1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Osteoporosis (Pengeroposan Tulang)

tulang Copy[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang seseorang. Anda mungkin akan terkejut ketika mengetahui bahwa banyak faktor yang berkontribusi terhadap kondisi tersebut. Misalnya, penurunan estrogen saat menopause adalah salah satu penyebab. Ada juga komponen genetik. Jika ibu atau nenek memiliki osteoporosis, kemungkinan seseorang akan lebih tinggi untuk mengalami osteoporosis juga.

Makan diet rendah kalsium, kurang olahraga, dan rokok juga dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk mengalami osteoporosis. Penting untuk mengetahui semua penyebab osteoporosis sehingga kita dapat mengambil langkah-langkah preventif untuk menghentikan penyakit ini dan menurunkan risiko patah tulang.

Apakah osteoporosis mulai dari masa kanak-kanak?
Di masa kecil dan masa remaja, tubuh terus-menerus merusak tulang lama dan membangun kembali tulang baru. Ini dilakukan melalui proses yang disebut “renovasi.” Selama ini, tubuh lebih sering membangun tulang daripada menghilangkan, dan ketika tulang tumbuh, kekuatan tulang akan semakin kokoh.

Anda sering mendengar betapa pentingnya bagi wanita untuk mendapatkan cukup kalsium. Tapi itu sama pentingnya (bahkan lebih penting mungkin) bahwa anak-anak dan remaja juga justru perlu mendapatkan cukup kalsium dan penting bagi mereka untuk berolahraga sehari-hari sehingga membangun tulang yang kuat sebagai cadangan untuk kehidupan selanjutnya.

Bagi kebanyakan wanita, jumlah total kepadatan tulang puncak adalah antara usia 25–30 tahun. Mungkin untuk beberapa wanita mencapai puncak lebih cepat tergantung pada faktor-faktor risiko untuk osteoporosis.

Ketika jumlah total puncak tulang, di beberapa titik, biasanya sekitar usia 35 tahun, wanita mulai kehilangan kepadatan isi tulang.

Kepadatan tulang yang hilang setiap tahun akan meningkat seiring kehilangan tulang secara dramatis dalam 5-10 tahun setelah menopause. Kemudian, selama beberapa tahun, kerusakan tulang terjadi pada kecepatan yang jauh lebih besar daripada pembangunan tulang baru. Ini adalah proses yang akhirnya menyebabkan osteoporosis.

Selama ini, meskipun tulang Anda mungkin masih cukup kuat untuk mencegah patah tulang yang tidak biasa dan Anda tidak memiliki tanda-tanda osteoporosis, kehilangan tulang dapat menjadi terdeteksi dengan tes kepadatan tulang.

Apa pria juga mengalami osteoporosis?
Iya. Laki-laki juga dapat mengalami osteoporosis. Bahkan, sekitar 2 juta pria di atas usia 65 tahun mengalami osteoporosis. Osteoporosis biasanya dimulai pada usia yang lebih tua daripada wanita dan berlangsung lebih lambat pada pria.

Seiring dengan penuaan, osteoporosis menjadi semakin sering. Di antara orang-orang usia 50 tahun dan yang lebih tua, 55% berada pada risiko yang signifikan untuk osteoporosis. Di Amerika Serikat, lebih dari 10 juta pria dan wanita mengalami osteoporosis dan hampir lain 34 juta orang diperkirakan memiliki massa tulang yang rendah yang menempatkan mereka pada peningkatan risiko untuk osteoporosis.

Faktor risiko untuk osteoporosis
Tingkat kehilangan tulang bervariasi dari orang ke orang. Tapi sekitar setengah baya, tulang menjadi lebih tipis. Seberapa cepat atau seberapa lambat Anda kehilangan tulang tergantung pada sejumlah faktor

-Tingkat aktivitas
-Berapa banyak kalsium yang didapatkan
-Riwayat keluarga
-Riwayat Anda mengambil obat tertentu
-Kebiasaan gaya hidup, apakah Anda merokok atau minum alkohol
-Menopause

Menopause, estrogen, dan osteoporosis
Estrogen penting untuk menjaga kepadatan tulang pada wanita. Ketika tingkat estrogen turun setelah menopause, maka kepadatan tulang akan menurun dengan cepat. Hal ini dapat terjadi karena menopause alami maupun menopause karena pembedahan awal jika Anda mengalami operasi pengangkatan ovarium.

Selama lima sampai 10 tahun pertama setelah menopause, wanita bisa kehilangan sekitar 2,5% dari kepadatan tulang setiap tahun. Itu berarti mereka bisa kehilangan sebanyak 25% dari kepadatan tulang mereka selama waktu itu.

Pengeroposan tulang (kehilangan massa tulang) setelah menopause merupakan penyebab utama osteoporosis pada wanita. Bagi wanita, memiliki tulang sekuat mungkin sebelum memasuki masa menopause adalah perlindungan terbaik terhadap osteoporosis dan untuk mencegah patah tulang.

Dapatkah osteoporosis dicegah?
Sekitar setengah dari semua perempuan di atas usia 50 tahun dan sekitar satu dari empat orang akan mematahkan tulang karena osteoporosis. Tapi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah osteoporosis dan menghindari patah tulang yang menyakitkan. Misalnya, pastikan Anda mendapatkan banyak kalsium dalam diet harian Anda. Anda bisa mendapatkan kalsium dari makanan dan suplemen. Anda juga dapat memeriksa faktor risiko osteoporosis dan mengontrol faktor risikonya. Misalnya, berhenti merokok jika Anda seorang perokok. Jika Anda membutuhkan obat, kunjungi dan konsultasikan dengan dokter tentang penggunaan obat osteoporosis.

Suatu hal yang sangat penting yang dapat Anda lakukan adalah pastikan untuk melakukan banyak olahraga. Latihan angkat beban akan merangsang sel-sel yang membuat tulang baru. Dengan meningkatkan latihan menahan beban, Anda mendorong tubuh untuk membentuk tulang yang lebih. Hal ini dapat menunda atau bahkan membalikkan proses destruktif dari osteoporosis yang mengakibatkan patah tulang yang menyakitkan atau melemahkan. Dengan latihan rutin, Anda meningkatkan kekuatan otot dan fleksibilitas dan mengurangi kemungkinan untuk jatuh dan patah tulang. Konsultasikan kepada dokter tentang pilihan olahraga yang tepat untuk Anda.

Memahami pengobatan osteoporosis sangat penting untuk semua orang, terutama jika Anda memiliki faktor risiko untuk gangguan ini. Pengobatan osteoporosis termasuk makan makanan bergizi, kebiasaan gaya hidup, dan obat osteoporosis untuk mencegah kehilangan tulang lebih lanjut dan patah tulang.

Bagaimana osteoporosis didiagnosis?
Jika dokter mencurigai bahwa Anda memiliki osteoporosis, dokter akan melakukan pemeriksaan. Tulang belakang (vertebra) merupakan tulang yang seringkali pertama kali terkena pengaruh, menyebabkan kehilangan tinggi sekitar setengah inci atau lebih dari waktu ke waktu. Dokter mungkin juga menyarankan agar kepadatan tulang diukur.

Meskipun osteoporosis kadang-kadang didiagnosis setelah pemeriksaan sinar X dilakukan untuk memeriksa patah tulang atau penyakit lain (bukan merujuk khusus untuk osteoporosis, sehingga osteoporosis ditemukan secara tidak sengaja), dan kegunaan dari X-ray terbatas untuk skrining awal osteoporosis.

Scan kepadatan tulang, juga dikenal sebagai DEXA scan, adalah alat yang paling umum digunakan untuk mengukur kepadatan tulang dan mendiagnosa kehilangan tulang dan osteoporosis pada tahap awal.

Kuantitatif computerized tomography juga merupakan metode yang akurat untuk mengukur kepadatan tulang di mana saja di tubuh, tetapi menggunakan tingkat radiasi yang lebih tinggi dari tes kepadatan tulang lainnya.

USG – biasanya USG tumit kaki – juga dapat mendeteksi tanda-tanda awal dari osteoporosis.

Selain tes kepadatan tulang, Anda mungkin akan diminta untuk memberi sampel darah dan sampel urin untuk dianalisis sehingga penyebab penyakit yang berhubungan untuk pengeroposan tulang dapat dikesampingkan.

Apa tulang mineral density testing?
The National Osteoporosis Foundation memperkirakan bahwa 10 juta orang di Amerika Serikat mengalami osteoporosis dan hampir 34 juta lebih memiliki osteopenia, yang menempatkan mereka pada risiko lebih besar untuk osteoporosis.

Kepadatan mineral tulang (Bone Marrow Density/BMD) merupakan kondisi yang terkait dengan kekuatan tulang. Pengujian BMD digunakan untuk mendiagnosa osteoporosis. BMD diukur dengan tes yang disebut DEXA scan. Dengan mengukur BMD, dokter dapat memprediksi risiko kecenderungan mengalami patah tulang.

Scan kepadatan tulang, atau tes kepadatan tulang, (beda dengan scan tulang), digunakan untuk menemukan tumor, kanker, patah tulang, dan infeksi pada tulang.

Apa hasil dari hasil uji BMD tulang?
-Normal: Tulang memiliki kepadatan yang sehat.
-Massa tulang yang rendah (medis disebut osteopenia): Tulang menunjukkan awal kehilangan kepadatan, tetapi tidak cukup untuk menjadi osteoporosis.
-Osteoporosis: Tulang yang lemah dan keropos, dan lebih mungkin untuk istirahat

 

-doktersehat

Artikel Terkait:

1. TUJUH CARA MEREDAM STRESS YANG DIDERITA ANAK-ANAK

Tujuh

[AkhirZaman.org] Apakah Anda pernah mengalami kesulitan mengatasi anak-anak Anda yang rewel? Jika ya, cobalah lakukan kegiatan-kegiatan santai di bawah ini bersama anak-anak Anda dan bantu mereka untuk belajar tenang saat mereka merasa stres atau cemas. ...
80 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. APAKAH MAKAN NASI ITU SEHAT ATAU TIDAK?

Apakah

[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya makan nasi 3 kali sehari itu sehat atau tidak?” ada juga yang bertanya; “Mana yang lebih sehat, makan nasi beras putih, nasi beras coklat (pecah kulit), atau nasi beras merah?” ...
90 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. 10 LANGKAH KESEHATAN (BAGAIMANA MENURUNKAN BERAT BADAN DARI

10

1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi air putih/mineral sehari adalah 3 – 5 liter. Ini sesuai dengan ukuran berat badan seseorang. Air putih sangat penting bagi mereka yang sedang melakukan diet.  ...
93 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. PERHATIKAN KODE STIKER DI BUAH YANG ANDA BELI, JANGAN MEMBEL

Perhatikan

[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan yang kita beli di supermarket ini ternyata ada maknanya? Tak hanya menjadi tanda produksi atau label merek produsen buah tersebut, angka-angka pada stiker ini ternyata ada artinya. ...
98 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. BEBERAPA CARA MENGENDALIKAN EMOSI

BEBERAPA

[AkhirZaman.org] Emosi adalah perkataan atau ungkapan perasaan yang keluar dari dalam diri seseorang. Emosi dibagi menjadi dua, emosi positif seperti suka cita, pengharapan syukur, berbela rasa, dan keyakinan. ...
140 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. MENJAGA KESEHATAN MENTAL

Menjaga

[AkhirZaman.org] Mental merupakan salah satu bagian yang penting dalam tubuh. Sebab, kondisi mental yang tidak sehat bisa menyebabkan tubuh stres dan akhirnya mengganggu aktivitas. ...
143 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. PERBEDAAN STRESS DENGAN DEPRESI

Perbedaan

[AkhirZaman.org] Mendengar kata stres, rasa-rasanya tak jauh dari sesuatu yang berbau negatif seperti tekanan dan beban pikiran. Tetapi sebenarnya stres tidaklah demikian. ...
149 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. BAGAIMANA MEMBANTU ORANG MENGATASI DEPRESI?

Bagaimana

[AkhirZaman.org] Kesulitan dalam hidup bisa berdampak terhadap kesehatan mental, seperti depresi. Jika terjadi pada orang terdekat seperti orangtua, saudara, teman, bahkan kekasih pasti timbul pertanyaan bagaimana membantu mereka mengatasi rasa depresi agar tidak menjadi semakin parah? ...
154 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. FAKTA DI BALIK MAKANAN ANDA

Fakta

Beberapa fakta di balik pola makan daging: - Emisi karbon dioksida yang dihasilkan oleh sapi selama setahun setara dengan yang dihasilkan oleh kendaraan yang menempuh perjalanan sepanjang 70.000 km. - Seorang vegetarian yang mengendarai kendaraan Hummer SUV lebih ramah lingkungan daripada pengkonsumsi daging yang naik sepeda. - Jika semua pen...
1714 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. BEDA GOLONGAN DARAH, BEDA MAKANANNYA?

Beda

[AkhirZaman.org] Buku Eat Right For Your Type yang ditulis oleh Dr. Peter J. D’Adamo didasarkan pada pemikiran bahwa untuk mendapatkan kesehatan, tiap golongan darah membutuhkan pola makan yang berbedai. Rekomendasi pola makan tersebut sangat bervariasi dari pola makan yang didasarkan pada daging (animal based) hingga pola makan yang didasarkan...
1812 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
RI Sayangkan Sikap Malays...
[AkhirZaman.org] Kementerian Luar Negeri Indonesia menyangkan sikap Polisi...
Read More...
IMAGE
Rusia: Kebijakan AS di Su...
[AkhirZaman.org] Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan, kebijakan...
Read More...
IMAGE
Sudah 40 Tahun Tinggal di...
[AkhirZaman.org] Seorang dokter yang telah berada di Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Turki Bombardir Afrin, DK...
[AkhirZaman.org] Dewan Keamanan (DK) PBB membahas serangan intensif Turki...
Read More...
IMAGE
China Sebut AS Pembuat On...
[AkhirZaman.org] Surat kabar China menyebut Amerika Serikat sebagai pembuat...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
Tujuh Cara Meredam Stress...
[AkhirZaman.org] Apakah Anda pernah mengalami kesulitan mengatasi anak-anak...
Read More...
IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
[RH] KOTA-KOTA HARUS DIBE...
Dan seorang malaikat lain, malaikat kedua, menyusul dia dan berkata, "Sudah...
Read More...
IMAGE
[RH] SETIAP ORANG MENURUT...
Sebab hal kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar...
Read More...
IMAGE
[RH] KHIDMATNYA PENGHAKIM...
Maka la akan menjawab mereka, Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala...
Read More...
IMAGE
[RH] PERSATUAN YANG DICAR...
Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...

Data Kunjungan

017283998
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
1843
7965
26821
104662
277306
16583202
17283998

IP Anda: 54.82.57.154
Tanggal: 2018-01-24 04:28:15

Online Saat Ini

We have 156 guests and no members online