97bantu-bersih- Copy

 

Allah Bersifat Teliti.
[AkhirZaman.org] Tuhan memerintahkan bani Israel supaya membersihkan pakaian mereka dan membuangkan segala kekotoran dari perkemahan mereka, agar jangan, pada waktu Ia berjalan melintasi mereka Ia melihat ketidakbersihan mereka itu. Allah sedang berjalan melewati rumah rumah kita sekarang ini, dan Ia memperhatikan adanya keadaan yang tidak menyehatkan dari banyak keluarga dan juga kebiasaan kebiasaan yang lalai. Bukankah lebih baik kita mengadakan pembaharuan dan dengan tidak berlambat lambat?

Orang tua, Allah telah menjadikan engkau sebagai alat alat Nya, agar engkau menanamkan prinsip yang benar di dalam pikiran anak anakmu. Kepadamu telah dipercayakan anak anak kecil itu, dan bahwa Allah yang begitu teliti sehingga anak anak Israel harus bertumbuh dengan kebiasaan kebiasaan yang bersih tidak membenarkan adanya kekotoran di dalam rumah tangga dewasa ini. Allah telah memberikan kepadamu tugas untuk mendidik anak anakmu dalam hal hal ini, dan di dalam mendidik anak anakmu dalam kebiasaan yang bersih, engkau mengajar mereka pelajaran rohani. Mereka akan menyadari bahwa Allah menghendaki agar mereka bersih di dalam hati sebagaimana dalam hal jasmani, dan akan dituntun kepada satu pengertian tentang prinsip suci yang direncanakan Allah akan mendorong setiap tindakan di dalam hidup mereka.

Jikalau Allah begitu teliti sehingga memerintahkan dijaganya kebersihan kepada mereka yang sedang mengembara di padang belantara, yang hampir selamanya berada di alam terbuka, Ia juga menuntut hal yang sama dari kita yang hidup di dalam rumah yang beratap, di mana kekotoran akan lebih nyata dan memberikan suatu pengaruh yang lebih tidak menyehatkan.

Kebersihan Harus Menjadi Sifat yang Kedua.
Ketidakbersihan di dalam rumah tangga adalah suatu kesalahan yang besar, oleh karena hal ini adalah bersifat mendidik dalam akibat akibatnya dan memberikan pengaruh yang meluas. Sekalipun pada masa bayi, satu pengarahan yang benar harus diberikan kepada pikiran dan kebiasaan anak anak…. Tunjukkan kepada mereka bahwa ketidakbersihan, baik dalam tubuh atau pakaian, tidaklah menyenangkan Allah. Ajar mereka makan dengan cara yang bersih. Kewaspadaan yang tetap harus diadakan agar kebiasaan kebiasaan ini bisa menjadi sifat yang kedua kepada mereka…. Kejorokan akan dijauhkan sebagaimana mestinya….

Oh, sekiranya semua orang mau memahami bahwa tugas tugas yang remeh ini tidak boleh diabaikan. Segenap kehidupan masa depan mereka akan dibentuk oleh kebiasaan kebiasaan dan praktek praktek pada masa kanak kanaknya. Anak anak terutama sekali peka terhadap pengaruh-pengaruh, dan pengetahuan tentang kesehatan dapat diberikan kepada mereka dengan cara tidak membiarkan adanya ketidakteraturan.

Ajar Menyukai Kebersihan dan Membenci Kekotoran.
Engkau harus memupuk suatu kesukaan terhadap kerapian dan kebersihan.4
Biarlah pakaian anak anakmu itu biasa dan sederhana. Biarlah pakaian mereka terbuat dari bahan yang tahan lama. Jaga mereka agar selalu manis dan bersih. Ajar mereka membenci segala sesuatu yang jorok dan kotor.

Biarlah kekuatan yang sekarang ini engkau berikan kepada rencana rencana yang tidak perlu tentang apa yang akan kamu makan atau minum, dan pakaian apa yang engkau akan pakai, diarahkan kepada usaha untuk memelihara tubuh mereka bersih dan pakaian mereka rapih. Jangan salah mengerti akan apa yang saya katakan dalam hal ini. Saya tidak mengatakan agar engkau mengurung mereka di dalam rumah, seperti boneka boneka. Tidak ada sesuatu yang najis di dalam pasir yang bersih dan di tanah yang kering; yang keluar dari dalam tubuh itulah yang mengotori, dan memerlukan ditukarnya pakaian dan dimandikannya tubuh kita.

rumah-bersih-bebas-kecoa- 120214185201-172 CopyJaga Agar Rumah Tetap Bersih.
Seluruh keluarga akan tertolong dan merasakan berkatnya jikalau orang tua mau mencari sesuatu untuk dikerjakan oleh anak anak mereka. Mengapakah para pendeta dan guru tidak lebih saksama dalam hal ini yang berarti banyak bagi kesehatan jasmani dan rohani? Anak anak lelaki dan perempuan di dalam rumah tangga harus merasa bahwa mereka adalah sebagian dari rumah tangga itu. Mereka harus berusaha menjaga agar rumah itu bersih dari segala pemandangan yang tidak menyenangkan. Petunjuk petunjuk dalam hal ini harus diberikan.

Setiap bentuk ketidakbersihan cenderung menimbulkan penyakit. Kuman kuman pembawa maut banyak terdapat di tempat tempat yang gelap, di sudut sudut yang tidak pernah dibersihkan, di dalam sampah yang sudah membusuk, di dalam tempat yang lembab dan berlumut. Jangan biarkan sisa sayur sayuran atau tumpukan daun daunan yang gugur tertinggal didekat rumah kita sampai membusuk dan meracuni udara. Jangan biarkan sesuatu yang kotor dan busuk berada di dalam rumah. Di dalam kota kota kecil dan besar yang dianggap benar benar sehat, banyak wabah penyakit telah disebabkan oleh adanya benda benda yang membusuk di dalam tempat tinggal keluarga keluarga yang lalai. Kebersihan yang sempurna, sinar matahari yang limpah, perhatian yang ketat terhadap kesehatan di dalam segala perkara yang remeh di dalam rumah tangga, adalah perlu bagi keadaan yang bebas dari penyakit dan bagi kebahagiaan dan kegairahan anggota anggota keluarga.

Kebersihan Pribadi Perlu bagi Kesehatan.
Kebersihan yang sempurna adalah perlu untuk kesehatan baik jasmani dan pikiran. Benda benda kotor terus menerus dikeluarkan oleh tubuh melalui kulit. Pori pori yang berjuta juta banyaknya itu dengan segera tersumbat kecuali dijaga dengan bersih dengan cara sering mandi, dan kekotoran kekotoran yang keluar melalui kulit menjadi beban tambahan kepada organ organ pembersih lainnya.

Kebanyakan manusia akan memperoleh keuntungan dari kebiasaan mandi dengan air dingin atau air hangat setiap hari. Pagi dan petang. Gantinya akan menambah kemungkinan untuk menjadi demam, mandi, bilamana itu dilakukan dengan sebenarnya, akan memperkuat tubuh kita dari serangan demam oleh sebab hal itu melancarkan peredaran darah; darah dibawa ke permukaan tubuh, dan peredaran yang lebih lancar dan teratur akan terjadi. Pikiran dan tubuh sama sama disegarkan. Otot otot menjadi lebih kendor; dan pikiran dijadikan lebih terang. Mandi adalah suatu alat penenang bagi syaraf. Mandi menolong perut, dan hati, sambil memberikan tenaga dan keadaan yang sehat kepada masing masing bagian tubuh, sambil menolong pencernaan.

Penting juga menjaga agar pakaian kita tetap bersih. Baju yang dipakai menyerap kotoran kotoran yang keluar melalui pori pori; jikalau pakaian tidak sering diganti dan dicuci, maka kotoran kotoran itu akan diserap kembali:

ulFZ2PhNC2 CopyKeadaan Lingkungan yang bersih adalah Satu Penolong bagi Kesucian
Saya sudah sering melihat tempat tidur anak anak dalam keadaan demikian rupa sehingga bau yang beracun dan memuakkan yang terus menerus keluar daripadanya tidak dapat saya tahan. Jagalah segala sesuatu yang terlihat oleh mata anak anak dan yang melekat pada tubuh, siang dan malam, agar tetap bersih dan menyehatkan. Hal ini akan merupakan suatu cara mendidik mereka untuk memilih yang bersih dan suci. Biarlah kamar tidur anak anakmu itu rapih, sekalipun di dalamnya tidak terdapat perabot yang mahal mahal.

Pertahankan Satu Keseimbangan yang Sepatutnya.
Kebersihan dan keadaan yang teratur adalah merupakan tugas tugas orang Kristen, namun demikian hal hal ini bisa dilakukan dengan cara yang berlebih lebihan dan dijadikan sebagai sesuatu yang terutama, sementara perkara perkara yang jauh lebih penting diabaikan. Mereka yang melalaikan perhatian anak anak terhadap perkara perkara ini adalah sama seperti membayar perpuluhan dari adas manis dan jintan, sementara mereka mengabaikan hal hal yang lebih penting yang berhubungan dengan hukum keadilan, rahmat dan kasih Allah.

–Mendidik & Membimbing Anak, pasal 17–

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here