Saturday, April 20, 2024
Google search engine
HomeGaya HidupKesehatanMembangun Daya Tahan Tubuh Secara Alami

Membangun Daya Tahan Tubuh Secara Alami

[AkhirZaman.org] Daya tahan tubuh terhadap penyakit sangat bergantung atas adanya jumlah antibodi khusus. Kesehatan umum dan kesejahteraan adalah dasar bagi daya tahan tubuh kita terhadap kedua infeksi dan penyakit-penyakit yang membahayakan. Ada beberapa cara yang sangat alami untuk meningkatkan pertahanan kita, di antara yang banyak itu kita mempunyai pilihan-pilihan, apakah itu pilihan untuk diri kita sendiri atau pilihan untuk keluarga-keluarga kita.

Giat berolahraga dapat menambah jumlah sel darah putih dalam peredaran. Sel-sel itu memacu terjadinya peradaran dengan demikian juga mempercepat proses untuk mendapatkan kekuatan-kekuatan pertahanan menuju ke pusat-pusat pertempuran, di antara banyak efek-efek yang baik lainnya. Istirahat yang teratur juga sangat penting, karena kekebalan kita akan diperbaiki pada saat kita tidur. Hormon-hormon dan siklus-siklus tubuh memicu ritme-ritme.Waktu tidur yang teratur sungguh sangat penting, terutama ketika ada resiko terkena penyakit, atau kalau memang sedang menderita penyakit.

Anda juga dapat meningkatkan jumlah sel darah putih Anda dengan air. Merendam kaki ke dalam air dingin dapat mengirim pesan akan adanya bahaya kepada sistem kekebalan dan menggerakkan sel-sel darah putih dalam sekejap. Keringkan kaki Anda secepatnya dan kenakan kaus kaki hangat sesudah merendam kaki dengan air dingin. Anda akan merasa nyaman sel-sel darah putih Anda akan tetap disiagakan. Mandi dengan air dingin mempunyai efek yang sama. Ini merupakan praktik keseharian yang baik untuk mendesak batalion-batalion pasukan kekebalan. Juga akan menjadi prospek yang menyenangkan di dalam iklim yang hangat, apalagi di musim salju Eropa! Namun ada berita baik: kalau Anda mandi dengan air hangat, Anda juga akan mendapatkan efek yang sama, kalau Anda kemudian mengakhirinya dengan beberapa siraman air dingin. Segeralah mengeringkan tubuh dan dalam beberapa waktu Anda akan merasakan kehangatan yang meresap. Air dingin itu akan menutup saluran-saluran darah di bagian permukaan yang mengalirkan kehangatn sesudah Anda mandi dengan air hangat, dan Anda akan merasa lebih  hangat sesudah mendapat siraman air dingin, daripada kalau Anda langsung keluar dari air hangat. Sebuah peringatan: berhati-hatilah terhadap dingin yang membekukan—bila Anda mendapatkannya terlalu banyak padahal Anda tidak terbiasa, akan membuat Anda merasa kedinginan dan ini akan berakibat yang sebaliknya, yang justru akan mengurangi sistem kekebalan tubuh Anda.

Makan Makanan yang Menyehatkan akan memacu sistem kekebalan tubuh. Semua makanan-makanan dari tumbuh-tumbuhan mengandung bahan yang berguna—buah-buahan, sayur-sayuran, gandum-ganduman, kacang-kacangan dan biji-bijian. Harus ada keseimbangan antara makanan buah-buahan dan sayur-sayuran. Ada yang dimasak, ada yang mentah. Keanekaragaman bukan hanya bumbu dari kehidupan, tetapi juga adalah faktor yang penting untuk menjadi tetap bugar. Sebagaimana isi dari kandungan vitamin-vitamin dan mineral-mineral yang terdapat di dalamnya, masing-masing aneka ragam makanan tumbuh-tumbuhan, memiliki campuran bahan dari phytochemicalnya yang berbeda-beda, setiap jenis tumbuhan saling tolong-menolong untuk mengembangkan sistem pertahanan tubuh kita dengan cara mereka masing-masing. Makanan yang sudah diolah, terutama yang dicampur dengan gula dan lemak, akan memberikan efek yang sebaliknya.

Bayi-bayi yang mendapat ASI akan mendapatkan kekebalan yang pasif—antibodi-antibodi yang terdapat di dalam darah sang ibu akan disalurkan kepada bayinya melalui air susu. Bayi-bayi yang menyusu dari ibunya hanya sedikit saja yang pernah mendapat infeksi dari berbagai jenis, karena mereka sudah unggul di dalam pertahanan tubuh mereka terhadap penyakit di masa depan.

Akan ada lebih banyak tulisan mengenai hukum-hukum pencegahan. Hanya perlu dikatakan bahwa racun-racun, termasuk yang sudah biasa dikonsumsi masyarakat, semuanya dengan cara tersendiri dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh.

Hukum-hukum pikiran dan jiwa. Berbahagialah dan bergembiralah dan percayalah kepada Allah untuk mendapatkan pertolongan di dalam menghadapi tekanan-tekanan dan ketegangan-ketegangan di dalam kehidupan sehari-hari. Pikiran mempunyai pengaruh terhadap seluruh sistem tubuh dan aktifitasnya. Tekanan-tekanan akan dapat dikurangi dan kegembiraan akan dirangsang. Untungnya, kita tidaklah mutlak berada di bawah pengaruh dari perasaan-perasaan kita di dalam hal ini. Kita dapat menggunakan kemauan kita untuk memikirkan tentang hal-hal yang menyenangkan walaupun kita sedang mengalami perasaan yang tidak enak. Manfaatkan kekuatan kemauan Anda dan kalau pikiran yang menggembirakan sudah dimungkinkan, ucapkan sebuah doa syukur untuk faktor-faktor positif apa pun yang Anda dapat pikirkan. Kalau mungkin, ucapkan dengan keras. Bacalah buku Mazmur tentang pujian, paksakan diri untuk menyanyikan tentang lagu-lagu pujian yang menggembirakan. Sementara Anda mencoba usaha ini, maka itu biasanya dapat mengubah bahan-bahan kimia yang ada di dalam otak Anda.

 

Previous article
Next article
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?