jesus-with-children Copy

[AkhirZaman.org] Ulangan 28:13 : “TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kau lakukan dengan setia. “

Apa yang terlintas di pikiran anda ketika membaca ayat ini? Apakah anda membayangkan anda berada di suatu posisi yang bagus dalam pekerjaan anda? Ataukah Anda dipercayakan memimpin suatu organisasi? Tidak ada yang salah dengan hal itu. Kita tahu bahwa dalam Alkitab ada beberapa kisah dimana Tuhan mempercayakan hamba-hamba-Nya untuk memegang suatu posisi tertentu. Contohnya, Daniel dan teman-teman, Yusuf, dan beberapa tokoh Alkitab lainnya. Namun, saya ingin mengajak saudara untuk melihat makna yang lebih dalam mengenai apa yang ingin Tuhan katakan kepada kita.

Kalau kita melihat di dalam buku Yesaya 28:10, kita akan menemukan prinsip bagaimana untuk mempelajari Alkitab. “Sebab harus ini harus itu, mesti begini mesti begitu, tambah ini, tambah itu! “( Yesaya 28:10 ). Namun dalam bahasa Inggris, dikatakan seperti ini: “Aturan demi aturan, kalimat demi kalimat, disini sedikit, disana sedikit.” Artinya adalah bilamana kita ingin mengetahui makna dari suatu ayat, maka kita harus membandingkannya dengan ayat lainnya. Dan didalam Filipi 2:6, dikatakan bahwa : “yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,” ayat ini berbicara mengenai Yesus, dan kemudian dilanjutkan di ayat yang ketujuh, “ melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.” Yesus, yang merupakan Pemimpin, mau merendahkan diri dan menjadi sama dengan manusia. Pertanyaannya adalah, konsep apa yang sebenarnya Alkitab ingin katakan kepada kita? Bilamana kita bandingkan dengan Ulangan 28 :13 di atas, terkesan seperti ada pertentangan. Mari kita selidiki lebih lanjut.

Di Ulangan pasal yang ke 28 ayat 13, ada dua unsur yang disebutkan disana, yaitu Kepala dan ekor. Merupakan bagian yang paling awal dan paling akhir dari susunan tubuh makhluk hidup. Jadi, ada tubuh yang memiliki kepala dan ekor. Lalu apa maknanya?

Dalam Alkitab, tubuh adalah lambang dari jemaat. Kita boleh membaca di dalam Roma 12: 5 “demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.” Lalu jika tubuh adalah jemaat, lalu siapa kepala dari jemaat itu? Efesus 1:22 “Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada .” Dan di dalam Efesus 5:23 “karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.” Jadi, kita bisa melihat, bahwa kepala adalah Kristus sendiri. Lalu selanjutnya bagaimana dengan ekor?

Dalam Wahyu 12:4 dikatakan bahwa : “Dan ekornya menyeret sepertiga dari bintang-bintang di langit dan melemparkannya ke atas bumi.” Setan, yang dilambangkan dengan naga, menyeret sepertiga malaikat di surga dengan “ekor”. Yesaya 9:14 : “Tua-tua dan orang terpandang, itulah kepala, dan nabi yang mengajarkan DUSTA, itulah EKOR.” Pada akhirnya kita bisa pahami bahwa ekor memiliki arti dusta, dan kita tahu bahwa Setan adalah “bapa segala dusta“ ( Yohanes 8:44 ) dan ia menyeret malaikat-malaikat itu dengan dusta.

Kesimpulannya adalah, Tuhan rindu agar kita boleh menjadi seperti Kristus, dalam perkataan, pemikiran dan perbuatan kita, bukan menjadi ekor, yaitu memiliki tabiat Setan, yaitu dusta. Bagaimana kita supaya menjadi seperti Kristus? “ mendengarkan perintah Tuhan, Allahmu… kau lakukan dengan setia “ ( Ulangan 28:13 ). Belajar firman dan menghasilkan buah-buah yang sesuai dengan firman itu.

Mari kita luangkan waktu untuk mendengarkan firman Tuhan, mempelajarinya, dan minta kuasa Tuhan agar firman itu berbuah dalam kehidupan kita sehari-hari sehingga karakter kita boleh menjadi seperti Kristus.

 

Akhirzaman.org

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here