Thursday, April 25, 2024
Google search engine
HomePendalamanRenungan Harian Pengalaman Ellen G. White Menegur Fanatisme (Bagian 2)

[RH] Pengalaman Ellen G. White Menegur Fanatisme (Bagian 2)

 â€œKarena itu harus lebih teliti kita memperhatikan apa yang telah kita dengar, supaya kita jangan hanyut dibawa arus. Sebab kalau firman yang dikatakan dengan perantaraan malaikat-malaikat tetap berlaku, dan setiap pelanggaran dan ketidaktaatan mendapat balasan yang setimpal, bagaimanakah kita akan luput, jikalau kita menyia-nyiakan keselamatan yang sebesar itu, yang mula-mula diberitakan oleh Tuhan dan oleh mereka yang telah mendengarnya, kepada kita dengan cara yang dapat dipercayai” (Ibrani 2: 1-3)

[AkhirZaman.org] Ellen G. White: Ada suatu bahaya yang pasti ketika mengizinkan sesuatu menyusup ke tengah-tengah kita yang kita anggap sebagai pekerjaan Roh Kudus, tetapi dalam kenyataan merupakan buah dari roh fanatisme. Selama kita mengizinkan musuh kebenaran itu memimpin kita ke dalam cara yang salah, kita tidak dapat mengharapkan kejujuran dalam hati akan pekabaran malaikat ketiga. Kita akan disucikan melalui ketaatan kepada kebenaran.

Saya khawatir terhadap setiap hal yang cenderung untuk menyimpangkan pikiran dari bukti-bukti nyata akan kebenaran sebagaimana yang dinyatakan dalam Firman Allah. Saya takut akan hal itu; saya takut akan hal itu. Kita harus membawa pikiran kita di dalam simpul-simpul kepastian, jika tidak musuh akan muncul dan membuat setiap hal menjadi kacau. Ada orang dengan temperamen bersemangat yang dengan mudah dipimpin ke dalam fanatisme; dan kalau kita membiarkan hal-hal itu masuk ke dalam gereja-gereja kita maka akan membawa orang-orang ke dalam kekeliruan dan kita akan melihat kekeliruan-kekeliruan itu dibawa sampai kepada hal-hal yang ekstrem; dan oleh unsur-unsur yang kacau ini maka akan terdapat noda pada seluruh tubuh umat GMAHK.

Saya sudah sampaikan agar pengalaman-pengalaman itu dibuat kembali untuk dicetak, sehingga banyak dari umat kita yang boleh diberikan informasi; karena sudah lama saya ketahui bahwa fanatisme itu akan dimanifestasikan kembali, dalam cara-cara yang berbeda. Kita akan memperkuat posisi kita oleh tinggal pada Firman, dan oleh menghindari semua keganjilan dan tindakan-tindakan yang aneh yang beberapa orang akan cepat tangkap dan praktikkan. Jika kita mengizinkan kekacauan muncul pada kedudukan-kedudukan kita, kita tidak bisa mengerjakan pekerjaan sebagaimana yang akan kita kerjakan. Sekarang kita berupaya untuk mengerjakannya, dalam setiap cara yang mungkin.

Saya pikir saya harus menghubungkan perkara-perkara ini kepadamu.
R. Mackin: Baiklah, apa yang kamu sudah nyatakan tidak cocok dengan pengalaman kami. Kami sudah berhati-hati dalam perkara ini, dan kami dapati bahwa pengalaman yang telah kami alami, dan yang telah kami nyatakan kepada kamu pagi ini secara singkat bahwa hal itu diperhitungkan sama dengan pengalaman hamba-hamba Allah pada zaman dulu sebagaimana dalam Firman.  

 

(3SM 373, 374)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?