1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

MENOLONG YANG TERGODA (1)

 

gods love Copy[AkhirZaman.org] Kristus mengasihi kita bukan karena kita yang lebih dulu mengasihi Dia; tetapi "ketika kita masih berdosa" Ia telah mati bagi kita. Ia tidak memperlakukan kita sesuai dengan ganjaran kita. Sekalipun dosa kita menuntut penghukuman, Ia tidak menghukum kita. Tahun demi tahun Ia menanggung kelemahan dan kebodohan kita, dengan keangkuhan dan penyelewengan kita. Sekalipun kita menyimpang, mengeraskan hati, mengabaikan firman-Nya yang kudus, tangan-Nya tetap diulurkan. 

Rahmat adalah sifat Allah yang dikaruniakan kepada umat manusia yang tidak layak. Kita tidak mencarinya, tetapi anugerah itu sendirilah yang mencari kita. Allah senang menganugerahkan rahmat-Nya kepada kita, bukan karena kita layak, tetapi malah karena kita sangat tidak layak. Satu-satunya yang tuntutan kita kepada kemurahan-Nya ialah kebutuhan kita yang besar.

Tuhan Allah melalui Yesus Kristus mengulurkan tangan-Nya sepanjang hari mengundang orang yang berdosa dan telah jatuh. Ia mau menerima semua orang. Ia menyambut semuanya. Adalah kemuliaan bagi-Nya untuk mengampuni orang-orang berdosa. Ia akan membebaskan mangsa dari penguasa dunia, Ia mau membebaskan tawanan, Ia akan menarik puntung dari api. Ia akan menurunkan rantai emas kemurahan-Nya ke kedalaman penderitaan umat manusia, dan mengangkat jiwa yang sudah direndahkan dan dicemari oleh dosa.

Setiap manusia merupakan sasaran perhatian kasih bagi Dia yang telah menyerahkan nyawa-Nya agar dapat mengembalikan manusia kepada Allah. Jiwa-jiwa yang bersalah dan tak berdaya, yang dapat terkena panah dan jerat setan, dipelihara seperti seorang gembala memelihara kawanan dombanya.

Keteladanan Juruselamat harus menjadi standar pelayanan kita bagi orang yang tergoda dan yang bersalah. Perhatian, kelemahlembutan dan kesabaran yang sama yang telah Ia nyatakan terhadap kepada kita, itu juga yang harus kita nyatakan kepada orang lain. "Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah megasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi." Yohanes 13:34. Jika Kristus tinggal di dalam kita, kita akan menyatakan kasih-Nya yang tidak mementingkan diri itu kepada semua orang yang harus kita layani. Sementara kita memperhatikan pria dan wanita yang membutuhkan simpati dan pertolongan, kita tidak boleh bertanya, "Apakah mereka layak?" tetapi "Bagaimana saya dapat melakukan kebaikan kepada mereka?"

Orang kaya dan yang miskin, terpandang dan yang rendah, merdeka atau hamba, semuanya adalah pusaka Allah. Ia yang telah menyerahkan nyawanya untuk menebus manusia melihat dalam diri setiap manusia satu nilai yang melebihi perhitungan manusia fana. Dengan rahasia dan kemuliaan salib, kita harus melihat nilai perhitungan-Nya atas jiwa manusia. Apabila kita menilainya, kita akan merasakan bahwa manusia serendah apapun terlalu bernilai untuk diperlakukan dengan sikap dingin atau hina. Kita harus menyadari betapa penting pekerjaan melayani sesama manusia, agar mereka dapat ditinggikan kepada takhta Allah.

lost-coin CopyDalam perumpamaan Juruselamat, mata uang yang hilang itu tetap sebagai sepotong perak walaupun tergeletak di dalam lumpur dan sampah. Pemilik mata uang itu mencarinya karena benda itu bernilai. Begitulah setiap jiwa dianggap bernilai dalam pemandangan Allah betapa pun sudah merosot akibat dosa. Selama mata uang itu memuat gambar dan keterangan tentang penguasanya, nilainya tetap sama, begitulah manusia yang pada penciptaannya menyandang gambar dan keterangan Allah. Sekalipun kini cacat dan dikelamkan oleh pengaruh dosa, bekas-bekas ukiran itu tetap ada pada setiap jiwa. Allah ingin memulihkan jiwa itu dan mengukir kembali citra-Nya dalam kesalehan dan kesucian.

Betapa kecil rasa simpati kita terhadap Kristus sedangkan seharusnya itulah ikatan kesatuan yang paling erat antara kita dengan Dia -- rasa belas kasihan terhadap jiwa-jiwa yang menderita, yang bersalah, jiwa-jiwa yang menderita, bahkan yang mati dalam pelanggaran dan dosa! Dosa kita yang paling besar ialah memperlakukan manusia secara tidak manusiawi. Banyak orang berpendapat bahwa mereka sedang mewakili keadilan Allah padahal mereka sama sekali gagal menunjukkan kelemahlembutan-Nya dan kasih-Nya yang besar. Seringkali orang-orang yang mereka temui dengan wajah murung dan sengsara sedang dilanda tekanan penggodaan. Setan sedang bergumul dengan jiwa-jiwa seperti ini, dan kata-kata yang kasar dan tidak mengandung simpati akan mengecewakan mereka dan membuat mereka jadi mangsa bagi kuasa si penggoda.

Menjamah pikiran adalah satu hal yang rumit. Hanya Dia yang dapat membaca hati itu yang mengetahui bagaimana caranya mengajak orang kepada pertobatan. Hikmat-Nya sajalah yang dapat memberikan kepada kita keberhasilan dalam menjangkau yang hilang. Mungkin engkau bisa berdiri tegak sambil merasa, "Saya lebih suci daripada kamu," namun tidak peduli bagaimana pun tepatnya alasanmu atau betapa pun benar ucapanmu; kata-kata itu tak akan pernah dapat menyentuh hati orang lain. Kasih Kristus yang dinyatakan dengan perkataan dan perbuatan, akan berhasil mencapai jiwa itu, sedangkan mengulangi pemikiran atau perbantahan tidak akan menghasilkan apapun.

Kita membutuhkan lebih banyak rasa simpati Kristus; bukan hanya rasa simpati terhadap mereka yang nampaknya tidak bersalah, tetapi simpati terhadap jiwa-jiwa yang malang, menderita dan sedang bergumul, yang sering jatuh-bangun dalam kesalahan, berdosa dan bertobat, tergoda dan patah semangat. Kita harus mendatangi sesama kita, seperti Imam Besar kita yang berpengasihan itu, yang terjamah dengan perasaan kelemahan-kelemahan mereka.

alone-in-a-crowd-1 CopyOrang-orang buangan, pemungut cukai dan orang berdosa, yang dihina bangsa-bangsa, merekalah yang dipanggil oleh Kristus, dan oleh kasih setia-Nya mereka dipaksa datang kepadaNya. Golongan yang Ia tidak pernah akan dipandang-Nya adalah mereka yang berdiri terpisah di dalam gengsi mereka dan memandang rendah terhadap orang lain.

"Pergilah ke jalan-jalan raya dan lintasan-lintasan, dan paksalah mereka masuk," perintah Kristus kepada kita," agar rumah perjamuan-Ku penuh." Dalam menuruti perintah ini, kita harus pergi ke negeri kafir di sekitar kita dan kepada mereka yang jauh dari kita. Para "pemungut cukai dan pelacur" harus mendengar undangan Juruselamat itu. Melalui kebaikan dan kesabaran para utusan-Nya, undangan itu menjadi suatu kuasa yang memaksa untuk mengangkat mereka yang sudah terbenam jauh di kedalaman dosa.

Motivasi Kristen menuntut agar kita bekerja dengan tujuan yang pasti, dengan perhatian yang tidak memudar dan desakan yang semakin keras, untuk jiwa-jiwa yang hendak dibinasakan oleh Setan. Janganlah ada yang mengendorkan semangat yang sungguh-sungguh bagi keselamatan orang yang tersesat.

Perhatikanlah bagaimana semua orang menunjukkan roh kesungguh-sungguhan melalui firman Allah dalam mengajak pria dan wanita supaya datang kepada Kristus. Kita harus memanfaatkan setiap kesempatan, secara perorangan atau umum, mengemukakan setiap alasan, mendorong setiap motif yang paling kuat, untuk menarik orang-orang kepada Juruselamat. Dengan segala kekuatan, kita harus mendorong mereka supaya memandang kepada Yesus dan menerima kehidupan penyangkalan diri dan pengorbanan-Nya. Kita harus menunjukkan bahwa kita mengharapkan mereka untuk menggembirakan hati Kristus dengan memanfaatkan setiap karunia-Nya dalam menghormati nama-Nya.

 

Artikel Terkait:

1. MENOLONG YANG TERGODA (2)

MENOLONG

Diselamatkan oleh Pengharapan[AkhirZaman.org] "Sebab kita diselamatkan dalam pengharapan." Roma 8:24. Orang-orang yang jatuh ke dalam dosa harus dituntun untuk merasakan bahwa belum terlalu terlambat bagi mereka untuk menjadi laki-laki sejati.  ...
1329 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. BAGIKAN YANG CUMA-CUMA DENGAN CUMA-CUMA

Bagikan

[AkhirZaman.org] Panggilan injil janganlah dipersempit maknanya atau disajikan hanya kepada orang-orang tertentu saja, yang kita anggap akan menghormati kita kalau mereka menerimanya. Pekabaran itu harus dibagikan kepada semua orang. Bila Allah memberkati anak-anakNya, pemberkatan itu bukanlah hanya bagi mereka sendiri, tetapi demi kebutuhan dunia ...
1394 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. "PUJIANKU SENANTIASA BAGI-MU"

"Pujianku

[AkhirZaman.org] Setelah wanita di Kapernaum itu disembuhkan oleh jamahan iman, Yesus ingin agar dia menghargai berkat yang telah diterimanya. Pemberian yang Injil itu tawarkan tidak diperoleh dengan cara mencurinya atau dinikmati sendirian. "Kamulah saksi-saksi-Ku, demikianlah firman Tuhan, dan Akulah Allah." Yesaya 43:12 Pengakuan kita aka...
1399 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. ALAT SETAN MENJADI ALAT TUHAN

ALAT

[AkhirZaman.org] Fajar menyingsing di Danau Galilea. Yesus dan murid-murid-Nya mendarat di pantai setelah bermalam di atas air yang ditimpa angin ribut, dan cahaya mentari yang sedang menyingsing itu menyentuh laut dan tanah bagaikan doa ucapan syukur kedamaian. Tetapi manakala mereka menginjak pantai, mereka disambut dengan pemandangan yang lebih ...
1401 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. DENGAN ALAM DAN DENGAN ALLAH

DENGAN

[AkhirZaman.org] Kehidupan Juruselamat di dunia adalah suatu kehidupan yang berhubungan dengan alam dan dengan Allah. Dalam hubungan ini Ia menampakkan kepada kita rahasia suatu kehidupan penuh kuasa. ...
1416 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. HARI-HARI PELAYANAN (2)

HARI-HARI

[AkhirZaman.org] Kekayaan atau kedudukan tinggi, peralatan yang mahal-mahal, bangunan atau perabotan, tidaklah perlu bagi kemajuan pekerjaan Allah; begitu juga prestasi yang mendapat pujian dari manusia yang hanya menimbulkan kesombongan. Peragaan secara duniawi, betapa pun mengesankan, tidaklah bernilai dalam pemandangan Allah. Lebih dari apa yang...
1420 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. HARI-HARI PELAYANAN (1)

HARI-HARI

[AkhirZaman.org] Di rumah nelayan di Kapernaum ibu mertua Petrus terbaring akibat sakit "demam keras," dan "mereka segera memberitahukan keadaannya kepada Yesus." "Yesus memegang tangan perempuan itu, lalu lenyaplah demamnya," dan ia bangkit dan melayani Juruselamat dan murid-murid-Nya. Lukas 4:23; Markus 1:30; Matius 8:15. ...
1423 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. TELADAN PELAYANAN KESEHATAN KITA

TELADAN

[AkhirZaman.org] Tuhan kita Yesus Kristus datang ke dunia ini sebagai hamba yang tak kenal lelah melayani kebutuhan manusia. Ia "memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita" (Matius 8:17) agar Ia boleh melayani setiap kebutuhan manusia. Untuk menyingkirkan beban penyakit dan kemalangan dan dosa itulah Ia datang. Adalah menjadi misi-Nya untu...
1427 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. MENANGANI KRITIK DENGAN MANIS

Menangani

    [AkhirZaman.org] Merespon dan menanggapi kritik bukanlah perkara gampang. Setiap orang pernah mendapat kritik, entah itu yang destruktif atau konstruktif. Namun yang paling sering kita terima adalah kritik yang bisa membuat merah telinga. Kritik pedas yang kadang membangkitkan emosi.     Seseorang, ketika mendap...
1533 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. MENCEGAH “TINDAK KEKERASAN SEKS” TERHADAP PEREMPUAN

MENCEGAH

[AkhirZaman.org] Bila kita melihat tayangan-tayangan televisi, maupun membaca berita-berita dari surat kabar cetak maupun elektronik, marak terjadi tindak kekerasan seksual oleh suatu kelompok, maupun perorangan terhadap perempuan. Kadangkala mereka menggunakan cara-cara kekerasan seperti menganiaya, bahkan tidak jarang untuk membunuh si korban u...
1557 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
Tujuh Cara Meredam Stress...
[AkhirZaman.org] Apakah Anda pernah mengalami kesulitan mengatasi anak-anak...
Read More...
IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
[RH] KOTA-KOTA HARUS DIBE...
Dan seorang malaikat lain, malaikat kedua, menyusul dia dan berkata, "Sudah...
Read More...
IMAGE
[RH] SETIAP ORANG MENURUT...
Sebab hal kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar...
Read More...
IMAGE
[RH] KHIDMATNYA PENGHAKIM...
Maka la akan menjawab mereka, Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala...
Read More...
IMAGE
[RH] PERSATUAN YANG DICAR...
Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
RI Sayangkan Sikap Malays...
[AkhirZaman.org] Kementerian Luar Negeri Indonesia menyangkan sikap Polisi...
Read More...
IMAGE
Rusia: Kebijakan AS di Su...
[AkhirZaman.org] Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan, kebijakan...
Read More...
IMAGE
Sudah 40 Tahun Tinggal di...
[AkhirZaman.org] Seorang dokter yang telah berada di Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Turki Bombardir Afrin, DK...
[AkhirZaman.org] Dewan Keamanan (DK) PBB membahas serangan intensif Turki...
Read More...
IMAGE
China Sebut AS Pembuat On...
[AkhirZaman.org] Surat kabar China menyebut Amerika Serikat sebagai pembuat...
Read More...

Data Kunjungan

017281563
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
7373
10874
24386
104662
274871
16583202
17281563

IP Anda: 54.167.126.106
Tanggal: 2018-01-23 22:27:22

Online Saat Ini

We have 116 guests and no members online