happyfam Copy

Orang Kristen Sejati akan Bergembira
[AkhirZaman.org] Jangan membiarkan kebingungan dan kesusahan hidup sehari-hari meresahkan pikiran dan mengerutkan kening. Jikalau engkau berbuat demikian, akan ada selalu yang menyakiti hatimu dan menjengkelkan. Kitalah yang membuat arti dalam kehidupan ini, dan kita harus berusaha untuk menemukan apa yang kita sedang cari dalam hidup ini. Jikalalu kita berusaha mencari kesusahan dan dukacita, kalau kita berada dalam kekalutan pikiran, kita akan membesarkan kesukaran yang kecil, kita akan menemukan cukup banyak yang akan memandang sesuatu perkara dari segi kebijaksanaan, kita kan menemukan cukup bahan untuk membuat kita bergembira dan bahagia. Jikalau kita memberi senyuman, senyuman itu akan kembali juga kepada kita, jikalau kita berbicara dengan kata-kata yang menyenangkan dan menggembirakan, kata-kata itu akan diucapakan kebali kepada kita.

Bilamana orang Kristen kelihatannya bermuram durja dan sedih, sama seperti pendapat mereka bahwa mereka sendiri tidak mempunyai sahabat, mereka memberi kesan yang salah mengenai agama. Dalam kasus seperti ini telah ditunjukkan bahwa ide kegembiraan itu telah ada dalam tabiat orang Kristen, tetapi hal ini adalah suatu kesalahan. Segala jenis kesukaan ada di surga; dan jikalau kita berusaha seberapa dapat mengumpulkan begembiraan itu kepada jiwa kita, tentu kita akan dapat menyatakan itu dalam kata-kata dan tingkahlaku, kita akan lebih menyenangakan kepada Allah Bapa yang di surga, daripada kita berduka cita dan bermuram durja.

Adalah tugas setiap orang untuk memperkembangkan kegembiraan itu gantinya memikir-mikirkan tentang duka cita dan kesusahan. Dengan cara demikian, banyak orang bukan banya mengusahakan dirinya sendiri, tetapi mereka mengorbankan kesehatan dan kebahagiaan untuk suatu imajinasi yang tidak wajar. Banyak perkara di dalam lingkungan mereka yang tidak menyenangkan, wajah mereka kelihatannya berkerut terus-menerus, lebih jelas lagi daripada kata-kata, dinyatakan dengan rasa tidak puas.

Perasaan yang tertekan ini menjadi suatu hal yang sangat merugikan terhadap kesehatan mereka; karena itu akan menghalangi proses pencernaan, jadi tekanan perasan ini mengganggu perasaan. Kegelisahan dan kesedihan tidak dapat mengobati satu kejahatan pun, hal itu dapat membuat kerugian yang besar. Tetapi kegembiraan dan pengharapan, sementara menyinari jalannya orang lain, “menjadi suatu kehidupan kepada mereka yang menemukannya, dan menjadi kesehatan untuk segenap tubuh mereka.” 

Ny. White Bergembira dalam Penderitaan.
Apakah engkau pernah melihat saya murung, bersedih dan mengeluh? Saya mempunyai iman yang melarang semuanya ini. Kesalahpahaman terhadap tabiat Kristen yang ideal dan pelayanan Kristen menuntun kepada kesimpulan ini. Keinginan mereka supaya agama sejati itu menghasilkan kemurungan, patah semangat dan kesedihan. Orang Kristen yang sungguh-sungguh berusaha menurut Yesus, karena orang Kristen itu seharusnyalah sama seperti Kristus. Adalah sangat penting mempunyai pengertian yang tepat tentang kehidupan Kristus, sifat-sifat Kristus, sehingga prisip kehidupan-Nya boleh menghasilkan persamaan kehidupan Kristus di dalam kehidupan kita.

Hati yang setengah-setengah melayani, mengasihi dunia ini, mencintai diri dan mencintai kepelisiran dunia membuat seorang hamba menjadi panakut dan menjadi pengecut, dia mengikut Kristus dengan cara yang sangat salah. :Melayani Kristus dengan kerelaan dan sepenuh hati akan menghasilkan agama yang menggembirakan. Mereka yang mengikut Kristus dengan akrab sekali tidak akan mengalami kemurungan. Karena dalam Kristus ada terang, damai dan suda cita untuk selamanya. Kita membutuhkan banyak kehidupan Kristus dan lebih berkurang keduniaan, lebih banyak Kristus dan lebih berkurang mementingkan diri.

Berjalanlah seperti Anak-anak Terang.
Bukanlah kehendak allah yang kita harus bermurung atau tidak mempunyai kesabaran, atau kita tidak menjadi terang dan suka membuang-buang kesempatan menjadi terang. Rencana yang dipelajari Setan ialah untuk mendorong orang supaya mempunyai perbedaan yang besar terhadap satu dengan yang lain. Sebagai anak-anak terang, Allah menghendaki supaya kita mengusahakan suatu kegembiraan, roh kegembiraan, agar kita boleh menyatakan puji-pujian kepada-Nya yang sudah memanggil kita keluar dari kegelapan masuk ke dalam terng-Nya yang ajaib.

Memenangkan Kasih Sayang Anak-anak Itu.
Hai para orangtua bergembiralah; hai para guru senyumlah. Jikalau hatimu bersedih, jangan tunjukkan itu dalam wajahmu Biarlah sinar kasih dari hati yang bersyukur itu bercayhaya pada wajahmu. Hendaklah engkau menjadi ramah-tamah, sediakanlah dirimu kepada kebutuhan anak-anakmu dan berusahalah sedemikian rupa shingga mereka mengasihi engkau. Engkau harus memenangkan kasih sayang mereka, jikalau engkau mau menanamkan kebenaran agama di dalam hati mereka.

Peliharalah Roman Muka yang Menyenangkan dan Suara yang Merdu.
Hai para orangtua bersukacitalah, janganlah keadaanmu sama setiap hari dan merasa rendah diri, tetapi bersyukurlah, taat dan berserahlah kepada Bapamu yang di surga. Engkau tidak perlu bertindak bebas untuk menunjukkan peresaanmu, jikalau harus timbul perkara yang menjengkelkan. Memenangkan cinta kasih itu sama seperti air yang dalam mengalir terus untuk mengatur anak-anakmu. Mereka itu adalah kawanan domba-domba Allah. Bawalah anak-anakmu yang masih kecil itu kepada Kristus. Jikalau perlu hendaklah para orangtua dan anak-anak mereka supaya menyenangkan, sekali-kali janganlah orangtua itu mencaci dalam pembicaraan kepada mereka. Didiklah diri supaya dapat membawakan roman muka yang menyenangkan dan jikalau mungkin ucapkan suara yang merdu dan manis. Para malaikat Allah senantiasa dekat dengan anak-anakmu yang masih kecil-kecil itu, dan suaramu yang kasar cerewet tidak menyenangkan kepada telinga mereka.

Hendaklah seorang ibu mengusahakan budi pekerti yang gembira, merasa puas dan bersukacita. Segala upaya yang dimanjaatkan dalam jurusan ini akan digantikan dengan limpahnya dalam kesejahteraan jasmani dan dalam perkembangan tabiat anak-anak. Suatu roh yang bersukacita akan memanjakan kebahagiaan keluarganya dan dalam setiap kabar yang besar memperbaiki kehebatannya sendiri.

Angkatlah Bayang-bayang Gelap dan Ringankan Tugas.
Pandanglah kepada sesuatu yang mendatangkan kegembiraan, berusahalah untuk mengangkat bayang-bayang gelap, jikalau hal ini dibiarkan, maka jiwa akan diselubungi dengan kegelapan. Bersimpatilah terhadap orang lain. Biarlah kegembiraan, kebaikan dan kasih itu meliputi rumah tangga itu. Hal ini akan menambah kasih untuk kegiatan agama dan tugas yang besar dan kecil akan dilaksanakan dengan hati yang cerah. 

Kegembiraan tanpa Sikap Semborono adalah Kasih Karunia Kristen.
Kita boleh mempunyai tabiat Kristen sejati dan pada waktu yang sama menjadi gembira dan menyenangkan dalam tingkah laku kita. Kegembiraan tanpa sikap semborono ialah satu kasih karunia orang Kristen.

 

 

 

-RTA

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here