antartika

[AkhirZaman.org] Antartika dikenal sebagai tempat terdingin di dunia. Diselimuti es, tempat yang merupakan sebuah benua ini, punya suhu terendah minus 89,2 derajat Celcius pada tahun 1983.

Nah, belakangan ini telah banyak didengungkan bahwa perubahan iklim telah mencairkan banyak sekali porsi es di Arktik dan Antartika. Lalu, memang berapa banyak es di benua paling selatan Bumi itu?

Banyak ilmuwan menyatakan bila 90 persen es di Bumi bisa ditemukan di Antartika. Mayoritas daratan di Antartika tertutup oleh es dengan ketebalan hingga lebih dari 1,6 kilometer.

Menurut penelitian British Antarctic Survey (BAS) menggunakan satelit NASA Lansat 8, hanya 0,18 persen daratan es di Antartika yang tidak tertutup es.

Sebesar Amerika dan Meksiko
Berdasarkan data NSIDC (National Snow & Ice Data Center), lapisan es di Antartika sekitar menutupi area seluas 14 juta kilometer persegi. Es Antartika luasnya sama dengan luas Amerika Serikat dan Meksiko jika keduanya dipadukan.

Menariknya, di tengah pemanasan global ini, lapisan es Antartika justru terus bertambah (setidaknya sampai saat ini).

Dari tahun 2003 sampai 2008, per tahunnya ada 82 miliar ton baru yang terbentuk. Total, bobot es di Antartika diperkirakan sampai 16 miliar ton.

Sebagai perbandingan, jumlah ini diyakini dapat menaikkan permukaan laut hingga 60 meter bila seluruh es di Antartika mencair.

https://www.merdeka.com/teknologi/ini-jumlah-es-yang-ada-di-antariksa-jika-cair-dunia-tenggelam.html

Mempelajari Alam akan Menguatkan Pikiran. Kemuliaan Allah dinyatakan di dalam hasil pekerjaan tangan-Nya. Di sini terdapat rahasia-rahasia yang bilamana diselidiki akan menguatkan pikiran. Pikiran-pikiran yang telah diasyikkan dan dirusakkan oleh bacaan-bacaan dongeng bisa memperoleh sebuah buku yang terbuka di dalam alam, dan membaca kebenaran di dalam hasil pekerjaan Allah di sekeliling mereka. Semua orang dapat memperoleh tema untuk dipelajari di dalam daun yang biasa dari pepohonan di hutan, lembaran-lembaran rumput yang menutupi bumi dengan permadaninya yang hijau itu, tanaman dan bunga-bungaan, pohon-pohon yang tinggi di hutan, gunung-gunung yang megah, batu-batu karang, lautan yang selalu bergelora, berkas-berkas cahaya yang indah yang menghiasi langit dan menjadikan malam indah, kekayaan sinar matahari yang tidak pernah habis-habisnya itu, keindahan bulan yang tenang itu, sejuknya musim dingin, teriknya musim panas, musim yang bertukar dan berubah-ubah, dengan teratur dan serasi, yang dikendalikan oleh kuasa yang tidak terbatas itu; di dalam semuanya ini terdapat bahan pelajaran yang memerlukan pemikiran yang dalam dan imajinasi yang luas.

Hanya di dalam terang yang memancar dari bukit Golgota pengajaran alam dapat dibaca dengan benar. Melalui cerita yang terjadi di Betlehem dan di salib itu biarlah dinyatakan bagaimana kebaikan akan mengalahkan kejahatan, dan bahwa setiap berkat yang datang kepada kita adalah merupakan satu pemberian dari penebusan. MABJ 43.5

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here