan memakai rempah rempah jenis apa pun bukanlah makanan bergizi yang paling menyehatkan. Makanan cuci muIut yang terbuat dari susu, gula, telur, dan mentega akan merusak tubuh, bukan memperbaikinya. Buah-¬buahan adalah bahan yang terbaik jikalau itu dapat diperoleh.

Karena itu sudah menjadi mode sesuai dengan selera yang tidak sehat, perut itu dijejali dengan kue mewah, pastel, dan puding dan setiap benda yang merusak tubuh. Meja makan harus diisi dengan makanan bervariasi, kalau tidak selera yang diselewengkan itu tidak akan dipuaskan. Pada pagi hari hamba hamba selera ini mempunyai napas yang tidak bersih dan lidah yang kotor. Mereka tidak menikmati kesehatan dan merasa heran mengapa menderita rasa nyeri sakit kepala dan penyakit lainnya.

Keluarga manusia telah memanjakan keinginan untuk memakan makanan mewah, sampai terbentuk satu mode kebiasaan menjejali perut sepadat padatnya dengan makanan makanan lezat, teristimewa pada waktu berpesta ria, selera itu dimanjakan hampir tak terbatas. Makan siang yang besar, makan malam yang terlam¬bat, makanan yang terdiri dari makanan daging berbumbu kadar tinggi dengan sop kental, pastel, es krim, dan lain lain.

        Karena hal itu sudah menjadi mode, banyak orang miskin yang bergantung pada penghasilan harian, ikut juga menjamu tamu dengan kue mewah, pastel, cuci mulut, dan sejumlah jenis makanan lainnya. Makanan ini sebenarnya hanya merusak pemakannya. Pada saat yang sama uang sudah habis, yang seharusnya digunakan untuk membeli pakaian anak anaknya dan pakaiannya. Waktu yang berharga juga dihabiskan untuk memasak makanan pemuas selera dengan mengorbankan perut. Waktu yang berharga itu seharusnya digunakan untuk pengajaran agama dan moral anak-anak.

Biarlah mereka yang memajukan reformasi kesehatan berusaha sungguh sungguh untuk melakukan tuntutannya. Biarlah mereka meninggalkan semua yang merusak kesehatan. Gunakan¬lah makanan sederhana yang menyehatkan. Buah buahan adalah makanan paling baik, tidak perlu dimasak. Hindarilah kue, pastel, roti manis, dan makanan cuci mulut lainnya yang disediakan untuk menggoda selera. Makanlah sedikit jenis makanan dalam satu hidangan dan makanlah itu dengan perasaan syukur.

Ellen White—Petunjuk Diet dan Makanan Anda

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here