1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Apakah Makan Nasi Itu Sehat atau Tidak?

beras Copy[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya makan nasi 3 kali sehari itu sehat atau tidak?” ada juga yang bertanya; “Mana yang lebih sehat, makan nasi beras putih, nasi beras coklat (pecah kulit), atau nasi beras merah?”

Baiklah sebelum kita menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, ada baiknya kita ketahui lebih jauh mengenai beras putih, beras coklat dan kegunaannya masing-masing.

Sebab pada zaman ini masalah beras dan memakan nasi ini sudah merupakan masalah yang sedang menjadi polemik serta jadi perdebatan di berbagai kelompok masyarakat. Sebahagian kelompok tidak setuju bahwa makan nasi itu tidak sehat. Namun ada lagi sekelompok masyarakat yang mempercayai budaya timur mengenai pengobatan atau traditional chinese medition, yang mempercayai bahwa beras ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Pendapat golongan golongan ini sebenarnya kembali lagi kepada setiap individu-individu dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai pengetahuan bagaimana proses sampai adanya beras putih, tentu saja berawal dari padi sampai pada beras putih adalah:

1. Perontokan.
Suatu proses untuk melepaskan bulir-bulir padi dari merangnya.

2. Pengeringan.
Untuk mengurangi kadar air dari bulir padi, sehingga bila padi ini dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dalam lembung padi, sehingga kelak untuk memudahkan dalam proses penggilingannya.

3. Proses pecah kulit
Padi-padi yang dimasukkan dalam mesin pecah kulit padi, maka dihasilkanlah beras pecah kulit (brown rice), atau beras coklat. Ini adalah proses yang pertama dari penggilingan padi. Di mana beras pecah kulit ini masih mengandung serat kulit arinya yang sebahagian daerah menyebutnya dengan istilah Aleuron atau pericarp atau “Bekatul.”

4. Penggilingan beras
Suatu proses setelah melewati pecah kulit ini adalah adalah proses penggilingan beras yang kedua inilah yang akan menghasilkan beras putih (terlepasnya kulit ari).

Inilah beras yang umum saat ini yang gampang kita jumpai serta berwarna putih dan bersih, yang umumnya dikonsumsi oleh masyarakat. Tentu saja karena rasanya lebih enak dari beras coklat atau beras pecah kulit.

Apakah mengkonsumsi beras yang sudah melalui penggilingan yang kedua itu baik sehat?

Ada studi kasus yang menemukan bahwa golongan masyarakat yang setiap hari mengkonsumsi beras putih (kehilangan kulit ari) akan rentan mengalami penyakit “Diabetes atau kencing manis” Kenapa? Sebab beras yang telah kehilangan kulit arinya sudah kehilangan hampir semua dari serat dari beras ini. Bila beras yang telah kehilangan seratnya ini mengakibatkan gula yang terkandung dalam beras putih itu sangat cepat terserap oleh usus, sehingga kadar gula dalam darah akan melonjak tinggi juga. Efek yang lainnya akan berimbas pada Pankreas yang akan bekerja keras memproduksi insulin yang akan menghantarkan gula ke dalam sel-sel tubuh. Dan bila kandungan gula masuk ke darah dengan volume yang banyak, maka perlu produksi insulin lebih banyak juga untuk menetralisasi gula darah.  Bila hal ini terus berulang kali dalam waktu yang lama seiring bertambahnya usia seseorang, tentunya saja akan berimbas pada organ tubuh yaitu Pankreas akan mengalami “kelelahan” tentu menghasilkan penyakit diabetes.

Bagaimana dengan beras coklat atau pecah kulit itu sendiri.

Tentu saja ini sama–sama berasal dari tanaman padi juga namun beras putih dan beras coklat berbeda dari prosesnya. Beras pecah kulit tidak mengalami proses penggilingan. Dimana masih terdapat kulit ari, serat yang banyak tentu mengandung vitamin yang tinggi juga (Vitamin B3 atau Niacin). 

Niacin atau Vitamin B3 ini berfungsi untuk kerja jantung serta pembuluh darah anda. Juga mengandung mineral yang disebut Cilenium, yang berfungsi untuk mendukung kerja dari Tiroid dan Ginjal anda.

Dari penjelasan ini maka dianjurkan bagi anda untuk mengkonsumsi beras pecah kulit sebab baik bagi kesehatan anda.

Namun sebahagian yang pernah mengkonsumsi beras pecah kulit mengatakan bahwa: “setelah makan beras pecah kulit ini, perut saya jadi tidak enak”. Ini sebenarnya disebabkan oleh suatu faktor yang disebut Phytic Acid (asam fitat) yaitu: “Jenis Protein yang menghambat kerja enzim dalam pencernaan” yang menyebabkan perut anda terasa kembung.

Saran:
Bagi anda yang hendak mengkonsumsi beras coklat agar “Merendamnya” terlebih dahulu minimal 4 jam agar kandungan Asam Fitat atau Phytic Acid akan jauh berkurang, dan saat mengkonsumsinya akan lebih mudah dicerna oleh tubuh anda.
Namun ada juga yang mengatakan bahwa beras coklat itu mahal. Apakah ada solusi yang lain...?

Ada juga beras merah yang kandungan nilai gizinya tidak kurang dari beras coklat. Dimana beras merah kaya dengan “Anti Oksidan atau Antosianin” yang tentu saja sangat baik untuk menanggulangi bahaya “Radikal bebas” karena polusi udara yang kian bertambah saat ini.

Bila bagi anda yang masih belum terbiasa untuk mengkonsumsi beras coklat atau beras merah ini, maka anda dapat mencampurnya dengan beras putih dengan perbandingan 50:50 atau 70:30 itu sesuai selera sehat anda saja.

Semoga tips kesehatan ini dapat menolong anda dan keluarga.. salam sehat.

Ezr. Th.

Artikel Terkait:

1. TUJUH CARA MEREDAM STRESS YANG DIDERITA ANAK-ANAK

Tujuh

[AkhirZaman.org] Apakah Anda pernah mengalami kesulitan mengatasi anak-anak Anda yang rewel? Jika ya, cobalah lakukan kegiatan-kegiatan santai di bawah ini bersama anak-anak Anda dan bantu mereka untuk belajar tenang saat mereka merasa stres atau cemas....
14 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. 10 LANGKAH KESEHATAN (BAGAIMANA MENURUNKAN BERAT BADAN DARI

10

1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi air putih/mineral sehari adalah 3 – 5 liter. Ini sesuai dengan ukuran berat badan seseorang. Air putih sangat penting bagi mereka yang sedang melakukan diet.  ...
27 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. PERHATIKAN KODE STIKER DI BUAH YANG ANDA BELI, JANGAN MEMBEL

Perhatikan

[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan yang kita beli di supermarket ini ternyata ada maknanya? Tak hanya menjadi tanda produksi atau label merek produsen buah tersebut, angka-angka pada stiker ini ternyata ada artinya. ...
32 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. OSTEOPOROSIS (PENGEROPOSAN TULANG)

Osteoporosis

[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang seseorang. Anda mungkin akan terkejut ketika mengetahui bahwa banyak faktor yang berkontribusi terhadap kondisi tersebut. ...
41 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. BEBERAPA CARA MENGENDALIKAN EMOSI

BEBERAPA

[AkhirZaman.org] Emosi adalah perkataan atau ungkapan perasaan yang keluar dari dalam diri seseorang. Emosi dibagi menjadi dua, emosi positif seperti suka cita, pengharapan syukur, berbela rasa, dan keyakinan. ...
74 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. MENJAGA KESEHATAN MENTAL

Menjaga

[AkhirZaman.org] Mental merupakan salah satu bagian yang penting dalam tubuh. Sebab, kondisi mental yang tidak sehat bisa menyebabkan tubuh stres dan akhirnya mengganggu aktivitas. ...
77 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. PERBEDAAN STRESS DENGAN DEPRESI

Perbedaan

[AkhirZaman.org] Mendengar kata stres, rasa-rasanya tak jauh dari sesuatu yang berbau negatif seperti tekanan dan beban pikiran. Tetapi sebenarnya stres tidaklah demikian. ...
83 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. BAGAIMANA MEMBANTU ORANG MENGATASI DEPRESI?

Bagaimana

[AkhirZaman.org] Kesulitan dalam hidup bisa berdampak terhadap kesehatan mental, seperti depresi. Jika terjadi pada orang terdekat seperti orangtua, saudara, teman, bahkan kekasih pasti timbul pertanyaan bagaimana membantu mereka mengatasi rasa depresi agar tidak menjadi semakin parah? ...
88 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. FAKTA DI BALIK MAKANAN ANDA

Fakta

Beberapa fakta di balik pola makan daging: - Emisi karbon dioksida yang dihasilkan oleh sapi selama setahun setara dengan yang dihasilkan oleh kendaraan yang menempuh perjalanan sepanjang 70.000 km. - Seorang vegetarian yang mengendarai kendaraan Hummer SUV lebih ramah lingkungan daripada pengkonsumsi daging yang naik sepeda. - Jika semua pen...
1648 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. BEDA GOLONGAN DARAH, BEDA MAKANANNYA?

Beda

[AkhirZaman.org] Buku Eat Right For Your Type yang ditulis oleh Dr. Peter J. D’Adamo didasarkan pada pemikiran bahwa untuk mendapatkan kesehatan, tiap golongan darah membutuhkan pola makan yang berbedai. Rekomendasi pola makan tersebut sangat bervariasi dari pola makan yang didasarkan pada daging (animal based) hingga pola makan yang didasarkan...
1746 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
Pelaku pembantaian Texas ...
[AkhirZaman.org] Tersangka pelaku penembakan di sebuah gereja di pedalaman...
Read More...
IMAGE
Mengungkap Kekayaan Pange...
[AkhirZaman.org]  - Pangeran Alwaleed bin Tahal menjadi salah satu dari...
Read More...
IMAGE
Buntut Teror New York, Tr...
[AkhirZaman.org] Presiden Amerika Serikat Donald Trump memanfaatkan serangan...
Read More...
IMAGE
Jumlah Anak Obesitas Naik...
[AkhirZaman.org] – Hasil studi yang dimuat dalam jurnal kesehatan The...
Read More...
IMAGE
Seorang istri di Pakistan...
[AkhirZaman.org] Seorang perempuan yang baru menikah di Pakistan ditangkap...
Read More...
IMAGE
[RH] MENDAKI TERUS
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh...
Read More...
IMAGE
[RH] BERDIRI PADA PRINSIP
Betapa kucintai Taurat-Mu! Aku merenungkannya sepanjang hari. Mazmur...
Read More...
IMAGE
[RH RENCANA-RENCANA ALLAH...
Tetapi semua orang yang menerimaNya diberiNya kuasa supaya menjadi anak-anak...
Read More...
IMAGE
[RH] KUASA INJIL
Sebab Allah yang telah berfirman, "Dari dalam gelap akan terbit terang! "...
Read More...
IMAGE
[RH] LEBIH SERUPA KRISTUS...
Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR...
Umat Allah Tidak Menyukai Keinginan yang Keji[AkhirZaman.org] Sekarang ini,...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
Jenis-jenis Penyakit dan ...
Adenoids (Membesarnya hulu kerongkongan ) [AkhirZaman.org] Adenoids terdiri...
Read More...
IMAGE
Menggunakan Ponsel Sebelu...
[AkhirZaman.org] Pasti kamu pernah menggunakan atau memakai ponsel sebelum...
Read More...
IMAGE
MENJAGA KESEHATAN PARU-PA...
SISTEM PERNAFASAN [AkhirZaman.org] Paru-paru adalah bagian utama dalam...
Read More...

Data Kunjungan

016459409
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
4505
11308
4505
75331
205069
15973345
16459409

IP Anda: 54.162.139.105
Tanggal: 2017-11-19 15:53:18

Online Saat Ini

We have 200 guests and no members online