penjara

[AkhirZaman.org] Sebanyak 7 orang, termasuk enam petugas polisi tewas dalam kerusuhan yang melanda sebuah penjara di Meksiko, Minggu (1/4/2018).

Polisi mencoba memindahkan sekelompok tahanan yang sangat berbahaya dari penjara La Toma di negara bagian Veracruz. Namun, para narapidana malah menyerang enam petugas, mengunci mereka di ruang tertutup, dan membakar mereka.

“Para narapidana membuat kebakaran itu, menyebabkan enam petugas polisi tewas karena menghirup asap,” tulis pemerintah negara bagian Veracruz dalam sebuah pernyataan.

Sementara, satu korban tewas lainnya belum diindetifikasi. Sebanyak 15 petugas polisi harus menjalani perawatan di rumah sakit karena menderita luka-luka.

Sebanyak 7 narapidana yang mengalami cedera dalam kerusuhan itu, dua di antaranya menderita luka serius.

Pasukan tentara diterjunkan ke lokasi untuk membantu polisi mengendalikan situasi. Para anggota keluarga dan kerabat narapidana yang cemas berkumpul di luar penjara, untuk mengetahui informasi terkini tentang nasib keluarga mereka dalam penjara itu.

Penjara Meksiko kerap dilanda kerusuhan, pembunuhan, dan narapidana yang kabur. Geng kriminal kebanyakan memegang kendali secara de facto di dalam penjara, dengan bantuan dari pejabat yang korup. Kantor ombudsman hak asasi manusia di Meksiko mengakui adanya sejumlah masalah di penjara, termasuk kondisi yang buruk, kepadatan, dan kekerasan.

Negara bagian Veracruz merupakan salah satu wilayah dengan gelombang kekerasan tertinggi di Meksiko, sebagian besar ditimbulkan oleh perdagangan narkoba.

Veracruz menjadi tempat perang persaingan kartel narkoba oleh kelompok Jalisco New Generation, the Zetas, dan the Gulf Cartel. Kerusuhan penjara yang berakhir fatal juga menjadi masalah besar di banyak wilayah di Amerika Latin.

Pekan lalu, sebanyak 68 orang tewas dalam kebakaran akibat kerusuhan penjara di Venezuela. Dua korban tewas di antaranya merupakan perempuan yang sedang berkunjung.

https://internasional.kompas.com/read/2018/04/02/10151371/kerusuhan-di-penjara-meksiko-narapidana-kunci-dan-bakar-polisi

Penjara adalah tempat dimana orang-orang dikurung dan dibatasi berbagai macam kebebasan. Penjara umumnya adalah institusi yang diatur pemerintah dan merupakan bagian dari sistem pengadilan kriminal suatu negara, atau sebagai fasilitas untuk menahan tahanan perang.

Hukuman penjara sendiri, dibedakan ke dalam hukuman penjara seumur hidup dan hukuman penjara sementara.

Warga Binaan Pemasyarakatan agar menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat, dapat aktif berperan dalam pembangunan dan dapat hidup secara wajar sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab.

Aplikasi secara Rohani bahwa secara sadar umat manusia saat ini kita terpenjara sejak lahir bahkan seumur hidup dan turun temurun kepada anak cucu semua ini karena dosa.

Kita memiliki sifat memberontak, keras kepala, susah diatur dan maunya cinta diri sendiri. Bahkan tidak mau menyadari bahwa kita ini tidak bersalah.

Namun semua kesalahan kita manusia yang layak di hukum mati ini, digantikan oleh Pencipta kita sendiri Allah Maha Pengasih lagi Penyayang itu.
*

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”

“Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.”

Yohanes 3:16; Roma 5:8.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here