1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Arang Obat Ajaib I

arang-penjerap[AkhirZaman.org Masih ingat era 1980 ketika menyetrika menggunakan bara arang? Arang dibakar hingga membara dalam setrika besi yang di depannya terdapat pengunci berbentuk ayam jantan. Cara itu kini ditinggalkan dan digantikan setrika listrik yang lebih praktis. Namun, bukan berarti arang tak lagi digunakan. Pada abad ke-20, barang gosong itu justru makin luas penggunaannya. Riset terbaru, arang diubah menjadi penghantar zat antikanker pada tubuh manusia. Penelitiannya dilakukan Japan Science and Technology Agency dan Japan Cancer Insitute, Jepang. Arang atau karbon diubah menjadi nanohorn, sejenis batang berukuran sepersejuta meter yang salah satu ujung silindernya meruncing dan tertutup seperti tanduk. Pada ujung itu, disempalkan butiran 1-2 nanometer obat kanker bernama cisplatin. Mirip memasukan obat ke dalam kapsul.

Setelah disuntikkan ke tubuh pasien, nanohorn mengalir dalam darah, tidak menyebar ke seluruh tubuh tetapi hanya terakumulasi di dalam sel-sel kanker. Sebab, sifat sel kanker lebih mudah menyerap benda-benda berukuran 100 nanometer dibandingkan sel tubuh lainnya. Setelah berkumpul di dalam sel kanker, obat dalam kapsul nanohorn itu perlahan lepas untuk mematikan sel kanker. Sistem penghantar obat itu lebih efektif untuk pemusnahan kanker dan tumor serta tanpa efek samping.

Awet muda

Penggunaan arang sebagai obat dalam sebetulnya bukan baru. Sejak 1500 SM,  masyarakat Mesir menggunakan arang sebagai penyembuh luka dan pembersih usus halus setelah makan. Lantas, 1.100 tahun kemudian Hipokrates menggunakan barang kelam itu untuk perawatan pengidap epilepsi, klorosis, dan antraks. Pada 1831, di depan pelajar di French Academy of Medicine, Profesor Touery berdemonstrasi minum racun strychnine yang dicampurkan butiran hitam asal pembakaran. Hasilnya, ia tetap hidup dan menjelaskan penyebabnya.

Menurut Professor Tourey, arang tak berbau dan tak berasa mampu menyerap 60% zat beracun di dalam tubuh yang masuk ke seluruh jaringan pencernaan seperti usus halus, usus besar, dan perut. Ia efektif bekerja 1,5 jam setelah konsumsi. 'Arang memiliki pori yang banyak dan luas, sehingga kemampuan menyerapnya tinggi,' kata Tjuju Nurhayati, peneliti di Pusat Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Bogor.


Penelitian lain dilakukan Richard C. Kaufman, Ph.D dari National Health Federation, Minessota, Amerika Serikat. Arang terbukti bersifat antipenuaan dan memperpanjang umur sebanyak 40% hewan percobaan. Itu karena arang menjaga sensitivitas tubuh dari bahan kimia dan racun yang merusak sel tubuh. Arang juga menyeimbangkan metabolisme lemak, menurunkan kinerja sintesis protein pemicu penuaan, penurunan RNA, penghambat arteriosklerosis dan fibrosis. Dosis yang dianjurkan sebanyak 30 gram per hari diminum 2 kali seminggu saat perut kosong.

Arang sebagai pereduksi kolesterol dan penghambat penyakit dilansir oleh British Journal of Nutrition. Sejumlah pasien berkolesterol tinggi yang diberi konsumsi 8g arang per hari turun 25% dari total kolesterol, 41% kolesterol jahat LDL (low density lipoprotein), serta melipatgandakan rasio HDL/LDL kolesterol. Itu karena arang menyerap penyumbat jantung dan melancarkan peredaran darah koroner.

Pupuk
Selain menjaga kesehatan tubuh manusia, arang juga digunakan untuk kebutuhan lain. Di Jepang, misalnya, arang merupakan komponen utama upacara minum teh sejak 1522. 'Arang yang digunakan harus tak berbunyi, tanpa berasap, dan tak berbau,' kata Jhoni W Utama, direktur PT Dian Niaga, eksportir arang di Jakarta. Arang digunakan untuk menghangatkan air pada suasana sakral yang tenang dan damai.

Untuk pertumbuhan tanaman teh pun tak bisa lepas dari jasa charcoal-nama dagang arang di dunia. Takehiko Hoshi dari Tokai University, Jepang, meneliti efek arang terhadap tanah perkebunan teh selama 10 tahun di bagian timur Shizuoka, Jepang. Arang yang ditaburkan di sekeliling tanaman teh masing-masing 100 g memberikan efek pertumbuhan tinggi dan volume produksi meningkat 40% dibanding tanaman yang tak ditaburi arang. Penyebabnya, arang mengubah air yang terperangkap dalam tanah menjadi air mineral lantaran berikatan dengan mineral-mineral arang.

Arang juga mengikat nutrisi di udara seperti nitrogen penyebab pH di dalam tanah tetap netral. 'Selain kaya mineral arang juga bersifat antibakteri dan beberapa jenis asam-asam penyubur tanaman,' kata Tjuju. Konsep itulah yang diterapkan Korea Selatan untuk menjaga kesuburan rumput lapangan golf. 'Minimal satu ton arang batok kelapa untuk lapangan golf yang dipakai di lapisan ketiga,' kata Jhony. Manfaatnya, menyerap kelembapan berlebih sehingga cendawan tidak berkembang dan menghalau hama-hama perusak rumput.


Penggunaan lainnya sebagai pakan kambing seperti di diriset Do Thi Thanh Vana dari Goat and Rabbit Research Centre, Hatay, Vietnam. Ia menguji 42 kambing di National Institute of Animal Husbandry, Hanoi, Vietnam. Pertumbuhan bobot kambing yang diberi pakan 10 g arang per kg bobot tubuh selama 12 minggu lebih cepat; 53 g/hari. Sementara kambing tanpa arang hanya 30 gram/hari.

Baju arang

Dari sekian banyak faedah arang, penggunaan terbesar sebagai karbon aktif. Maksudnya, arang diubah struktur karbonnya dengan dibebaskan dari ikatan unsur lain sehingga permukaan dan pusat aktifnya menjadi luas. Awalnya, luas permukaan arang berkisar 300 m2/g setelah diaktivasi menjadi 3.500 m2. Semakin luas pusat aktif arang, daya absorsi terhadap cairan dan gas lebih tinggi. Daya serapnya mencapai 25-1.000% dari bobot arang aktif

Arang-arang itu dibentuk dalam berbagai rupa, antara lain dinding partisi, penyegar kulkas, vas bunga, dan ornamen meja. 'Bahkan di Taiwan dijadikan baju, selimut, kaus kaki, dan tirai', kata Jhonny. Hal itu dilakukan oleh Ema Hsieh dari Taiwan's Industrial Technology Research Institute, Taiwan.

Hasil penelitian Ema, arang mampu melepaskan sinar ultra inframerah yang menghangatkan tubuh. Ia memperbaiki peredaran darah, melepaskan ion negatif yang menyeimbangkan energi dalam tubuh, serta bekerja pada sistem parasimpatetik sebagai penenang pikiran dan badan. Benang arang bersifat antimikroba, menyerap bau lebih baik, dan menghalau radiasi gelombang elektromagnetik perusak sel tubuh.


Dengan segudang manfaat itu, sudah sewajarnya kita memperlakukan arang tak sekadar barang gosong pemanggang daging satai atau pun penjernih air seperti yang selama ini diaplikasikan. Di balik legamnya, barang gosong itu kaya manfaat. (Vina Fitriani).

ARANG AKTIF SI PENYERAP RACUN

Sering kali kita tidak memperhatikan apakah makanan yang kita konsumsi setiap hari sudah cukup aman dari kuman dan jamur sehingga gejala keracunan seperti pusing, mual, diare, dan kram perut tidak dapat dihindari. Ada beberapa obat yang dapat digunakan untuk mengatasi dan mengurangi keluhan yang diderita akibat keracunan, salah satunya adalah arang aktif atau norit. Norit terbuat dari arang yang telah diaktifkan, tetapi bukan arang yang biasa digunakan untuk membakar sate. Pembuatan norit melalui suatu proses dengan bahan baku berupa kayu, kulit kacang, atau serbuk gergaji yang diolah dengan cara kimia, yaitu dengan mencampurnya dengan asam, atau dengan cara mengukusnya menggunakan uap atau gas pada temperatur tinggi. Jika arang aktif diperiksa dibawah Scanning Electron Microscopy, akan terlihat pori-pori dalam jumlah yang sangat besar. Dengan gaya Van der Walls yang dimilikinya, pori-pori tersebut mampu menangkap berbagai macam bahan, termasuk bahan beracun. Oleh karena itu arang aktif dapat digunakan pada kasus overdosis obat, keracunan makanan, atau tertelan bahan beracun lainnya. Kemampuan arang aktif dalam menangkap racun hanya terjadi di lambung dan usus, ketika zat beracun belum terserap dan masuk ke dalam peredaran darah. Sehingga, semakin cepat diberikan, semakin banyak racun yang dapat diserap. Namun, tidak semua bahan dapat diserap oleh arang aktif. Beberapa di antaranya yang tidak dapat diserap adalah litium, asam atau basa kuat, logam dan bahan inorganik (misalnya, natrium, besi, timah, arsen, yodium, fluorin, dan asam borat), alkohol (misalnya etanol, metanol, isoprofil alkohol, glikol, dan aseton), dan hidrokarbon (seperti minyak tanah, bensin, oli, dan hidrokarbon tumbuhan seperti minyak pinus). Norit relatif aman dan tidak mengiritasi dinding salurang pencernaan. Tapi sebaiknya digunakan atas nasehat dokter Anda. Efek samping tersering adalah konstipasi (buang air besar tidak lancar). Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kemampuannya yang dapat juga mengadsorbsi zat gizi dan vitamin yang diperlukan tubuh sehingga arang aktif tidak boleh terlalu sering digunakan. (NANDA) Jenis-Jenis Penyakit serta Aturan Minum Bubuk  Arang      



Penyakit Dosis
AIDS (masih dalam uji coba)          Setiap 3 jam
Disentri Amuba Setiap 3-4 jam
Anemia  (hb rendah)                                    4 kali sehari
Gigitan Serangga & Binatang         Setiap jam
Anorexia (Hilang nafsu makan)       3 kali sehari
Arthritis & Gout (asam urat) 3 kali sehari
Bau Mulut                                   3 kali sehari
Infeksi Kandung Kemih                  4 kali sehari
Batu Kandung Kemih                    4 kali sehari
Pembersih Darah                        Setiap 4 jam
Kanker Setiap 4 jam
Cacar air Setiap 4 jam
Kolera Setiap 3 jam
Batuk Setiap 4 jam
Diabetes 3 kali sehari
Diare Setiap 3 jam
Disentri Setiap 3 jam
Dyspepsia (Pencernaan Buruk)     3 kali sehari
Gangguan Telinga Setiap 4 jam
Masalah Mata 4 kali sehari
Demam Setiap 4 jam
Flu (Influenza) 4 kali sehari
Infeksi Kantung Empedu Setiap 4 jam
Polip Kantung Empedu 4 kali sehari
Batu Kantung Empedu Setiap 4 jam
Glaukoma(penyakit  mata akibat tekanan intraocular,menyebabkan cacat penglihatan) Setiap 4 jam
Hematoma (penggumpalan darah dalam organ, rongga, jaringan akibat pembuluh darah pecah) 4 kali sehari
Hepatitis Setiap 3 jam
Gangguan Jantung 3 kali sehari
Asam Lambung 3 kali sehari
Infeksi Pankreas Setiap 4 jam
Infeksi Kelenjar Prostat Setiap 4 jam
Infeksi rahim Setiap 4 jam
Rasa Panas Di Ulu hati Setiap 4 jam
Peradangan Setiap 4 jam
Sakit Kuning Setiap 4 jam
Infeksi Ginjal Setiap 4 jam
Lepra Setiap 4 jam
Leukemia (kanker darah putih) Setiap 2 jam
Liver Disorder (gangguan hati) Setiap 4 jam
Malaria Setiap 4 jam
Mastitis (radang kelenjar payudara) Setiap 4 jam
Campak Setiap 4 jam
Meningitis (radang otak) Setiap 4 jam
Myoma (tumor jinak pada otot) Setiap 4 jam
Mual & Muntah Setiap 2 jam
Hyperacidity (kelebihan asam lambung) 3 kali sehari
Heart Burn (rasa terbakar pada dada:jantung) Setiap 3 jam
Indigestion (gangguan percernaan) 3 kali sehari
Painful Urination (sakit waktu kencing) Setiap 4 jam
Pertussis (batuk rejan) Setiap 4 jam
Keracunan Setiap 5 menit
Post Surgical Case (kasus pasca operasi) 4 kali sehari
Prostitis (prostat) Setiap 4 jam
Reumatik 3 kali sehari
Sinusistis 3 kali sehari
Digigit Ular Setiap jam
Sakit Perut Setiap 2 jam
Amandel Setiap 4 jam
TBC / Tuberkulosis 4 kali sehari
Tympanism(gendang telinga) 3 kali sehari
Thyphoid & Demam Dengue Setiap 3 jam
Maag 4 kali sehari
Uremia setiap 4 jam
Urinary Disorder (gangguan kencing) Setiap 4 jam
Urinary Tract Infection (infeksi saluran kencing) Setiap 4 jam
Vaginal Infection (infeksi vagina) Setiap 4 jam
Veneral Disease (penyakit kelamin) Setiap 4 jam

PENGGUNAAN & PROSEDUR MEMINUM BUBUK ARANG

Penggunaan & Prosedur


Larutkan bubuk arang dengan air dingin atau hangat sesuai dosis.

1. Bayi

• Satu sendok the bubuk arang ke dalam setengah gelas air minum.

2. Anak-anak


a. Satu sendok makan bubuk arang ke dalam setengah gelas air minum.
b. Aduk sampai rata
c. Diamkan selama lima menit dalam gelas sebelum diberikan kepada anak atau dimasukkan ke dalam botol minum.

3. Dewasa

• Larutkan dua sendok makan bubuk arang ke dalam segelas air minum. Untuk penyakit yang parah dosisnya dapat digandakan.
• Larutan arang harus habis sekali minum. Bayi dan anak-anak bisa minum sedikit demi sedikit.
• Penderita harus minum air untuk membersihkan mulut dan tenggorokan setiap kali habis minum larutan arang.

Ulangi pengobatan tiga kali sehari sampai penyakitnya sembuh.

JAM-JAM PENGGUNAAN

1. 4 kali sehari


Jam 07.00        
Jam 13.00        
Jam 19.00        
Jam 01.00

2. Setiap 3 Jam

Jam 07.00        
Jam 10.00        
Jam 13.00        
Jam 16.00        
Jam 19.00        
Jam 22.00        
Jam 01.00

3. 3 Kali Sehari

Jam 07.00
Jam 13.00
Jam 19.00


4. Setiap 2 Jam

Jam 07.00
Jam 09.00
Jam 11.00
Jam 13.00
Jam 15.00
Jam 17.00

Jam 19.00

Jam 21.00

Jam 23.00

Sumber: arangobatajaib.org

ARANG AKTIF SI PENYERAP RACUN

   Sering kali kita tidak memperhatikan apakah makanan yang kita konsumsi setiap hari sudah cukup aman dari kuman dan jamur sehingga gejala keracunan seperti pusing, mual, diare, dan kram perut tidak dapat dihindari. Ada beberapa obat yang dapat digunakan untuk mengatasi dan mengurangi keluhan yang diderita akibat keracunan, salah satunya adalah arang aktif atau norit. Norit terbuat dari arang yang telah diaktifkan, tetapi bukan arang yang biasa digunakan untuk membakar sate. Pembuatan norit melalui suatu proses dengan bahan baku berupa kayu, kulit kacang, atau serbuk gergaji yang diolah dengan cara kimia, yaitu dengan mencampurnya dengan asam, atau dengan cara mengukusnya menggunakan uap atau gas pada temperatur tinggi. Jika arang aktif diperiksa dibawah Scanning Electron Microscopy, akan terlihat pori-pori dalam jumlah yang sangat besar. Dengan gaya Van der Walls yang dimilikinya, pori-pori tersebut mampu menangkap berbagai macam bahan, termasuk bahan beracun. Oleh karena itu arang aktif dapat digunakan pada kasus overdosis obat, keracunan makanan, atau tertelan bahan beracun lainnya. Kemampuan arang aktif dalam menangkap racun hanya terjadi di lambung dan usus, ketika zat beracun belum terserap dan masuk ke dalam peredaran darah. Sehingga, semakin cepat diberikan, semakin banyak racun yang dapat diserap. Namun, tidak semua bahan dapat diserap oleh arang aktif. Beberapa di antaranya yang tidak dapat diserap adalah litium, asam atau basa kuat, logam dan bahan inorganik (misalnya, natrium, besi, timah, arsen, yodium, fluorin, dan asam borat), alkohol (misalnya etanol, metanol, isoprofil alkohol, glikol, dan aseton), dan hidrokarbon (seperti minyak tanah, bensin, oli, dan hidrokarbon tumbuhan seperti minyak pinus). Norit relatif aman dan tidak mengiritasi dinding salurang pencernaan. Tapi sebaiknya digunakan atas nasehat dokter Anda. Efek samping tersering adalah konstipasi (buang air besar tidak lancar). Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kemampuannya yang dapat juga mengadsorbsi zat gizi dan vitamin yang diperlukan tubuh sehingga arang aktif tidak boleh terlalu sering digunakan. (NANDA) Jenis-Jenis Penyakit serta Aturan Minum Bubuk  Arang     
Artikel Terkait:

1. TUJUH CARA MEREDAM STRESS YANG DIDERITA ANAK-ANAK

Tujuh

[AkhirZaman.org] Apakah Anda pernah mengalami kesulitan mengatasi anak-anak Anda yang rewel? Jika ya, cobalah lakukan kegiatan-kegiatan santai di bawah ini bersama anak-anak Anda dan bantu mereka untuk belajar tenang saat mereka merasa stres atau cemas....
17 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. APAKAH MAKAN NASI ITU SEHAT ATAU TIDAK?

Apakah

[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya makan nasi 3 kali sehari itu sehat atau tidak?” ada juga yang bertanya; “Mana yang lebih sehat, makan nasi beras putih, nasi beras coklat (pecah kulit), atau nasi beras merah?” ...
27 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. 10 LANGKAH KESEHATAN (BAGAIMANA MENURUNKAN BERAT BADAN DARI

10

1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi air putih/mineral sehari adalah 3 – 5 liter. Ini sesuai dengan ukuran berat badan seseorang. Air putih sangat penting bagi mereka yang sedang melakukan diet.  ...
30 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. PERHATIKAN KODE STIKER DI BUAH YANG ANDA BELI, JANGAN MEMBEL

Perhatikan

[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan yang kita beli di supermarket ini ternyata ada maknanya? Tak hanya menjadi tanda produksi atau label merek produsen buah tersebut, angka-angka pada stiker ini ternyata ada artinya. ...
35 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. OSTEOPOROSIS (PENGEROPOSAN TULANG)

Osteoporosis

[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang seseorang. Anda mungkin akan terkejut ketika mengetahui bahwa banyak faktor yang berkontribusi terhadap kondisi tersebut. ...
44 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. BEBERAPA CARA MENGENDALIKAN EMOSI

BEBERAPA

[AkhirZaman.org] Emosi adalah perkataan atau ungkapan perasaan yang keluar dari dalam diri seseorang. Emosi dibagi menjadi dua, emosi positif seperti suka cita, pengharapan syukur, berbela rasa, dan keyakinan. ...
77 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. MENJAGA KESEHATAN MENTAL

Menjaga

[AkhirZaman.org] Mental merupakan salah satu bagian yang penting dalam tubuh. Sebab, kondisi mental yang tidak sehat bisa menyebabkan tubuh stres dan akhirnya mengganggu aktivitas. ...
80 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. PERBEDAAN STRESS DENGAN DEPRESI

Perbedaan

[AkhirZaman.org] Mendengar kata stres, rasa-rasanya tak jauh dari sesuatu yang berbau negatif seperti tekanan dan beban pikiran. Tetapi sebenarnya stres tidaklah demikian. ...
86 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. BAGAIMANA MEMBANTU ORANG MENGATASI DEPRESI?

Bagaimana

[AkhirZaman.org] Kesulitan dalam hidup bisa berdampak terhadap kesehatan mental, seperti depresi. Jika terjadi pada orang terdekat seperti orangtua, saudara, teman, bahkan kekasih pasti timbul pertanyaan bagaimana membantu mereka mengatasi rasa depresi agar tidak menjadi semakin parah? ...
91 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. FAKTA DI BALIK MAKANAN ANDA

Fakta

Beberapa fakta di balik pola makan daging: - Emisi karbon dioksida yang dihasilkan oleh sapi selama setahun setara dengan yang dihasilkan oleh kendaraan yang menempuh perjalanan sepanjang 70.000 km. - Seorang vegetarian yang mengendarai kendaraan Hummer SUV lebih ramah lingkungan daripada pengkonsumsi daging yang naik sepeda. - Jika semua pen...
1651 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
Pelaku pembantaian Texas ...
[AkhirZaman.org] Tersangka pelaku penembakan di sebuah gereja di pedalaman...
Read More...
IMAGE
Mengungkap Kekayaan Pange...
[AkhirZaman.org]  - Pangeran Alwaleed bin Tahal menjadi salah satu dari...
Read More...
IMAGE
Buntut Teror New York, Tr...
[AkhirZaman.org] Presiden Amerika Serikat Donald Trump memanfaatkan serangan...
Read More...
IMAGE
Jumlah Anak Obesitas Naik...
[AkhirZaman.org] – Hasil studi yang dimuat dalam jurnal kesehatan The...
Read More...
IMAGE
Seorang istri di Pakistan...
[AkhirZaman.org] Seorang perempuan yang baru menikah di Pakistan ditangkap...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR...
Umat Allah Tidak Menyukai Keinginan yang Keji[AkhirZaman.org] Sekarang ini,...
Read More...
IMAGE
[RH] PENYATAAN PENGHAKIMA...
Akhir kata dari segala yang didengar ialah: takutlah akan Allah...
Read More...
IMAGE
[RH] SUDAHKAH ENGKAU MENE...
Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang...
Read More...
IMAGE
[RH] KEWASPADAAN KEKAL
Sadarlah dan berjaga-jagalah," lawanmu siiblis berjalan keliling...
Read More...
IMAGE
[RH] DOKTRIN BAIT SUCI KI...
Sampai liwat dua ribu tiga ratus petang dan pagi, lalu tempat yang...
Read More...
IMAGE
[RH] TERANG DUNIA
Dan inilah berita yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
Jenis-jenis Penyakit dan ...
Adenoids (Membesarnya hulu kerongkongan ) [AkhirZaman.org] Adenoids terdiri...
Read More...
IMAGE
Menggunakan Ponsel Sebelu...
[AkhirZaman.org] Pasti kamu pernah menggunakan atau memakai ponsel sebelum...
Read More...
IMAGE
MENJAGA KESEHATAN PARU-PA...
SISTEM PERNAFASAN [AkhirZaman.org] Paru-paru adalah bagian utama dalam...
Read More...

Data Kunjungan

016482065
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
1861
7122
27161
75331
227725
15973345
16482065

IP Anda: 54.198.134.32
Tanggal: 2017-11-22 03:57:35

Online Saat Ini

We have 123 guests and no members online