olrgklrg Copy

 

Pekerjaan dan Hiburan yang Diatur dengan Baik.
[AkhirZaman.org] Supaya anak anak dan orang muda memiliki kesehatan, kegembiraan, gairah, dan pikiran serta otot otot yang berkembang dengan baik, maka mereka harus sering berada di alam terbuka dan mempunyai pekerjaan serta hiburan yang teratur dengan baik.

Anak anak harus mempunyai sesuatu untuk mengisi waktu rnereka. Kegiatan pikiran dan gerak badan di alam terbuka yang sepatutnya tidak akan merusak bangunan jasmani anak anakmu lelaki. Pekerjaan yang berguna dan pengetahuan akan rahasia rahasia daripada pekerjaan rumah tangga akan sangat menguntungkan bagi anak anak perempuanmu, dan beberapa kegiatan di alam terbuka secara positif perlu bagi bangunan jasmani dan kesehatan mereka.

Gerak Badan dan Udara Segar.
Mereka yang tidak pernah menggunakan anggota anggota tubuh mereka setiap hari akan menyadari adanya satu kelemahan pada waktu mereka berusaha untuk mengadakan gerak badan. Pembuluh pembuluh darah dan otot otot tidak berada dalam keadaan siap untuk melaksanakan pekerjaan mereka dan memelihara mesin mesin yang hidup itu dalam pekerjaannya yang menyehatkan, dimana setiap organ tubuh melaksanakan bagiannya. Anggota anggota tubuh akan dikuatkan bilamana digunakan. Gerak badan yang secukupnya setiap hari akan memberikan kekuatan kepada otot otot, yang tanpa gerak badan akan menjadi lembek dan lemah. Dengan melakukan gerak badan secara aktif di alam terbuka setiap hari, maka hati, buah pinggang, dan paru paru juga akan dikuatkan untuk melaksanakan pekerjaan mereka.

Gunakan kuasa kemauanmu yang akan menolong engkau, yang akan melawan demam dan akan memberikan kekuatan kepada susunan syaraf kita. Dalam jangka waktu yang singkat saja engkau akan demikian menyadari manfaat gerak badan dan udara segar sehingga engkau tidak mau hisp tanpa berkat berkat ini. Paru parumu, bilamana kekurangan udara, akan menjadi seperti seorang manusia yang lapar yang tidak diberi makanan. Sesungguhnya, kita bisa hidup lebih lama tanpa makanan daripada tanpa udara, yang merupakan makanan yang telah disediakan Allah bagi paru paru kita.

Para Pelajar Terutama Sekali Memerlukan Kegiatan Jasmani.
Tidak adanya kegiatan akan melemahkan sistim sistim yang ada dalam tubuh kita. Allah menjadikan pria dan wanita untuk menjadi giat dan berguna . Tidak ada sesuatu yang dapat menambahkan kekuatan anak anak muda seperti halnya penggunaan yang sepatutnya daripada semua otot dalam pekerjaan yang bermanfaat.

Segala Kesanggupan Dikuatkan oleh Gerak Badan.
Anak anak dan orang muda yang tetap tinggal di sekolah dan terikat kepada buku buku tidak dapat memiliki bangunan tubuh yang sehat. Melatih otak dengan belajar, tanpa diimbangi dengan gerak badan, mempunyai satu kecenderungan untuk menarik darah ke otak, dan peredaran darah melalui sistim itu, menjadi tidak seimbang. Otak mempunyai terlalu banyak darah, dan anggota tubuh lainnya terlalu sedikit. Harus ada peraturan peraturan yang mengatur jumlah waktu tertentu bagi anak anak dan orang muda untuk belajar dan sebagian daripada waktu mereka harus digunakan dalam pekerjaan tubuh. Dan jikalau kebiasaan makan, berpakaian, dan tidur mereka sesuai dengan undang undang jasmani, maka mereka akan memperoleh satu pendidikan tanpa mengorbankan kesehatan jasmani dan pikirani.

Biarlah anak anak diajar, pada waktu masih muda sekali, untuk memikul pelbagai tanggung jawab yang lebih kecil dalam hidup, dan kesanggupan yang digunakan dengan cara demikian akan dikuatkan. Dengan cara demikian anak anak muda akan menjadi penolong penolong yang mantap dalam pekerjaan yang lebih besar yang kelak Tuhan mau agar mereka lakukan….

Sedikit saja anak anak yang telah dilatih dalam kebiasaan rajin, memikirkan orang lain dan bekerja. Kemalasan, kurang berusaha, adalah kutuk yang terbesar kepada anak anak zaman ini. Pekerjaan yang baik dan bermanfaat akan merupakan suatu berkat yang besar, dengan dan oleh meningkatkan pembentukan kebiasaan yang baik dan satu tabiat yang agung.

Rencanakan untuk Mengadakan Variasi dan Perubahan dalam Kerja.
gardnnr CopyTangan dan pikiran anak anak muda yang aktif itu harus mempunyai pekerjaan, dan jika mereka tidak diarahkan kepada tugas tugas yang bermanfaat, yang akan memperkembangkan diri mereka dan menjadi berkat bagi orang lain, maka mereka akan mendapati pekerjaan dalam hal hal yang akan membahayakan diri mereka baik dalam hal jasmani dan juga pikirani.

Anak anak muda harus dengan penuh kesukaan mengambil bagian dalam beban hidup bersama dengan orang tua mereka, dan dengan berbuat demikian mereka akan dapat mempertahankan satu hati nurani yang bersih, yang sangat perlu bagi kesehatan akhlak dan tubuh. Dalam melaksanakan hal ini, mereka harus dijaga jangan sampai dibebani dalam bidang yang sama untuk satu jangka waktu yang lama. Jikalau anak muda dibiarkan terus menerus dalam satu jenis pekerjaan yang sama sehingga tugas itu menjadi sesuatu yang menjemukan, maka akan lebih sedikit hasil yang diperoleh daripada yang sebenarnya jika diadakan satu pertukaran jenis pekerjaan atau satu waktu untuk istirahat. Jikalau pikiran terlalu dibebani, maka itu tidak akan menjadi kuat lagi dan akan merosot satu pertukaran dalam pekerjaan, maka kesehatan dan kegairahan bisa dipertahankan. Maka tidak perlu lagi untuk menyisihkan sesuatu yang berguna untuk memperoleh sesuatu yang tidak berguna, oleh karena hiburan yang mementingkan diri itu adalah berbahaya terhadap akhlak.

Keletihan, Akibat yang Normal dari Bekerja. 
Para ibu, tidak ada suatu yang menuntun kepada kejahatan kejahatan seperti itu selain dari ada dengan cara mengangkat beban dari anak anak perempuanmu dan tidak memberikan sesuatu yang khusus untuk mereka kerjakan, dan biarlah mereka memilih pekerjaan mereka sendiri, mungkin menyulam menjahit untuk menyibukkan diri mereka sendiri. Biarlah mereka menggunakan anggota tubuh dan otot otot mereka. Jikalau hal itu melelahkan mereka lalu apa? Bukankah engkau juga merasa letih dalam

pekerjaanmu? Akankah keletihan menyakiti anak anakmu, kecuali bekerja dengan berlebih lebihan, lebih daripada menyakiti engkau? Tidak, tentunya.

Boleh jadi mereka merasa lelah, tetapi betapa nikmatnya beristirahat setelah melakukan sejumlah pekerjaan yang sepatutnya. Tidur, alat yang digunakan alam untuk memulihkan, akan menguatkan tubuh yang letih menyediakannya untuk tugas tugas pada hari berikutnya.

Mengapa Kemiskinan Sering Merupakan Suatu Berkat.
Kekayaan dan kemalasan oleh banyak orang dianggap sebagai berkat; tetapi mereka yang selalu sibuk, dan yang dengan penuh kesukaan melaksanakan tugas mereka setiap hari adalah orang orang yang paling berbahagia dan menikmati kesehatan yang terbaik…. Hukuman bahwa manusia harus bekerja untuk memperoleh rotinya setiap hari, dan janji akan diberikannya kebahagiaan dan kemuliaan pada masa yang akan datang, kedua duanya berasal dari satu takhta yang sama, dan kedua duanya adalah merupakan berkat.

Kemiskinan, dalam banyak masalah, adalah satu berkat; oleh karena hal itu mencegah anak anak dan orang muda supaya jangan dibinasakan oleh kemalasan. Kesanggupan baik pikiran maupun jasmani harus diperkembangkan dan dipupuk dengan sepatutnya. Perhatian yang terutama dan senantiasa dari orang tua haruslah untuk memastikan bahwa anak anak mereka memiliki bangunan tubuh yang kuat, agar mereka bisa menjadi pria dan wanita yang sehat. Mustahil tujuan ini tercapai tanpa gerak badan.

Untuk kesehatan jasmani dan kebaikan akhlak mereka sendiri, anak anak harus diajar bekerja, sekalipun tidak ada kekurangan yang harus dipenuhi. Jikalau mereka ingin memiliki tabiat yang suci dan baik, mereka harus memperoleh disiplin daripada kerja yang teratur dengan baik, yang akan melatih segenap otot mereka. Kepuasan yang akan anak anak nikmati dengan menjadi orang orang yang berguna, dan dalam menyangkal diri sendiri untuk menolong orang lain, akan merupakan kesukaan yang paling menyehatkan yang pemah mereka alami.

Kegiatan Pikiran dan Jasmani Harus Sama.
students-studying CopyPara pelajar janganlah diizinkan mengambil sedemikian banyak pelajaran sehingga mereka tidak mempunyai waktu untuk gerak badan. Kesehatan tidak akan dapat dipertahankan kecuali sebagian dari waktu setiap hari dipakai untuk pergerakan otot di alam terbuka. Jam jam yang tertentu harus digunakan untuk pekerjaan tangan dalam bidang apapun, sesuatu yang akan menggerakkan seluruh bagian tubuh. Adakan penggunaan kesanggupan pikiran dan jasmani dengan cara yang seimbang, maka pikiran pelajar akan disegarkan. Jikalau ia berpenyakit, maka gerak badan sering akan menolong sistim dalam tubuh untuk memperoleh kembali keadaannya yang normal. Bilamana para pelajar meninggalkan perguruan tinggi, mereka harus memiliki ke sehatan yang lebih baik dan suatu pengertian yang lebih baik tentang hukum kehidupan dari saat mereka memasuki perguruan tinggi itu harus dipelihara sekhidmat seperti menjaga tabiat.

Tenaga Masa Muda Sangat diboroskan dengan Semena-mena.
Orang muda dalam kesegaran dan kegairahan hidup sedikit saja menyadari nilai tenaga mereka yang berkelimpahan itu. Sebuah harta yang lebih berharga daripada emas, lebih perlu daripada pengajaran atau pangkat atau kekayaan dalam usaha untuk memperoleh perkembangan—betapa diremehkannya hal itu! Betapa hal itu diboroskan dengan semena mena! . . .

Dalam pelajaran ilmu tubuh manusia, para murid harus dituntun untuk menyadari nilai tenaga jasmani dan bagaimana hal itu dapat dipelihara dan diperkembangkan dengan sedemikian rupa sehingga akan memberikan sumbangan sedapat dapatnya dalam mencapai sukses dalam pergumulan hidup yang besar ini.

Kegiatan Jangan Dicegah Melainkan Harus Diarahkan.
Anak anak sedang berdiri, sebagaimana adanya mereka, di persimpangan jalan. Di sekeliling mereka tipu daya duniawi untuk mencari keuntungan diri dan memanjakan diri membujuk mereka untuk meninggalkan jalan yang telah disediakan bagi umat tebusan Tuhan. Apakah hidup mereka akan merupakan berkat atau kutuk bergantung atas pilihan yang mereka adakan. Berkelimpahan dengan tenaga, rindu untuk menguji segala kesanggupan mereka yang belum pernah dicoba itu, mereka harus memperoleh saluran untuk mengarahkan hidup mereka yang amat berkelimpahan itu. Dengan keadaan mereka yang giat itu mereka akan menjadi kebajikan atau kejahatan.

Firman Allah tidak menekan kegiatan, melainkan mengarahkannya dengan benar. Allah tidak memerintahkan orang muda supaya menjadi kurang bercita cita. Unsur unsur tabiat yang menjadikan seorang manusia berhasil dengan sesungguhnya dan dihormati di antara sesama manusia keinginan yang tidak bisa dipendam untuk sesuatu kebajikan yang lebih besar, kemauan yang keras, usaha yang sungguh sungguh, ketekunan yang tidak kenal lelah janganlah dijadikan tawar. Oleh anugerah Allah semuanya itu harus diarahkan untuk mencapai tujuan tujuan yang jauh lebih tinggi daripada perkara perkara yang duniawi, dan mementingkan diri sebagaimana langit jauh lebih tinggi daripada bumi.

Mendidik & Membimbing Anak, Pasal 57

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here