tangan-orang-tua-dan-anak Copy

Orang Tua yang Lalai Tidak Dapat Meniggikan Gereja.
[AkhirZaman.org]
 Jikalau pelanggaran dibiarkan di dalam kehidupan rumah tangga, hati anak-anak akan dipenuhi dengan perlawanan kepada pemerintahan Allah. Kuasa Roh Kudus akan terbukti tidak berhasil untuk melembutkan dan menaklukkan hati mereka. Jikalau pada tahun-tahun mendatang, di bawah keadaan-keadaan yang khusus, mereka menyerah kepada Injil Kristus, mereka harus mengalami peperangan yang hebat untuk menaklukkan kemauan yang tidak setia itu kepada kehendak Allah. Sering gereja harus menderita melalui anggotanya oleh karena pendidikan yang salah yang telah diterima oleh mereka pada masa kanak-kanak mereka. Pada waktu masih kanak-kanak, mereka telah dibiarkan menjalankan tipu daya agar dapat melaksanakan keinginan mereka; dan roh yang dibiarkan untuk memberontak di dalam rumah tangga akan merupakan yang terakhir menyerah kepada tuntutan Firman Allah.

Kerohanian Bisa Dihancurkan oleh Kritik.
Bilamana engkau tergoda untuk mengucapkan kata-kata yang pedas, berdoalah memohon anugerah untuk melawan penggodaan itu. Ingat bahwa anak-anakmu akan berbicara seperti mereka dengar engkau berbicara. Oleh teladanmu engkau sedang mendidik mereka. Ingat bahwa jikalau engkau mengucapkan kata-kata yang pedas kepada sesama anggota gereja, engkau akan mengucapkan kata-kata yang sama di dalam sorga, kalau saja engkau diizinkan masuk ke dalamnya. . . .

Setelah keluarga barulah menyusul gereja. Pengaruh keluarga haruslah sedemikian rupa sehingga itu akan merupakan satu pertolongan dan satu berkat di dalam gereja. Jangan sekali-kali mengatakan kata-kata persungutan atau mencari-cari salah. Ada gereja-gereja di mana kerohaniannya hampir-hampir sudah hancur, oleh karena roh untuk berbicara jahat tentang orang lain telah dibiarkan masuk. Mengapatah kita mengucapkan kata-kata yang mengecam dan mempersalahkan? Berdiam adalah merupakan satu teguran yang paling keras yang engkau dapat berikan kepada seseorang yang sedang mengucapkan kata-kata yang kasar dan tidak sopan kepadamu. Usahakan supaya benar-benar berdiam. Sering sikap diam berarti fasih.

Mengawasi Anak-anak Muda yang Malang.
Anak-anak lelaki dan perempuan yang masih muda yang tidak berada di bawah pengaruh rumah tangga memerlukan seseorang untuk mengawasi mereka dan menyatakan perhatian bagi mereka; dan mereka yang melakukan hal ini sedang mengisi kekurangan yang banyak itu, dan sedang melakukan satu pekerjaan bagi Allah dan keselamatan jiwa-jiwa sebagaimana halnya pendeta di atas mimbar. Pekerjaan kebajikan yang tidak mementingkan diri demi kebaikan anak-anak muda adalah sesuatu yang dituntut Allah dari masing-masing kita. Betapa sungguh-sungguhnya orang Krsiten yang berpengalaman harus berusaha untuk mencegah pembentukan kebiasaan-kebiasaan yang untuk selama-lamanya akan menodai tabiat! Biarlah para pengikut Kristus menjadikan Firman Allah menarik kepada anak-anak muda.

Pendeta Mempunyai Kesempatan yang Istimewa.
Pada setiap kesempatan yang baik biarlah cerita tentang kasih Yesus diulangi kepada anak-anak. Di dalam setiap khotbah biarlah sedikit ruangan disediakan untuk keperluan mereka ini. Hamba Kristus dapat menjadikan anak-anak kecil ini sebagai sahabat-sahabat yang lama diingat. Oleh sebab itu janganlah ia melewatkan kesempatan untuk menolong mereka menjadi lebih bijaksana dalam pengetahuan akan Kitab Suci. Hal ini akan berbuat lebih banyak daripda apa yang kita sadari untuk menghalangi rencana setan. Jikalau anak-anak sejak kecil diperkenalkan kepada kebenaran-kebenaran dari Firman Allah, maka sebuah penghalang terhadap kejahatan didirikan, dan mereka akan sanggup menghadapi musuh dengan kata-kata, “Adalah tertulis.”

Jadilah Setia di dalam Rumah Tangga Sebagaimana pada Waktu Berbakti.
Orang tua, sebagai guru anak-anak yang engkau kasihi itu, kebenaran harus mempunyai kuasa untuk mengendalikan terhadap angan-angan hatimu dan pengertianmu, memerintah kata-kata dan perbuatan. Jadilah setia di dalam rumah tangga sebagaimana halnya pada waktu berbakti kepada Allah. Berikanlah satu tabiat yang benar kepada semua orang yang ada di dalam rumah tangga. Malaikat-malaikat Allah hadir, sambil mencatat bagaimana anggota keluarga Tuhan yang lebih muda itu diperlakukan Agama rumah tangga pasti akan dibawa ke dalam gereja.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here